√ Mengenal Pantun dan Jenis - jenisnya

Mengenal Pantun dan Jenis - jenisnya

Pantun - Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah pantun. Biasanya, pantun akan dipelajari dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di bangku sekolah. Namun, apa sebenarnya pengertian dari pantun, ciri-cirinya hingga jenis-jenisnya? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.
Mengenal Pantun dan Jenis - jenisnya

Pengertian Pantun

Pengertian pantun secara singkat ialah salah satu jenis puisi lama di mana tiap bait terdiri atas empat baris, sampiran dan isi. Jenis puisi lama ini sendiri diambil dari kata patuntun yang diharapkan dapat menjadi penuntun untuk orang-orang yang membaca atau mendengarnya. Tidak hanya berisi nasihat serta imbauan, penyampaian pantun juga memiliki ciri khas. Berikut adalah beberapa ciri dari pantun.

  1. Tiap baitnya terdiri dari empat baris. Tiap bait sendiri akan berisi untaian kata-kata dalam satu gagasan atau ide dan akan bergantung dari jenis puisinya. Barisan kata-kata yang ada dalam pantun biasa pula disebut larik.
  2. Suku kata di tiap barisnya antara 8 hingga 12. Awalnya, pantun tidak dituliskan namun disampaikan degnan lisan. Karena itulah, tiap baris dalam pantun dibuat singkat, akan tetapi isinya tetap padat. Hanya ada 8 hingga 12 suku kata di tiap baris pantun.
  3. Dalam pantun juga memiliki sampiran atau pengantar serta isi. Sampiran ini biasanya terdengar lucu hingga puitis. Sampiran tidak ada hubungannya dengan isi, akan tetapi menjelaskan peristiwa atau kebiasaan di tengah masyarakat. Sampiran akan ditempatkan di baris pertama serat kedua. Sementara isi pantun ada di baris ketiga dan keempat.
  4. Pantun akan memiliki rima a-b-a-b. Rima atau sajak ialah kesamaan bunyi dalam puisi. Jenis-jenis puisi lama biasanya kental akan rima, termasuk pantun. Pengertian rima a-b-a-b ialah adanya kesamaan bunyi di baris pertama dan ketiga serta baris kedua dan baris keempat. 

Jenis - jenis Pantun

Setelah mengetahui pengertian serta ciri-cirinya, kita harus tahu pula jenis-jenis pantun yang ada. Pantun umumnya akan dibedakan berdasarkan tema isi. Berikut adalah beberapa jenis pantun yang biasa ada di tengah kita.

1. Pantun Nasihat

Pantun ini dibuat sebagai anjuran atau imbauan pada seseorang maupun masyarakat. Isi tema pantun ini juga adalah yang paling banyak ditemukan di tengah-tengah kita. Tujuannya ialah menyampaikan didikan serta pesan moral. 

2. Pantun Jenaka

Sesuai namanya, jenis satu ini memiliki tema yang lucu, menarik serta mengundang tawa. Tujuannya tentu memberi hiburan pada orang-orang yang membaca atau mendengarkannya. Tidak jarang, pantun ini digunakan sebagai sarana penyampaian sindiran terkait kondisi masyarakat.

3. Pantun Agama

Jenis ini memiliki isi yang secara khusus membahas manusia dan pencipta-Nya. Tujuannya hampir sama seperti pantun nasihat, yaitu emmberi pesan moral serta didikan pada pembaca maupun pendengar. Namun, tema pada pantun agama dianggap lebih spesifik karena ada nilai-nilai serta prinsip agama tertentu di dalamnya.

4. Pantun Teka-Teki 

Ciri khas pantun ini ada di bagian isi, di mana ada pertanyaan yang ditempatkan pada larik terakhir. Tujuannya adalah sebagai hiburan serta mengakrabkan kebersamaan.

5. Pantun Berkasih-Kasihan

Isi pantun ini erat dengan cinta serta kasih sayang. Umumnya pantun seperti ini lebih terkenal di kalangan pemuda-pemudi Melayu saat menyampaikan perasaan mereka pada kekasih maupun orang-orang yang disayanginya.

6. Pantun Anak

Isinya ringan yang terkait degnan hal-hal yang dianggap menyenangkan bagi anak kecil. Tujuan dari pantun ini ialah mengakrabkan anak dengan jenis pantun serta memberi didikan moral.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel