Permainan Bola Voli [Peraturan dan Cara Bermainnya]

Bola voli atau volley ball merupakan cabang permainan olahraga bola besar yang dimainkan oleh dua tim berlawanan. Masing-masing tim terdiri dari enam orang pemain. Induk organisasinya di Indonesia adalah PBVSI.

Permainan Bola Voli [Peraturan dan Cara Bermainnya]

Sejarah Bola Voli Dunia dan di Indonesia

Mintonette merupakan cabang olahraga permainan bola yang kini dikenal sebagai volley ball. Ditemukan oleh William G. Morgan yang menjadi instruktur YMCA, sebuah asosiasi pemuda kristen di Holyoke, Amerika Serikat dan menjadi tim pertama yang memainkan mintonette atau volley ball.

Nama olahraga mintonette kemudian berubah menjadi volley ball sejak tahun 1986 hingga sekarang. Cabang olahraga ini masuk ke beberapa negara seperti Kanada dan negara-negara bagian US sehingga dibentuk federasi bola voli dunia yang diberi nama FIVB.

Sementara di Indonesia, olahraga ini diperkenalkan sekitar tahun 1928 oleh Belanda yang pada waktu itu menjanjah Indonesia. Pasukan tentara pada saat itu memiliki banyak peran dalam perkembangan olahraga ini. Selain latihan, para tentara juga melakukan kompetisi dengan para kompeni Belanda.

Perkembangan voli di tanah air pun sangat pesat dengan klub-klub voli yang terus bermunculan di berbagai kota. Untuk menaungi klub tersebut, dibentuk PBVSI atau persatuan bola voli seluruh Indonesia pada tanggal 22 Januari 1955.

Peraturan Bola Voli untuk Pemain

Peraturan Bola Voli untuk Pemain

Voli dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan. Masing-masing tim terdiri dari 6 pemain inti dan 6 pemain cadangan. Pemain menggunakan seragam dengan nomor punggung dan dada, celana pendek, serta menggunakan sepatu olahraga. 

Peraturan permainan bola voli

Permainan tidak dibatasi oleh waktu, tetapi jika ada tim yang sudah menang. Untuk memenangkan permainan, salah satu tim harus bisa menang sebanyak 3 kali dengan poin menang sebanyak 25 poin. 

Beberapa jenis pelanggaran dalam permainan voli antara lain adalah sebagai berikut.
  1. Tangan menyentuh jaring net
  2. Tangan pemain terlalu masuk ke daerah lawan saat melakukan blocking
  3. Kedua kaki melewati batas dan masuk ke daerah lawan.
  4. Meninggalkan lapangan tanpa izin
  5. Mendapat arahan saat bertanding
  6. Berkata kasar kepada wasit


Macam-macam Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Voli dimainkan dengan beberapa macam gerakan seperti service, passing, blocking, dan smash.

1. Teknik service
Service adalah pukulan awal untuk memulai pertandingan, setelah bola masuk atau keluar, dan setelah ada pelanggaran. Teknik permainan ini dilakukan dari belakang garis dan bola dipukul hingga jatuh di daerah lawan. Gerakan servis terbagi menjadi beberapa macam yaitu servis atas, jumping service, overhand round-house service, dan servis mengapung. 

2. Teknik passing
Teknik ini bertujuan untuk menerima, mengendalikan, atau menahan bola yang diarahkan dari lawan. Ada passing atas dan passing bawah yang dapat dimainkan.

3. Teknik blocking
Blocking bertujuan menghalang atau menahan bola. Berbeda dengan menahan bola menggunakan passing, blocking dilakukan dengan mengandalkan kecepatan dan kekuatan. Biasanya blocking dilakukan dengan cara melompat dan oleh pemain yang berpostur tinggi.

4. Teknik smash
Teknik voli ini merupakan yang paling diantisipasi oleh masing-masing tim. Smash atau spike dilakukan dengan melompat dan memukul bola secara kuat sehingga jatuh di lapangan lawan dengan derajat kemiringan sekecil mungkin.



Ketentuan Ukuran Lapangan Voli

Ketentuan Ukuran Lapangan Voli

Voli dimainkan di lapangan dengan ukuran panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Garis lapangan dibuat dengan ukuran 5 cm. Sementara untuk net, panjangnya 9,5 meter dengan lebar 1 meter. 

Cara Bermain Bola Voli

Cara Bermain Bola Voli

Permainan dilakukan oleh dua tim dengan jumlah pemain 6 orang. Menggunakan bola berukuran diameter 65-67 cm dengan berat 250-280 gram. Permainan diawali dengan pukulan servis. 

Skor diperoleh saat berhasil menjatuhkan bola di daerah lawan atau tim lawan menjatuhkan bola ke luar lapangan. Skor menang adalah 25 dan tim yang menang adalah yang menang 2 kali dari 3 ronde permainan. 

Itulah beberapa peraturan dan teknik permainan bola voli sebagai salah satu cabang olahraga di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Sekian dan terima kasih.

Pencarian terbaru :

  • peraturan bola voli
  • teknik permainan bola voli
  • sejarah singkat bola voli
  • rangkuman materi bola voli
  • cara bermain bola voli
  • waktu permainan bola voli
  • sejarah bola voli di indonesia
  • ukuran lapangan bola voli

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel