Pengertian dan Macam - Macam Ekosistem dalam Kehidupan

Ekosistem - Ekosistem merupakan salah satu kata yang sudah tidak asing lagi ditelinga. Dalam kehidupan sehari-hari, kata ini sudah menjadi bagian baik dalam ekologi. Tatanan dalam ekologi juga melibatkan dua hal yaitu biotik serta abiotik. Komponen biotik merupakan komponen yang tersusun dari benda hidup sedangkan komponen abiotik tersusun dari benda mati atau tak hidup. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian serta aneka macam ekosistem.
pengertian ekosistem

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah tatanan ekologi yang tersusun atas dua komponen yaitu biotik dan abiotik. Pada sistem ekologi, kedua hal tersebut memilii peran masing-masing namun saling mempengaruhi satu sama lainnya. Sistem ekologi juga berkaitan dengan timbal balik antara tiap individu maupun tiap makhluk hidup yang ada di dunia ini. Selain itu, sistem ekologi juga sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Selain itu, sistem ekologi juga bisa terjadi akibat adanya perkembangan organisme beserta komunitas yang ada di lingkup atau ruang yang satu. Misalnya saja, pada sistem ekologi bumi dimana makhluk hidup di bumi bisa berkembang dan bisa hidup dengan baik dengan adanya matahari. Contoh lainya yaitu hewan herbivora yang memakan rumput. Keduanya merupakan komponen biotik dan abiotik yang saling mempengaruhi satu sama lainnya. 
macam macam ekosistem

Macam-Macam Ekosistem

Di dunia ini, terdapat beberapa macam sistem ekologi yang saling berkaitan satu sama lain. Sistem ekologi bisa dilihat dari tempat asalnya yaitu darat dan air. Selain itu, sistem ekologi juga dibagi menjadi sistem ekologi buatan serta alami. Berikut ini adalah penjelasan mengenai aneka macam ekosistem yang ada di dunia ini.

Ekosistem Darat dan Air

Sistem ekologi darat merupakan salah satu jenis sistem yang terjadi di daratan. Pada jenis sistem ekologi yang satu ini biasanya terjadi pada hutan, gurun, dan berbagai macam bioma darat. Selain itu, pada sistem ekologi yang terjadi di darat juga bisa terjadi pada taiga dan tundra. Taiga dan tundra biasanya berupa sistem kehidupan yang terjadi di beberapa tempat dengan suku dan iklim dingin. Tak hanya itu saja, tundra dan taiga juga biasanya didominasi oleh tanaman berupa lumut dan hutal boreal maupun conifer.

Sedangkan pada ekosistem air merupakan salah satu sistem ekologi yang berada di air maupun di lautan. Sistem ekologi ini biasanya berupa kehidupan atau interaksi yang ada di lingkup air tawar maupun air laut. Pada sistem ekologi air tawar bisa ditemui di beberapa tempat seperti sungai, rawa hingg danau. Sedangkan pada ait laut hanya sebatas di lautan saja.
ekosistem alami

Ekosistem Alami dan Buatan

Ragam dari ekosistem juga bisa dilihat dari cara terbentuknya yaitu secara alami maupun secara buatan. Sistem ekologi yang terjadi tanpa adanya campur tangan dari manusia sering disebut dengan ekosistem alami. Sedangkan sistem ekologi yang terbuat akibat adanya campur tangan manusia sering disebut dengan ekosistem buatan. Sistem ekologi buatan sangatlah mungkin untuk diciptakan dengan adanya kemajuan teknologi yang sudah semakin canggih.

Contoh sistem ekologi buatan yang sudah tersentuh oleh tangan manusia yaitu adanya sawah, perkebunan hingga pemukiman penduduk. Sistem ekologi ini diciptakan karena manusia membutuhkan tempat baik yang digunakan untuk tempat tinggal maupun sebagai tempat untuk mencari makan. Misalnya, adanya sistem ekologi pemukiman yang digunakan sebagai tempat untuk tinggal serta sistem ekologi sawah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yaitu kebutuhan pangan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel