Mengenal Jenis-jenis Sampah dan Cara Pengelolaannya

Jenis-jenis Sampah - Sampah tentu jadi bagian tak terpisahkan di kehidupan sehari-hari. Seringkali kita lihat ada pembagian sampah menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Jenis-jenis sampah ini ternyata penting untuk diketahui dan dibedakan karena akan mempengaruhi cara pengelolaanya. Berikut adalah penjelasan lengkap terkait sampah organik dan anorganik.
jenis jenis sampah

Pengertian dan Contoh Sampah Organik

Sampah organik disebut pula sampah degradable, yaitu jenis sampah yang masih bisa membusuk serta terurai kembali. Sampah ini biasanya akan dijadikan pupuk kompos dan digunakan untuk menyuburkan tanaman. Contoh sampah organik ialah sisa makanan terutama sayur-sayuran maupun daun kering. Dari pengertian dan contoh sampah organik di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa sampah ini masih memiliki kegunaan jika diolah lebih lanjut.

Pengertian dan Contoh Sampah Anorganik

Sampah anorganik disebut pula sebagai sampah undegradable, atau sampah yang sulit membusuk serta tidak akan bisa terurai lagi. Keunggulannya ialah bisa didaur ulang agar dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sebagai contoh ialah kertas bekas, botol plastik, karton, kaleng bekas dan lain-lain. Dari pengertian dan contoh sampah anorganik di atas, jenis sampah ini akan dapat berguna jika didaur ulang menjadi barang yang sepenuhnya baru.

Selengkapnya : Contoh sampah organik dan sampah anorganik

Pengelolaan Sampah

Pengelolaan Sampah

Cara-cara pengelolaan sampah secara baik dan benar dapat melalui beragam tahap seperti di bawah ini:
  1. Dalam hal pengumpulannya, tiap orang harus bertanggungjawab dalam mengumpulkan sampahnya masing-masing. Kesadaran diri sangat penting dalam mengadakan suatu tempat khusus sebagai lokasi pengumpulan sampah.
  2. Berlanjut ke pengangkutan sampah, dari beberapa tempat pengumpulan akan diangkut ke TPS (Tempat Pembuangan Sementara). Kemudian dari TPS, sampah diangkut ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Sistem, mekanisme hingga cara pengangkutan akan jadi tanggung jawab pemerintah daerah masing-masing dengan partisipasi masyarakat.
  3. Pemusnahan sampah bisa dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya adalah:

  • Menanam landfill atau memusanahkan sampah dengan cara menggali lubang di tanah. Sampah akan dimasukkan atau ditimbun menggunakan tanah.
  • Dibakar dalam tungku pembakaran
  • Menjadikan sampah sebagai pupuk melalui proses pengolahan lebih lanjut. Jenis sampah anorganik terutama masih dapat dijadikan pupuk kompos. 

Cara pengelolaan sampah paling efektif ialah melalui proses pengomposan. Ini karena proses pengomposan akan dapat mengendalikan potensi bahaya yang kemungkinan terjadi. Pengomposan sendiri ialah penguraian serta pemantapan bahan-bahan organik secara biologis yang dilakukan pada suhu tinggi.

Hasil akhir pengomposan ialah bahan yang terbilang cukup bagus agar dapat diaplikasikan ke tanah. Teknologinya sendiri cukup beragam, baik secara aerobik, anaerobik, dengan menggunakan bahan tambahan ataupun tanpa bahan tambahan. Bahan tambahan yang dimaksud ini umumnya ialah aktivator kompos maupun cacing.

Keunggulan pengomposan di antaranya adalah teknologinya cukup sederhana, biayanya rendah dan bisa dilakukan untuk menangani sampah dalam jumlah besar. Cara terbaik dalam melakukan proses pengomposan ialah aerobik karena harga yang murah serta proses yang mudah. Cara aerobik ini juga tidak butuh kontrol proses yang sulit. Dekomposisi bahan akan dilakukan oleh mikroorganisme yang ada dalam bahan itu sendiri.

Proses pengomposan akan menghasilkan bahan yang begitu dibutuhkan tanah pertanian Indonesia. Pupuk kompos terutama akan memperbaiki sifat fisika, biologi dan kimia tanah. Produksi tanaman juga akan semakin tinggi. Kompos bahkan dapat digunakan untuk menguatkan struktur lahan yang kritis, menggemburkan tanah, media penutup sampah di TPA, media tanam hingga eklamasi pantai pasca dilakukannya penambangan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel