Penyebab dan Cara Memperbaiki Suara TV Kadang Ada & Kadang Hilang

Suara TV kadang hilang kadang ada adalah sebuah kerusakan yang sangat sering terjadi pada televisi secara umum. Apalagi TV Anda sering dihidupkan dan dalam waktu yang cukup lama. Misalnya Televisi dihidupkan pagi sampai Malam baru dimatikan. Pasti berlahan-lahan mulai menurunkan kualitas komponen dalam TV tersebut. Khsusunya pada komponen yang berfungsi sebagai membangkitkan sinyal suara pada TV.
Penyebab dan Cara Memperbaiki Suara TV Kadang Ada dan Kadang Hilang
Nah, ciri-ciri kerusakan seperti ini adalah TV bisa hidup dan memiliki kualitas gambar yang bagus. Hanya saja, ada sedikit masalah pada suara Telebisi tersebut. Suara TV tersebut kadang ada kadang hilang dan bahkan pernah terjadi suaranya tidak ada sama sekali.
Apabila Anda akan memperbaiki TV dengan jenis kerusakan seperti ini, Maka ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Diantaranya adlah dengan melakukan penyolderan ulang terlebih dulu pada bagian IC suara dan kemudian mulai menganalisa kerusakan TV tersebut dengan mengukur komponennya secara satu persatu.
Lakukan penyolderan ulang pada bagian ic suara
Langkah pertama yang bisa dan sebaiknya Anda lakukan adalah dengan cara menyolder ulang komponen bagian IC suara. Apabila kualitas solderan dalam TV tersebut sudah tidak bagus bisa jadi ini yang menyebabkan kerusakan seperti ini.
Analisa kerusakan bagian ic suara
Langkah berikutnya yang bisa anda lakukan analisa kerusakan bagian IC suara. Anda bisa lakukan pengukuran  tegangan B+ atau VCC IC suara sekitar 16 vdc. Apabila setelah dilakukan pengukuran dan tidak ada tegangannya anda bisa mencoba teusuri sumber tegangan IC suara tersebut yang berasal dari regulator.
Bila dari sumbernya ada terdapat tegangan sedangkan pada B+ IC suara tidak ada, maka silahkan coba anda telusuri komponen mulai dari sumber tegangan IC suara tersebut sampai di pin B+ IC suara. 
Jika semua dalam keadaan baik dan normal, maka coba anda periksa satu persatu komponen bagian IC suara. Apabila semua komponen bagian IC suara di cek dalam kondisi bagus, ada kemungkinan IC suara pada TV tersebut sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru.
Anda Bisa ukur juga speaker pada TV tersebut apakah kondisi sepaker tersebut masih baik atau sudah tidak. Bagi anda yang belum begitu memahami bagian-bagian dalam televisi tabung dan cara mengukur tegangan, serta melakukan analisa kerusakan dalam TV anda bisa membaca refrensi buku buku yang ada di jual di pasaran. Atau Anda bisa membaca-baca blog ini dari muai awal.
Demikianlah, semoga postingan yang terkait tentang suara TV kadang ada dan kadang hilang kali ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan Terima Kasih.
Pencarian terbaru:
  • suara tv sharp kadang besar kadang kecil
  • cara memperbaiki tv polytron tidak ada suara
  • tv led lg suara hilang timbul
  • tv led lg suara kadang hilang
  • tv lg suara hilang timbul
  • cara memperbaiki suara tv
  • tv led polytron suara kadang hilang
  • cara memperbaiki tv lg slim tidak ada suara

Leave a Comment