Pemandian Air Panas Ciseeng dan Beragam Fasilitasnya

Pemandian air panas Ciseeng merupakan salah satu wisata alam yang populer di Bogor. Lokasinya berada di kawasan gunung kapur Parung Bogor. Objek wisata ini memiliki lokasi yang strategis dan tidak terlalu jauh dari ibu kota Jakarta.

Berada di Jalan Cogreg, Bojong, Parung Bogor, pemandian air panas ini hanya berjarak sekitar 50 km dari Jakarta. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi dari ibu kota, hanya butuh waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan saja. Jika belum pernah mengunjungi tempat ini, lokasinya bisa ditemukan di Google Map.

Pemandian Air Panas Ciseeng, Bogor

Kolam pemandian air panas ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Menurut beberapa penelitian, air panas alami yang mengandung banyak mineral dapat menjadi terapi untuk mengobati penyakit kulit dan tulang. Berendam dalam air panas juga dapat membuat otot lebih tenang.

Air Panas Ciseeng Bogor dan Fasilitasnya

Pemandian air panas Ciseeng menawarkan wisata alam bukan hanya kolam air panas saja. Kegiatan outbound hingga penginapan sudah disediakan bagi pengunjung yang datang. Kawasan wisata ini hanya sekitar 8 hektare sehingga pengunjung juga bisa berkeliling untuk melihat seluruh tempatnya.
Objek wisata pemandian air panas ini memiliki daerah yang masih asri dengan udara yang sejuk. Pengunjung yang datang akan disambut dengan hawa udara segar khas Kota Bogor ditambah dengan pemandangan hijau dari pohon-pohon palem raja yang ditanam dengan rapi di sisi kanan dan kiri jalan.

Sekitar area pintu masuk, ada tempat bermain anak yang sudah disediakan. Jika masuk lebih dalam, pengunjung akan menemukan deretan kios yang menjual ikan cupang. Ikan dijual dengan botol plastik dan harganya cukup terjangkau untuk oleh-oleh.

Pemandian air panas Ciseeng memiliki keunikan tersendiri yakni adanya batu berukuran besar yang diselimuti air belerang. Warna batunya berubah menjadi putih karena kandungan belerang dari air yang ada di gunung kapur tersebut.

Pemandian Air Panas Ciseeng dan Beragam Fasilitasnya

Bagi wisatawan yang berani ke atas batu besar unik ini, maka akan mendapatkan pemandangan dari semua sisi kolam air panas yang tampak putih kehijauan. Kolam air panas tersebut menjadi tempat pengunjung untuk berendam ramai-ramai menikmati sensasi menenangkan dari air panas alami.

Selain pemandian air panas terbuka, tempat wisata ini juga memiliki bilik untuk pengunjung yang ingin lebih tertutup. Pemandian VIP tersebut hanya boleh untuk satu orang saja. Walaupun ada pengunjung suami istri, pengelola tidak memperbolehkan dua orang berada dalam satu bilik pemandian.

Pada saat menuju pemandian air panas Ciseeng yang VIP, wisatawan akan melewati jembatan dan permainan flying fox. Tempat wisata ini memang tidak hanya menyediakan kolam air panas, tetapi juga beberapa fasilitas lain untuk liburan yang lebih seru.

Berbagai fasilitas mulai dari tempat outbond, flying fox, fun kart, high rope, dan lain sebagainya. Kolam renang khusus anak juga disediakan, termasuk kolam terapi ikan untuk pengunjung merendam kaki di dalam koloni ikan-ikan hitam. Sarana di tempat ini tergolong lengkap, termasuk lapangan untk konser musik.

1. Penginapan

penginapan di objek wisata alam pemandian air panas Ciseeng

Fasilitas penginapan di objek wisata alam pemandian air panas Ciseeng bisa dipesan pengunjung yang ingin bermalam. Selain untuk istirahat, menginap juga bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menikmati kesejukan alam khas kota hujan, Bogor.

2. Sepeda air

Salah satu wahana yang bisa dicoba pengunjung adalah sepeda air. Tidak perlu khawatir karena harga untuk menikmati wahana ini terbilang murah. Pengunjung yang penasaran atau ingin bersantai, bisa mencoba sepeda air.

3. Flying fox

flying fox

Wahana ini cocok bagi pengunjung yang menginginkan tantangan. Pengunjung dapat menikmati sensasi meluncur bebas dari ketinggian menggunakan tali flying fox. Selama meluncur, pemandangan alam yang hijau dari tempat wisata ini mejadi suguhan utamanya.

4. Tempat bermain anak

Bagi rombongan yang membawa anak dan mungkin rewel, bisa diajak ke tempat ini. Area yang khusus disediakan untuk anak-anak, terutama yang suka bermain air dan bermain wahana-wahana seru yang disediakan.

5. Bom bom car

Pemandian air panas Ciseeng juga menawarkan wahana bom bom car yang seru, baik untuk permainan anak-anak maupun pengunjung dewasa. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir bosan di tempat wisata ini.

6. Rumah balon

Wahana bernama rumah balon juga bisa pilihan seru selama berada di kompleks wisata pemandian air panas Ciseeng. Pengunjung dapat melihat keindahan kota Bogor dengan menaiki rumah balon.

7. Terapi ikan

terapi ikan di pemandian air panas ciseeng bogor

Tempat khusus disediakan untuk pengunjung yang ingin terapi dengan ikan-ikan kecil. Cocok untuk yang sedang merasa kaku untuk relaksasi. Ikan-ikan kecil di kolam terapi ikan akan memakan sel-sel kulit mati di kaki dengan sensasi yang sedikit geli.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja [Terbaru dan Terbaik]

Tidak hanya wahana yang cukup banyak, fasilitas di pemandian air panas Ciseeng juga terbilang lengkap. Berikut adalah beberapa fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung tempat pemandian air panas.

1. Toilet dan WC umum

Ada toilet umum di objek wisata ini yang bisa digunakan untuk pengunjung buang air kecil atau ingin berganti pakaian.

2. Area parkir

Tidak sulit untuk parkir, baik sepeda motor maupun mobil. Objek wisata ini menyediakan tempat atau area parkir yang cukup luas. Biaya parkir untuk motor sekitar 3 ribu dan mobil sekitar 5 ribu.

3. Rumah makan

Pengunjung yang lapar atau ingin cari makan juga mudah dengan banyaknya warung makan yang tersedia. Jika tidak suka warung makan, di dekat kompleks pemandian air panas Ciseeng ada rumah makan yang menjual bakso.

4. Kamar ganti

Fasilitas ini disediakan untuk memudahkan pengunjung yang akan berganti pakaian saat akan berendam air panas atau setelahnya.

5. Pemandian VIP

Fasilitas khusus ini merupakan pemandian tertutup yang hanya bisa digunakan oleh satu orang.

6. Kios

Ada beberapa kios yang menyediakan kebutuhan para pengunjung. Mulai dari sabun, snack, minuman ringan, dan lain-lain.

7. Mushola

Pengelola menyediakan fasilitas ini untuk tempat pengunjung yang ingin beribadah atau melaksanakan shalat.

Wahana yang beragam dan fasilitas lumayan lengkap dapat dinikmati pengunjung hanya dengan membayar tiket masuk yang terbilang murah. Berikut adalah beberapa tarif untuk masuk dan menikmati fasilitas yang disediakan.

1. Tiket masuk

Pengunjung yang datang di hari-hari biasa dapat masuk dengan membayar tiket sekitar 10 ribu dan 12 ribu pada hari libur.

2. Tarif kolam air panas terbuka

Tempat wisata yang ramai ini memasang tarif sekitar 5 ribu per orang untuk dapat menikmati sensasi berendam di kolam air panas.

3. Tarif kolam air panas tertutup

Jika ingin yang tertutup, pengunjung bisa membayar 10 ribu untuk tarif kolam air panas tertutup. Untuk VIP tarifnya sekitar 15 ribu dan dibatasi 20 menit per orang.

Jika ingin liburan murah dan sehat, pemandian air panas Ciseeng bisa menjadi pilihannya. Air panas dengan belerang dapat memberi efek menyehatkan untuk tubuh.

Pencarian terbaru:

  • harga tiket masuk ciseeng 2019, 2020
  • tirta sanita bogor, jawa barat
  • pemandian air panas gunung panjang ciseeng
  • taman wisata tirta sayaga pemandian air panas gunung kapur bogor jawa barat
  • harga tiket tirta sanita
  • ciseeng daerah mana
  • taman kopses ciseeng
  • pemandian air panas terdekat dari jakarta

Leave a Comment