Unsur-Unsur Administrasi Perkantoran

Unsur-Unsur Administrasi Perkantoran
Unsur-unsur administrasi perkantoran merupakan hal yang penting untuk kita ketahui. Apalagi jika Anda merupakan seorang karyawan kantor. Dalam hal perkantoran banyak sekali yang harus dilakukan dan dikaitkan dengan adanya unsur administrasi.

Terdapat banyak ahli yang mengartikan tentang unsur administasi. Namun, secara garis besar unsur-unsur administrasi adalah perkumpulan orang-orang dalam suatu instansi yang memiliki tujuan bersama dan memiliki tugas yang harus diselesaikan dengan mengandalkan peralatan serta perlengkapan yang memadai.

Terkadang terdapat beberapa kantor yang belum bisa memberikan beberapa perlengkapan yang memadai bagi karyawannya. Sehingga terdapat beberapa gangguan atau permasalahan saat mengerjakan tugas. Nah, dengan begitu berarti unsur administrasinya masih belum baik.

Menurut Sondang P Siagian unsur-unsur administrasi antara lain:
  • Terdiri dari dua orang atau bisa lebih
  • Mempunyai suatu tujuan
  • Ada tugas yang akan dikerjakan
  • Adanya peralatan dan perlengkapan untuk melaksanakan tugas 


Unsur-Unsur Administrasi yang Wajib Dipahami


Unsur-unsur administrasi memiliki beberapa point terpenting untuk bisa menjalankan administrasi perkantoran dengan baik. Berikut ini beberapa hal penting yang harus Anda ketahui, seperti:

1. Organisasi


Adanya suatu organisasi berarti terdapat sekelompok orang yang melakukan kerjasama. Dengan tujuan yang sama yaitu menyelesaikan tugas yang ada dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Di dalam organisasi memiliki kegiatan yang sangat berkaitan dengan penyusunan, pengaturan, dan juga pembagian tugas untuk melakukan usaha bersama demi mencapai tujuan tertentu.

2. Manajemen


Selanjutnya adalah manajemen. Sebagai karyawan kantor Anda harus bisa memanajemen waktu dan kegiatan. Tujuannya adalah untuk bisa mengatur semua orang yang bekerja dalam satu ruangan. Apabila seluruh karyawan berhasil memanajemen waktu dan kegiatan maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan untuk setiap pekerjaannya.

3. Komunikasi


Tidak banyak yang menyadari bahwa dengan melakukan komunikasi maka pekerjaan bisa cepat diselesaikan. Begitu juga saat Anda sedang melakukan pekerjaan bersama dengan karyawan lainnya. Komunikasi dalam bekerja merupakan hal penting yang harus dilakukan. Maka, biasakan untuk mengkomunikasikan segala macam urusan pekerjaan dengan karyawan lainnya.

4. Kepegawaian


Kepegawaian disini merupakan proses karyawan mulai dari penerimaan, pengangkatan, penempatan, pembimbingan, pengarahan, pemberhentian, promosi, sampai dengan pensiun. Dengan adanya sistem yang telah terarah seperti ini, maka setiap karyawan mengetahui aturan-aturan yang berlaku.

5. Keuangan


Keuangan dengan bagian administrasi tentu sangat berkaitan. Sebab, keuangan yang dimaksud adalah bagaimana cara untuk mendapatkan biaya, pertanggungjawaban biaya, bagian pengelolaan untuk segi pembayaran, menentukan sumber biaya lainnya, dan lain-lain.

6. Perbekalan


Untuk jenis perbekalan dari unsur-unsur administrasi merupakan hal yang berkaitan dengan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan dalam organisasi tersebut. Untuk beberapa jenis kegiatannya bisa dilakukan dengan cara pengadaan barang, penyimpanan barang, sampai dengan pemusnahan barang untuk barang-barang yang tidak diperlukan.

7. Ketatausahaan


Dalam bidang administrasi untuk kegiatan ketatausahaan berkaitan dengan cara pelayanan atas penyelenggaraan usaha yang dilakukan. Contoh dari ketatausahaan yaitu penyimpanan, pencatatan, pengiriman, penerimaan, dan lain-lain.

8. Hubungan Masyarakat


Hubungan masyarakat memiliki fungsi yaitu untuk melakukan sebuah interaksi, kerjasama, dan juga hubungan-hubungan lainnya yang terjalin antara masyarakat dengan organisasi tersebut. Jadi, untuk orang-orang yang bertugas di humas harus memiliki keahlian dalam berbicara yang tertata, sopan, dan juga tahu aturan-aturan yang seharusnya. Tujuannya adalah agar kegiatan humas bisa untuk mendapatkan seluruh dukungan penuh dari masyarakat kepada organisasi yang didirikan.

Nah, informasi di atas telah memberikan Anda pemahaman tentang bagaimana dan apa saja unsur-unsur administrasi yang harus dijalankan. Menjalankan suatu organisasi dengan memegang aturan dari unsur administrasi tentu memerlukan adanya kerjasama yang baik antar karyawan. Sehingga akan menciptakan hasil pekerjaan yang memuaskan.


Penelusuran yang terkait dengan Unsur-Unsur Administrasi:

  • unsur unsur administrasi pdf
  • unsur unsur administrasi negara
  • unsur unsur administrasi perkantoran
  • unsur unsur administrasi bisnis
  • berikut ini adalah unsur unsur administrasi penjualan kecuali
  • unsur unsur administrasi perkantoran menurut george r terry
  • gambarlah bagan unsur unsur administrasi
  • pertanyaan tentang unsur unsur administrasi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel