12 Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib Anda Borong

Oleh-oleh khas Bali– Bali merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Setiap tahunnya banyak turis lokal dan juga turis asing yang datang ke Pulau Bali untuk berlibur. Hal ini karena Pulau Dewata ini mempunyai sejuta pesona, terutama pada pemandangan alamnya.

Pergi liburan sudah pasti identik dengan membawa oleh-oleh ketika kembali ke daerah asal. Bahkan terkadang ketika Anda masih menikmati liburan, ada saja keluarga atau saudara yang meminta untuk dibawakan oleh-oleh. Tidak jarang ada permintaan oleh-oleh khusus yang harus dipenuhi.

Aneka Pilihan Oleh-Oleh Khas Bali

Bali mempunyai beragam oleh-oleh yang dapat Anda borong untuk keluarga dan kerabat. Jadi, Anda tidak perlu bingung ingin membeli oleh-oleh apa untuk mereka. Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Bali yang dapat Anda temukan disini. Oleh-oleh tersebut mulai dari makanan, souvenir, hingga fashion yang dijamin akan membuat Anda lapar mata.

Untuk itu berikut ini adalah 12 oleh-oleh khas Bali yang wajib Anda borong untuk keluarga dan kerabat.

1. Pie Susu

pie susu - oleh-oleh khas Bali
Pie Susu Khas Bali

Sudah bukan hal baru jika pie susu menjadi incaran para turis yang berlibur ke Bali. Camilan ini menjadi salah satu makanan yang legendaris di Bali. Sebelum menjadi buah tangan terkenal, pie susu ini dulu dipersembahkan untuk kegiatan sembahyang dan acara-acara keluarga.

Kue ini memiliki bentuk yang sama seperti pie pada umumnya, namun lebih tipis dengan fla susu di bagian tengahnya. Merek pie susu yang paling terkenal adalah Pie Susu Asli Enaaak dan juga Pie Susu Dhian.

2. Kacang Disco

Kacang Disco - oleh-oleh khas Bali
Kacang Disco Khas Bali

Bagi Anda yang tidak terlalu suka camilan manis, seperti Pie Susu, maka Anda dapat membeli kacang disko. Camilan gurih ini tidak seperti kacang biasa, tepung yang digunakan untuk melapisi kacang ini lebih tebal. Varian rasa yang dimiliki kacang disko ini antara lain adalah original, BBQ, keju, udang, dan juga pedas.

Kacang disko ini sangat cocok sebagai teman menonton. Rekomendasi merek kacang disko yang terkenal adalah Rajawali dan juga Mami. Kacang disko dijual dalam beberapa kemasan dengan netto yang berbeda-beda.

3. Bakpia

Bakpia - oleh-oleh khas Bali
Bakpia Khas Bali

Tidak hanya Jogjakarta saja yang mempunyai bakpia sebagai oleh-oleh khas. Yogyakarta terkenal dengan bakpia pathoknya, Malang terkenal dengan pia mangkoknya (Baca : Oleh-oleh khas Malang). Bali juga menjual bakpia dengan rasa yang tidak kalah enaknya. Bentuknya tidak terlalu berbeda dengan bakpia Jogja. Namun, proses pembuatan bakpia ini dilakukan dengan cara dipanggang.

Terdapat beberapa varian rasa bakpia Bali ini, antara lain stroberi, cokelat, keju, dan juga kacang tanah. Merek bakpia Bali yang paling terkenal dan menjadi legenda adalah Pia Legong. Bahkan Anda harus rela mengantri lama hanya untuk mendapatkan bakpia tersebut.

4. Kopi Kintamani

kopi kintamani - oleh-oleh khas Bali
Kopi Kintamani Khas Bali

Selain camilan-camilan tersebut, Bali juga dikenal dengan oleh-oleh kopi Kintamani. Kopi ini termasuk jenis kopi arabika yang diproduksi di desa Kintamani. Anda akan mendapatkan rasa asam dan aroma citrus yang khas ketika meminum kopi kintamani ini. Rasa kopi kintamani ini tidak sepahit kopi lainnya.

5. Salak Bali

Salak - oleh-oleh khas Bali
Salak Khas Bali

Bagi Anda pecinta buah-buahan tropis, maka Anda dapat membeli Salak Bali sebagai oleh-oleh khas Bali. Buah ini sering kali menjadi salah satu persembahan saat acara sembahyang berlangsung. Rasa salak Bali lebih manis dengan biji yang kecil, tidak seperti salak pondoh.

Anda dapat menemukan salak Bali ini di pasar tradisional. Sangat jarang ada pusat oleh-oleh khas Bali yang menyediakan salak Bali ini. Harga salak Bali berkisar mulai dari Rp20.000,- untuk satu kilo.

6. Kaos Joger

Kaos Joger - oleh-oleh khas Bali
Kaos Joger Bali

Bagi Anda yang berlibur ke Bali pasti sudah tidak asing lagi dengan kaos Joger ini. Liburan akan terasa kurang lengkap jika Anda belum mendatangi outletnya. Kaos ini identik dengan tulisannya yang terkesan nyeleneh dan mampu membuat orang yang membacanya tersenyum sendiri.

7. Tas Rotan

tas rotan - oleh-oleh khas Bali
Tas rotan Bali

Oleh-oleh khas Bali ini menjadi favorit kaum hawa, terlebih lagi sejak banyak artis Indonesia yang menggunakannya. Ya, tas rotan ini dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Kini tas tersebut telah mengalami banyak modifikasi dengan berbagai model baru serta tambahan aksen pernak-pernik.
Rata-rata harga tas rotan ini berkisar antara Rp150.000,- hingga Rp350.000,- tergantung pada ukuran dari tas tersebut.


8. Kaos Barong

kaos barong - oleh-oleh khas Bali
Kaos Barong – oleh-oleh khas Bali

Selain kaos Joger, juga ada kaos Barong yang sudah sejak lama menjadi oleh-oleh khas Bali. Sama seperti namanya, kaos ini mempunyai gambar Barong sebagai ikonnya. Meskipun mempunyai gambar yang sama, namun kaos Barong ini mempunyai banyak sekali pilihan warna.

Kaos Barong ini tersedia mulai dari ukuran untuk batita hingga ukuran untuk orang dewasa. Kaos ini juga menyediakan dua bahan pilihan, yakni bahan sangat tipis dan juga tebal. Harga yang dibanderol tentu berbeda-beda.

9. Kain Bali

kain pantai - oleh-oleh khas Bali
Kain Pantai Khas Bali

Seperti yang sudah Anda ketahui, Pulau Bali memang sangat terkenal dengan keindahan pantainya dan juga ombak yang kerap digunakan untuk olahraga air. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang membeli kain Bali untuk digunakan ketika berada di pantai.

Selain itu, kain Bali juga wajib digunakan ketika memasuki tempat ibadah, seperti Pura. Terutama bagi Anda yang mengenakan pakaian yang cukup terbuka. Kain Bali ini mempunyai motif yang khas dan juga warna-warna yang sangat menarik. Kainnya pun juga halus.

10. Batik Bali

batik - oleh-oleh khas Bali
Batik Khas Bali

Indonesia memang dikenal dengan motif batiknya yang beragam. Salah satu oleh-oleh khas Bali lainnya yang dapat Anda borong adalah batik Bali. Batik ini mempunyai motif yang unik dimana motif tersebut menceritakan kisah tentang para dewa dan juga budaya daerah yang ada di Bali.

Harga yang dibanderol tergantung pada jenis batik dan juga bahan katun yang digunakan. Untuk batik tulis harga yang dibanderol mulai dari Rp300.000,- saja. Sedangkan batik cap mempunyai harga yang lebih murah.

11. Lukisan

lukisan - oleh-oleh khas Bali

Pulau Bali terkenal sebagai daerah yang melahirkan banyak seniman-seniman hebat. Oleh sebab itu, tidak heran jika lukisan menjadi satu dari sekian banyak oleh-oleh khas Bali yang wajib Anda borong, terutama jika Anda adalah pecinta seni. Anda dapat menemukan banyak macam lukisan disini.

Harga yang ditawarkan juga cukup murah karena lukisan ini diproduksi secara massal. Akan tetapi, jika Anda membeli lukisan di Art Gallery, maka lukisan yang dijual akan berkali-kali lipat lebih mahal harga. Bahkan bisa mencapai ratusan juta.

12. Produk Spa

produk spa - oleh-oleh khas Bali
Produk Spa Bali

Oleh-oleh khas Bali yang satu ini sangat cocok diberikan kepada ibu, saudara perempuan, ataupun teman. Bali memang dikenal sebagai tempat spa, apalagi di daerah Seminyak. Produk-produk spa yang dijual biasanya berupa lotion, body scrub, sabun, dan lain sebagainya. Merek produk spa Bali yang terkenal adalah Herborist dan Bali Ratih.

Itulah 12 oleh-oleh khas Bali yang wajib Anda borong dan dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga serta kerabat di rumah. Jangan sampai Anda tidak membeli oleh-oleh ketika berlibur ke Bali.

Pencarian terkait:

  • oleh oleh khas bali kekinian
  • oleh oleh khas bali untuk pacar
  • oleh oleh khas bali baju
  • oleh – oleh khas bali kota denpasar, bali
  • ps pusat oleh-oleh khas bali kota denpasar bali
  • oleh oleh khas bali di malang
  • toko oleh oleh khas bali di bekasi
  • oleh oleh bali yang hits

Leave a Comment