3+ Jenis Keanekaragaman Hayati [Tingkat Ekosistem, Jenis dan Genetik]

Keanekaragaman Hayati - Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang patut berbangga. Pasalnya negara ini dikaruaniai keanekaragaman hayati (atau disebut juga biodeversitas) yang kaya. Kekayaan tersebut bahkan membuat negara ini dijuluki sebagai negara megabiodiversity. 

Keanekaragaman hayati adalah hal yang sangat penting dalam menilai kondisi sebuah lingkungan hidup. Keanekaragaman ini mencakup kekayaan spesies berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Selain itu termasuk pula di dalamnya mikroorganisme, ekosistem, genetika, dan berbagai proses ekologi yang berlangsung dari waktu ke waktu. Dengan mencermati keanekaragam yang ada kita juga dapat mengetahui evolusi yang terjadi pada setiap makhluk hidup dan perubahan alam yang terjadi.

3 Tingkatan Keanekaragaman Hayati

Biodiversitas yang ada di muka bumi ini bisa berlangsung dalam berbagai tingkatan. Tingakatan tersebut dibagi menadi 3, yakni tingkat ekosistem, tingkat jenis, dan tingkat gen. Kesetiap tingkatan memiliki karakteristik yang berbeda. Agar lebih mudah dipahami, berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda:
Tingkatan Keanekaragaman Hayati

1. Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem

Ekosistem ialah lingkaran kehidupan yang terbentuk berkat adanya interaksi antara 2 atau lebih faktor abiotik. Apa yang dimaksud dengan faktor biotik sendiri ialah berbagai makhluk hidup di muka bumi yang terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Dalam membentuk ekosistem, faktor biotik ini juga kerap dipengaruhi oleh faktor abiotik. Faktor abiotik terdiri dari iklim, cahaya, tanah, dan lain-lain yang notabene tidak hidup. 

Karena bentuk interaksi yang berlangsung antara unsur-unsur pembentuk ekosistem beragam, maka terbentuklah keanekaragaman dalam tingkat ekosistem. Beberapa jenis ekosistem yang biasa dijumpai ialah ekosistem lumut, ekosistem, hutan berdaun jarum, ekosistem hutan hujan tropis, ekosistem padang rumput, ekosistem laut, dan lain-lain.

2. Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis

Keanekaragaman tingkat jenis terjadi ketika suatu jenis atau hewan terdiri dari beberapa spesies dan masing-masing mempunyai ciri yang berbeda. Perbedaan tersebut bisa dikenali dengan mudah karena nampak sangat spesifik. Adapun perbedaan tersebut bisa terjadi karena berbagai faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut adalah perbedaan genetik dan habitat. 

Salah satu cara mudah untuk memahami keanekaragaman dalam tingkat ini adalah dengan melihat famili kucing. Harimau, singa, dna cheetah ada dalam famili kucing yang sama dengan kucing yang biasa kita pelihara di rumah. Kendati demikian masing-masing jenis kucing tersebut memiliki unsur genetik, morfologi, dan habitat yang berbeda antara satu dengan lainnya. 

3. Keanekaragaman Hayati Tingkat Genetik

Keanekaragaman pada tingkat ini adalah keanekaragaman dalam tingkatan yang paling rendah. Keanekaragaman ini berlangsung dalam jenis makhluk hidup yang sama namun memiliki susunan yang berbeda. Contoh paling dekat dari keanekaragaman dalam tingkat ini adalah diri kita sendiri. Meskipun sama-sama manusia, Anda tentu menemukan diri Anda berbeda dengan tetangga sebelah. Hal itu bisa terjadi karena adanya perbedaan dalam susunan genetik. 

Perbedaan seperti yang telah disebutkan di atas tak hanya terjadi manusia. pohon mangga juga bisa dijadikan contoh. Pohon mangga dari jenis yang sama dan tumbuh berdekatan bisa memiliki ukuran dan rasa buah yang berbeda. Hal itu juga menunjukan adanya perbedaan susuna gen antara kedua pohon mangga tersebut.

Demikianlah pemaparan mengenai keanekaragaman hayati yang ada di muka bumi. Keanekaragaman tersebut membuat bumi menjadi salah satu planet yang paling unik dan cocok untuk ditinggali. Mempelajari hal ini akan sangat berguna, terutama bagi Anda yang memiliki minat lebih terhadap berbagai ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan makhluk hidup dan habitatnya.

Penelusuran yang terkait dengan Keanekaragaman Hayati
  • materi keanekaragaman hayati
  • tingkatan keanekaragaman hayati
  • materi keanekaragaman hayati lengkap
  • keanekaragaman hayati dan ekologi
  • jenis keanekaragaman hayati
  • rangkuman keanekaragaman hayati
  • klasifikasi keanekaragaman hayati
  • keanekaragaman hayati di indonesia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel