Cari Tahu Penyebab Perut Kembung dan Cara Mengobatinya

Cari Tahu Penyebab Perut Kembung dan Cara Mengobatinya
Perut Kembung - Setiap orang pasti pernah merasakan perut kembung. Perut kembung ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Ketika seseorang mengalami perut kembung, ia akan merasa tidak percaya diri dan malasuntuk melakukan kegiatan. Hal ini dikarenakan kondisi perut yang sedang tidak enak dan memengaruhi mood untuk berakitivitas. Meskipun setiap orang pernah mengalami perut kembung, tapi apakah Anda tahu apa itu perut kembung?

Pengertian Perut Kembung 

Perut kembung merupakan sensasi penuh di bagian perut sehingga membuat seseorang merasa tidak nyaman. Hal ini tentu saja terasa tidak mengenakkan, terlebih jika Anda sedang berada di acara atau kegiatan penting dengan banyak orang.

Ciri-Ciri Perut Kembung

Ciri-ciri perut kembung yang akan Anda rasakan adalah sering kentut, sendawa, bagian perut terlihat lebih besar. Terkadang bagi beberapa orang ciri-ciri yang dirasakan antara lain nyeri pada dada, nyeri pada bagian perut, tinja berdarah, dan juga diare.

Jenis-Jenis Perut Kembung

Terdapat beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan perut kembung, yaitu:

  • Maag
  • Batu Empedu
  • Usus Buntu
  • Kolera
  • Batu Ginjal
  • Sembelit
  • Disentri

Penyebab Perut Kembung

Terjadinya perut kembung ini dikarenakan banyaknya gas yang berada di dalam perut. Banyaknya gas ini dihasilkan ketika Anda makan dengan sangat cepat, sering minum soda, dan mengunyah permen karet dalam waktu yang lama dan sering. Namun tidak hanya itu saja, perut kembung juga dapat disebabkan karena sembelit, kebiasaan merokok serta mengonsumsi alkohol, dan memakan makanan dengan banyak lemak.

Sebenarnya penyebab perut kembung bukan hanya itu saja. Jika Anda menderita suatu penyakit tertentu, maka tidak jarang Anda akan mengalami perut kembung ini. Adapun macam-macam pennyakit yang dapat menyebabkan perut kembung adalah tukak lambung, hernia, infeksi pada saluran usus, iritasi yang terjadi pada bagian usus, miom, dan juga kista. Akan tetapi, jika Anda mengonsumsi obat dokter dengan benar, maka Anda tidak akan merasakan perut kembung akibat dari penyakit yang Anda alami.

Baca juga: Penyebab, Gejala, dan Obat Penyakit Kutu Air

Cara Mengobati Perut Kembung

Perut kembung yang terjadi secara alami dan bukan karena Anda menderita penyakit tertentu dapat diobati atau bahkan dicegah. Ada banyak cara untuk dapat menghilangkan perut kembung yang sering kali terjadi pada Anda. Beberapa cara untuk mencegah perut kembung yang dapat Anda lakukan antara lain adalah tidak makan dengan berlebihan dan terlalu cepat, mengurangi aktivitas mengunyah permen karet, tidak mengonsumsi atau mengurangi makanan yang dapat menghasilkan gas.

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengobati perut kembung adalah mengunyah makanan hingga benar-benar hancur sehingga lambung tidak perlu bekerja terlalu ekstra. Dianjurkan juga untuk tidak makan sembari berbicara karena hal tersebut dapat menghasilkan gas. Mengonsumsi probiotik juga dapat menjadi cara untuk mengobati perut kembung.

Bagi Anda yang merupakan perokok aktif, Anda dapat kurangi atau berhenti merokok. Hal ini dipercaya ampuh untu menghilangkan perut kembung. Apabila Anda menggunakan gigi palsu, pastikan jika gigi palsu yang Anda gunakan mempunyai ukuran yang pas dengan gusi dan gigi lain agar tidak ada udara yang masuk melalui sela-sela gigi.

Anda juga dapat mengonsumsi peppermint dan jahe untuk meredakan kembung. Jika Anda merasakan perut kembung dalam waktu yang lama dan tidak kunjung reda, segera datangi dokter atau kunjungi klinik terdekat yang ada di daerah Anda.

Demikianlah penjelasan singkat dan ringkas mengenai penyebab perut kembung dan cara mengobatinya. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semuanya.  Sekian dan terima kasih

Pencarian serupa:

  • perut kembung dan mual
  • obat dokter untuk perut kembung
  • gerakan mengatasi perut kembung
  • perut kembung dan keras
  • obat perut kembung masuk angin
  • cara mengatasi perut kembung terus menerus
  • mengatasi perut kembung karena maag
  • perut kembung dan mencret

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel