Protek TV Sharp [Led Merah dan Cara Memperbaikinya]

Protek TV Sharp - Memperbaiki televisi rusak protek memang sedikit agak lebih sulit dan membutuhkan sedikit tingkat kesabaran yang lebih. Karena Anda perlu mengetahui dimana letak rangkaian protek tersebut serta harus bisa melepaskan komponen proteknya.

Protek TV Sharp [Led Merah dan Cara Memperbaikinya]


Sebelum Saya melangkah lebih jauh mengenai sistem protek dalam TV. Pastikan bahwa Anda sudah mengetahui bahwa cara memperbaiki protek TV Sharp maupun cara memperbaiki protek TV LG, Panasonic, Polytron tidaklah jauh berbeda.

Letak perbedaannya biasanya terkadang terletak dari dimana rangkaian protek tersebut berada. Sehingga perlu dilakukan pencarian dimana letak protek TV tersebut, baik dengan cara mengamati secara langsung kerusakan yang tampil pada layar Televisi tersebut, maupun dengan cara melakukan pengukuran tegangan dalam rangkaian TV tersebut.

Cara memperbaiki Protek TV Sharp Led Merah

Sistem proteksi sebenarnya dibuat khusus untuk melindungi Televisi dari kerusakan yang lebih parah. Apabila dalam suatu bagian televisi terjadi masalah yang memicu kenaikan tegangan yang sangat tinggi yang dapat merusak bagian yang lainnya dalam televisi, maka dengan sistem proteksi hal itu dapat di atasi. Karena fungsi dari sistem proteksi ini dapat menghentikan kinerja dalam rangkaian televisi.

Apabila system proteksi sudah bekerja dalam suatu rangkaian maka TV tidak akan mampu hidup. Terkadang bisa on sebentar lalu kembali stby. Untuk itu perlu sekiranya anda mengetahi dimana letak atau bagian komponen yang menjadi sebab “sistem proteksi ini bekerja”.

Bila anda telah menemukan letak komponen tersebut dan anda lepaskan maka TV akan hidup kembali. Setelah komponen yang menjadi sebab system proteksi dilepaskan maka, biasanya TV akan mau hidup kembali. Namun, seringkali yang terjadi saat TV dihidupkan akan terlihat jenis kerusakan tertentu. Kerusakan tersebut nantinya akan menjadi focus anda dalam mencari komponen yang rusak sehingga mengakibatkan TV protek. 

Kasus kerusakan yang terjadi pada televisi merk panasonic dengan yang menggunakan ic program type mn152810ttd6 dan osilator type an5607k. Dalam televisi tersebut terjadi kerusakan komponen pada bagian tertentu sehingga mengakibatkan system proteksi dalam tersebut bekerja.

Langkah demi langkah dilakukan mulai dari pengukuran sinyal ac pada kaki basis pada transistor penguat horizontal. Tegangan ternyata ada. Ini berarti ic croma sudah bekerja sesuai dengan fungsinya. Selanjutnya dilakukan pengukuran pada ic vertikal tepatnya dipin b+ ternyata tegangannya kosong yang seharusnya 24 v. Setelah itu dilakukan pengukuran pada fbt tegangan sumber ic vertikal tersebut ternyata ada tegangannya.

Sampai disini dapat disimpulkan bahwa ada komponen yang rusak yang menuju pin b+ ic vertikal. Setelah dilakukan pengecekan komponen bagian ic vertikal tersebut, ditemukan resistor yang nilainnya antara 1 sampai 2 ohm mengalami kerusakan. Setelah diganti akhirnya TV mau hidup kembali (tidak protek).

Sebenarnya akan lebih mudah jika Anda memeiliki data protek berbagai merk televisi. InsyAllah nanti jik ada kesempatan lain, saya akan membagikan kumpulan data protek di berbagai merk TV.

Jika anda sudah memiliki data protek TV tersebut anda tidak perlu lagi melakukan pemeriksaan bagian ini dan bagian itu. Sebab, jika anda tahu letak pusat proteksinya maka TV akan mau hidup dan setelah hidup TV akan menunjukan kerusakan tertentu, misalnya dalam hal ini kerusakan horizontal. Maka langkah selanjutnya, anda tinggal fokuskan pengukuran pada bagian vertikal ini. Sangat mudahkan.

Contoh data protek TV panasonic yang menggunakan ic program type mn152810ttd6 dan osilator type an5607k
  
Dari gambar di atas anda bisa lihat r 474, q451, q503, q1136 adalah komponen yang berfungsi untuk mendeteksi tegangan. Apabila tegangan yang di deteksi pada “vertikal output, teg. B+ 24 v, atau tegangan 12 v vertikal out” tidak normal seperti kasus kerusakan TV yang saya sebutkan di atas, maka TV akan protek. 

Apabila anda menonaktifkan atau melepaskan komponen yang mendeteksi tegangan tersebut. Maka TV tidak akan protek atau akan hidup. 

Selanjutnya, anda tinggal mencari penyebab masalah pada bagian yang tegangannya tidak normal tersebut. Mudahkan. Ini tidak berlaku hanya pada TV panasonic tetapi juga berlaku untuk TV merk lainnya. 

Sedangkan cara melakukan analisa kerusakannya juga sama tidaklah jauh berbeda. Selanjutnya, saya akan jelaskan kepada anda tentang berbagai jenis protek yang terjadi dalam TV dan apa penyebab sehingga protek tersebut bisa aktif.

Jenis - Jenis Sistem Protek dalam TV

1. Protek vertikal

Protek vertikal terletak pada bagian vertikal. Rangkaian protek vertikal ini sistem kerjanya seperti ini. Saat ic vertikal bekerja maka sinyal vertikal akan keluar menuju pin 62 ic program jenis hbt polytron yang melalui elco c402. Karena elco tersebut rusak hal ini mengakibatkan pin 62 ic tersebut tidak terpenuhi tegangan 5 v.

Apabila ada komponen elco misalnya 1µf 50v yang rusak, tegangan b+ ic vertikal tidak terpenuhi, sinyal output vertikal tidak ada, atau ic vertikal belum bekerja. Maka sinyal vertikal out tidak akan keluar dan sampai di pin 62 ic program. Hal inilah yang membuat protek vertikal menjadi aktif.

Apabila suatu saat anda memperbaiki televisi yang mengalami kerusakan pada bagian vertikal, khususnya merk polytron jenis hbt yang satu jalur dengan pin 62 tersebut maka tegangan akan berkurang dari 5v sehingga mengakibatkan protek terjadi. Anda bisa lihat gambar di bawah ini:



Demikianlah penjelasan ringkas mengenai protek tv sharp led merah dan cara memperbaikinya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda dalam memperbaiki televisi rusak. Sekian dan Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel