Desainer Baju : Tips dan Tools Desain Baju untuk Pemula

Desainer Baju - Seorang desainer pasti memiliki skill untuk membuat desain baju sendiri. Dalam pembuatan desain baju, biasanya seorang desainer bisa mendapatkan ide dan referensi dari berbagai hal yang dia lakukan atau lihat. Berbagai ide kreatif yang muncul itupun disalurkan ke dalam pakaian yang akan mereka rancang hingga terciptalah sebuah karya yang mengundang ketakjuban.

Menjadi seorang desainer memang merupakan profesi yang sangat menarik apalagi perkembangan fashion di zaman now ini terus - menerus berkembang. Perkembangan fashion yang pesat saat ini membuat orang - orang yang pada awalnya tidak begitu tertarik dengan mode, lama kelamaan juga mulai mengikuti tren berpakaian.

Oleh karena itu peran seorang desainer sangat diperlukan di sini. Persaingan antar desainer dalam menciptakan suatu desain baju yang menarik akan menjadi semakin kompetitif.

Membuat desain baju memang keahlian yang dimiliki para desainer. Lalu bagaiamana dengan Anda yang mungkin pemula yang juga tertarik ingin membuat desain baju? Anda tidak perlu khawatir karena jalan panjang sudah ada di depan mata.

Akan tetapi untuk menuju cita - cita itu ada beberapa tahap yang wajib Anda lakukan dalam memulai proses merancang sebuah pakaian. Berikut merupakan saya tuiskan langkah-langkah untuk membuat desain baju bagi para pemula.
Desainer Baju : Tips dan Tools Desain Baju untuk Pemula

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Desain Baju

1. Belajar menggambar

Belajar menggambar desain baju

Untuk menjadi seorang desainer yang mahir, Anda tidak perlu menjadi seorang ilustrator. Banyak perancang justru menggunakan gaya pribadi merka ketika ingin menciptakan sebuah karya fashion yang cantik. Gaya pribadi inilah yang nantinya akan memberikan ciri khas pada karya ciptaannya dari seorang desainer.

Untuk menjadi seorang perancang, Anda harus mengerti terlebih dahulu mengenai komunikasi visual. Ambillah les kelas menggambar atau pelajari beberapa buku tentang cara menggambar. Lakukan latihan secara rutin dan teruslah semangat untuk berlatih.

Hal yang paling penting dari sebuah pembelajaran adalah prkatek. Ini perlu dilakukan agar menambah keterampilan dan kemahiran Anda. Apabila Anda belajar menggambar, maka Jangan lupa lakukanlah praktek menggambarnya.

Luangkan waktu Anda setidaknya 30 menit seharinya untuk latihan menggambar. Buku referensi yang bagus untuk latihan menggamabr adalah buku "You Can Draw in 30 Days" karangan Mark Kistler.

2. Belajar menjahit

Yang kedua adalah belajar menjahit. Belajar menjahi ini sangat diperlukan untuk menjadi seorang desainer walaupun Anda tidak ingin menjahit desain baju Anda sendiri nantinya. Anda harus mengetahui teknik - teknik dalam menjahit. Dengan menjahit Anda dapat memunculkan ide - ide yang kreatif dan inovatif melalui media kain.

Di zaman modern saat ini ada banyak sekali kursus - kursus khusus menjahit. Anda dapat memilih kelas menjahit yang sesuai dengan budget Anda. Belajar membuat pola sangatlah penting agar Anda dapat mengetahui bagaiamana suatu pakaian itu dibuat. Anda perlu tahu bagaimana caranya membuat desain baju yang ada di atas kertas benar - benar dibuat menjadi sebuah baju. Latihanlah dengan membuat pola - pola baju yang sederhana agar keterampilan menjahit Anda semakin meningkat.

3. Belajar mendesain

Anda tentu harus mengetahui tentang teori desain terlebih dahulu jika Anda ingin menghasilkan suatu desain baju yang inovatif. Membaca buku "How Pictures Work" karangan Molly Bang dapat menjadi alternatif cepat untuk memulai belajar. Buku ini akan mengajari Anda tentang bagaimana menjadi seorang desainer yang baik. Jangan batasi diri Anda untuk berkreasi dengan desain baju yang monoton. Tetaplah praktekkan hasilnya apabila Anda sudah menguasai teori desain.

4. Belajar fashion

Apabila Anda ingin menjadi seorang desainer yang sukses, maka pelajarilah semua hal yang berkaitan dengan dunia fashion. Karena jika Anda sendiri saja tidak paham dengan fashion, bagaimana mungkin Anda akan bisa menghasilkan desain baju yang menawan.

Apabila Anda ingin menjadi perancang busana yang sangat hebat, maka Anda harus selalu berpikir ke depan. Anda harus membuat desain baju yang mungkin tidak termakan zaman. Jika Anda hanya merancang apa yang sedang menjadi trending, bisa - bisa desain baju Anda sudah tidak laku lagi saat bajunya selesai anda buat.

Jika Anda mau tontonlah video peragaan busana, saat ini ada banyak sekali video yang tersebar di Youtube. Anda juga dapat menghadiri acara peragaan busana yang biasanya diadakan oleh komunitas perancang setempat. Para desainer profesional  akan memamerkan hasil karya - karyanya.

Di sinilah Anda dapat memperoleh ide dan inspirasi tentang bagaimana desain baju Anda ke depannya. Anda juga dapat mengetahui model busana seperti apa yang sedang trend sehingga Anda dapat memikirkan kira - kira busana seperti apa yang akan menjadi trending pada tahun - tahun kedepannya.

5. Belajar teknologi

Desainer Baju dengan komputer

Anda tentu tidak ingin menjadi desainer yang gaptek alias gagap teknologi. Maka dari dari itu ada alangkah baiknya Anda harus belajar tentang teknologi. Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa mendukung pembuatan desain baju, contohnya aplikasi Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan masih banyak lainnya.

Jika Anda ingin belajar mendesain secara online, maka Anda dapat kunjungi situs Linda.com atau Tuts. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Wacom untuk membuat desain baju di komputer Anda dengan mudah.

6. Temukan inspirasi

Pernahkah Anda bertanya - tanya pada diri sendiri apa sebenarnya alasan Anda ingin menjadi desainer? Apakah alasannya karena ketertarikan pada jenis kain tertentu, karya visual yang sangat indah, atau desain baju yang tidak Anda temukan di toko - toko pakaian.

Sebenarnya tidak ada alasan khusus yang harusnya jadi dasar seseorang memilih untuk menjadi desainer. Hal terpenting ialah apa yang ada pada diri Anda sendiri. Maka temukanlah sesuatu yang membuat Anda tertarik dan menjadi Hobby.

Sebelum membuat sebuah desain baju, pikirkan dulu seperti apa kira-kira orang yang akan membeli desain baju Anda atau apakah mereka akan suka dengan desain baju yang Anda buat. Anda dapat menggabungkan gaya dan tren dengan cara yang menarik untuk menghasilkan penampilan baru yang lebih segar.

7. Kenali jenis-jenis kain

Untuk menjadi seorang desainer yang pastinya hebat dan profesional, tentu Anda harus mengetahui jenis - jenis dan tipe kain terlebih dahulu. Anda tentu tidak ingin jika nantinya pelanggan Anda kecewa dengan hasil karya Anda dengan alasan jenis kain yang tidak sesuai. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui jenis - jenis hiasan kain misalnya renda, manik-manik, ataupun bordir.

8. Kenali jenis-jenis warna dan pola

Anda perlu mengetahui dalam penggunaan warna dan pola pada desain baju Anda. Bayangkan saja jika seseorang akan memakai baju itu, apakah perpaduan warna dan polanya telah cocok atau belum. Tidak ada aturan yang ketat dan pasti soal hasil rancangan para desainer. Hanya saja Anda harus memperhatikan hal  yang dianggap sepele ini jika tidak ingin mengecewakan pelanggan.

Gunakanlah roda warna untuk mempelajari tentang warna agar sesuai dan cocok. Selama ini kita hanya mengenal 12 warna saja bukan ? Namun untuk menjadi seorang desainer yang hebat, Anda harus mempelajari semua jenis warna, mulai dari warna primer hingga warna gradasi. Perpaduan warna yang bagus akan membuat desain baju Anda semakin dramatis dan perfect.

Demikian halnya dengan penggunaan pola pada desain baju. Gunakan cat warna untuk bereksperimen dengan cara mengkomibinasikan warna berbeda. Mungkin Anda bahkan bisa menciptakan kreasi warna baru dalam eksperimen Anda.

9. Buatlah sketsa tubuh manusia

menggambar desain baju

Para desainer yang profesional biasanya menggambar sketsa tubuh manusia secara utuh sebelum ia membuat desain baju. Hal itu perlu dilakukan untuk mengetahui seperti apa kira - kira jika desain baju tersebut melekat atau sudah menempel pada tubuh manusia.

Membuat sketsa memang akan memakan waktu lama, apalagi hal itu dilakukan secara berulang - ulang. Mulailah menggambar sketsa dengan menggunakan pensil terlebih dahulu. Mungkin pertama -tama terasa menakutkan tapi jika Anda sudah terbiasa, maka semua itu tidak lagi terasa sulit dan kan terasa mudah.

Buatlah sketsa dengan gaya Anda sendiri untuk memberikan suatu ciri khas tertentu pada desain baju yang akan Anda buat. Namun jika Anda tidak sanggup membuatnya sendiri, Anda dapat menggunakan karya orang lain.

Tapi Anda tidak boleh meniru desain baju orang lain. Untuk sketsa sendiri, Anda dapat memperolehnya dari buku, majalah, maupun situs-situs online yang menyediakannya.

10. Jiplak gambar dengan pena hitam

Setelah menggambar sketsa dengan menggunakan pensil, maka langkah selanjutnya ialah letakkan kertas di atas sketsa orang tersebut. Jiplaklah dengan menggunakan tinta hitam.

11. Jiplak gambar pada kertas yang lain

Untuk melakukan hal ini sebaiknya Anda menggunakan pensil. Caranya yaitu dengan meletakkan selembar kertas putih polos di atas sketsa manusia yang telah Anda gambar. Gunakan kertas tipis untuk memudahkan Anda dalam menjiplak.

12. Gambarlah sketsa rancangan Anda

Gambarlah secara tipis - tipis desain baju impian Anda dengan menggunakan pensil supaya Anda bisa menghapusnya apabila terjadi kesalahan. Mulailah dengan bagian yang paling mudah seperti, bentuk dasar busana. Saat desain baju telah terbentuk, tambahkan detailnya lalu tebalkan seluruh gambar dengan pulpen/pena.

13. Warnai rancangan Anda

Pada tahapan ini, Anda dapat menggunakan alat gambar apapun yang Anda sukai atau anda anggap mudah. Tapi sebaiknya gunakanlah spidol ataupun pensil warna. Mulailah dengan memberi warna yang paling terang pada desain baju Anda.

Kemudian warnai area yang lebih lebar dengan polesan / sentuhan panjang dan konsisten. Lalu tambahkan warna yang agak lebih gelap, pola dan bayangannya. Anda bisa mengulangi langkah ini jika Anda mau.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel