Passing Grade: Pengertian, Cara Menghitung & Tips Lolos Passing Grade

Passing Grade

Passing Grade adalah


Apakah Anda tahu passing grade itu apa? Passing grade adalah nilai yang digunakan sebagai patokan atau acuan untuk bisa meluluskan seseorang dari suatu jenjang pendidikan tertentu. Biasanya saat lulus dari SMA maka Anda harus memiliki nilai di atas rata-rata agar bisa memasuki perguruan tinggi yang diinginkan.

Terdapat beberapa orang yang menganggap passing grade merupakan batas nilai minimal yang wajib dipenuhi oleh seseorang. Jadi, pada intinya apabila seseorang akan memilih sekolah atau perguruan tinggi maka harus melampaui nilai rata-rata yang telah ditentukan.

Pada umumnya batas minimal atau passing grade yang telah ditentukan saat akan digunakan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). Nah, tentunya informasi batas minimal rata-rata ini akan sangat penting bagi Anda yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Persentase Passing Grade di Lingkup Universitas


Kebanyakan dari informasi yang telah diketahui banyak orang, biasanya untuk setiap tahunnya universitas telah memiliki batas nilai tersendiri. Untuk angka persentase yang ditentukan dari pihak universitas juga akan mengalami perubahan di setiap tahun. 

Perubahan yang terjadi tentunya dari persentase peminat dari program studi tersebut. Semakin banyaknya peminat untuk suatu program studi, maka semakin tinggi pula passing grade yang diberikan oleh pihak universitas.

Hal terpenting yang harus Anda ketahui adalah bahwa sebenarnya nilai batas minimal tidak dipublikasikan secara jelas. Maksudnya adalah pihak universitas manapun tidak akan memberitahu berapakah nilai passing grade yang digunakan. Jadi, Anda hanya bisa menebak dan berusaha untuk bisa melewati batas minimal tersebut untuk bisa masuk universitas yang diinginkan.

Cara Menghitung Passing Grade


Cara Menghitung Passing Grade
Ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghitung nilai passing grade mu di suatu program studi universitas tertentu. Begini caranya:

Rumus menghitung passing grade:

Passing Grade = (B*4-S*1)*100%/JS*4

Keterangan:

B = Jumlah jawaban Benar
S = Jumlah jawaban Salah
JS = Jumlah Soal
Contoh:

Contohnya jumlah soal SBMPTN adalah 120 soal. Pada soal kemampuan dasar, saya menjawab benar 25 soal, tidak diisi 20 soal dan Salah 15 soal.

Pada soal kemampuan IPA, saya berhasil menjawab benar 40 soal, tidak diisi 10 soal, dan salah 10 soal.
Lalu, berapa nilai passing grade saya?

Jawaban:

B = 25 + 40 = 65

S = 15 + 10 = 25

* tidak diisi = tidak memiliki bobot nilai

Maka PG = (65*4 – 25*1)*100%/120*4

PG = (260 – 25)*100%/480

PG = 23.500%/480

PG = 48.955%

Contohnya saja Anda memilih jurusan A di kampus UI, dimana passing grade pada tahun sebelumnya adalah di bawah 48% maka peluang kamu untuk lolos relatif besar. Sebaliknya, jika jurusan A tersebut mempunyai passing grade pada tahun sebelumnya di atas 48,9% maka peluang untuk lolos SNMTPN akan kecil.

3 Cara yang Dilakukan Agar Lolos Passing Grade


Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa lolos passing grade yang sudah ditentukan pihak universitas. Secara garis besar Anda tentu bisa melakukan hal untuk bisa lolos, tentunya dengan cara belajar dengan tekun. Nah, di bawah ini terdapat beberapa cara untuk bisa menambah keyakinan Anda lolos pada tahap seleksi universitas, seperti:

1. Pilih Jurusan yang Diinginkan


Sebenarnya masih banyak orang yang bingung dan menanyakan passing grade itu apa? Lalu, setelah lolos Anda akan mendapatkan apa dari persentase batas minimal tersebut? Jadi, bagi Anda yang masih bertanya-tanya inilah mengapa persentase batas minimal yang harus dilewati. Alasannya adalah agar bisa masuk ke universitas yang diinginkan.

Anda harus menentukan jurusan apakah yang akan diambil. Jangan sampai Anda salah jurusan. Karena, jika Anda salah mengambil jurusan maka akan berakibat fatal. Jurusan yang tidak sesuai maka akan mempengaruhi minat Anda untuk belajar.

2. Carilah Universitas yang Menawarkan Program Studi yang Diinginkan


Setelah Anda yakin akan mengambil jurusan yang diinginkan, maka carilah universitas yang menawarkan program studi atau jurusan tersebut. Seleksi beberapa universitas yang menjadi idola Anda. Sehingga dengan begitu Anda sudah bisa memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di universitas yang sesuai keinginan.

3. Pelajari Soal-soal Tahun Lalu


Tugas untuk belajar merupakan sudah menjadi kewajiban saat akan memasuki tes perguruan tinggi. Namun, Anda harus memiliki patokan nilai. Sebab passing grade adalah kunci utama keberhasilan untuk bersaing dengan lainnya. Pelajarilah soal-soal tahun lalu agar kemampuan Anda semakin terasah.

Bagi Anda yang ingin lolos passing grade universitas maka jangan bosan untuk mencari bahan atau materi untuk belajar. Sebab, Anda akan merasa bangga jika diri Anda berhasil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel