Pengertian, Fungsi, dan Bagian Bagian Processor

Bagian bagian Processor - Processor / Central Processing Unit (CPU) ataupun sering disebut dengan istilah otak komputer, secara jelasnya prosesor merupakan sebuah IC yang dapat mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak yang mempunyai fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang sudah disediakan oleh motherboard, dan bisa diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu hal yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis, tipe dan kecepatan processor.
 Bagian Bagian Processor

Prosesor memmiliki fungsi sebagai alat untuk memproses data yang diterima dari masukan (input) yang selanjutnya akan menghasilkan keluaran (output). Pada waktu prosesor memperoses data , maka prosesor juga akan terhubung dengan komponen - komponen komputer yang lain , terutama komponen Hardisk dan RAM. Processor sendiri pada umumya hanya memiliki fungsi untuk untuk memproses data yang di terima dari masukan atau input, kemudian processor akan menghasilkan keluaran atau output.

Cara kerja processor ini akan terus - menerus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM. Fungsi Processor juga bisa di gambarkan sebagai otak dari sebuah komputer itu sendiri, di mana setiap data akan masuk kedalam processor dan kemudian processor mengeluarkan atau output yang sepatutnya. Processor juga dikenal sebagai Central Processing Unit atau singkatannya CPU.
Pengertian, Fungsi, dan Bagian Bagian Processor

Bagian Bagian Processor Komputer

Berikut merupakan bagian - bagian dari processor :

1. Aritcmatics Logical Unit (ALU)

Aritcmatics Logical Unit (ALU) memiliki fungsi untuk membantu processor dalam mengerjakan beberapa tugas dasar yang terjadi sesuai dengan intruksi program misalnya perhitungan aritmatika (penjumlahan, pengurangan, dan sejenisnya), pelaksanaan logis atai logika (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan yaitu membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan. Banyak yang berkata bahwa ALU merupakan unit tempat processor benar - benar melakukan pekerjaannya dalam pengoperasian sebuah komputer.

2. Control Unit (CU)

Control Unit (CU) adalah salah satu bagian dari processor yang memiliki fungsi sebagai pengatur lalu lintas data seperti input dan output. Unit inilah yang bertugas menjaga serta memberitahu unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan juga tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga memiliki tugas memberitahu Aritcmatics Logical Unit (ALU) mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data yang diperoleh, dan letak hasil ditempatkan. Berkat adanya unit ini, semua perhitungan dan eksekusi data bisa dilakukan secara teratur, tanpa tumpang tindih antara perintah satu dengan perintah lainnya.
Tugas dari CU adalah sebagai berikut:
  1. Mengendalikan alat-alat output-input
  2. Mengambil intruksi-intruksi dari memory utama
  3. Mengambil data dari memory utama jika diperukan oleh proses
  4. Mengawasi kerja ALU 
  5. Menyimpan hasil proses ke memory utama
Jenis - Jenis CU
  • Single-Cycle CU
  • Multi-Cycle CU

3. Register Unit (RU)

Register Unit (RU) mempunyai tugas sebagai alat penyimpanan kecil tetapi memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi dibandingkan memori utama. Di sinilah alamat - alamat register data yang diolah oleh ALU dan CU disimpan di dalam processor sebelum pada akhirnya diolah kembali.

4. MU (Memory Unit)

MU (Memory Unit) merupakan alat penyimpanan kecil yang biasanya digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses. Memori ini mempunyai sifat sementara biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah atau data yang nantinya digunakan untuk pengolahan selanjutnya.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai pengertian, fungsi dan bagian - bagian processor. Semoga materi diatas bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan Anda. Sekian dan Terima Kasih.

Penelusuran yang terkait dengan Bagian bagian Processor

  • jelaskan fungsi bagian bagian dalam processor
  • bagian bagian motherboard
  • jelaskan jenis jenis processor
  • bagian bagian ram
  • bagian-bagian alu
  • fungsi processor
  • pengertian dari bagian bagian processor komputer
  • sebutkan dan jelaskan bagian-bagian yang menyusun processor

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel