Oleh-Oleh Khas Jogja [Enak dan Murah]

Oleh-Oleh Khas Jogja – Jogjakarta atau akrab juga disapa Jogja adalah salah satu kota di pulau Jawa yang istimewa. Kota yang juga dikenal sebagai kota pelajar ini memang punya banyak hal menarik dan istimewa yang selalu berhasil membuat banyak orang rindu akan keramahan dan suasananya. Seperti hal nya kota-kota lain di Indonesia Jogja juga punya banyak pilihan oleh-oleh khas yang wajib dibawa sebagai buah tangan.

Sudah menjadi sebuah kebiasaan untuk membawa aneka makanan khas maupun barang-barang unik ketika berkunjung ke suatu kota. Hal ini juga berlaku di Jogjakarta yang punya segudang pilihan oleh-oleh khas Jogja yang wajib Anda coba. Selain terkenal dengan kuliner khasnya yaitu gudeg ternyata kota ini juga menyimpan banyak makanan khas dan tradisional menarik lainnya.

Aneka Pilihan Oleh-Oleh Khas Jogja

Saat berkunjung ke Jogja sebaiknya Anda buat daftar makanan-makanan apa yang harus dicicipi dan dibawa pulang untuk orang-orang tercinta di rumah. Ada banyak jenis makanan yang unik dan hanya bisa ditemukan di kota yang sarat dengan budaya ini. Berikut ini beberapa pilihan oleh-oleh yang bisa ditemukan di Jogja:

1. Bakpia Pathok

bakpia pathok jogjakarta
Bakpia Pathok

Bakpia pathok tentu sangat lekat dengan kota Jogjakarta. Kudapan ini wajib masuk di dalam daftar makanan yang harus Anda cicipi di kota ini. Ada banyak produsen pembuat bakpia yang mengemas bakpia pathok dengan rapi untuk bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Bakpia pathok ini adalah kue tradisional yang berbentuk bulat dan pilih. Kue tradisional ini dibuat dari tepung dan di bagian dalamnya terdapat kacang hijau yang sudah dicampur dengan gula. Kue ini dibuat dengan cara dipanggang sehingga bagian luarnya cukup kering dengan bagian dalam yang empuk.

2. Yangko

yangko - jajanan khas jogja
Yangko Oleh-oleh khas jogja

Jajanan tradisional ini juga merupakan jajanan oleh-oleh khas Jogja dan sulit ditemukan di sembarang kota. Yangko ini dibuat dari tepung ketan yang bagian luarnya dibalur dengan tepung terigu. Adonan tepung ketan ini dicampur dengan pewarna makanan dengan warna-warna yang menarik kemudian dibentuk menjadi segi empat.

Cita rasa yang dominan dari yangko ini adalah rasa manis dengan aroma ketan yang wangi. Tekstur dari makanan ringan ini kenyal tetapi tidak sulit untuk dimakan. Ada banyak varian rasa yang diciptakan oleh para produsen yangko mulai dari rasa stroberi, cokelat, nangka, durian dan melon.

3. Geplak

geplak khas jogja
Geplak Jogja

Geplak adalah jajanan dengan warna-warna mencolok yang mempunyai rasa manis dan legit. Geplak ini terbuat dari bahan-bahan seperti gula, kelapa dan campuran pewarna makanan. Warna-warna yang biasa digunakan pada pembuatan geplak adalah warna-warna terang seperti kuning, hijau, merah muda dan cokelat.

Makanan khas ini sangat mudah didapatkan di Jogja. Anda bisa menemukan jajanan manis ini di berbagai toko oleh-oleh yang tersebar di kota ini. Jajanan ini sangat pas dijadikan oleh-oleh karena geplak tidak mudah ditemukan di kota lain selain Jogjakarta.

4. Jadah tempe

jadah tempe khas jogja
Jadah Tempe

Oleh-oleh khas Jogja tradisional lainnya adalah jadah tempe. Makanan ini memang tidak sepopuler makanan-makanan khas sebelumnya, tapi jadah tempe ini patut jadi salah satu makanan yang Anda bawa untuk saudara di rumahkarena cita rasanya yang enak dan unik.

Jada tempe ini merupakan makanan tradisional di daerah Sleman, Yogyakarta. Makanan tradisional ini termasuk tidak mudah ditemukan di toko-toko oleh-oleh. Jadah tempe bisa Anda temukan salah satunya di objek wisata Kaliurang. Anda bisa mencoba panganan ini ketika berkunjung ke objek wisata yang satu ini.

Jadah tempe sendiri adalah makanan yang sederhana, terdiri dari ketan yang sudah diolah kemudian disajikan dengan tempe maupun tahu yang sudah dibacem. Meskipun terlihat sederhana Anda tidak boleh meremehkan rasanya. Makanan ini punya rasa yang enak dan khas sehingga tidak bisa Anda dapatkan di sembarang tempat.

5. Belalang Goreng 

belalang goreng khas jogja gunung kidul
Walang goreng

Sebagian dari Anda mungkin bergidik setelah mendengar ada makanan yang terbuat dari belalang. Memang belalang bukanlah hewan yang lazim diolah menjadi makanan, tetapi hal ini tidak terjadi di wilayah Gunung Kidul Jogjakarta. Di wilayah Gunung Kidul Anda bisa menemukan penjual belalang goreng dengan sangat mudah bahkan di pinggiran jalan sekalipun.

Makanan yang unik ini terbuat dari belalang yang digoreng kering kemudian dikemas ke dalam plastik ataupun stoples. Makanan ini bagi sebagian orang mungkin dianggap ekstrem tapi ternyata rasanya tidak semengerikan kesannya. Belalang goreng ini punya tekstur yang renyah dengan rasa yang gurih dan enak. Harga dari makanan oleh-oleh khas Jogja ini pun tidak mahal dan termasuk sangat terjangkau di kantong.

6. Keripik belut

keripik belut khas jogja
Keripik belut

Oleh-oleh khas Jogja lainnya adalah keripik belut. Makanan gurih dan renyah ini terbuat dari belut yang dibalut dengan tepung kemudian digoreng hingga kering dan renyah. Makanan ini merupakan produksi khas dari daerah Godean di Kabupaten Sleman, DIY. Keripik belut ini sangat cocok dijadikan camilan maupun teman makan berat.

Keripik belut ini bisa didapatkan dengan mudah dan dengan harga yang tidak mahal. Makanan ringan ini juga mempunyai kandungan gizi yang baik. Keripik belut yang berkualitas baik selain mempunyai citarasa yang enak juga punya tekstur yang renyah dan tidak keras. (Baca juga : Oleh oleh keripik ceker khas malang)

7. Bakpia Tugu Jogja

Bakpia Tugu Jogja enak dan murah
Bakpia Tugu Jogja

Setelah membahas oleh-oleh khas Jogja tradisional, ada pula oleh-oleh lainnya yang merupakan produk inovasi kekinian. Salah satu yang saat ini cukup populer adalah Bakpia Tugu Jogja. Bakpia ini merupakan sebuah inovasi yang berbeda dari bakpia pathuk tradisional. Makanan ini dibuat dengan bentuk bulat dan tekstur yang empuk.

Bakpia tugu ini tersedia dalam banyak pilihan rasa mulai dari cokelat, keju, kacang hijau dan berbagai rasa lain. Harganya pun sangat terjangkau dengan kemasan yang premium. Oleh-oleh ini pun bisa diperoleh dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh hingga tempat publik lain seperti stasiun kereta.

8. Batik

oleh oleh batik khas jogja
Motif Batik khas jogja

Tidak hanya makanan, ada pula berbagai barang khas yang bisa didapatkan di jogja. Oleh-oleh khas Jogja lainnya yang wajib jadi buah tangan adalah batik khas Jogja. Batik ini bisa berbentuk berbagai kerajinan seperti baju, tas, dompet hingga sandal. Berbagai kerajinan dari batik ini bisa Anda dapatkan di banyak tempat seperti di Malioboro.

Batik Jogja tersedia dalam banyak pilihan mulai dari yang dibanderol dengan harga murah hingga batik premium dengan harga yang lebih tinggi. Pilihan corak batik yang tersedia pun sangatlah beragam dan bisa Anda pilih sesuai dengan selera. (Baca juga : Oleh-oleh batik khas Bali)

Itu tadi 8 oleh-oleh khas dari kota pelajar Jogjakarta. Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Jogja murah yang bisa Anda pilih. Berbelanja oleh-oleh di Jogja tergolong cukup hemat dan tidak menguras kantong. Tapi ketika berbelanja di tempat wisata gunakan keahlian menawar Anda agar bisa mendapatkan harga yang pas dan tidak terlalu mahal.

Leave a Comment