Resensi adalah Pengertian, Unsur, Jenis, Tujuan dan Contohnya

Resensi adalah

Resensi adalah
Apa yang dimaksud dengan resensi? Resensi adalah sebuah rangkuman singkat dari sebuah karya. Kata ini berasal dari Belanda yaitu resentie yang memiliki arti menceritakan kembali atau merangkumnya kembali. Sedangkan dari bahasa latin yaitu revidere/recensie yang mempunyai definisi suatu bentuk penilaian yang diberikan. Untuk sebuah karya yang akan diulas kembali bisa berupa bacaan baik novel, buku, bahkan karya seni film maupun drama.

Bagian – bagian Resensi

Berikut merupakan bagian – bagian dalam penulisan resensi, antara lain:

  • Sebuah unsur resensi paling penting adalah judulnya. Apa sebuah judul dari karya yang akan Anda ceritakan kembali?
  • Selain judul, Anda juga wajib untuk mencantumkan karya yang akan Anda rangkum kembali. Baik buku, novel, film, maupun drama. 
  • Pendahuluan yang di dalamnya berisi tentang perkenalan penulis, tujuan penulis, dan lain sebagainya. 
  • Inti atau isi dari cerita yang akan diceritakan. 
  • Keunggulan karya yang akan diceritakan kembali.
  • Kekurangan karya yang akan dirangkum kembali. 
  • Penutup.

Unsur – Unsur Resensi

Berikut merupakan unsur – unsur dari sebuah resensi, antara lain:

1. Identitas buku

Dalam membuat suatu resensi maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang identitas dari buku yang akan Anda resensi, coba bayangkan saja apabila Anda ingin meresensi suatu karya tetapi Anda sendiri bingung karena sebelumnya tidak mengenal identitas buku tersebut. Identitas buku yang harus Anda ketahui tidaklah rumit seperti rumus – rumus fisika dan kimia di sekolah, justru identitas buku hanya terdiri dari:

  • Judul buku resensi
  • Nama pengarang buku resensi
  • Nama penerbit buku resensi
  • Jumlah halaman buku resensi
  • Tahun terbit buku resensi
  • Nomer edisi terbit buku resensi

2. Ikhtisar buku

Ikhtisar buku ini disusun berdasarkan dengan apa yang dibutuhkan buku itu sendiri, maksudnya adalah tidak semua karya sastra mempunyai ikhtisar buku yang mencolok apalagi suatu karya sastra yang dalam bentuk novel, tentunya dalam menentukan ikhtisar buku sangatlah berbeda dengan menentukan ikhtisar buku pada karangan non-fiksi. Jika anda akan meresensi novel maka sebaiknya untuk menentukan bagian ini anda tulis ketika menemukan kejadian-kejadian yang penting dalam novel tersebut.

3. Pengarang

Dalam membuat suatu resensi karya sastra maka anda harus mengetahui pengarang dari karya tersebut yang biasanya nama pengarang diletakkan oada bagian depan buku dan biasanya dalam poin pengarang ini anda tidak hanya cukup menuliskan nama pengarang saja namun anda juga biasanya dituntut untuk sedikit mengulik latar belakang pengarang karya tersebut.

4. Kelemahan dan keunggulan karya tersebut

Jelas sekali dalam membuat suatu resensi bahwa anda harus dituntut memberikan gambaran mengenai kelemahan dan keunggulan dari karya tersebut. Hal ini juga sebenarnya dapat membuat anda secara tidak langsung berlatih untuk lebih kritis dan imajinatif terhadap suatu karya seseorang.

Jenis – Jenis Resensi

Ada beberapa jenis resensi yang bisa Anda gunakan. Di dalam menceritakan kembali sebuah karya, Anda boleh menggunakan salah satunya, atau bahkan ketiganya. Untuk ketiga jenisnya adalah:

– Informatif

Untuk jenis ini, maka penulis hanya harus menyampaikan isi secara singkat. Penulis harus menulisnya dengan cukup singkat namun bisa menyeluruh. 

– Deskriptif

Jenis berikutnya adalah deskriptif. Untuk jenis ini, para penulisnya diharuskan untuk menuliskannya dengan cukup detail pada seluruh bagian. Jadi, pembaca bisa lebih mendalami sebuah karya yang akan Anda ceritakan kembali.

– Kritis

Untuk jenis yang terakhir adalah jenis kritis. Maksud dari jenis kritis ini para penulisnya diharuskan untuk memberikan sebuah cerita sesuai dengan ilmu pengetahuan tertentu. Biasanya, untuk isi dari rangkuman yang akan Anda tulis kembali ini cukup objektif menilai dari sebuah karya baik buku dan yang lainnya.

Apa Manfaat Resensi?

Mungkin beberapa orang yang membuat sebuah rangkuman tentang sebuah karya memiliki alasan tersendiri mengapa mereka melakukannya. Bahkan merangkum dan mengulas kembali pada sebuah karya ini memiliki manfaatnya tersendiri. Untuk beberapa manfaatnya adalah:

– Sebagai Bahan Pertimbangan

Jadi, dengan melakukan resensi, maka banyak pembaca yang akan paham dan juga mampu mempengaruhi dari karya yang Anda ceritakan kembali. 

– Sebagai Sarana Promosi 

Apabila Anda melakukan sebuah resensi pada buku, maka Anda bisa menjadikan ini sebagai ajang untuk promosi. Apalagi jika buku yang sebelumnya Anda pilih, belum pernah diceritakan kembali oleh beberapa orang.  

– Sebagai Sarana Pengembangan 

Dengan menceritakan kembali dengan sudut pandang yang berbeda, maka juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara untuk mengembangkan diri Anda. Bahkan penulis pun bisa jauh lebih kreatif dalam menilai sebuah karya. 

Apa Tujuan Resensi ?

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari mengulas sebuah karya atau resensi. Maka yang selanjutnya perlu Anda ketahui adalah sejumlah tujuan-tujuannya. Beberapa tujuannya adalah:

  • Bertujuan untuk membantu seluruh pembacanya untuk mengetahui bagaimana karya yang diringkas menjadi sebuah karya baru yang lebih menarik. 
  • Para pembaca maupun penulis jadi mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan dari karya yang diceritakan kembali. 
  • Memahami alasan mengapa karya dibuat. 
  • Mampu memberikan sebuah masukan kepada pembuat karya baik kritik dan juga saran.

Jadi, rangkuman atas penjelasan di atas tentang pengertian resensi adalah kegiatan di mana Anda sebagai penulis melakukan sebuah pengamatan dan juga menceritakan kembali dari sebuah karya yang telah diamati. Untuk karyanya pun semua penulis diberikan kebebasan baik itu dari film, kemudian dari buku bacaan, maupun dari sebuah drama.

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Contoh Resensi Buku Non Fiksi
Sumber: http://www.moondoggiesmusic.com

Identitas Buku

Judul Buku : god, do you speak english ?
Pengarang : Nina silvia, Jeff kristianto, Rini hanifa
Penerbit : Rene Books
Tahun terbit : tahun 2013
Jumlah halaman : 348 halaman

Sinopsis buku

Buku ini mencerintakan mengenai para penulis yang mana mereka mengunjungi berbagai tempat- tempat menarik. Tiga penulis in merupakan anggota sukarelawan dari sebuah lembaga sukarelawan VSO atai Internasional Voluntary Service Organozation yang ada di Indonesia. Mereka ialah Nina silvia, Jeff kristanto dan juga Rini hanifa.

Mereka ini datang dari aneka ragam latar belakang. Jeff adalah seorang pemilik usaha dari sebuah kerjinan serta tempat makan yang ada di Bali. Nina merupakan seorang pekerja yang ada di sebuah LSM atau lembaga swadaya masyarakat yang ada di kota Padang. Sedangkan Rini merupakan salah satu staf lembaga donor yang international.

Ketiga orang ini memang bergabung menjadi sebagai volunteer VSO, yang menjadi angkatan pertama dari voluntir di Negara Indonesia yang berada di masing- masing Negara penempatan.

Jeff merupakan seorang pekerja yang mana mendukung para pengrajin yang ada Taikistan, yang merupakan bekas dari Negara jajahan Uni Soviet yang ada di Asia. Nina merupakan orang yang membantu lembaga pendukung untuk suku asli yang ada di Bangladesh. Sedangkan untuk Rini di tugaskan di Guyana yang tepatkan ada di Amerika Latin untuk menjalin kerj sama dengan LSM lokal.

Mereka ini bekerja dengan gaji sesuai dengan standar dimana penempatan Negaranya. Itulah sebabnya, mereka akan selalu beriteraksi dengan masyarakat di sekitar sehingg mengalami kejadian dan cerita- cerita yang lucu serta mengharukan.

Itulah sebanya, buku ini bukan hanya sekedar menceritakan tapi seolan memiliki warna dan juga nyawa. Ketiga penulis ini merupakan bagian dari cerita yang ada di buku sendiri. maka, mereka ini menceritakan sesuatu yang sesuai dengan apa yang mereka rasakan yakni bertualang.

Kelebihan dari buku

  • Buku ini memang sangat menarik bahkan dari segi judul, karena menggunakan nama Tuhan di judulnya.
  • Ketiga penulis ini membuat sebuah cerita yang menginspirasi.

Kekurangan dari buku

  • Buku ini terdapat beberapa tulisan yang merupakan istilah atau menggunakan kalimat yang asing sehingga banyak dari orang awam yang tidak paham dengan kalimatnya.
  • Nina silvia membuat sebuah cerita seolah memang seperti bernarasi, hal ini menjadikan beberapa pembaca juga akan merasa lelah dan juga jenuh jika mengikuti alur dari cerita terebut.

Contoh Resensi Buku Pengetahuan

Contoh Resensi Buku Pengetahuan
Sumber: http://www.moondoggiesmusic.com

Identitas Buku
Judul buku : Memahami Film
Pengarang buku : Himawan pratists
Penerbit buku : Homerian pustaka
Tahun terbit : Tahun 2008
Jumlah halaman :223 halaman

Sinopsis buku


Kebanyakan orang masing beranggapan untuk melihat film merupakan hal yang cukup mustahil untuk di lakukan. padahal film bisa di ciptakan oleh siapa saja. Meskipun terdapat seseorang dengan minat yang tinggi untuk membuat film, Namun kedalaman untuk dapat memaham dari seni film memang amat sangat terbatas.
Ilmu mengenai sebuah film sebagai sebuah maha karya seni masih ada pada bangku kualiah saja, padahal sejatinya film bukanlah milik dari para akademisi saja namun juga miliki semua orang yang suka menonton.
Buku ini mencoba untuk membantu para penonton agar membaca sebuah film menjadi sebuah bentuk seni. Dengan buku ni, pembaca nantinya dapat belajar mengenai motif atas pilihan teknik sutradara. Baik itu dari segi paratif dan juga segi sinematiknya. Buku ini akan dengan mudah di pahami oleh seluruh pembaca apalagi dengan adanya gambar sebagai penunjang.

Kelebihan buku


Dapat memberi contoh dari semua unsur dalam pembentukan sebuah film dengan adanya sebuah ilustrasi serta referesi film. Dengan adanya contoh akan memudakan para pembaca.
Menjelaskan dengan detail mengenai topic yang akan di bahas oleh buku. Misalnya mengenai aspek naratif, ciri genre, struktur dari tiga babak dan juga alternatif, aspek sinematik, suara dan lain sebagainya.
Dapat membantu pembuatan film baru yang baru saja masuk tahap pengenalan alat- alat serta proses dari produksi film. Hal ini di karenakan sangat mudah untuk di mengerti dan dapat menuntun para pemula.

Kekurangan buku


Buku ini agar susah untuk di cari, bahkan di toko buku terkenal pun sangat jarang dijual. Apabila ingin mendapatkan buku inii maka dapat membuka web atau instagram yang menjadi penyedia jasa jual buku. 

Contoh Resensi Buku Kumpulan Cerpen Terbaik

Contoh resensi buku kumpulan cerpen
Sumber: http://www.moondoggiesmusic.com

Identitas Buku

Judul buku : Filosofi kopi
Pengarang buku: Dewi “Dee” Lestari
Penerbit buku: Penerbit bentang, Truedee books dan Gagas media
Tahun terbit : tahun 2006
Tebal Halaman : 142 Halaman

Sinopsis buku

Buku menceritakan kisah mengenai Ben dan jug Jody, mereka adalah seorang barista yang handal dalam membuat racikan kopi. Jody dan Ben mendirikan sebuah kedai kopi yang memiliki filosofi kopi. Ben memberikan sebuah deskripsi yang singkat dengan sebuah katu kecil tentang filososi kopi dari setiap racikan ramuan yang memang di racik dan disajikan di kedai kopi tersebut.

Kedai yang didirikan oleh Ben dan Jody menjadi sangat ramai bahkan sampai penuh pengunjung. Bahkan bukan sekedar penggemar kopi saja yang datang, namun banyak dari mereka yang tidak menyukai kopi dan ingin mencoba rasanya kopi juga turut meramaikan kedai kopi tersebut.

Hingga pada suatu hari, datang seorang pira yang sangat kaya yang mendatangi Ben serta memberikan sebuah tantangan untuk membuat sebuah racikan kopi, yang jika di minum menjadikan orang menahan nafas karena takjub akan rasanya. Ben pun merasa terpukul dengan perkataan serta tantangan yang di berikan kepadanya.

Akhirnya Ben dan juga Jody segera datang menuju lokasi yang sudah di tentukan oleh pria kaya tersebut dan menemukan secangkir kopi tiwus yang sedang di sajikan oleh pemilik warung. Tidak bisa memberikan kopi dengan rasa yang sempurna menjadikan Ben merasa gagal serta putus asa.

Sesudah kembali dari Jakarta, Jody menghidangkan kopi tiwus tersebut dengan adanya kartu kecil yang berisi tulisan mengenai makna filosofi yang akhirnya membuat Ben sadar, jika hidup yang tengan ia jalani adalah merupakan hal yang salah karena kehidupan memang tidak ada yang sempurna. Dengan itulah, pada akhirnya Ben melanjutkan perjuangan serta hobi menjadi seorang barista di kedai Filosofi kopo.

Kelebihan buku

  • Buku ini menjadikan siapa saja yang membacanya akan merasakan penasaran, dan hal ini terbukri dengan adanya beberapa kali cetakan dari buku filososi ini.
  • Buku ini juga menuliskan beberapa pesasn moraj yakni “ kita tidak boles merasakan putus asa untuk mejalani kehidupan serta wajib untuk berusahan keras untuk bisa memperoleh sebuah hasil yang maksimal.

Kekurangan buku

  • Sebagian dari cerita buku ini terdapat kata atau kalimat yang memang sebagian orang untuk susah di mengerti. Jadi, untuk beberapa pembaca yang masih baru sangat di anjurkan untuk tidak memilih buku ini sebagai buku pertama sebagai bacaan.
  • Buku ini juga terlalu segmented, hal ini di karenakan adanya gagasan dari penulis yang tidak semua pembaca dapat mengerti.
  • Sampul yang di gunakan kurang menarik jika target sasaran adalah remaja.

Penutup

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai resensi dilihat dari pengertian, unsur, jenis, tujuan, manfaat serta beberapa contoh dari resensi. Semoga artike diatas dapat bermanfaat untuk Anda Semuanya. Sekian dan terima kasih.

Penelusuran yang terkait dengan resensi :
  • struktur resensi
  • unsur resensi
  • manfaat resensi
  • contoh resensi buku pengetahuan
  • contoh resensi cerpen fiksi
  • jenis jenis resensi
  • ciri ciri resensi
  • bagian bagian resensi
  • Penelusuran yang terkait dengan contoh resensi cerpen fiksi
  • contoh resensi buku fiksi
  • contoh resensi buku non fiksi
  • contoh resensi buku pengetahuan
  • contoh resensi cerpen persahabatan
  • contoh resensi cerpen beserta cerpennya
  • contoh resensi kumpulan cerpen fiksi
  • contoh resensi buku non fiksi pengetahuan
  • contoh resensi buku non fiksi terbaik

Leave a Comment