Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Air Garam dan Lemon

Gusi bengkak - Salah satu gangguan mulut yang umum terjadi adalah gusi bengkak. Kondisi saat gusi menutup gigi dan membuat pipi tampak menonjol. Selain menimbulkan perubahan fisik di area mulut, masalah kesehatan ini juga bisa menyebabkan bau napas tidak sedap dan gusi bernanah.

Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Air Garam dan Lemon


Pemicu pembengkakan pada gusi antara lain adalah plak yang terlalu tebal dan mengandung bakteri, kebiasaan merokok, infeksi jamur atau virus, kekurangan vitamin C, atau karena gusi yang terlalu sensitif dengan pasta gigi tertentu. Pengobatan-pengobatan alami seperti berikut dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mengobati pembengkakan.

Mengobati Gusi Bengkak dengan Air Garam dan Lemon

Garam yang mengandung sodium dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik alami. Selain untuk membersihkan gigi dari karang atau plak, air garam juga bisa digunakan untuk berkumur dan membantu mengobati gejala pembengkakan pada gusi.

Tidak hanya garam, buah lemon juga memiliki manfaat yang sama untuk mengurangi gejala gusi yang bengkak. Caranya adalah dengan mencampurkan perasan buah lemon dengan air hangat untuk obat kumur. Kandungan asam pada buah ini bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar pH di rongga mulut.

Selain berkumur menggunakan air garam dan air perasan lemon, Anda juga bisa berkumur dengan air rebusan daun biji untuk gusi yang membengkak. Rebus lima lembar daun jamu biji dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

Mengobati Gusi Bengkak dengan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan buah berukuran kecil dengan rasa asam yang sangat kuat. Masyarakat tanah air lebih banyak menggunakan buah ini untuk tambahan bahan masakan. Namun ternyata belimbing wuluh juga cukup efektif untuk mengatasi gangguan gusi seperti bengkak. Belimbing wuluh yang belum matang dapat dihaluskan dan kemudian langsung dioles ke bagian gusi yang bengkak. Buah dengan rasa masam ini dapat membantu membasmi bakteri di dalam mulut.

Mengatasi Gusi Bengkak dengan Olesan dari Bumbu Dapur

Salah satu cara yang mudah dilakukan untuk mengurangi sakit dan infeksi pada gusi adalah membuat obat alami dari merica dan garam. Bahan masakan yang mudah dijumpai tersebut mengandung zat anti inflamasi yang efektif untuk mengobati infeksi secara alami. Merica juga menjadi salah satu bahan alami yang bersifat analgesik atau dapat meredakan rasa nyeri.

Cara membuat obat oles alami ini tidak sulit. Tumbuk merica hingga halus dan kemudian campur dengan garam dan air sedikit. Aduk hingga lebih kental seperti pasta untuk selanjutnya langsung dioles ke bagian gusi yang bengkak.

Baca juga:  Mengenal Penyebab, Ciri-Ciri dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Mengurangi Sakit Gusi dengan Kompres es atau Air Hangat

Gusi yang mengalami bengkak seringkali diikuti rasa sakit dan nyeri. Untuk mengurangi rasa sakit tersebut, Anda bisa mengompres gusi menggunakan es batu. Rasa sakit pada gusi yang bengkak akan berkurang degan rasa dingin dari es. Namun jika sakitnya disertai dengan nyeri berdenyut, hindari kompres es. Gunakan air hangat untuk mengompres gusi yang terasa bengkak dan sakit berdenyut.

Menghindari Penyebab Iritasi 

Apabila Anda mengalami gusi yang membengkak dan nyeri, disarankan untuk menghindari hal-hal seperti minum minuman beralkohol dan merokok. Kebiasaan tersebut dapat menjadi salah satu penyebab iritasi dan gusi yang membengkak. Selalu jaga kebersihan gigi, gusi, dan rongga mulut secara benar. Gunakan pasta gigi untuk membersihkan gigi dari plak dan sisa makanan yang memicu infeksi  bakteri.

Itulah beberapa cara alami untuk mengobati gusi bengkak dengan mudah. Namun jika kondisinya tidak kunjung membaik, disarankan untuk segera berobat ke dokter.

Pencarian terkait:

  • gambar gusi bengkak
  • obat gusi bengkak bernanah
  • obat gusi bengkak di apotik paling ampuh
  • obat gusi bengkak apotik yang ampuh
  • apa bahaya gusi bengkak lama
  • cara agar gusi bengkak cepat kempes
  • obat gusi bengkak karena gigi berlubang
  • gusi bengkak pada anak

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel