Pengertian, Struktur, Ciri dan Contoh Teks Persuasi

Pengertian, Struktur, Ciri dan Contoh Teks Persuasi

Kata persuasi atau persuasif memiliki dua arti menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pertama, kata ini diartikan sebagai suatu ajakan pada seseorang dengan memberi alasan maupun prospek baik yang meyakinkan. Kedua, persuasi turut diartikan sebagai karangan yang memiliki tujuan untuk meyakinkan pendapat. Pengertian dari teks persuasi sendiri tidak jauh berbeda dengan kata persuasi.

Hanya saja, pembahasan untuk teks yang bersifat persuasif ini tentu akan lebih luas. Secara sederhana, teks yang sifatnya persuasif ini bisa diartikan sebagai kumpulan paragraf dengan inti yang disuguhkan untuk membujuk, mengajak ataupun menyuruh. Berikut adalah pengertian lengkap, struktur teks serta contoh-contonya.

Teks Persuasi Adalah

Teks persuasi bisa diartikan sebagai bacaan yang tersusun atas paragraf dengan isi berupa ajakan atau bujukan bagi para pembaca. Penulis akan membuat teks ini guna meyakinkan pembaca supaya terpengaruh oleh isi bacaan serta memiliki pemikiran yang sama dengan penulis. Harapannya, pembaca akan mau untuk mengikuti serta melakukan apa yang telah dituliskan penulis di dalam teks tersebut. Dalam kalimat yang sederhana, teks yang bersifat persuasif ini berarti bacaan maupun teks yang berisi bujukan atau ajakan pada pembaca supaya mengikuti atau melakukan apa yang ada dalam isi teks tersebut. Biasanya, isi teks ini bersifat subjektif. Isinya akan dibuat dari sudut pandang pribadi si penulis disertai data-data.

Struktur Teks Persuasi

Terdapat tiga struktur teks persuasi yang harus ada ketika menyusunnya. Ketiganya tidak mewakili banyaknya paragraf, namun mewakili struktur bacaan. Tiga struktur ini ialah lead, batang tubuh serta ending.

Namun, panduan membuat teks bukan hanya dari struktur tersebut. Terdapat beberapa langkah yang harus diikuti juga. Termasuk dalam langkah-langkah itu adalah menentukan topik atau tema, menentukan tujuan, membuat kerangka paragraf, mengumpulkan bukti-bukti berupa fakta atau data serta memulai menyusun paragraf.

Topik adalah hal pertama yang harus diperhatikan agar tulisan tidak terpecah saat menuliskannya. Tujuan utama dari teks ini adalah meyakinkan pembaca. Sementara kerangka akan membuat paragraf lebih logis dan sistematis.

Baca juga yuk : Serba-serbi Teks Berita Beserta Contohnya

Ciri-ciri Paragraf Persuasif

Untuk mengenali bahwa yang anda baca adalah teks persuasi adalah  memiliki ciri - ciri sebagai berikut:

  1. Isi yang mengandung sebuah fakta dan bukti sebagai faktor yang kuat yang mempengaruhi kalimat dengan bentuk ajakan ataupun bujukan.
  2. Tulisan mempunyai tujuan guna mendorong dan mempengaruhi suatu hal
  3. Bahasa yang di pakai dibuat provokatif, menarik, serta antusias. Hal tersebut di lakukan agar si pembaca lebih yakin
  4. Membuat si pembaca bisa lebih percaya dengan penjelasan yang menarik
  5. Berupaya mampu menimbulkan kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan penulis dengan pembaca
  6. Berupaya mampu menghindari konflik, yang mana hal ini di lakukan guna pembaca yakin dan tercapainya kesepakatan
  7. Memperlihatkan fakta serta data sebagai penguat argumentasi [materibelajar.co.id]


Kaidah Bahasa Teks Persuasi

  • Menggunakan kata bujukan (penting, harus, pantas).
  • Menggunakan kata kerja imperatif (jadikanlah, hendaknya, waspadalah)
  • Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik
  • Menggunakan kata penghubung yang argumentatif (jika, karena, dengan demikian, sebab, akibatnya, oleh karena itu dll). [materibelajar.co.id]

Syarat-syarat paragraf persuasi

Syarat-syarat dalam membuat paragraf persuasi adalah sebagai berikut

1. Pilihan Kalimat

Hal kuat pada teks persuasi yaitu kata-katanya. Untuk itu, ketika menulis teks persuasi harus memilih kata yang tepat juga menarik.

2. Kemampuan mengolah emosi

Selanjutnya, harus bisa mengolah emosi pembaca. Artinya, pembaca mampu mengobarkan ataupun meredam emosi pembaca dari tulisan yang di buat, khususnya untuk teks persuasi politik ataupun propaganda.

3. Bukti (fakta)

Menambahkan bukti ataupun fakta untuk memperkuat gagasan yang ditulis dalam teks persuasi. Agar si pembaca mempercayai isi yang disampaikan [materibelajar.co.id]

Contoh Teks Persuasi

1. Contoh Teks Persuasi Pendidikan

Anak-anak tidak seharusnya dituntut untuk mahir dalam segala mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Orangtua sebaiknya tidak memaksakan anak-anaknya agar mendapat nilai tinggi pada semua pelajaran. Ini karena kecerdasan masing-masing anak berbeda dan mereka tidak seharusnya dibanding-bandingkan satu sama lain. Ada anak yang memiliki nilai rendah pada pelajaran Matematika namun kreativitas seninya tinggi. Sudah sepatutnya orangtua lebih mengenali bakat anak dan tidak menuntut mereka untuk menjadi ahli di segala bidang.

2. Contoh Teks Persuasi Politik

Suhu politik di Indonesia tengah memanas seiring berjalannya Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2019. Di tengah kondisi seperti ini, kita harus tetap menjaga kepala agar tetap dingin dan tidak ikut dalam kisruh yang ada. Jangan sampai kita tergiring opini publik dan ikut menjadi pembenci salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden yang bersaing dalam Pilpres.

3. Contoh Teks Persuasi Tentang Kesehatan

Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji harus segera dihentikan jika kita mengutamakan kesehatan badan. Makanan cepat saji umumnya mengandung kalori tinggi serta dimasak dengan cara digoreng sehingga kurang memperhatikan sisi kesehatan. Kita sebaiknya beralih pada makanan sehat seperti sayuran hijau yang segar serta buah-buahan. Dalam jangka waktu panjang, akan semakin terlihat dampak dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari ini pada kesehatan tubuh.

Demikianlah sedikit penjelasan ringkas mengenai teks persuasi dari infastpedia. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya. Sekian dan Terima Kasih.

Pencarian terkait:

  • contoh teks persuasif
  • contoh teks persuasi lengkap
  • contoh teks persuasif tentang bencana alam
  • kaidah kebahasaan teks persuasi
  • menulis teks persuasif
  • contoh teks persuasif beserta strukturnya brainly
  • teks persuasi pendidikan
  • menemukan ajakan dalam teks persuasif

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel