TV bergaris vertikal: Begini cara mudah memperbaikinya

Cara memperbaiki TV bergaris vertikal - Pada kesempatan yang lalu saya infastpedia sudah membahas bebrapa kerusakan diantaranya TV rusak bergaris horizontal. Nah, dalam kesempatan kali  ini kami kembali akan membahas satu lagi jenis kerusakan yang sangat umum dan sering terjadi pada televisi yaitu, TV rusak bergaris vertikal di layar.

Ciri – Ciri Kerusakan TV Bergaris Vertikal

cara memperbaiki TV bergaris vertikal

Ciri-ciri kerusakan televisi seperti ini adalah, pada saat TV Anda hidupkan tidak akan ada tampilan gambar maupun suara pada layar televisi tersebut. Tampilannya hanya "satu garis vertikal di tengah saja" seperti yang anda lihat dalam gambar di diatas.

Bagi Anda yang mmungkin sudah terbiasa memperbaiki TV dan sering menemukan jenis kerusakan semacam ini, tentu ini bukan menjadi hal yang sulit karena Anda sudah tahu cara memperbaikinya. Akan tetapi akan berbeda keadaannya dengan mereka yang belum sama sekali memahami betul cara memperbaiki TV rusak.

Untuk itu sebaiknya Anda mempunyai ilmu dalam perbaikan TV, untuk hal ini Anda bisa mencari buku atau e-book yang membahas perbaikan-perbaikn tv yang rusak. Ini zaman yang dimana teknologi sudah maju, Anda bisa membeli buku panduan di toko online terpercaya. Lanjut, dalam memperbaiki TV tabung dengan kerusakan semacam ini, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Insyaa Allah, apa yang kami jelaskan dalam artikel di kesempatan kali ini cukup mudah untuk Anda ikuti.

Cara Memperbaiki TV Bergaris Vertikal


Lakukan penyolderan ulang pada bagian horizontal

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah penyolderan pada bagian horizontal, khususnya pada komponen konektor defleksi atau yoke dan pada bagian komponen penguat transistor output horizontal. Silahkan Anda amati juga jalurnya apakah ada yang putus atau tidak. Jika ada jalur yang terputus maka lakukanlah penyambungan dengan kabel secukupnya.

Analisa kerusakan bagian horizontal

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah, Silahkan Anda periksa defleksi bagian vertikal apakah rusak (terbakar ) atau baik-baik saja. Jika Anda menemukan komponen defleksi dalam keadaan rusak, maka Anda bisa mengganti komponen tersebut dengan yang baru dan asli. Selanjutnya, Anda bisa lakukan pengukuran transistor penguat horizontalnya dan kapasitor yang satu jalur dengan pin atau kaki kolektor transistor penguat seperti yang Anda lihat dalam gambar di bawah ini:
Analisa kerusakan bagian horizontal

Demikianlah penjelasan singkat yang terkait tentang cara memperbaiki TV bergaris vertikal, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Sekian dan Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel