Teks Eksposisi adalah Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Unsur, & Jenis

Teks eksposisi Adalah

Teks eksposisi Adalah

Apa yang dimaksud dengan Teks eksposisi? Teks eksposisi adalah sebuah ajakan yang berisikan tentang kalimat yang singkat, padat dan juga jelas. Bahkan sebuah teks ajakan ini akan menjawab beberapa pertanyaan sekaligus mulai dari apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana dan juga mengapa. Apabila Anda pernah menemukan teks yang berisi ajakan, maka teks ini disebut dengan eksposisi. 

Tujuan Teks Eksposisi


Untuk tujuan dari teks eksposisi ini yaitu digunakan untuk menjelaskan sebuah informasi tertentu agar para pembacanya bisa mendapatkan ilmu pengetahuan tambahan. Selain itu, siapa pun yang akan membacanya juga akan melihat seluruh rincian kejadian tertentu dengan sangat jelas.

Struktur Teks Eksposisi


Di dalam sebuah teks berupa ajakan ini, nantinya Anda akan menemukan beberapa struktur. Nah, untuk struktur yang ada pada eksposisi ini ada 3. Untuk ketiga strukturnya adalah:

A. Pernyataan Pendapat


Bagian teks ini adalah bagian yang berisi tentang beberapa pernyataan dari pendapat. Untuk bagian ini, biasanya juga bisa berisi tentang bagian pembuka. 

B. Argumentasi 


Pada bagian argumentasi, Anda diharuskan untuk membuat sebuah argumen yang cukup kuat. Baik digunakan untuk memberikan pendapat agar diterima, maupun pendapat tentang sebuah penolakan. 

C. Penegasan Ulang Pendapat


Bagian yang terakhir dari teks eksposisi adalah menegaskan ulang dari pendapat pada argumentasi yang sudah Anda buat sebelumnya.

Baca juga: Teks Observasi adalah Pengertian, Ciri - ciri, Tujuan dan Kaidah

Ciri-Ciri Teks Eksposisi


Sebelum membahas tentang bagaimana contoh teks eksposisi dibuat, maka dari itu akan lebih baik jika Anda bisa memahami bagaimana ciri-ciri dari teks eksposisi:

  • Akan menjelaskan tentang sebuah informasi berupa pengetahuan. 
  • Informasi yang diberikan bertujuan untuk mengajak siapa pun pembacanya. 
  • Akan menjawab keseluruhan dari pertanyaan yang diajukan. Baik apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa. 
  • Berusaha menjelaskan tentang sebuah kejadian atau yang lainnya. 
  • Gaya tulisan yang disajikan bersifat informatif dengan susunan yang singkat, padat dan juga akurat. 
  • Untuk memperjelas teks eksposisi yang akan dibuat, maka hendaknya menyampaikan sesuai dengan fakta yang konkrit. 
  • Dalam menyampaikan sesuatu, maka hendaknya penulis tidak memihak sesuatu. Itu berarti, penulisnya tidak boleh memaksakan pihak pembaca.
  • Penyampaian secara lugas serta menggunakan bahasa yang baku


Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi


Ciri kebahasaan yang ada pada teks ekposisi adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan pronomina; jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.
  2. Memakai konjungsi; konjungsi bisa digunakan dalam teks eksposisi untuk memperkuat argumentasi.
  3. Memakai kata leksikal tertentu (kata yang mengacu pada kamus); merupakan kata yang mengacu pada benda, baik nyata maupun abstrak. Posisi dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek. Dilihat dari bentuk dan maknanya ada yang berbentuk nomina dasar ataupun nomina turunan. Nomina dasar contohnya gambar, meja, rumah, pisau.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi


1. Teks Eksposisi Ilustrasi


Menggunakan penggambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide gagasan. Mengilustrasikan sesuatu yang memiliki kesamaan sifat. Menggunakan frasa penghubung.

2. Teks Eksposisi Berita


Memberikan informasi dari suatu kejadian, biasanya sering dijumpai dalam berita atau surat kabar.

3. Teks Eksposisi Perbandingan


Menerangkan ide atau gagasan pada kalimat utama dengan metode perbandingan.

4. Teks Eksposisi Proses


Berisi mengenai panduan atau tata cara membuat sesuatu.

5. Teks Eksposisi Definisi


Berisi tentang pengertian dari suatu obyek.

6. Teks Eksposisi Pertentangan


Berisi pertentangan antara sesuatu obyek dengan obyek yang lain. biasa menggunakan frasa penghubung "meskipun begitu, akan tetapi, sebaliknya".

7. Teks Eksposisi Analisis


Proses memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian, Kemudian dilakukanlah suatu pengembangan secara berurutan.

Kaidah Teks Eksposisi


Berikut ini merupakan beberapa kaidah dari teks eksposisi yang perlu Anda ketahui:

1. Konjungsi


Konjungsi adalah bentuk kata penghubung yang biasanya digunakan pada teks jenis eksposisi. Kata penghubung ini sendiri begitu banyak jenisnya, ada yang menunjukkan waktu, gabungan, penjelasan, perbandingan , dan beberapa jenis kata yang lainnya. Contohnya kata penghubung waktu berupa "Setelah, Kemudian, Lalu", serta kata penghubung perbandingan, contohnya "Bagai, Serupa”.

2. Pronomina


Kaidah yang kedua dari teks jenis eksposisi ini adalah pronomina. Pronomina sendiri adalah kata ganti. Pronomina terdiri atas dua jenis, yaitu kata ganti yang menunjukkan orang (Persona) dan kata ganti untuk menunjukkan bukan orang (non-persona). Kata Persona dapat berupa "Kamu, Dia, Ia, Saya", sementara kata non-Persona dapat berupa "Di sana, Di sani, Di situ".

3. Leksikal


Leksikal sendiri adalah jenis kata yang digunakan untuk menunjukkan Kata Kerja, Kata Benda, Kata Sifat dan juga Kata Keterangan. Kata kerja merupakan kata yang menunjukkan suatu proses ataupun keadaan yang sedang berlangsung, contohnya membaca, menulis, berlari, dan sebagainya. Kata benda adalah kata yang menunjukkan suatu objek tertentu contohnya Meja, Kasur, Rumah, dan sebagainya. Sementara kata sifat bisa berupa Cantik, Menawan, Buruk, Baik, dan kata keterangan bisa berupa Malam, Siang, Di sana, Di situ.

Contoh Teks Eksposisi 


Untuk menjawab rasa penasaran Anda semua tentang contoh teks eksposisi, simaklah penjelasannya sesuai dengan strukturnya berikut ini:

Pernyataan Pendapat


Kebersihan sebuah lingkungan sekolah adalah salah satu hal yang bisa membuat sekolah menjadi aman dan juga nyaman. Bahkan telah cukup banyak lomba-lomba kebersihan yang diadakan di antar sekolah. Maka dari itu, bagi seluruh siswa ditekankan untuk selalu menjaga kebersihan sekolah mereka.

Argumentasi


Masing-masing kelas sudah memberikan jadwal piket tersendiri. Baik menyapu, menghapus papan tulis, dan yang lainnya. Sedangkan ada harus jum’at, biasanya akan diadakan kerja bakti sekolah. Kerja bakti ini juga memiliki sebuah manfaat yang akan mempererat hubungan antar murid dengan guru.

Penegasan Ulang


Untuk membuat sekolah menjadi nyaman, maka semua siswa dan guru harus menjaga kebersihan lingkungan. Selain menjadikan situasi yang nyaman, kebersihan pada lingkungan sekolah juga membuat siapa pun yang berada di dalamnya bisa menjaga kesehatan. Jadi, untuk terus menjaga kebersihan di dalam lingkungan sekolah, maka guru dan murid harus bekerja sama agar lingkungan tetap bersih dan juga nyaman.

Jadi, itulah informasi yang bisa dipahami tentang salah satu kalimat ajakan. Kalimat ajakan yang sesuai dengan fakta, argumen dan juga penegasan ulang ini adalah teks eksposisi. Telah diberikan contoh singkat bagi Anda semua untuk dapat mempelajarinya dengan mudah.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan


Tesis:
Beberapa waktu kemarin sistem pendidikan di negara Indonesia sudah berubah yang begitu signifikan. Perbuhan yang terjadi berkaitan dengan kurikulum yang dipakai sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2016 yang lama digunakan diganti dengan kurikulum 2013 meskipun masih banyak sekolah yang belum memakai kurikulum 2016.

Argumentasi:

Kementrian pendidikan dan budaya telah memaparkan bahwa kurikulum 2016 diutamakan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah yang standard internasional

Ada beberapa syarat untuk melaksanakan kurikulum 2013 salah satunya adalah harus dapat terjangkau oleh distribusi buku. Kementrian pendidikan dan budaya mengatakan bahwa kurikulum 2013 fokus ke pembanguan sikap, karakter, pengetahuan, dan juga keterampilan atas dasar kepada pendekaatn ilmiah.

Kurikulum 2013 juga fokus kepada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan lewat pengamatan, percobaan, dan pecipataan sebuah karya.

Tak hanyaitu, wakil kementrian pendidikan dan budaya musliar kasim beranggapan bahwa kurikulum 2013 lebih fokus praktik dari pada hafalan, karena selama ini para siswa banya dibebani hafalan tetapi seperti kurang efektif meningkatkan kreativitas.

Anggota dean pertimbangan presiden, Meutia Hatta, mengatakan bahwa kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk membentuk karakter generasi yang berkualitas, cinta kepada tanah air dan bangsa.

Kurikulum 2013 menuntut siswa supaya aktif saat proses pembelajaran, jadi yang diharapkan supaya membentuk generali berkualitas. Masih banyak masyarakat yang menolak diterapkan kurikulum 2013. Mereka berpikir perubahan kurikulum mendadak dan memaksakan.

Ada juga anggapan bahwa kurikulum 2013 kurang fokus karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok berbeda.

Penegasan Ulang:

Meskipun akan membuat mata pelajaran yang akan diajarkan jadi sederhana, tapi tingkat pemahaman dan pengetahan yang dimiliki para siswa jadi berkurang karena materi tidak dipelajari dengan lengkap, tetapi dipisah yang bisa saja para siswa menjadi bingung.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan


1. Tesis :

Siri merah adalah jenis tanaman yang dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini bisa dibudidayaka untuk persediaan tanaman obat. Salah satu tanaman obat ini mempunyai banyak peranan dalam dunia kesehatan.


2. Argumetasi :

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan tanaman ini sering menjadi obat diabetes, maag, kanker, dan obat ketombe. Ada juga manfaat lain yaitu menyembuhkan keputihan di area kewanitaan. Banyak yang menggunakan tanaman ini dengan cara mengambil daunnya,lalu diolah lewat perebusan. Tanaman ini memiliki kemampuan menjadi obat karena senyawa katif yang terkandung di dalam, seperti minyak atsiri, polivenl, euganor dan lainnya.


3. Penegasan Ulang :

Maka dari itu bisa dipahami bahwa siri merah bisa dipakai menyambuhkan beberapa penyakit dengan tradisional.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan


Tesis :

Diera milenial seperti sekarang ini, membuang sampah tidak pada tempatnya (khususnya di sungai) seolah menjadi hal yang lumrah. Ditambah lagi sekarang ini banyak orang orang di kota kota yang buang sampah asal-asalan.Hal ini dapat dilihat dari jumlahnya saluran sungai yang terhalang oleh sampah sampah yang setiap saat dapat mengakibatkan bencana banjir.

Argumentasi :

Sebagian pengamat menyimpulkan setiap tahunnya jumlah manusia yang melakukan aktifitas membuang sampah di sungai terus bertambah. Manusia juga belum pernah kapok dengan seringkali terjadinya banjir yang menimpa mereka sebab tingkah mereka sendiri. Bencana itu banyak juga menelan korban jiwa. Tak hanya korban luka luka tapi juga korban meninggal, namun hal ini tak membuat mereka sadara untuk membuang sampah pada tempatnya.

Penegasan Ulang :

Semestinya, setelah mengetahui bencana yang terjadi akibat ulah mereka sendiri, mereka mempunyai kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya serta tak akan membuangnya ke sungai supaya tidak merugikan lingkungan dan banyak orang. Supaya saluran air sungai lancar serta tidak memunculkan banjir.

Teks Eksposisi tentang Hewan Lebah 


Oleh Dika P.


Lebah Akan Menjadi Hewan Ternak yang Paling Menguntungkan.

TESIS


Lebah adalah hewan yang termasuk dalam suku atau familia Apidae( Ordo Hymenoptera )  dan juga masuk dalam kelompok Insecta yaitu kelompok untuk para serangga, namun jangan remehkan lebah ini. Meskipun bertubuh kecil mereka mempunyai manfaat yang begitu bnyak dari mulai sarangnya hingga sesuatu yang mereka hasilkan yaitu madu dan semua itu dapat menghasilkan nilai ekonomis yang sangat tinggi. Sehingga menjadi bisnis dengan prospek yang sangat menguntungkan dan menggiurkan bagi banyak orang.

ARGUMENTASI

Lebah mmempunyai banyak manfaat yang sangat berguna bagi manusia dan memunyai harga yang lumayan menguntungkan. Mulai dari madu yang dihasilkan oleh lebah. Madu yang dihasilkan oleh lebah sangat berguna bagi kesehatan manusia karena mengandung natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Vitamin-vitamin yang ada dalam madu adalah thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asam folat, dan vitamin K. Sedangkan enzimnya adalah enzim diastase, invertase, glukosa oksidase, peroksidase, dan lipase. Yang semuanya itu mempunyai peranan sangat penting bagi tubuh dan semua materi atau zat tersebut sangat mudah diserap bagi tubuh. Dengan manfaat yang begitu besar maka orang tidak akan ragu untuk membeli madu yang dihasilkan oleh lebah ini, mereka akan rela membayar tinggi demi madu yang berkualitas. Dengan harga rata-rata madu dengan kualitas sedang yang banyak kita temui di toko-toko sekitar RP 86.000,00 per kg dengan masa panen sekitar 15 hari sekali. Dan harga madu termahal dengan kualitas bagus sekitar RP 744,2 juta. Tentu dengan jumlah penghasilan seperti itu akan menjadi bisnis dengan prospek yang sangat menjanjikan.

Selain menghasilkan madu, lebah juga menghasilkan bee pollenyang tentunya juga sangat berguna bagi tubuh kita. Diantaranya sebagai obat mengobati radang sendi, rematik, varises dan lain-lain. Hal tersebut dikarenakan kandungan dari bee pollen sebagi berikut 18 asam amino, lebih dari 12 vitamin, 28 mineral, enzim dan koenzim yang tidak terhitung jumlahnya, 14 asam lemak penting, 11 karbohidrat, dan 25%-35% dari beratnya merupakan protein. Dengan manfaat yang begitu banyak orang akan membelinya karena desakan kebutuhan akan manfaatnya yang sangat banyak, dengan harga rata-rata mencapai RP 190.000,00. Dengan  harga seperti itu tidak diragukan lagi bahwa bee pollen menjadi ajang bisnis yang menjanjikan.

Lebah juga menghasilkan royal jelly. Royal jelly adalah makanan ratu lebah sejak berupa larva hingga seumur hidupnya menjadi ratu. Berupa cairan putih kental yang dikeluarkan dari kelenjar lebah madu muda yang mengkonsumsi madu dan bee pollen. Royal jelly sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung  66,05% substansi pelembab, 12,34% protein, 5,46% lemak, 2,49% substansi tereduksi, 0,82% mineral, asam lemak esensial, acetylcholin dan masih banyak lagu zat-zat yang terkandung di dalam royal jelly. Dengan kandungan yang begitu banyak dan sangat bermafaat bagi tubuh tersebut orang-orang akan sangat membutuhkan royaljelly tersebut. Dengan harga royal jelly yang mencapai lebih dari RP 100.000,00, dan dengan antusiasme masyarakat yang besar hal ini dapat menjadi keuntungan dan bisnis yang sangat menuntungkan.

Selain itu lebah juga menghasilkan propolis.  Propolis adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Propolis mengandung bioflavanoid, semua vitamin kecuali vitamin K, semua mineral kecuali Sulfur, 16 rantai asam amino essential. Yang semuanya itu sangat berguna bagi metabolisme tubuh manusia bisa menjadi anti biotik, dan menjadi anti peradangan alami. Dengan manfaatnya sebagai antibiotik propolis dapat mengobati berbagai penyakit mematikan yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Dan dengan harga RP 10.000,00 hal tersebut bisa menjadi alternatif untuk mengobati penyakit dengan cara alami dan dengan harga yang terjangkau. Dan tentunya bisa dijadikan menjadi bisnis yang mempunyai pangsa pasar yang sangat banyak, dan otomatis akan menjadi bisnis dengan keuntungan yang sangat menggiurkan bagi para pengusahanya.

Lebah juga menghasilkan lilin lebah yang biasa dikenal dengan beeswax. Lilin lebah digunakan oleh lebah untuk membuat sarangnya. Lilin lebah ini dapat dimanfaatkan untuk bahan baku kosmetik, anti radang, antiksidan, bahan baku obat-obatan, dan lain-lain. Lilin lebah mempunyai banyak manfaat karena mengandung hidrokarbon jenuh, hidrokarbon tak jenuh, kolesterol, beberapa mineral, ester, alcohol monoester. Dan bahan-bahan olahan yang berasal dari beeswax harganya mencapai               RP 100.000,00 dan tentunya akan menjadi bisnis yang sangat menggiurkan dan juga dapat mendatangkan banyak sekali laba.

Selain manfaat lebah yang disebutkan diatas masih banyak lagi manfaat-manfaat lainya dari lebah. Sebagai contoh rumah lebah dan larva lebah dapat dijadikan bothok atau makanan lainya yang sangat lezat, sehingga tidak ada bagian dari lebah yang terbuang sia-sia. Dan juga rumah lebah daat dijadikan sebagai makanan pembuka atau bahkan dapat dijadikan sebagai sup yang sangat lezat. Selain itu sengat lebah dapat juga digunakan untuk terapi pengobatan dan dapatmengobati berbagai penyakit. Semua hal tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang beripat-lipat jika semuanya dapat dikelola dengan benar dan tepat.

PENEGASAN ULANG PENDAPAT

Dengan manfaat yang sangat banyak dan juga harga dari produk-produk yang berbahan dasar bagian-bagian dari lebah maupun hasil atau produk yang dihasilkan oleh lebah mempunyai harga yang mahal. Dan hal tersebut yang dapat menjadikan lebah menjadi komoditi yang sangat menguntungkan untuk dibudidayakan maupun dimanfaatkan. Dan hal tersebut dapat mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda bagi yang membudidayakannya. Orang-orang akan tertarik karena laba yang dihasilkan begitu besar dan lebah akan menjadi hewan ternak atau hewan budidaya yang paling menguntungkan dalam kelasnya.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Narkoba


Jaman sudah begitu maju, apa yang diinginkan pasti bisa didapat dengan gampang, hanya mengandalkan alat elektronik yang terhubung dengan internet. Sama seperti narkoba yang bisa didapatkan dengan mudah dari beragam merk dan juga akses yang cepat.

Ada informasi banya anak sekolah dasar yang mengonsumsi narkoba. Sedih delkali generasi muda yang seharusnya tidak memberikan fasilitias yang bisa memudahkan untuk mengakses hal seperit narkoba, karena pengawasan tidak selalu bisa terjaga setidaknya apabila masih dibawah umur jangan diberi fasilitas seperti HP, gadget, dan laptop. Hal ini membuat anak malas beraktivitas.

Narkoba tidak asing lagi bahkan dipenjar banyak kasus narkoba dari muda sampai tua. Hal itu perlu ada sosialisasi tentang bahasya narkoba, hal ini bisa berbahaya apabila tersebar di usia muda yang mempunyai rasa ingin coba coba dan butuh tindak lant hukum yang tegas supaya masyarakat menyesal.

Berikut adalah kerangka uraian contoh dan cara membuat teks eksposisi sederhana dari permasalahan kesehatan. Tesis teks bisa berupa penyataan bahwa merokok sangat membahayakan bagi kesehatan, seperti “merokok bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya”.

Kemudian sodorkan berbagai fakta mengenai bahaya merokok, seperti “merokok terbukti peningkatan resiko penyakit kanker”. Bisa juga seperti “karena sudah ada bukti bahwa merokok menyebabkan resiko penyakit jantung meningkat, maka merokok bisa berbahaya bagi kesehatan”.

Terlihat di kalimat tersebut terdapat kata konjungsi sebab akibat. Di akhir teks, dapat diberikan penegasan ulang seperti kalimat “oleh karena itu, jauhilah rokok karena merokok bisa membahayakan kesehatan”.

Berikut adalah uraian mengenai pengertian, jenis, kaidah, struktur, dan contoh teks eksposisi yang dapat Anda praktekkan untuk membuat paragraf atau karangan eksposisi sendiri. Gunakan teks eksposisi yang baik dan benar serta sesuai kaidah sehingga maksud yang ingin Anda sampaikan dapat tersampaikan dengan efektif.

Berbagai contoh karangan eksposisi yang tersedia juga jika diamati, di dalamnya terdapat struktur tertentu yang membuatnya menjadi sebuah karangan eksposisi. Struktur tersebut adalah tesis, argumen, dan penegasan ulang pendapat. Tesis berisi sudut pandang dari penulis terhadap sebuah permasalahan yang dijelaskan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Berita


Tanaman obat sambiloto terkenal sejak jaman dahulu. Tanaman ini memilki manfaat untuk menobati luka dan berguna untuk kesahatan badan

Karena ada banyak manfaat yang ada di tanaman ini ada banyak produk yang dibat. Tetapi sedikit orang yang tahu. Dari beberapa riset banyak manfaat yang ada di tanaman ini yaitu untuk obat luka bakar dan cedera, panas, darah tinggi, kanker dan tumor paru.

Atas dasar riset disimpulkan bahwa tanaman ini tidak hanyak mengobati luka tapi juga berguna unttuk kesehatan manusia. Tidak memiliki resiko yang diberikan karena tanaman ini dari alam.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Internet


Antisipasi Dampak Buruk Internet

Internet merupakan sesuatau yang paling melekat dan dianggap paling penting dalam kehidupan masa kini. Karena internet memiliki beragam manfaat yang menyangkut semua aktvitas kehidupan sehari-hari. Mulai dari mencari referensi untuk belajar, sebagai media informasi dan komunikasi, memudahkan dalam berbelanja secara online, dan masih banyak lagi dampak positif dari internet. Namun, disamping beragam manfaat yang didapat dari internet, internet juga membawa dampak buruk untuk kehidupan manusia masa kini.

Jika dampak positif internet dapat dirasakan dalam bergabai bidang kehidupan, dampak buruk dari internet juga mempengaruhi berbagai bidang. Pertama, membuat orang menjadi malas bergerak, contohnya ketika malas untuk memasak, berbelanja atau malas mengendarai kendaraan sendiri bisa melalukan pemesanan makanan, belanja ataupun memakai jasa transportasi secara online. Kedua, internet bisa membuat malas berpikir, salah satu kasusnya adalah di dunia pendidikan. Ketika mendapat tugas dari guru atau dosen biasanya mengejakan tugas dengan cara copy-paste dari internet, tanpa harus membaca, berpikir dan menyusun tugas dengan sendiri. Karena itu sekarang banyak sekali kasus plagiasi tulisan dari e-book dan e-journal. Ketiga, salah memanfaatkan internet, dengan internet semua orang bebas membuka semua situs, oleh karena itu banyak penyalahgunaan untuk membuka situs dewasa bagi anak-anak. Kesalahan menggunakan internet lainnya adalah terlalu fokus menggunakannya dengan bermain media sosial ataupun main game membuat intensitas berinteraksi dengan lingkungan sekitar menjadi berkurang. Dan masih banyak lagi dampak buruk yang diakibatkan oleh intenet.
Untuk mengantisipasi berbagai dampak buruk tersebut, salah satunya melalui kesadaran diri sendiri terlebih dahulu. Yaitu dengan cara memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif, tidak sepenuhnya tergantung dengan internet, membatasi waktu penggunaan internet jika terlalu sering juga akan menggangu kesehatan mata. Setelah kesadaran diri untuk mencegah dampak buruk internet, mulailah ajak orang-orang sekitar untuk bersama-sama memanfaatkan internet dengan baik.

Selain membawa manfaat yang baik dalam kehidupan, internet juga membawa dampak buruk bagi kehidupan. Untuk itu menghindari atau menghentikan dampak buruk yang semakin banyak, itu adalah kewajiban kita. Caranya adalah melalui kesadaran pribadi, membatasi diri dalam menggunakan internet. Agar diri mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita. Semua terjadi akibat diri sendiri, sebagaimana diri kita dapat mengkontrol dalam penggunaan intenet. Internet akan membuahkan manfaat banyak jika penggunaannya tepat, namun akan berdampak positif jika diri tak mampu mengendalikannya.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai Teks Eksposisi baik dari Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri, Unsur, dan Jeni dari teks eksposisi yang disertai juga beberapa contohnya. Semoga artikel diatas bisa memberikan manfaat bagi Anda semuanya. Sekian dan Terima Kasih

Penelusuran yang terkait dengan Teks eksposisi
  • tujuan teks eksposisi
  • kaidah teks eksposisi
  • kaidah kebahasaan teks eksposisi
  • jelaskan struktur teks eksposisi
  • fungsi teks eksposisi
  • sebutkan struktur teks eksposisi
  • ciri kebahasaan teks eksposisi
  • contoh teks eksposisi tentang pendidikan
  • contoh teks eksposisi tentang tumbuhan
  • contoh teks eksposisi tentang internet
  • contoh teks eksposisi tentang makanan
  • contoh teks eksposisi tentang narkoba
  • contoh teks eksposisi tentang hewan kucing
  • contoh teks eksposisi tentang hewan panda
  • contoh teks eksposisi panjang

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel