Doa sebelum dan sesudah makan [Arab & Latin]

Doa sebelum dan sesudah makan – Doa merupakan suatu sarana untuk berkomunikasi dan membangun relasi langsung dengan Allah SWT sang Maha Pencipta. Ada yang menyatakan bahwa, tidak adanya doa menyatakan tidak adanya iman dan tidak adanya keprcayaan seseorang kepada firman Allah. Berdoa ialah menyatakan iman kepada Allah SWT bahwa Dialah yang menciptakan alam semesta, dunia dan seisinya ini. 

Seseorang pasti pernah melakukan yang namanya doa. Tidak mungkin seseorang tidak pernah melakukan doa semasa hidupnya. Loh kok bisa?  Doa ialah sebuah rayuan atau memohon sesuatu kepada Allah SWT(Tuhan) bagi umat Islam. Caranya adalah dengan mengangkat tangan setinggi bahu dan menghadapkan  kedua tapak tangan kita ke atas, dengan meyakini kita sedang menghadap Allah SWT secara langsung. Yakin bahawa Allah itu Ada bersama Kita dan dimana saja.

Doa Sebelum Makan

Doa Sebelum Makan
Doa Sebelum Makan Via: doa.kamikamu.net

Adapun waktu yang baik untuk melakukan doa, namun pada pembahasan kali ini kita akan membahas doa sebelum dan sesudah makan. Ini dilakukan untuk rasa Syukur kita kepada Allah SWT atas rezeki yang telah diberikan dalam bentuk makanan kepada kita. Adapun doa sebelum makan sesuai ajaran Islam yaitu:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allaahumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar.

Yang Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”

 Namun beberapa yang mengatakan bahwa doa sebelum makan cukup membaca basmallah. Diriwayatkan dari Aisyah Ra. Bahwasannya Nabi Muhammad pernah bersabda yang artinya:

”Jika salah seorang dari kalian makan makanan, hendaklah ia menyebut nama Allah. Jika ia lupa menyebut nama Allah di awalnya, maka hendaklah ia mengucapkan”  

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Yang artinya:
“Dengan menyebut nama Allah di awalnya dan akhirnya.” (HR.Abu Dawud, Tirmidzi, dan Hakim). 

Nah bagaimana kalau kodisinya kita sudah makan dan kita lupa mengucapkan bismillah ataupun doa sebelum makan? Nah, Apabila lupa membaca bismillah atau doa sebelum makan dan minum  maka, di tengah atau akhir pada saat kita makan atau minum hendaknya melafazkan :

Bacaan Bila Lupa Membaca Doa Makan dan Minum

BISMILLAAHI FII AWWALIHI WA AAKHIRIHI

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”

Hal ini berdasarkan dari hadits, yaitu :

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia ucapkan “Bismillah”. Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaklah ia mengucapkan: Bismillaah fii awwalihi wa aakhirihi (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”. (HR. Tirmidzi , Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Dalam hadits lainnya disebutkan bahwa,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah duduk dan saat itu ada seseorang yang makan tanpa membaca bismillah hingga makanannya tersisa satu suapan. Ketika ia mengangkat suapan tersebtu ke mulutnya, ia mengucapkan, “Bismillah awwalahu wa akhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya).” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun tertawa dan beliau bersabda, “Setan terus makan bersamanya hingga. Ketika ia menyebut nama Allah (bismillah), setan memuntahkan apa yang ada di perutnya.” (HR. Abu Dawud , Ahmad ,dan An-Nasai).

Doa Sesudah Makan

Selain kita dianjurkan membaca bismillah atau doa sebelum makan, kita juga dianjurkan membaca hamdallah atau doa setelah makan. Bagaimana bacaan doanya? yuk kita simak!!
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Abu Dawud.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ
Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam” 

Doa Setelah Makan dan minum
ALHAMDU LILLAAHILLADZII ATH’AMANII HADZAA WA RAZAQANIIHI MIN GHAIRI HAULIMMINNII WA LAAQUWWAH
Artinya :
“Segala puji bagi Allah yang memberi makan ini kepadaku dan yang memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan kekuatanku.”
ALHAMDU LILLAAHILLADZII JA’ALAHUU ‘ADZBAN FURAATAN BIRAHMATIHII WA LAMYAJ’ALHU MILHAN UJAAJAN BIDZUNUUBINAA
Artinya :
Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.

Adab-adab dalam Makan

Nah, selain kita dianjurkan melafazkan doa di atas,maka tidak salahnya kita memperhatikan adab-adabnya. Adab-adab makan adalah sebagai berikut:
  1. Hendaknya mencuci tangan sampai bersih terlebih dahulu. Kalau bisa dilakukan dengan air yang mengalir.
  2. Hendaknya makan dan minum dengan cara duduk. Tidak juga badan dengan cara bersandar terhadap sesuatu, contohnya bersandar di tembok, kursi, atau yang lain.
  3. Hendaknya Makan menggunakan tangan yang sebelah kanan.
  4. Sebaiknya makan dengan bersama-sama atau berjamaah. Hal ini dilakukan supaya menambah keberkahan dan kebersamaan.
  5. Ambilah makanan yang terdekat. Lalu bila letaknya jauh bagaimana? Kita bisa minta tolong orang lain atau teman atau orang yang ada di dekat makanan tersebut untuk mendekatkannya.
  6. Menghentikan makan sebelum kenyang. Hal ini supaya isi perut kita terbagi 1/3 untuk makan, 1/3 untuk air, dan 1/3 untuk bernafas atau udara. Pembagian ini sudah terbukti secara ilmiah akan manfaatnya yang besar bagi kesehatan.
  7. Suapan makanan hendaknya kecil-kecil atau sedikit demi sedikit. Tidak makan dengan sekaligus. Rasulullah Saw. tidak makan dua kurma sekaligus.
  8. Cara mengunyah makanan dengan pelan-pelan. Proses pencernaan akan sempurna dengan mengunyah yang berkali-kali. Tutuplan bibir sehingga tidak menimbulkan suara. Kadang orang tidak nyaman tatkala mendengar suara orang sedang makan itu.
  9. Jika ada makanan yang jatuh maka ambilah untuk dibersihkan. Setelah bersih bisa dimakan.
  10. Tidak dibolehkan mencela makanan. Apabila kita tidak menyukainya maka hendaklah diam.
  11. Mengambil makanan secukupnya saja dan menghabiskannya. Sebaiknya kita tidak mensisakan makanan yang sudah kita ambil itu.
Demikianlah ulasan ringkas mengenai doa sebelum makan dan doa sesudah makan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. dan menjadikan Anda membaca doa atau pun bismillah ketika sebelum makan dan hamdalah setelah usai makan. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment