√ Termometer : Alat Pengukur Suhu Paling Efektif

Termometer : Alat Pengukur Suhu Paling Efektif

Termometer - Siapa sih yang tidak kenal dengan alat yang satu ini? Semua orang pasti mengenal yang namanya termometer. Ketika demam, umumnya suhu tubuh akan meningkat. Apabila kulit tubuh anda disentuh, maka akan terasa panas atau hangat. Anda pun terkadang penasaran ingin mengukur seberapa tinggi suhu tubuh anda ketika demam. Mengetahui suhu tubuh juga sebagai salah satu cara antisipasi, apakah anda perlu penanganan lebih lanjut ketika demam atau tidak. Mengukur suhu tubuh yang tepat dapat dilakukan dengan menggunakan alat termometer. Apa sih termometer itu? Berikut penjelasan dan beberapa macam termometer yang harus anda ketahui.
gambar termometer
Gambar termometer

Pengertian Termometer


Termometer adalah suatu alat ukur yang digunakan untuk mengukur derajat suhu atau perubahan suhu. Dalam penggunaannya, banyak sekali peranan penting dari termometer. Termometer sering digunakan dalam dunia fisika, kimia, medis, bahkan untuk umum. Ada banyak sekali jenis termometer bisa kita temukan. Diantaranya ialah termometer raksa, termometer ruangan, termometer badan, termometer inframerah/infrared dan lain sebagainya.

Macam Macam Termometer


Setiap jenis termometer memiliki fungsinya masing-masing. Semisal saja untuk termometer ruangan, berfungsi untuk mengukur suhu ruangan secara umum. Bukan hanya itu saja, masing masing termometer ada caranya sendiri dalam menggunakan. Dan satu termometer tidak bisa digunakan untuk lain hal. Semisal seperti, termometer air raksa tidak bisa digunakan untuk mengukur suhu ruangan. Nah, di artikel ini akan kami jelaskan mengenai macam macam termometer, fungsinya dan kegunaannya. Berikut ini adalah macam macam jenis termometer.

1. Termometer air raksa


gambar termometer air raksa
Gambar termometer air raksa

Tentu saja kita tidak asing dengan termometer jenis ini. Termometer ini menggunakan air raksa yang berfungsi sebagai indikator perubahan suhu dengan skala celcius dan fahrenheit. Air raksa yang berwarna merah akan menunjukan suhu suatu zat dalam sistem. Pertanyaan muncul, mengapa menggunakan air raksa yang berwarna merah? Penggunaan air raksa sebagai termometer memiliki berbagai keunggulan. Diantaranya ialah tidak membasahi dinding termometer, mampu mengukur suhu tinggi dan lain sebagainnya. Warna merah pada raksa berfungsi untuk mengetahui gerak air raksa untuk membaca skalanya. Namun demikian termometer air raksa memiliki kekurangan, diantaranya adalah harganya relatif mahal, sangat berbahaya jika pecah dan lainnya. Termometer air raksa biasanya digunakan untuk mengukur suhu badan, sistem, laboratorium dan lain sebagainnya.

2. Termometer ruangan


Gambar termometer ruangan
Gambar Termometer Ruangan
Termometer ruangan biasa kita temukan di ruang kelas, aula, laboratorium, dan tempat lainnya. Termometer jenis ini biasanya dipasang di dinding ruangan dan ada yang didesain bersatu dengan jam atau yang lainnya. Sama halnya dengan termometer jenis lainnya, termometer ruangan juga menggunakan air raksa sebagai indikator penunjuk suhunya. Skala yang digunakan dalam termometer ini ialah celcius dan farenheit. Termometer ini mampu mengukur suhu dari interval 30 sampai 50 derajat celcius. Cara kerja termometer ini ialah dengan mencatat suhu pada dinding yang berkontak langsung dengan ruangan. Maka dari itu, peletakan termometer jenis ini harus di dinding.

3. Termometer badan


gambar termometer digital
Gambar termometer digital
Memahami derajat suhu tubuh menjadi indikator penting apakah tubuh kita terserang penyakit atau tidak. Nah cara memahami suhu tubuh, digunakanlah termometer khusus tubuh. Termometer badan ini biasa digunakan untuk keperluan medis. Termometer jenis ini masih menggunakan air raksa atau alkohol ataupun sudah berupatermometer digital sebagai indikator penentuan suhu. Skala termometer badan dari 35 sampai 42 derajat celcius dengan tingkat ketelitian sebesar 0.1 derajat. Termometer badan ini memiliki keunggulan yaitu dapat mengukur suhu tubuh secara akurat tanpa adanya interferensi dengan suhu sekitar. Cara menggunakan termometer badan ialah dengan menjepitkannya di lekukan tubuh, seperti ketiak. Sebelum menjepitkan termometer di ketiak, diharuskan untuk mengibas ngibaskan termometer sehingga suhu berada di bawah 35 derajat.

Termometer Digital


Alat pengukur suhu badan digital ini pada umumnya dapat menunjukkan hasil lebih cepat dan akurat. Alat pengukur suhu tubuh ini mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di apotek, toko obat, atau toko yang menjual alat-alat kesehatan. Harga termometer pun relatif murah, bahkan toko onlinepun sudah ada yang menjual sekitar 25.000 saja. 

Pada alat pengukur suhu tubuh digital, di bagian ujung alatnya terdapat sensor. Sensor inilah yang bekerja membaca suhu tubuh Anda pada saat menyentuh tubuh selama beberapa detik.

Cara Menggunakan Termometer digital


Anda dapat menggunakan termometer ini dengan 3 cara:
  • Gunakan di mulut
Ketika menggunakan termometer digital ini di mulut, Anda hanya meletakkan saja ujung sensornya di bawah lidah dengan bibir tertutup. Usahakan supaya tidak berbicara, menggigit ataupun menjilat alat ini. Bernapaslah secara biasa melalui hidung. Tunggu hingga Anda mendengar alat ini berbunyi "biiiip" ataupun sinyal lain yang menandakan bahwa hasil pengukuran suhu siap kita baca di layar alat.
  • Gunakan di anus
Metode ini umumnya hanya digunakan pada bayi dikarenakan mereka cenderung sulit untuk dapat diam beberapa saat ketika sebuah alat dimasukkan ke dalam mulutnya. Itulah sebabnya, mengukur suhu tubuh bayi pada umumnya dilakukan lewat anus. Sebelumnya, cucilah terlebih dahulu ujung alat pengukur suhu badan digital ini dengan menggunakan sabun dan bilas dengan air dingin. Keringkan dengan kain lap bersih lalu basahi ujung termometer dengan pelumas, misalnya petroleum jelly.

Pertama, Anda dapat menidurkan bayi di atas permukaan datar, seperti halnya di atas kasur ataupun pangkuan paha Anda.  Buat bayi berada di posisi tengkurap, kemudian buka kedua kakinya dari belakang secara perlahan. Setelah menemukan lubang anus, Anda bisa memasukkan alat ini ke dalam anus secara perlahan dan diamkan selama 30 detik atau hingga sensor alat berbunyi.

Cara kedua, Anda juga dapat meletakkan bayi dengan posisi tidur menghadap ke atas atau telentang. Kemudian bukalah kedua kakinya secara pelan-pelan dan masukkan ke dalam anus selama 30 detik atau sampai terdengar bunyi "biiiip" pada alat tersebut.
  • Gunakan di bawah lengan atau ketiak
Menggunakan termometer di bawah lengan atau menghimpitnya di ketiak juga adalah cara yang sudah umum kita ketahui. Caranya sangat mudah, lepas baju dan tempatkan setengah termometer digital ini di antara kedua lengan atau himpitkan di ketiak Anda. Pastikan bahwa sensor telah terhimpit di ketiak Anda dan mengenai kulit Anda, bukan baju. Kemudian tahan selama 2 hingga 3 menit atau sampai sensor berbunyi. selanjutnya, Anda bisa melihat hasil ukur suhu tubuh di layar termometer berupa angka digital.

Perhatikan!!!
Jangan gunakan termometer mulut dan anus secara bersamaan. Anda wajib memberikan label khusus untuk pemakaian anus (rektal) atau mulut (oral) agar bisa membedakannya. Pastikan juga kalau Anda sudah mengikuti aturan cara pakai secara tepat untuk mendapatkan hasil yang benar dan akurat

4. Termometer inframerah


gambar termometer infrared
Gambar termometer infrared/inframerah
Jika anda ingin mengukur sebuah suhu suatu benda tanpa harus menyentuhnya, maka termometer inframerah layak digunakan. Sederhananya cara kerja termometer inframerah ialah mendeteksi gelombang elektromagnetik inframerah dari sebuah benda. Kita tahu bahwasannya semua benda pasti memancarkan inframerah, oleh karena itu, dengan mendeteksi kekuatan inframerah suatu benda yang kemudian diterjemahkan dalam pengukuran suhu.

Mungkin sekian penjelasan saya secara singkat tentang termometer, gambar termometer dan macam macam termometer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jangan lupa berikan komentar ataupun kritik dan saran yang sifatnya membangun untuk berkembangnya website ini. Terima Kasih.

Penelusuran yang terkait dengan Termometer

  • termometer harga
  • termometer suhu badan
  • termometer raksa
  • fungsi termometer
  • cara menggunakan termometer
  • termometer ruangan
  • jenis termometer
  • termometer laboratorium

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel