Aneka Ragam Kerajinan Tanah Liat, Gerabah yang Estetis serta Fungsional

Kerajinan tanah liat - Kerajinan tanah liat adalah salah satu jenis kerajinan yang dibuat menggunakan tangan dan berbahan material dari tanah liat. Kerajinan yang berbahan dasar dari tanah liat banyak digunakan untuk membuat beberapa jenis buah tangan. Kerajinan yang dibuat menggunakan tangan secara manual ini bisa dijadikan berbagai macam bentuk dengan fungsi yang cukup beragam. Kerajinan ini selain memiliki banyak sekali kegunaan juga berfungsi untuk memercantik ruangan supaya terlihat lebih estetik.
Kerajinan Tanah Liat, Gerabah yang Estetis serta Fungsional

Kerajinan dari Tanah Liat Beserta Fungsinya


Kerajinan yang terbuat dari tanah liat banyak disebut sebagai gerabah. Gerabah saat ini juga banyak dijual dan bisa ditemukan di berbagai macam toko. Beberapa jenis atau bentuk kerajinan berikut ini adalah kerajinan-kerajinan yang sering dibuat dari bahan tanah liat yang fungsional serta bernilai estetis tinggi.

Vas Bunga dari Tanah Liat


kerajinan Vas Bunga dari Tanah Liat

Salah satu jenis kerajinan tanah liat yang paling sering dibuat yaitu vas bunga. Sama seperti namanya, vas bunga ini digunakan untuk meletakkan bunga. Vas bunga yang terbuat dari tanah liat tak hanya menarik saja tetapi bisa menambah kesan estetik saat dipajang di sudut ruangan. Vas bunga yang terbuat dari tanah liat juga bisa menghiasi meja kantor. Meja kantor selalu identik dengan hal-hal yang monoton dengan adanya pajangan berupa vas bunga bisa mempercantik meja di kantor Anda.

Celengan dari Tanah Liat


Tak hanya vas bunga saja kerajinan yang dibuat menggunakan tanah liat. Tanah liat juga bisa menjadi salah satu benda yang sangat berfungsi. Salah satu kerajinan tangan yang terbuat dari bahan tanah liat yaitu celengan. Celengan dari tanah liat sudah banyak sekali ditemui diberbagai macam toko yang menjual aneka macam gerabah. 
Celangan dari tanah liat juga sangat unik dan antik. Celengan ini berfungsi untuk menabung. Menabung menggunakan kerajinan tanah liat selain terlihat lebih bagus juga bisa meningkatkan minat seseorang untuk menabung. Anda bisa memberikan celengan ini kepada anak kecil dengan memilih bentuk-bentuk yang unik seperti ayam, harimau, angsa maupun bentuk yang lainnya.

Asbak dari Tanah Liat


kerajinan asbak dari Tanah Liat
Sumber: https://s1.bukalapak.com/img/197489858/w-1000/asbak_tanah_liat.jpg

Asbak merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk membuang abu rokok. Asbak juga bisa terbuat dari tanah lait. Asbak yang dibuat menggunakan tanah liat biasanya lebih awet dan lebih bagus. Tak hanya itu saja, nilai estetis yang ada pada asbak ini juga sangat tinggi. Pasalnya, pada saat proses pembuatan asbak menggunakan tanah liat bisa dibuat menjadi berbagai macam bentuk. Tekstur tanah liat yang lembut memudahkan para pengrajin untuk membantuk asbak menjadi beraneka macam rupa.

Topeng dari Tanah Liat


kerajinan topeng dari Tanah Liat
Sumber: www.indonetwork.co.id

Kerajinan tanah liat yang lainnya yaitu berbentuk topeng. Topeng dari tanah liat banyak digunakan sebagai salah satu pajangan di ruangan. Topeng yang terbuat dari tanah liat tak hanya memiliki nilai estetis yang tinggi saja. Topeng juga memiliki nilai kuno dan budaya yang cukup lekat. Sehingga bagi Anda yang sedang mencari ide pajangan rumah dengan konsep kuno, topeng yang terbuat dari tanah liat bisa menjadi salah satu referensi pajangan rumah Anda.

Itulah beberapa jenis pajangan atau kerajinan tanah liat yang banyak dibuat oleh pengrajin. Menggunakan pajangan atau kerajinan yang berbahan tanah liat selain lebih fungsional juga memiliki nilai estetika yang cukup tinggi. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan kerajinan dari tanah liat ini sebagai souvenir untuk orang lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel