Memahami Macam Macam Demokrasi Secara Lengkap

Macam - macam demokrasi yang digunakan oleh negara - negara di dunia ini sangatlah banyak. Ada kelebihan dan kekurangan dari setiap sistem demokrasi tersebut. Sebelum membahas topik ini lebih jauh, maka alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan demokrasi itu sendiri.
Memahami Macam Macam Demokrasi Secara Lengkap

Pengertian Demokrasi

Pengertian demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan dimana semua warga negara mempunyai hak dan kesempatan setara dalam memberikan kontribusi untuk mengambil keputusan yang bisa mempengaruhi hidup meraka.
Selain pengertian diatas banyak sekali para ahli yang mengartikan demokrasi itu sesuai dengan pandangan merka. Yuk cari tahu pengertian menurut para ahli.

Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln

Pengertian demokrasi ialah sebuah sistem pemerintahan dimana itu dibentuk dari rakyat, oleh rakyat dan juga untuk rakyat itu sendiri.

Pengertian demokrasi menurut Charles Costello

Pengertian demokrasi adalah suatu sistem sosial dan juga politik pemerintahan dimana di dalamnya kekuasaan pemerintah dibatasi oleh hukum dan juga budaya yang melindungi segenap hak perorangan dari warna Negara itu sendiri.

Pengertian demokrasi menurut Hans Kelsen

Pengertian demokrasi ialah suatu pemerintahan yang diadakan dan dilaksanakan dari rakyat dan untuk rakyat itu sendiri.
Adapun mengenai pelaksana kekuasaan Negara sendiri ialah wakil dari rakyat yang telah dipilih oleh rakyat sesudah adanya suatu keyakinan bahwa kebutuhannya akan memperoleh perhatian di dalam aturan yang telah atau akan ditetapkan oleh wakil rakyat tersebut berhubungan dengan penerapan dari kekuasaan Negara. 
Setiap negara yang ada di dunia menganut sistem demokrasi yang memang paling sesuai dengan situasi dan kondisi di negara tersebut, baik secara politik, ekonomi, sosial dan budaya. Misalnya, sistem demokrasi di Indonesia belum tentu bisa juga diterapkan di negara lain, dan begitu juga sebaliknya.

Indonesia adalah negara demokrasi yang mana bisa kita rasakan sendiri betapa pentingnya suara rakyat dalam membentuk dan memajukan negara. Demokrasi bukan hanya sistem, tetapi juga mencakup banyak hal seperti keadaan sosial, keadaan ekonomi, dan budaya dalam sebuah negara. Macam macam demokrasi dapat dilihat berdasarkan penyaluran kehendak rakyat, prinsip ideologi, dan hubungan antar kelengkapan negara.

Macam Macam Demokrasi Mempengaruhi dan Dipengaruhi Kondisi Negara


Setiap negara menggunakan sistem demokrasi berbeda-beda yang disesuaikan dengan kondisi sosial, ekonomi, dan budaya negara itu sendiri. Maka sitem demokrasi di satu negara belum tentu cocok diterapkan di negara lain, begitu juga sebaliknya. Demokrasi dapat diartikan sebagai sistem pemerintahan yang diberlakukan pada setiap negara yang mana semua rakyatnya memiliki hak setara dan berhak memberi kontribusi dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka dan negara. Pengertian ini disimpulkan dari arti kosakata ‘Demokrasi’ dari ‘Demokratia’ dengan ‘Demos’ bermakna ‘Rakyat’ dan ‘Kratos’ bermakna ‘Kekuatan/Kekuasaan’.

Setiap macam sistem demokrasi yang diberlakukan memiliki sejumlah ciri-ciri, serta kekurangan dan kelebihan. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa ada tiga macam demokrasi yaitu berdasarkan penyaluran kehendak rakyat, prinsip ideologi, dan hubungan antar kelengkapan negara.

Sistem Demokrasi Berdasarkan Penyaluran Kehendak Rakyat


Sistem demokrasi ini dibagi menjadi dua, langsung dan tidak langsung.
  • Langsung (Direct Democracy): Setiap warga negara memiliki hak untuk terlibat aktif secara langsung dalam pengambilan keputusan.
  • Tidak langsung (Indirect Democracy): Walau masih demokrasi dengan kekuatan/kekuasaan dipegang rakyat, namun pada sistem ini dilaksanakan secara tidak langsung atau melalui perwakilan rakyat.

Sistem Demokrasi Berdasarkan Prinsip Ideologi


Sistem demokrasi ini dibagi menjadi tiga, liberal, rakyat, dan pancasila.
  • Liberal: Disebut juga dengan ‘konstitusional’, sistem liberal menjunjung tinggi hak individu/perorangan setiap warga negara dnegan memberi kebebasan dalam menyampaikan pendapatnya.
  • Rakyat: Demokrasi ini dijalankan sesuai paham komunisme dan sosialis yang mana kepentingan umum berada di atas kepentingan individu.
  • Pancasila: Sesuai sebutannya, sistem demokrasi pancasila dijalankan dengan nilai-nilai pancasila, mengutamakan kepentingan umum berdasarkan musyawarah mufakat.

Sitem Demokrasi Berdasarkan Hubungan Antar Kelengkapan Negara


Sistem demokrasi ini dibagi menjadi empat, perwakilan sistem referendum, perwakilan sistem parlementer, perwakilan sistem pemisahan kekuasaan, serta perwakilan sistem referendum dan inisiatif rakyat.
  • Perwakilan dengan sistem referendum: Sistem yang melibatkan semua warga negara dalam proses pemilihan wakil di parlemen menggunakan konsep referendum (pemungutan suara secara langsung dan menyeluruh)
  • Perwakilan dengan sistem parlementer: Sistem yang melibatkan pemerintah (badan eksekutif) dimana menjalankan program yang telah disetujui oleh perwakilan rakyat (badan legislatif).
  • Perwakilan dengan sistem pemisahan kekuasaan: Sistem dengan kedudukan antara pmerintah dan perwakilan rakyat berada di tempat terpisah. Keduanya tidak langsung berkaitan.
  • Perwakilan dengan sistem referendum dan inisiatif rakyat: Sistem dengan penggabungan demokrasi perwakilan dan demokrasi secara langsung. Terdapat badan perwakilan yang dikendalikan oleh rakyat melalui proses pemungutan suara (referendum) bersifat obligator dan fakultatif.

Nilai Nilai Demokrasi


Dengan menggunakan suatu sistem demokrasi, sebuah negara akan menjadi lebih kokoh. NIlai-nilai dari demokrasi sendiri di antaranya:
  1. Ensure Justice/Tegaknya Keadilan
  2. Kebebasan yang bertanggung jawab.
  3. Terhindar dari rezim.
  4. Penyelesaian konflik bisa melalui jalan damai dan hukum.
  5. Perubahan sosial berjalan aman.
  6. Adanya toleransi dan pengakuan terhadap keanekaragaman.

Indonesia yang kini menganut sistem demokrasi pancasila secara umum mendapat semua nilai-nilai demokrasi yang mana tecantum dalam asas-asas pancasila dengan mewakili nilai - nilai tersebut.

Kelebihan atau Keuntungan Sistem Demokrasi


  1. Adanya kesamaan hak pada setiap orang dan mengakibatkan tiap masyarakat diperkenankan atau boleh untuk mengambil bagian dalam bidang politik.
  2. Penerimaan akan suatu kekuasaan ditetapkan berdasar pada suara ataupun kehendak dari rakyat.
  3. Sistem demokrasi juga dapat menghindari adanya monopoli kekuasaan di tangan penguasa.
Baca Juga : Hak Asasi Manusia dan Contoh Pelanggarannya

Kekurangan atau Kelemahan Sistem Demokrasi

  1. Kepercayaan rakyat kepada penguasa terasa sangat mudah untuk digoyahkan sebab berbagai dampak yang sifatnya negatif seperti media yang tidak mempunyai sikap objektif atau bahkan mempunyai kecenderungan subjektif atas informasi atau berita tertentu.
  2. Berkaitan dengan kesamaan hak akan sering dinilai tak adil sebab berdasarkan kepada pendapat para ahli bahwa setiap orang memiliki pemahaman politik yang beragam alias tak bisa sama persis.
  3. Konsentrasi atau fokus dari pemerintah yang sedang menjabat menjadi berkurang disebabkan mendekati pemilihan umum yang akan datang.

Contoh Negara penganut Sistem Demokrasi


Saat ini sejarah sudah mencatat bahwa demokrasi kini menjadi suatu sistem politik yang sangat banyak diterapkan di berbagai Negara di dunia. Alasannya lantaran sistem demokrasi menawarkan suatu konsep sistem yang adil dan juga transparan. Bahkan dari masa ke masa, Semakin banyak negara yang mengganti sistem pemerintahan mereka menjadi sistem demokratis .

Indonesia sendiri negara yang masuk ke dalam negara rangking ke tiga di dunia yang menggunakan sistem demokrasi . Hasil tersebut dihitung berdasar pada banyaknya jumlah penduduk atau rakyat yang dimiliki oleh suatu Negara. Dan berikut ini beberapa Negara yang di dalamnya menganut sistem demokrasi.
  1. India
  2. Amerika Serikat
  3. Indonesia
  4. Brazil
  5. Pakistan
  6. Nigeria
Demikianlah pembahasan tentang cara memahami macam macam demokrasi secara lengkap semoga bisa bermanfaat. Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel