Bolu Kering [Resep dan cara membuatnya]

Bolu kering ini  adalah salah satu jenis kue yang sering banget kita jumpai di pasar atau toko roti serta kue tradisional. Namun apakah bunda - bunda disini pernah berfikir bagaimana cara membuatnya? Ternyata cara membuatnnya itu gampang dan praktis banget bunda! Dengan syarat ada cetakannya hehe, bunda pasti bisa bikin sendiri deh di rumah. Nah kalau bunda mau buat di rumah ini infastpedia sajikan resep dan cara membuat kue bolu kering.

Resep Bolu Kering Jadul


Resep Bolu Kering Jadul
Resep Bolu Kering Jadul
Resep dan cara membuat bolu kering ini dibuat oleh bunda @trisulistijani.2908

Bahan - bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kering: 

  • 200 gr Tepung terigu protein sedang (🔼)
  • 165 gr Gula pasir (bs disesuaikan selera)
  • 4 btr Telur
  • 1/4 sdt Garam
  • 1/4 sdt Vanilli bubuk
  • 35 gr Minyak sayur/mentega cair (sy, canolla)
  • 27 gr Susu bubuk


Cara membuat bolu kering:

  1. Kocok bahan - bahan dengan kecepatan tinggi : telur, gula, garam dan vanilli bubuk sampai mengembang putih, kental dan berjejak.
  2. Turunkan kesepatan mixer ke speed rendah
  3. Masukkan susu bubuk
  4. Lalu tepung terigu, kocok hingga rata saja. 
  5. Matikan mixer.
  6. Masukkan minyak sayur/mentega cair
  7. Aduk sampai rata menggunakan spatula dengan teknik aduk balik.
  8. Siapkan cetakan yang sudah dioles margarine & ditaburi tepung tipis2. 
  9. Tuang adonan sebanyak 3/4 cetakan saja, karena nanti bolu akan mengembang.
  10. Panggang bolu dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, dengan suhu 180 derajat selama 20 menit. 
  11. Angkat & keluarkan dari cetakan. 
  12. Kalau menginginkan bolu lebih garing lagi, setelah matang & dikeluarkan dari cetakan, panggang lagi kira2 10 menit (sesuai selera keringnya).
  13. Bolu Kering Jadul siap disajikan.
  14. Happy baking😊 dan semoga bermanfaat...


Baca juga: Resep bolu: cara membuat kue bolu dan cake

Resep Bolu Kering Jadul Anti Gagal


Resep Bolu Kering Jadul Anti Gagal
Resep Bolu Kering Jadul Anti Gagal

Resep dan cara membuat bolu kering jadul anti gagal ini dibuat oleh bunda Wawa Wiati
Bahan - bahan yang digunakan untuk membuat bolu kering jadul anti gagal:
  • 3 butir telur 
  • 110 gr gula pasir
  • 120 g terigu
  • 1/4 sdt baking powder
  • Seujung sdt garam 
  • 1/2 sdt vanili


Cara membuat bolu kering anti gagal: 

  1. Pertama siapkan cetakan, (saya pakai cetakan pie ukuran kecil) 
  2. Kemudian olesi dengan margarin lalu taburi terigu (saya dioles carlo kw) . 
  3. Panaskan oven (saya pakai oven tangkring, bagian dalam dasar oven saya alasi dengan loyang bekas supaya kue gak cepet gosong)
  4. Kocok telur dan gula dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan pucat.
  5. Masukan garam. 
  6. Kocok sampai kental berjejak.
  7. Masukkan campuran terigu, bp dan vanili sedikit-demi sedikit, kocok dengan speed terendah asal tercampur rata atau aduk balik menggunakan spatula hingga rata. 
  8. Tuang kedalam cetakan, jangan terlalu penuh karena kue akan ngembang saat dipanggang
  9. Panggang dioven dengan api sedang sampai agak kecokelatan, kecilkan api, 
  10. lanjutkan memanggang sampai kue kecoklatan.
  11. Keluarkan dari oven lalu keluarkan kuenya dari cetakan.
  12. Kalau mau lebih kering, bolu yang sudah dikeluarkan dari cetakan bisa disusun diloyang lalu dioven lagi dengan api keciiil.


Resep Bolu Kering


Resep Bolu Kering
Resep Bolu Kering
Resep dan cara membuat bolu kering ini dibuat oleh bunda  @annasupriyanto

Bahan - bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu kering: 

  • 4 btr telur
  • 180 grm gula pasir
  • 1/2 sdt bubuk vanilli
  • 200 grm tepuk terigu yang sudah diayak.
  • 1/2 sdt susuk bubuk/jika suka.


Cara membuat bolu kering:

  1. Siapak loyang yg sdh diolesin margarin/minyak sayur.
  2. Lalu panaskan loyang yg sdh diolesin minyak.dgn api kecil.
  3. Kocok telur,gula pasir dgn kecepatan tinggi sampai kental/putih. 
  4. Masukan vanilli sambil dikocok,
  5. setelah itu masukan tepung terigu sediki demi sedikit sambil dikocok dgn kecepatan rendah,sampai tercampur rata.
  6. setelah itu matikan mixer, aduk dgn sendok.
  7. Lalu keluarkan loyang yg tdi dipanaskan,
  8. oles lagi dgn minyak/margarin, baru tuangkan adonan jgn sampe penuh sisain sedikit karena adonan akan mengembang
  9. Panggang dgn api sedang hingga kecoklatan atau bisa dites dgn menusuk dgn lidi utk menggecek kematanganya.
  10. Selamat masak


Resep Bolu Kering Bahulu


Resep Bolu Kering Bahulu
Resep Bolu Kering Bahulu
Resep dan cara membuat bolu kering bahulu ini dibuat oleh bunda  @dhora_kusumadewi

Bahan - bahan yang digunakan untuk membuat bolu kering bahulu:

  • 2 butir telur ukuran sedang
  • 50 gram gula pasir
  • 1 sdt vanila powder
  • 60 gram tepung terigu (sy pake prot.rendah)
  • 10 gram almond bubuk, sangrai
  • 1/4 sdt baking powder (saya skip)
  • Sejumput garam

Cara Membuat bolu kering bahulu:

  1. Panaskan oven 200 C, olesi cetakan bolu dengan minyak, sisihkan.
  2. Ayak terigu, vanili powder campur dg garam dan almond bubuk, aduk rata, sisihkan
  3. Kocok gula dan telur dgn kec. tinggi sampai mengembang dan pucat.
  4. Masukkan campuran tepung, mixer dgn kec. rendah sebentar saja sd tercampur. 
  5. Aduk rata dgn spatula dan masukan ke palstik segitiga, gunting bagian bawahnya. 
  6. Tuang ke loyang yang sudah dioles minyak sampai hampir penuh (ada yang memanaskan dahulu loyang dioven, kalo saya malah lengket, tgt loyang masing2 ya).
  7. Pangang selama 10-15 menit sampai bagian atas kecoklatan.
  8. Angkat, dan keluarkan dari loyang dengan dicungkil. .


Resep Bolu Kering Telur Mini


Resep Bolu Kering Telur Mini
Resep Bolu Kering Telur Mini
Resep dan cara membuat bolu kering telur mini dibuat oleh bunda  @dhora_kusumadewi'

Bahan :

  • 2 butir telur ukuran besar
  • 90 gram gula pasir 
  • 90 gram terigu prot.sedang
  • Sejumput garam
  • 1 sdt vanilli powder
  • 17 gram minyak sayur 
  • 1/2 sdt baking powder (saya g pakai)
  • Meises atau keju untuk toping

Cara Membuat :

  1. Panaskan oven suhu 180 derajat.
  2. Siapkan paper cup uk paling kecil, alasi dengan cetakan muffin kecil.
  3. Kocok telur, gula, garam hingga putih dan mengembang.
  4. Masuķkan sambil diayak terigu, vanilli powder sambil dikocok dg.kec.rendah sd rata.
  5. Masukkan minyak, aduk rata jangan sampai ada yg belum tercampur.
  6. Tuang ke paper cup sd hampir penuh. Taburi toping.
  7. Panggang 15 menit sd matang kecoklatan.
  8. Yummmy ...


Baca juga: 7+ cara membuat kue bolu mekar dan lembut [Lengkap]

Resep Bolu Kering Anti Gagal


Resep Bolu Kering Anti Gagal
Resep Bolu Kering Anti Gagal
Resep dan cara membuat bolu kering anti gagal ini dibuat oleh bunda @hennt_henzz

Bahan :

  • 100 gr tepung terigu
  • 100 gr gula pasir ( 75 gr )
  • 2 btr telur
  • 1/3 sdt vanili


Hiasan :

  • 20 gr dcc / 1 sdt coklat bubuk
  • 2 tetes pasta coklat


Cara Membuat :

  1. Panaskan oven pada suhu 180°C, api atas bawah, 15 menit sebelum digunakan.
  2. Alasi cetakan dengan paper cup, sisihkan.
  3. Kocok gula dan telur sampai putih dan kental
  4. Kecilkan mixer ke speed terendah, masukkan tepung terigu aduk sampai rata
  5. Matikan mixer.
  6. Aduk menggunakan spatula sampai adonan homogen.
  7. Ambil sedikit adonan taruh dimangkok kemudian tambahkan dcc / coklat bubuk aduk rata, sisihkan.
  8. Masukkan adonan dasar ( putih ) kedalam piping bag
  9. Potong ujungnya.
  10. Spuitkan pada cetakan yg sudah disediakan 3/4 bagian saja.
  11. Hiasi dengan adonan coklat.
  12. Bakar pada suhu 180°C selama 25 menit
  13. Kemudian kecilkan api pada suhu 160°C, ganti ke api atas
  14. Oven selama 5 menit
  15. Lalu ganti api bawah oven selama 5 menit, 
  16. setelah matang, angkat.
  17. Biarkan dingin, simpan didalam toples.
  18. Enjoy baking.


Resep Bolu Kering / Kue Bahulu


Resep Bolu Kering / Kue Bahulu
Resep Bolu Kering / Kue Bahulu
Resep dan cara membuat kue bolu kering dibuat oleh bunda @juwitacc 

Bahan :

  • 2 btr telur
  • 100 gr gula pasir
  • Sejumput garam
  • 90 gr tepung terigu
  • 1 sdt susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/4 sdt vanili bubuk


Cara membuat bolu kering:

  1. Panaskan oven 280 - 200 dc api atas bawah
  2. Olesi cetakan dengan minyak sayur
  3. Panaskan cetakan 10 menit (masukkan ke dalam oven)
  4. Campur terigu + susu bubuk + vanili bubuk + baking powder, aduk rata lalu ayak
  5. Sisihkan
  6. Mixer telur + gula + garam hingga pucat mengembang kental berjejak.
  7. Matikan mixer dan masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil aduk balik hingga rata dengan spatula
  8. Tuang ke dalam cetakan hingga 3/4 bagian, 
  9. Jangan terlalu penuh karna kue masih Akan mengembang
  10. Panggang selama 10 - 15 menit hingga matang

Catatan :
  • Setiap adonan yang akan dituang ke dalam cetakan, cetakan harus dipanaskan terlebih dahulu dan oles minyak sayur supaya kue tidak lengket di cetakan se waktu matang
  • Jangan memasukkan garam terlalu banyak, sedikit saja sudah cukup supaya kue ada gurihnya

Demikianlah artikel yang membahas tentang resep bolu kering. Semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu memasak dan membuat kue bunda - bunda dirumah. Sekian dan terima kasih.

Penelusuran yang terkait dengan resep bolu kering

  • resep bolu kering potong
  • resep bolu kering untuk dijual
  • resep bolu kering coklat
  • resep bolu kering smile
  • cetakan bolu kering jadul
  • resep bolu kering untuk usaha
  • bolu kering jadul anti gagal
  • bolu kering tanpa oven

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel