Kumpulan Soal Bahasa Indonesia SMA yang Paling Sering Keluar di Ujian

Soal Bahasa Indonesia merupakan salah satu soal yang banyak diujikan di beberapa ujian. Baik ujian nasional maupun ujian masuk perguruan tinggi. Tingkatan soal-soal yang diujikan juga berbeda-beda tergantung dengan tingkatan pendidikan yang ditempuh. Soal-soal yang diujikan pada Bahasa Indonesia juga cukup bervariasi. Cakupan soal-soalnya juga cukup banyak dari berbagai macam topic. Seperti beberapa topic soal ujian Bahasa Indonesia ini merupakan topi-topik yang paling sering diujikan.
Kumpulan Soal Bahasa Indonesia SMA yang Paling Sering Keluar di Ujian

Latihan Soal Ujian Bahasa Indonesia SMA


SMA atau Sekolah Menengah Atas merupakan jenjang tertinggi pada sekolah menengah. Soal-soal yang sering diujikan pada jenjang pendidikan SMA juga akan berbeda dengan jenjang pendidikan yang lainnya. Cakupan topik-topik yang disajikan juga cukup berat bahkan beberapa siswa merasakan cakupan topiknya cukup sulit sehingga tak sedikit siswa SMA yang sulit mendapatkan nilai bagus. Beberapa topic berikut ini adalah topik-topik pada soal ujian Bahasa Indonesia yang sering ada.

- Topik Membaca Nonsastra


Pada topic soal ujian Bahasa Indonesia dengan jenis topik membaca namun ada genre nonsastra biasanya akan disuguhkan dua buah teks deskripsi maupun teks berita. Pada kedua teks tersebut biasanya yang ditanyakan berupa inti atau topic pembahasan dari kedua teks maupun perbedaan pada penyajian teks. Pada soal Bahasa Indonesia yang satu ini, pembaca harus bisa membaca dengan cepat dan teliti. Pasalnya, tak sedikit jawaban yang tersedia sedikit mengecoh.

- Topik Menyunting Kalimat


Pada jenis topic atau jenis soal selanjutnya yang banyak diujikan pada jenjang SMA yaitu menyunting kalimat. Soal yang disajikan biasanya berupa kalimat maupun paragraf yang nantinya harus disunting kata apa saja yang salah dan harus dibetulkan. Pada soal jenis ini, pembaca juga harus bisa teliti dalam meliaht ejaan-ejaan maupun istilah-istilah yang dituliskan maupun digunakan secara tepat atau tidak. Selain itu, pembaca juga harus bisa menyunting ejaan maupun kata menggunakan huruf yang tepat.

- Topik Membaca Sastra


Topik membaca sastra pada dasarnya hampir sama dengan topic membaca nonsastra. Hal yang membedakan yaitu pada jenis teks yang disajikan. Pada topic membaca nonsastra biasanya teks yang disajikan tidak berupa cerita. Teks yang disajikan bisa berupa teks deskripsi, teks prosedur hingga teks berita yang nantinya harus dianalisis persamaan topic maupun perbedaan penyajiannya.

Sedangkan pada topic membaca teks genre sastra, soal Bahasa Indonesia yang akan disajikan berupa soal cerita. Selain soal cerita, puisi yang dirangkai menjadi sebuah paragraf juga tak luput masuk kedalam soal yang disajikan. Soal yang ditanyakan baisanya berupa kesimpulan dari kedua jenis teks tersebut maupun topic yang diangkat. Selain itu, pertanyaan seputar maksud yang terkandung pada puisi juga banyak ditanyakan di beberapa soal-soal ujian nasional.

- Topik Menulis Terbatas


Pada jenis soal Bahasa Indonesia yang mengangkat topic mengenai menulis terbatas biasanya berisikan soal cerita yang mana harus digantikan kata-katanya. Soal yang disuguhkan berupa soal cerita dengan beberapa kata yang dicetak miring. Kata-kata ini nantinya harus digantikan dengan kata yang sesuai. Menyesuaikan kata yang dicetak miring ini memang susah-susah gampang. Karena pembaca harus bisa mengetahui penulisan dan menentukan kosakata yang tepat supaya teks tersebut sempurna.

Selain mengganti kata maupun istilah, pada topic menulis terbatas juga biasanya menggantikannya menggunakan peribahasa yang tepat dari soal cerita yang disajikan. Itulah beberapa jenis topic yang sering disajikan di beberapa soal-soal Bahasa Indonesia pada Ujian Nasional tingkat SMA.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel