Olahraga Renang : Pengertian Renang, Beragam Gaya Renang dan Sejarah Renang

Olahraga Renang - Renang tentu bukan olahraga yang asing bagi kita. Bahkan, bisa jadi banyak dari kita yang menggemari olahraga ini. Bagaimana tidak, olahraga renang akan membuat tubuh semakin segar, bugar dan sehat. Berikut adalah pengertian, cara berenang hingga aneka gaya dalam renang yang wajib kita tahu dan materi renang lainnya.
Mengenal Olahraga Renang dan Beragam Gaya Renang

Pengertian Renang


Renang ialah salah satu cbang olahraga air atau aquatik. Pengertian renang ialah upaya dalam menggerakkan (termasuk mengangkat atau mengapungkan) seluruh tubuh menuju ke permukaan air. Renang umumnya akan dilakukan tanpa perlengkapan untuk membantu tubuh. Renang juga adalah cabang olahraga yang akan menggunakan anggota tubuh terutama kaki dan tangan agar dapat bergerak dalam air.

Sejarah Renang


Renang sudah dikenal sejak zaman pra-sejarah. Dari gambar-gambar yang berasal dari zaman batu diketahui adanya bentuk gua-gua untuk para perenang di dekat Wadi Sora di sebelah barat daya Mesir. Di Negara Jepang, renang ialah kemampuan yang wajib dimiliki oleh para samurai. Sejarah mencatat, pertandingan renang pertama kali diselenggarakan oleh Kaisar Suigui pada 36 sebelum Masehi.

Pertandingan renang yang memperebutkan gelar juara sudah dimulai di Eropa sekitar tahun 1800 an dan sebagian besar pertandingan menggunakan gaya dada. Renang dengan menggunakan gaya bebas pertama kali diperkenalkan oleh Arthur Trudgen. Gaya ini kemudian mulai digabung atau dikombinasikan dengan gaya kaki yang menendang oleh Richard Cavill pada tahun 1902. Di abad pertengahan, renang termasuk dalam 7 kemahiran yang wajib dimiliki oleh para ksatria termasuk berenang dengan membawa senjata, wow amazing.

Pertandingan olahraga renang pertama kali diadakan dalam Olimpiade modern pada tahun 1896 di Athena, Yunani. Pada Olimpiade ini, hanya empat nomor cabang olahraga yang dipertandingkan dari rencana semula enam nomor. Masing-masing antara lain 
  1. nomor 100 meter
  2. nomor 500 meter
  3. nomor 1.200 meter
  4. nomor bebas
  5. dan 100 meter bagi para pelaut. 
Olimpiade yang kedua diselenggarakan di Kota Paris, Prancis pada tahun 1900 dan mempertandingkan 
  1. nomor 200 m
  2. nomor 1.000 m
  3. nomor 4.000 m
  4. nomor bebas
  5. 200 m gaya dada, 
  6. dan 200 m nomor beregu.
Persatuan Renang Internasional atau dalam bahasa inggrisnya Federation Internationale De Natation De Amateur (FINA) dibentuk pada tahun 1908 yang pada awalnya menetapkan, gaya kupu-kupu merupakan variasi gaya dada. Gaya ini baru menjadi gaya terpisah pada tahun 1952. 

Wanita baru diperkenankan ikut pertandingan renang yaitu pada Olimpiade 1912 di kota Stockholm, Belanda. Itupun hanya nomor bebas. Seiring dengan perkembangan olah raga renang, renangpun semakin popular. Penggemar olahraga renang semakin bertambah. Bahkan, tidak jarang anak-anak diajarkan renang pada usia sangat dini.

Cara Berenang Yang Baik dan Benar


Perenang pemula terutama akan sangat membutuhkan cara berenang yang baik dan benar. Berikut adalah cara-caranya.

1. Mulailah dengan melakukan pemanasan agar otot tidak kram


Pemanasan turut berguna agar suhu tubuh meningkat dan detak jantung tetap normal. Gerakan pemanasan di antaranya adalah:
  • berjalan ringan di sekitar kolam
  • mengayunkan kaki dan tangan kira-kira selama 10 hingga 15 menit
  • latihan pergelalangan kaki. 

2. Menyamankan diri di dalam air juga perlu dilakukan


  • rendamlah tubuh sebatas leher, lalu basahi muka berulang-ulang dengan dua tangan
  • ambil posisi duduk pada dasar kolam, letakkan kepala di permukaan air dan dua tangan di samping kanan dan kiri paha. 

3. Berlatih pernapasan 


Berlatih pernapasan juga penting sebagai bagian dari menyamankan diri dalam air.
  • ambil napas panjang sembari memasukkan tubuh ke dalam kolam
  • tahan napas selamam beberapa detik dan keluarkan gelembung udara dari hidung serta mulut
  • keluarkan kepala dari permukaan kolam, kemudian tarik napas penuh.

Macam-macam Gaya Renang


Terdapat setidaknya empat gaya renang yang paling populer yaitu gaya dada, gaya bebas, gaya punggung serta gaya kupu-kupu. Berikut adalah penjelasan dari macam-macam gaya renang tersebut.

1. Renang Gaya Dada


Renang Gaya Dada

Renang gaya ini disebut pula gaya katak mengingat gerakannya mirip kata. Posisi tubuh seperti merangkak pada permukaan air serta dikombinasikan gerakan tangan dan juga kaki. Tangan serta kaki ada di dalam air sementara kepala bergerak naik turun di dalam air menuju permukaan. Perenang akan dapat melihat ke depan saat tengah berenang.

2. Renang Gaya Bebas


Renang Gaya Bebas

Gerakan renang gaya bebas akan menelungkupkan badan, sementara tangan serta kaki melakukan tendangan dan tarikan air. Pada gaya ini, tubuh ada di posisi datar pada atas air serta bahu agak ditarik ke belakang. Kaki akan berada beberapa inchi pada bagian bawah permukaan air. Hal lain yang harus diperhatikan ialah wajah serta pandangan mata harus dipertahankan ke depan.

3. Renang Gaya Punggung


Renang Gaya Punggung

Sesuai namanya, gaya ini mengharuskan punggung menghadap ke air atau disebut pula posisi telentang. Gerakannya hampir sama seperti gaya bebas. Wajah akan berada di bagian atas dari permukaan air, sehingga lebih mudah dalam bernafas maupun membuka mata. Akan tetapi, pada gaya ini akan sulit dalam menentukan arah gerak karena mata menghadap ke arah atas.

4. Renang Gaya Kupu-kupu


Renang Gaya Kupu-kupu
Gaya ini merupakan pengembangan gaya dada. Dalam renang gaya kupu-kupu, kedua lengan akan mengayuh secara bersamaan dan bergerak ke depan. Kedua tangan akan membentang lalu mengepak agar tubuh terayuh maju ke depan. Gerakan ini mirip sayap kupu-kupu sehingga dinamakan gaya kupu-kupu. Gaya ini memang butuh tenaga besar, koordinasi serta irama yang baik.

Mungkin sekian dulu materi olahraga renang terkait pengertian renang, macam macam gaya renang maupun sejarah renang. semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jangan lupa berikan kritik dan saran di kolom komentar demi berkembangnya website ini. Terima Kasih.


Penelusuran yang terkait dengan pengertian renang
  • pengertian renang menurut para ahli
  • pengertian renang gaya bebas
  • pengertian renang dan teknik dasar
  • pengertian renang gaya dada
  • materi renang lengkap
  • materi renang kelas 12
  • pengertian renang jarak jauh
  • teknik renang

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel