HAM : Hak Asasi Manusia dan Contoh Pelanggarannya

Hak Asasi Manusia - Setiap negara yang ada di dunia ini memiliki hukum yang berbeda-beda. Namun di antara perbedaan tersebut tak sedikit pula peraturan yang disepakati secara internasional. Hukum yang disepakati secara internasional menjadi hukum yang beralaku secara universal dan sama di seluruh negara. Salah satu hal yang berlaku secara universal itu adalah segala hal yang terkait dengan hak asasi manusia atau biasa disingkat HAM.
Hak Asasi Manusia (HAM) dan Contoh Pelanggarannya

Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM)


Pengertian Hak Asasi Manusia ialah hak dasar yang dimiliki setiap orang bahkan sejak ia masih berada di dalam kandungan. Itulah mengapa hak untuk hidup dan hak untuk bertumbuh menjadi bagian dari hak asasi manusia itu sendiri. Kata-kata “sejak dalam kandungang” juga membuat praktik aborsi masih banyak menjadi perdebatan hingga hari ini.

Indonesia punya lembaga yang dibuat khusus untuk menangani berbagai hal terkait HAM. Lembaga tersebut bernama Komnas HAM. Komnas HAM adalah lembaga perlindungan Hak Asasi Manusia yang kerap mendampingi para korban pelanggaran HAM. Lembaga ini juga tak pernah berhenti memperjuangkan HAK melalui berbagai jalur yang dimungkinkan serta memberikan edukasi terkait HAM ke berbagai lini.

Hingga hari ini Komnas HAM masih menjadi salah satu lembaga yang sibuk. Hal itu terjadi karena kasus pelanggaran HAM di dalam negeri masih sangat banyak terjadi. Bahkan tak sedikit kasus-kasus yang sudah lama terjadi namun tak kunjung terselesaikan.

Contoh Pelanggaran Hak Asasi Manusia


Segala hal terkait HAM telah diatur dalam UUD dan bahkan termuat juga di dalam pancasila. Sila kedua yang berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” jelas merujuk kepada HAM yang dijunjung setinggi-tingginya di negara yang sangat majemuk ini. Sementara dalam UU Dasar 1945 masalah HAM diatur sekaligus dalam beberapa pasal.

Pasal yang mengatur HAM di Indonesia ialah pasal 27 hingga pasal 34 UUD 1945. Seluruh warga negara Indonesia diharuskan patuh pada undang-undang tersebut. Salah satu pasalnya di dalamnya menyebutkan bahwa “tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak atas kemanusiaan”.

Contoh Hak Asasi Manusia ialah kebebasan memeluk agama dan kepercayaan. Undang-undang yang mengatur hal ini adalah Pasal 28 E Undang-Undang Dasar 1945. Bunyinya ialah:
  • Setiap orang memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih daerah tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak untuk kembali.
  • Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, memperlihatkan asumsi dan sikap, sesuai bersama dengan hati nuraninya.
  • Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.

Merujuk pada peraturan di atas, setiap orang seharusnya berhak memilih agama atau kepercayaan yang dianutnya. Setiap orang juga berhak menjalankan ibadah sesuai ajaran agama atau kepercayaannya dengan aman dan tanpa gangguan apapun.

Karena kebebasan beribadah dijamin oleh HAM, maka melarang atau mengganggu ketentraman orang atau sekelompok orang yang tengah beribadah merupakan contoh pelanggaran Hak Asasi Manusia. Dalam kasus ini negara berkewajiban turun tangan demi terjaminnya penyelenggaran HAM yang maksimal di dalam negaranya.

Contoh perilaku yang melanggar HAM lainnya adalah pembunuhan. Perlu diingat bahwa semua orang memiliki hak untuk hidup. Menghilangkan nyawa seseorang secara sengaja patut diganjar dengan hukuman berat.

Penegakan HAM bukan hanya tanggung jawab negara semata. Semua manusia wajib menghormati HAM dan mengamalkannya dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Penelusuran yang terkait dengan Hak Asasi Manusia

  • contoh hak asasi manusia
  • makalah hak asasi manusia
  • macam macam hak asasi manusia
  • makna hak asasi manusia
  • pengertian dan istilah hak asasi manusia
  • apa saja yang menjadi hak asasi manusia
  • bentuk hak asasi manusia
  • ciri ciri hak asasi manusia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel