Cara Memperbaiki TV Rusak Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Cara memperbaiki TV tidak ada Gambarnya tapi ada suaranya – Kerusakan Televisi yang berhubungan dengan Gambar Gelap namun masih ada suaranya merupakan hal yang masih sangat umum terjadi. Biasanya itu terjadi pada TV merk LG, SHARP, Polytron, Panasonic, ataupun Televisi merk lainnya. Kerusakan mmum lainnya juga yang sering terjadi adalah "kerusakan TV bergaris horizontal maupun vertical".

Hal ini, saya buktikan sendiri dengan mengikuti beberapa Group facebook seputar perbaikan TV. Didalam group cukup banyak yang bertanya tentang masalah kerusakan yang terjadi seperti Ini.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan beberapa hal kepada anda tentang sebuah cara yang cukup mudah untuk Anda lakukan dalam memperbaiki TV yang rusak  dengan kondisi ada gambar tetapi suaranya tidak ada.
Cara Memperbaiki TV Rusak Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya dan Penyebabnya

Ciri - ciri Khusus Kerusakan Televisi / TV


Sebelum kita masuk tentang cara memperbaikinya alangkah baiknya kita bahas ciri - ciri kerusakannya. Ciri - ciri khusus kerusakan Televisi seperti ini adalah, TV bisa hidup dengan lampu indikator TV tersebut masih tetap Menyala, dan suara dalam Televisi itu juga terdengar jelas. Tetapi yang membuat saya sedikit bingung,  Kenapa gambarnya menjadi Gelap (tidak ada gambarnya) yang tampil pada layar TV hanya hitam gelap.

Dalam hal memperbaiki Televisi dengan ciri - ciri kerusakan seperti ini, ada beberapa poin penting yang wajib Anda perhatikan supaya di dalam memperbaiki TV dengan jenis kerusakan seperti ini, In Syaa Allah tidaklah begitu sulit.

Analisa Bagian Matrix Atau Rgb pada TV


Matrix Atau Rgb adalah mesin yang menancap pada leher TV yang mempunyai fungsi untuk membangkitkan gambar pada layar TV anda. Apabila pada bagian ini mengalami kerusakan maka akan terjadi ganguan warna pada layar Televisi tersebut.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah, perhatikan lampu filamen yang ada terdapat pada leher tabung TV Anda. Apakah menyala atau tidak? Apabila lampu mati atau tidak menyala, Maka TV Pasti tidak akan tampil gambarnya. 

Penyebab filamen tabung tidak bisa menyala adalah karena Flyback (Fbt) belum bekerja. Ini dapat Anda buktikan pada saat melakukan pengukuran tegangan pada Pin Heater yang ada pada mesin Rgb tidak ada tegangan yang terukur. Seharusnya tegangan yang terukur pada Pin Heater ini ialah sekitar kurang lebih 6 VAC. Sedangkan tegangan sumbernya adalah berasal dari Fbt tepatnya pada Pin Heater.

Sebelum Anda memastikan bahwa Fbtnya yang rusak atau Fbt nya belum bekerja, Anda sebaiknya melakukan pengukuran langsung pada Pin Heater ataupun di kaki Heater Fbt. Apabila ada tegangannya maka artinya Fbt tersebut sudah bekerja.

Langkah selanjutnya adalah, Anda harus cari penyebab mengapa arus AC tidak dapat sampai ke Pin Heater pada Mesin Rgb. Anda harus coba telusuri satu persatu komponen dimulai dari kaki Heater Flyback hingga menuju mesin Rgb. Seringkali ditemukan ada komponen yang kemungkinan rusak. Jika ada yang rusak maka sebaikny ganti dengan yang baru biasanya Televisi sudah dapat hidup normal kembali.

Analisa Kerusakan Flyback (Fbt) pada TV


Setelah Anda melakukan analisa kerusakan yang terjadi pada bagian Matrix, lampu Filamen tabung tidak dapat menyala dan sudah dilakukan pengukuran pada Pin Heater Fbt namun juga tidak ada tegangannya. Maka dapat disimpulkan bahwa Flyback masih belum bekerja. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan analisa kerusakan dengan cara mengukur tegangan pada bagian - bagian Televisi tersebut.

Secara teori ilmu dalam perbaikan TV hehe... supaya Fbt dapat bekerja maka ada 2 syarat yang harus terpenuhi. 
  1. Pada Kaki B+ Fbt telah terpenuhi tegangan sekitar kurang lebih 115 VDC dan 
  2. Sinyal oscillator Horizontal Out telah sampai di kaki basis transistor penguat output horizontal.
Apabila Ini tidak dapat terpenuhi maka sudah bisa dipastikan Fbt tidak akan dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

Langkah selanjutnya adalah Anda harus melakukan pengukuran tegangan Pada Elco B+ yang letaknya berada pada bagian skunder regulator. Tegangan elco B+ Antara 160 V sampai 250 V. Apabila tegangan terukur kurang lebih 115 V maka ini normal dan selanjutnya pastikan kembali bahwa tegangan tersebut sudah sampai pada kaki Atau Pin B+ Fbt.

Apabila semua dalam kondisi normal, maka langkah berikutnya adalah Anda harus melakukan pengukuran tegangan pada kaki basis Transistor penguat Horizontal Out. Tegangan harus terukur kurang lebih 2 VAC. Apabila tidak terdapat sinyal AC pada bagian Ini Maka sudah bisa dipastikan Fbt tidak akan bekerja.

Berikutnya adalah mencari penyebab mengapa sinyal AC tidak bisa sampai pada Kaki Basis transistor penguat. Secara teori dalam ilmu perbaikan TV syarat agar sinyal AC dapat sampai di kaki basis penguat adalah Oscillator yang ada terdapat pada Ic Croma (Di Pin H-Out) sudah terdapat tegangan Dc kurang lebih 2 Vdc dan tegangan Dc telah sampai di kaki basis Transistor Driver Horizontal, serta tegangan kaki colektor transistor tersebut sudah ada terdapat tegangan yang berasal dari elco B+ dan sudah sampai pada input Travo IT.

Jika komponen - komponen pendukung tersebut tidak bisa bekerja, apakah karena rusak atau mungkin karena tidak terpenuhi tegangan yang dibutuhkan maka sudah bisa di pastikan Fbt tidak akan bekerja. 

Jika sinyal AC tidak sampai ke kaki basis Transistor penguat, seringkali IC Croma sudah dalam kondisi rusak atau ada komponen yang menuju kaki Basis Transistor penguat ada yang mengalami kerusakan dan harus dicek satu persatu.

Semoga sedikti pembahasan mengenai penyebab TV tidak ada gambarnya namun masih ada suaranya ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Sekian dan Terima Kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel