Jenis jenis Ikan Hias [lucu dan Indah]

Ikan Hias - Pecinta ketenangan yang ingin memiliki hewan peliharaan tanpa ribet dan berisik bisa mencoba ikan hias. Jenis ikan satu ini memiliki bentuk yang lucu serta warna yang indah. Selain menjadi hewan peliharaan, ikan ini juga dapat menjadi hiasan dalam rumah.

macam macam Ikan Hias Air Tawar

Banyak juga manfaat lain yang bisa didapat dari memelihara ikan dalam akuarium. Salah satunya adalah menjaga kesehatan karena pemandangan gerak-gerik ikan yang menenangkan pikiran. 

Tidak heran apabila dengan memelihara macam macam ikan hias akan membuat kita bisa menurunkan tekanan darah tinggi, menetralkan perasaan, menjernihkan pikiran, baik bagi penderita Alzheimer serta memberi inspirasi. Dari beragam jenis ikan untuk hiasan dalam rumah, beberapa di antaranya cukup direkomendasikan. Ini terutama karena bentuk dan warnanya yang sangat indah.

Ragam Ikan Hias Air Tawar

1. Ikan Hias Neon Tetra

Ikan Hias Neon Tetra
Ikan Hias Neon Tetra
Ikan hias air tawar yang pertama adalah neon tetra. Daya tahan tubuhnya kuat sehingga bisa jadikan pilihan bagi penangkar pemula. Ikan ini sendiri banyak ditemukan di Amerika Selatan terutama Kolombia, Peru serta Brazil. Ikan neon tetra akan banyak ditemukan di daerah sunga air tawar. Warnanya cerah dan akan terlihat pada gelapnya sungai. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai ikan neon tetra. Bentuk serta warnanya sekilas mirip Cardinal Tetra. Bedanya adalah pada ikan neon tetra tidak ada garis merah yang ada di bawah garis biru pada sepanjang tubuhnya.

2. Ikan Hias Pedang

Ikan Hias Pedang
Ikan Hias Pedang
Ikan ini akan banyak ditemukan di Amerika Tengah, seperti Honduras, Guatemala serta Meksiko. Ikan pedang terutama gemar berada di sungai ang arusnya kuat, laguna, rawa serta danau. Ukurannya akan berbeda antara ikan jantan dan betina, di mana ikan jantan berukuran 11 cm dan ikan betina berukuran 12 cm. Umur ikan ini dapat mencapai 3 hingga 5 tahun. Ciri fisiknya adalah ekor yang tampak seperti pedang dan memanjang dengan warna hitam.

3. Ikan Hias Sapu

Ikan Hias Sapu
Ikan Hias Sapu
Ikan sapu-sapu seringkali disebut sebagai ikan bersih-bersih. Kita mungkin sering melihatnya sebagai salah satu ikan hias aquarium. Salah satu manfaatnya memang adalah untuk bersih-bersih. Ikan ini mudah ditemukan di perairan sungai Indonesia. Totalnya ada 24 jenis ikan sapu-sapu di seluruh dunia.

4. Ikan Hias Cupang

Ikan Hias Cupang
Ikan Hias Cupang
Cupang termasuk dalam ikan hias kecil yang bisa dijumpai dengan mudah di pasaran. Ikan ini disebut pula Betta. Daya tarik utamanya adalah warna tubuh menarik, gerakan yang tenang serta berwibawa dan bentuk sirip indah. Ikan betina akan memiliki ukuran lebih kecil dibanding ikan jantan. 

Ikan cupang dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Salah satu alasan kepopulerannya adalah kemudahan dalam memelihara. Ikan cupang akan dapat bertahan hidup bahkan dalam kondisi kadar oksiden rendah. Sifatnya agresif serta gemar menyerang. Oleh karena tu, seringkali ikan cupang disebut juga sebagai ikan petarung, ikan aduan atau ikan laga. 

5. Ikan Hias Koi

Ikan Hias Koi
Ikan Hias Koi
Ikan koi tidak termasuk ikan hias air laut. Ikan ini sendiri diternakkan pertama kali di Cina namun dipopulerkan di Jepang. Dalam bahasa Jepang, ikan koi berarti ikan karper. Bentuknya seperti torpedo dengan warna yang khas, yaitu gradasi antara merah, hitam, puith dan kuning. Beberapa jenis bahkan memiliki sisik emas serta perak. 

Banyak penggemar ikan yang menyukainya karena harga yang terjangkau dan sisiknya cantik. Butuh tempat luas jika ingin memelihara ikan koi karnea keindahan sempurnanya akan terlihat dari atas.

Ragam Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

1. Ikan Hias Clown Fish

Ikan Hias Air Laut - Clownfish
Ikan Hias Air Laut - Clownfish
Jenis ikan hias air laut yang satu ini bernama Clown Fish atau biasa disebut Ikan Badut. Ikan jenis hias ini pasti sudah sering kamu lihat karena merupakan pemeran utama dalam film Finding Nemo. Sebenarnya untuk bisa merawat ikan ini cukup mudah, paling kamu hanya membutuhkan terumbu karang di aquarium agar mereka terasa nyaman dan jangan lupa airnya air laut ya jangan air sirup hehe.

2. Ikan Hias Lion Fish

Ikan Hias Air Laut - Lion fish
Ikan Hias Air Laut - Lion fish
Ikan hias air laut yang satu ini cukup unik karena mempunyai ornamen-ornamen pada tubuhnya yang berbentuk seperti duri. nah, untuk bisa memelihara ikan hias ini, kamu perlu untuk memperhatikan ikan mana saja yang bisa kamu campur dengan lion fish karena mereka memiliki makanan ikan berbeda.

3. Ikan Hias Butterfly Fish

Ikan Hias Air Laut - Butterfly fish
Ikan Hias Air Laut - Butterfly fish
Ikan hias air laut ini mempunyai bentuk dan corak bergaris hampir mirip dengan sayap kupu-kupu oleh karena itu dinamakan Butterfly Fish. Ikan ini sangat mudah untuk dipelihara, oleh karena itu sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin memelihara ikan hias air laut.

4. Ikan hias Dottyback

Ikan hias air laut - dottyback
Ikan hias air laut - dottyback
Ikan hias air laut jenis dottyback adalah ikan yang tinggal di perairan laut daerah tropis dan sub tropis indo pasifik yang terkenal memiliki terumbu karang sangat melimpah. Karena habitatnya banyak sekali di perairan laut indonesia, jadi sangat direkomendasikan memelihara ikan ini di aquarium rumah anda.


5. Blue Tang

Ikan hias air laut - Blue Tang
Ikan hias air laut - Blue Tang
Paracanthurus hepatus merupakan nama ilmiah dari ikan hias air laut blue tang. Blue tang juga dikenal dengan nama botana. Ikan botana juga terkenal sebagai karakter ikan bernama “Dory” dalam film “Finding Nemo”. Kamu juga bisa menyampurkan blue tang dengan clown fish dalam satu aquarium.

Itulah beberapa contoh dan macam - macam ikan hias. Semoga bisa bermanfaat untuk anda penggemar ikan hias. Sekian dan terima kasih.

Pencarian terbaru:
  • jenis ikan hias dan harganya
  • ikan hias air tawar terindah
  • video ikan hias cantik
  • nama ikan hias air tawar dan gambarnya
  • ikan hias air tawar yang bisa dicampur
  • budidaya ikan hias
  • ikan hias cantik tapi murah
  • ikan hias air tawar langka

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel