Begini Sejarah Masuknya Hindu Budha di Indonesia

Masuknya Hindu Budha di Indonesia tak lepas dari sejumlah teori yang dikemukakan para ahli sejarah. Selain itu, penyebaran agama Hindu-Budha pun tak bisa dipisahkan dari peran-peran kerajaan terdahulu. Berikut adalah teori-teori masuknya Hindu-Budha, kerajaan-kerajaan Hindu-Budha yang paling terkenal hingga pengaruh Hindu-Budha yang masih dapat disaksikan kini.
Masuknya Hindu Budha di Indonesia

Teori Masuknya Hindu Budha di Indonesia

Secara garis besar, ada dua teori masuknya Hindu Budha di Indonesia. Pendapat pertama, bangsa Indonesia berperan pasif dan hanya menerima budaya serta agama asal India. Pendapat kedua, bangsa Indonesia turut aktif dalam keseluruhan proses penerimaan agama serta kebudayaan Hindu Budha. Selain itu, terdapat pula beberapa teori lain, di antaranya:

1. Teori Brahmana 

Teori brahmana ini yang dikemukakan J.C. Van Leur, di mana masuknya Hindu-Budha ke Indonesia ialah berkat Brahmana atau golongan para pemuka agama yang ada di India. Dasar teorinya ialah prasasti peninggalan masa lampau yang menggunakan bahasa Pallawa serta Sansekerta di mana bahasa ini hanya dikuasai golongan Brahmana.

2. Teori Waisya 

Teori waisya ini adalah teori yang dikemukakan NJ Krom. Penyebaran agama Hindu-Budha ialah berkat golongan Waisya atau pedagang. Dasar teorinya karena golongan ini adalah golongan terbesar di India yang berinteraksi dengan masyarakat Indonesia.

3. Teori Ksatria

Teori Ksatria ini yang dikemukakan J.L. Moens, Mookerji dan C.C Berg. Menurut mereka, agama serta kebudayaan Hindu-Budha disebarkan oleh golongan Ksatria. Dasar teorinya ialah para Ksatria yang kalah perang di kerajaan masing-masing dan melarikan diri ke Nusantara, kemudian mendirikan kerajaan-kerajaan baru.

4. Teori Sudra 

Teori Sudra yang dikemukakan oleh van Faber. Menurutnya, awal penyebaran agama Hindu-Budha dilakukan oleh para budak yang melakukan migrasi ke Nusantara.

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Penyebaran agama Hindu-Budha tak lepas dari peran kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Berikut adalah beberapa di antaranya yang dinilai memiliki pengaruh paling besar sesuai catatan sejarah.

1. Kerajaan Hindu di Indonesia

Ada kira-kira 3 kerajaan Hindu di Indonesia paling berpengaruh, mereka adalah:

  • Kerajaan Kutai yang didirikan Raja Kudungga. Salah satu raja paling terkenal dari kerajaan ini ialah Raja Mulawarman. (Selengkapnya: Penjelasan Singkat Kerajaan Hindu Pertama di Indonesia)
  • Kerajaan Singosari yang didirikan Ken Arok pada 1222 M. Kerajaan ini mencapai puncak masa jaya di bawah pemerintahan Raja Kertanegara.
  • Kerajaan Majapahit yang didirikan Raden Wijaya. Raja paling terkenal ialah Hayam Wuruk yang memiliki seorang patih bernama Gajah Mada.


2. Kerajaan Budha di Indonesia

Ada tiga kerajaan Budha di Indonesia yang paling dikenal dan berpengaruh, mereka adalah:

  • Kerajaan Kalinggan di Jawa Tengah yang dipimpim Ratu Shima.
  • Kerajaan Sriwijaya di Palembang dengan masa keemasan di bawah pimpinan Raja Balaputradewa. (Selengkapnya : 7+ Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya)
  • Kerajaan Mataram Budha yang awalnya adalah kerajaan Hindu, namun berubah menjadi kerajaan Budha pada Dinasti Syailendra.


Pengaruh Hindu Budha di Indonesia

Ada banyak pengaruh Hindu Budha di Indonesia pada beragam aspek kehidupan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bidang agama, di mana dulunya masyarakat Indonesia masih menganut dinamisme serta animisme. Masuknya ajaran Hindu-Budha membuat kedua kepercayaan di atas melebur dan berakulturasi.
  2. Bidang politik dan pemerintahan, di mana sistemnya banyak muncul dan dipengaruhi oleh agama Hindu-Budha.
  3. Bidang arsitektur, di mana punden berundak diyakini sebagai bentuk akulturasi budaya dari ilmu arsitektur yang berasal dari India.
  4. Bidang bahasa dan aksara, di mana bahasa Sansekerta dan Pallawa di prasasti-prasasti peninggalan kerajaan-kerajaan masa lampau yang turut mempengaruhi bahasa Indonesia.
  5. Bidang sastra, contohnya kitab Mahabarata serta Ramayana yang turut memperkaya pewayangan Indonesia.
Demikianlah penjelasan ringkas tentang masuknya Hindu Budha di Indonesia. Semoga materi di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Sekian dan Terima Kasih.

Pencarian Terbaru: 
  • teori masuknya hindu budha di indonesia
  • ringkasan proses masuknya hindu budha ke indonesia
  • proses masuknya agama hindu budha ke indonesia secara singkat
  • sebutkan 3 teori masuknya hindu budha di indonesia
  • sebutkan dan jelaskan teori masuknya hindu budha di indonesia
  • proses masuknya agama budha ke indonesia
  • teori masuknya hindu budha ke indonesia brainly
  • masuknya agama hindu ke indonesia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel