Cara Simpel Memperbaiki TV yang Berwarna Merah

Cara memperbaiki TV warna merah – Apakah Anda pernah mengalami kerusakan pada televisi Anda dengan ciri - ciri warna layar menjadi merah? Jika pernah, maka Anda tidak peru khawatir karena Kerusakan semacam ini sangat umum sering terjadi. Nah, cara memperbaiki kerusakan yang terjadi pada TV yang warna layarnya menjadi kemerahan, tidaklah jauh berbeda dengan Memperbaiki Warna TV Dominan Hijau atau warna biru. Jadi Anda jangan khawatir yang berlebihan, karena semua ada solusinya. Sebelum membahas lebih jauh alangkah baiknya kita ketahui yang menjadi penyebab kerusakan layar TV  menjadi berwarna merah.

Penyebab Kerusakan TV yang Berwarna Merah 

Penyebab Kerusakan TV yang Berwarna Merah

Secara teori dalam ilmu perbaikan televisi tabung bahwasanya yang menjadi penyebab kerusakan TV seperti ini adalah yang disebabkan adanya kerusakan yang terjadi pada bagian ic croma ataupun bagian matrix (RGB).

Oleh karena itu yang menjadi objek analisa kerusakan Anda sekarang adalah bagian komponen ic croma dan mesin rgb (matrix). Oke, sebelum melanjutkan kepada langkah - langkah dalam perbaikan TV dengan kerusakan seperti ini alangkah baiknya untuk Anda sebagai teknisi pemula untuk memiliki panduan yang nomor satu ini.

Langkah - langkah Memperbaiki layar Televisi Berwarna Merah


Untuk memperbaiki TV dengan ciri - ciri kerusakan warna layarnyanya kemerahan ketika televisi menyala, ada beberapa langkah - langkah yang harus Anda lakukan. Insyaa Allah akan sangat mudah untuk Anda ikuti. Yuk langsung disimak!

1. Analisa Kerusakan RGB atau matrix

Mesin RGB bisa dikatakan dalam kondisi normal atau bekerja dengan sempurna apabila memenuhi keadaan berikut:

  • Sudah ada Tegangan 180 V dari flyback
  • Kemudian tegangan masing-masing katoda R, G, B juga sudah ada sekitar 125 vdc
  • Tegangan heater dari fbt juga telah sampai di pin heater, dan
  • Tegangan basis dari IC croma sudah sampai di kaki basis transistor penguat RGB.

Karena keadaannya di sini kerusakan TV tersebut berwarna kemerah-merahan maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah pengukuran pada masing-masing katoda R, G, B. Apabila dari masing-masing katoda ada tegangan yang tidak normal, maka Anda bisa melakukan pengecekan satu persatu komponen yang satu jalur dengan kaki atau pin katoda tersebut. Khususnya komponen resistor dan transistor.

Apabila ditemukan suatu komponen yang rusak maka segera gantilah dengan yang baru. Insyaa Allah TV sudah bisa hidup normal kembali. Tetapi, jika hasil tegangan yang terukur normal, maka selanjutnya, lakukan analisa kerusakan pada bagian ic croma.
Baca juga: Kumpulan Data Persamaan Flyback TV Terlengkap

2. Analisa kerusakan bagian IC croma

Dalam teori ilmu perbaikan televisi tabung, jika IC croma tidak dapat bekerja maka pada layar TV otomatis akan terjadi suatu gangguan pada warnanya. Untuk itu Anda perlu sekali melakukan pengukuran langsung pada kaki basis komponen transistor penguat rgb. Hal ini mempunyai tujuan untuk memastikan apakah ic croma sudah bekerja atau belum.

Lakukan pengukuran tegangan pada kaki basis transistor penguat, pastikan tegangan ada sekitar 4 vdc. Apabila salah satu transistor penguat ada tegangan yang "nol volt" maka Anda silahkan telusuri komponen yang satu jalur dengan transistor tersebut apakah ada yang dalam keadaan rusak.

Apabila semua komponen dan jalur dalam keadaan bagus. Cobalah Anda ukur transistor tersebut apabila kondisinya rusak. Silahkan ganti dengan yang baru, maka biasanya TV sudah bisa hidup dengan normal kembali. Dengan catatan Anda telah melakukan analisa kerusakan bagian mesin RGB dan bagian IC croma terlebih dulu.

Demikianlah penjelasan singkat dari kami. Semoga apa yang kami sampaikan dalam postingan kali ini yang terkait dengan Cara Simpel Memperbaiki TV yang Berwarna Merah, bisa bermanfaat untuk Anda semua. Sekian dan Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel