Motif Ekonomi [Pengertian, Macam dan Tujuannya]

Motif ekonomi merupakan alasan atau motivasi untuk melakukan kegiatan ekonomi, baik oleh individu maupun organisasi. Pengertian lainnya adalah alasan dasar seseorang atau suatu organisasi melakukan kegiatan ekonomi.

Alasan melakukan kegiatan ekonomi secara umum adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup, mulai dari yang primer, sekunder, hingga kebutuhan tersier. 

Motif Ekonomi [Pengertian, Macam dan Tujuannya]

Motif Ekonomi adalah Memenuhi Kebutuhan

Manusia hidup dengan berbagai kebutuhan yang menuntut mereka untuk melakukan berbagai kegiatan ekonomi. Kebutuhan-kebutuhan hidup yang umumnya menjadi alasan melakukan kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut.

1. Kebutuhan primer

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan pokok atau dasar bagi semua manusia. Kebutuhan ini adalah untuk makanan, minuman, pakaian, dan juga tempat tinggal. Untuk bisa memperoleh semua kebutuhan tersebut, seseorang perlu melakukan kegiatan ekonomi.

2. Kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder ini merupakan kebutuhan tambahan yang sifatnya mendukung dan umumnya juga penting. Contoh kebutuhan sekunder yang menjadi alasan orang melakukan kegiatan ekonomi adalah untuk bisa membeli kendaraan, televisi, buku, majalah, dan lain sebagainya.

3. Kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang tidak bersifat pokok melainkan prestisius. Kebutuhan yang dianggap dapat mengangkat status sosial seseorang seperti rumah mewah, alat-alat musik, peralatan olahraga, dan lain-lain.


Macam-macam Motif Ekonomi


Alasan orang melakukan kegiatan ekonomi terbagi menjadi motif intrinsik dan motif ekstrinsik. Motif intrinsik menjadi alasan yang timbul tanpa pengaruh pihak luar, seperti rasa lapar dan haus yang membuat seseorang membeli makanan dan minuman.

Sementara motif ekstrinsik timbul dari pengaruh orang lain atau pihak luar. Contohnya adalah saat melihat iklan makanan lezat seseorang akan membeli walaupun tidak merasa lapar. Contoh lain adalah keinginan membeli handphone saat ada teman atau keluarga yang menunjukkan handphone baru.

Alasan yang mendorong kegiatan ekonomi juga dibedakan berdasarkan pelaku ekonomi sebagai berikut.

1. Motif individu


Motif yang mendorong seseorang untuk memperbaiki dan melakukan kegiatan ekonomi antara lain adalah sebagai berikut.

a. Meningkatkan taraf hidup


Misalnya orang yang selalu jalan kaki atau naik kendaraan umum yang ingin membeli kendaraan pribadi untuk memudahkan mobilitas mereka. Keinginan memperbaiki taraf hidup tersebut akan mendorong seseorang untuk bekerja dan bisa membeli kendaraan pribadi.

b. Aktualisasi diri


Motif lain yang membuat orang melakukan kegiatan ekonomi adalah untuk aktualisasi diri. Contohnya adalah saat melihat teman yang bisa sukses berjualan makanan, maka timbul keinginan untuk bisa membuktikan bahwa dirinya juga bisa seperti temannya tersebut.

c. Mencapai kekuasaan ekonomi


Manusia memiliki sifat ingin berkembang dan menguasai. Banyak yang melakukan kegiatan ekonomi karena didorong keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan menguasai pasar yang lebih luas. 

d. Motif sosial


Alasan lain seseorang melakukan kegiatan ekonomi adalah atas dasar motif sosial. Biasanya muncul keinginan untuk membantu dan menyejahterakan orang lain seperti mendirikan usaha agar tetangga bisa mendapatkan pekerjaan.

2. Motif organisasi

Berbeda dengan individu, pelaku ekonomi yang satu ini menjalankan berbagai aktivitas ekonomi dengan beberapa alasan berikut.

a. Motif produksi barang

Perusahaan ingin memproduksi barang dengan harga dan kualitas bersaing agar mendapat pasar dan usahanya bisa terus berjalan.

b. Motif keuntungan

Visi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan mendorong perusahaan atau organisasi melakukan kegiatan ekonomi secara berkelanjutan.

c. Motif kontinuitas bisnis

Perusahaan melakukan kegiatan ekonomi karena alasan kontinuitas bisnis atau ingin bisnisnya tidak berhenti dan dapat terus beroperasi.

I. Motif Intrinsik

Pengertian motif intrinsik adalah motif ekonomi yang timbul di dalam diri seseorang tanpa adanya pengaruh dari faktor eksternal. Misalnya, ketika seseorang merasa haus dan lapar, maka ia akan membeli makanan dan minuman.

II. Motif Ekstrinsik

Pengertian motif ekstrinsik adalah motif ekonomi yang timbul di dalam diri seseorang karena adanya pengaruh dari faktor eksternal. Misalnya, seseorang menunjukkan laptop baru miliknya kepada temannya, lalu timbul keinginan untuk membeli laptop baru di dalam diri temannya tersebut.

Demikian beberapa contoh motif ekonomi yang menjadi motivasi dan alasan seseorang atau suatu perusahaan melakukan kegiatan atau aktivitas ekonomi.  Semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk Anda semuanya, Sekian dan terima kasih.

Pencarian terbaru
  • motif ekonomi brainly
  • contoh motif ekonomi konsumen
  • contoh motif ekonomi untuk mendapatkan penghargaan
  • tindakan ekonomi yang didasari oleh motif ekonomi untuk memperoleh keuntungan contohnya
  • sebutkan contoh motif ekonomi dalam pencapaian kemakmuran
  • jelaskan pengertian motif ekonomi dan berikan contohnya
  • contoh motif ekonomi untuk berbuat sosial
  • prinsip ekonomi adalah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel