6 Rumah Adat Indonesia Paling Populer dan Unik

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki kultur dan budaya yang beragam. Membentang dari Sabang sampai ke Merauke dengan total lebih dari 1.700 pulau, Indonesia juga memiliki beragam suku dengan bahasa yang berbeda satu sama lain. Tak hanya itu saja, Indonesia juga memiliki 35 rumah adat yang menjadi ciri khas setiap provinsi.

Rumah adat adalah sebuah bangunan yang memiliki desain, ciri khas, serta nilai tertentu yang menjadi tempat tinggal suku atau masyarakat tertentu. Menariknya, setiap provinsi di Indonesia memiliki rumah adat dengan bentuk, bahan baku, dan nilai filosofi yang berbeda dari wilayah lain. Hal tersebut memperkaya keanekaragaman yang dimiliki oleh negara kita.

Rumah Adat dari Indonesia yang Mendunia

Dari 35 rumah adat Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi, beberapa rumah adat memiliki citra yang lebih populer dari wilayah lain. Bahkan kepopuleran tersebut menjadi alasan para wisatawan mancanegara datang mengunjungi wilayah-wilayah tertentu di Indonesia.

1. Joglo

rumah adat joglo

Rumah adat dari Jawa Tengah ini memiliki desain yang unik karena setiap rumah memiliki area khusus seperti pendapa, pringgitan, dalem, sentong, gandok tengen dan kiwo, dimana setiap bagian tersebut memiliki filosofi dan fungsi. Ciri khas rumah Joglo lain yang membuatnya menarik adalah desain rumah semi terbuka dengan banyak tiang penyangga, lalu desain atap yang unik membuatnya terlihat lebih sempurna.

2. Rumah Gadang, Sumatera Barat

Rumah Gadang, Sumatera Barat

Tak hanya menarik perhatian warga Indonesia, rumah Gadang yang menjadi rumah adat dari Sumatera Barat juga populer di dunia. Menariknya, rumah Gadang selalu berasosiasi dengan masakan Padang yang juga mendunia (rendang tercatat sebagai salah satu masakan paling enak dunia). Jadi tidak heran jika saat melihat rumah Gadang, maka Anda pun akan selalu ingat dengan rendang, lapau, ayam pop, dan aneka lauk lainnya!

3. Rumah Adat Bali

Rumah Adat Bali

Desain yang unik dengan aneka ukiran khas rumah adat Bali juga populer di kalangan turis mancanegara. Bali yang merupakan surga dunia di Indonesia memang menjadi pulau yang paling banyak dikunjungi turis. Bahkan kekaguman dunia dengan kompleksitas rumah adat Bali membuat beberapa desainer dunia mengadopsi konsep dan desain rumah adat Bali untuk beberapa bangunan di luar negeri.

4. Rumah Tongkonan, Sulawesi Selatan

Rumah Tongkonan, Sulawesi Selatan

Rumah adat masyarakat Toraja ini memiliki atap melengkuk seperti tanduk kerbau. Tanduk hewan tersebut pun menjadi dekorasi di bagian depan rumah yang berbentuk panggung. Tongkonan merupakan rumah adat yang memiliki nilai filosofi dan histori yang masih sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat adat setempat.

5. Rumah Mbaru Niang, NTT

5. Rumah Mbaru Niang, NTT

Berada di wilayah terpencil daerah pegunungan di Flores, rumah Mbaru Niang masuk dalam kategori warisan budaya yang ditahbiskan UNESCO pada 2012 silam. Rumah ini tidak memiliki tembok persegi, melainkan tembok lingkaran yang menyatu dengan atap kerucut yang semuanya terbuat dari bahan yang sama; jerami. Di tengah rumah, terdapat sebuah tiang penyangga yang diikat dengan rotan.

6. Rumah Sasak, Lombok

Rumah Sasak, Lombok

Rumah adat dari Lombok ini juga populer di kalangan wisatawan mancanegara. Rumah Sasak terbuat dari bahan alami seperti bambu untuk bagian dinding, kayu untuk konstruksi rumah panggung, dan jerami atau akar alang-alang untuk atap. Lantainya sendiri terbuat dari campuran batu bata, abu, dan bahkan getah pohon. Di Lombok, masih ada sebuah desa dimana setiap warganya masih tinggal di rumah Sasak. Tertarik untuk datang ke sana?

Demikianlah 6 contoh rumah adat yang ada populer dan unik di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda Semuanya. Sekian dan terima kasih

Pencarian terkait

  • rumah adat indonesia lengkap
  • rumah adat 34 provinsi
  • Keunikan rumah adat di indonesia
  • pakaian adat di indonesia
  • gambar rumah adat yang mudah
  • rumah adat joglo
  • rumah adat 34 provinsi pdf
  • perbedaan rumah adat di indonesia

Leave a Comment