8+ Jajanan Anak Sekolah Yang Mudah Ditemui

Jajanan anak sekolah terutama akan bisa dengan mudah ditemui di sekitar sekolah. Penjualnya biasanya akan menggunakan gerobak dorong yang sederhana. Porsinya kecil dan harganya murah, terutama karena jajanan ini akan dikonsumsi sebagai camilan di sela-sela waktu makan. Hingga kini, kita masih akan dapat menemukan jajanan tersebut secara mudah. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Ragam Jajanan Anak Sekolah Paling Hits

1. Jajanan Cilok

Jajanan Cilok
Cilok ialah singkatan dari aci dicolok. Jajanan satu ini berasal dari Bandung. Bentuknya mirip bakso. Bedanya, cilok dibuat dari tepung tapioka, telur serta daging. Teksturnya lebih kenyal jika dibandingkan bakso sapi. Jajanan ini tidak hanya laris di Bandung. Keistimewaan lainnya adalah campuran saus kacang, sambal serta kecap yang ditambahkan ke dalamnya.

2. Jajanan Mie Lidi

Jajanan Mie Lidi
Salah satu jajanan anak SD paling legendaris adalah mie lidi. Makanan ringan satu ini berbentuk mie dengan tekstur tegak layaknya lidi. Proses pembuatannya nyaris sama seperti mie instant. Bedanya, bentuknya berbeda dan teksturnya juga lebih keras. Agar mie lidi semakin sedap, akan ada bumbu aneka rasa yang ditambahkan, mulai dari rasa pedas, manis hingga asin.

3. Jajanan Makaroni

Jajanan Makaroni
Makaroni juga termasuk dalam jananan yang populer di kalangan anak sekolah. Rasa yang disajikan antara lain adalah gurih, pedas, asin dan manis. Jajanan ini juga semakin berkembang dalam aneka rasa seperti BBQ, balado dan keju. Ada makaroni yang digoreng namun ada pula makaroni basah dengan tekstur kenyal dan lembut. 

4. Jajanan Cilor

Jajanan Cilor
Cilor tidak kalah hits di kalangan anak sekolah. Cilor adalah singkatan dari aci telor. Konsepnya adalah cilok yang dibalut telor. Cilor juga akan diberi saus kacang dan kecap seperti halnya cilok. Rasanya gurih dan enak sehingga wajar apabila ada banyak anak-anak yang menyukainya.

5. Jajanan Es Kepal Milo

Jajanan Es Kepal Milo
Es kepal milo termasuk dalam jajanan hits kekinian. Sesuai namanya, bahan baku utama dari jajanan ini adalah susu milo. Proses pembuatannya cukup sederhana, di mana susu milo bubuk akan dikentalkan lebih dulu lalu ditambah susu kental manis. Berikutnya, milo kental akan diguyur es serut dan ditambah aneka topping. Topping inilah yang menjadikannya spesial, mulai dari kacang, keju, oreo, dan lain-lain.

6. Jajanan  Es Mambo

Jajanan  Es Mambo
Jajanan anak sekolah yang praktis di antaranya adalah es mambo. Proses pembuatannya terbilang sederhana, yaitu air ditambah sirup dan dimasukkan dalam plastik. Ujung plastik akan diikat dan dibekukan dalam kulkas. Harganya terbilang murah dan bahkan bisa dibuat sendiri di rumah, terutama apabila kita merindukan jajanan satu ini.

7. Jajanan Telor Gulung

Jajanan Telor Gulung
Telor gulung juga termasuk jajanan hits kekinian. Bahan utamanya adalah telur yang digoreng dalam minyak panas, kemudian digulung menggunakan tusuk sate. Satu porsi telur gulung bisa berisi beberapa tusuk sekaligus. Penyajiannya akan ditambah saus pedas agar terasa semakin nikmat.

8. Jajanan Batagor

Jajanan Batagor
Siapa tak kenal batagor alias bakso tahu goreng. Makanan satu ini bisa ditemukan dengan mudah, mulai dari di pinggir jalan sampai di kedai khusus yang menjual batagor. Adonan ikan tenggiri dan tepung akan digoreng hingga kering, lalu dipotong-potong dan disajikan bersama bumbu kacang serta potongan timun. 
Batagor yang tersedia di sekitaran SD akan dijual dengan harga murah. Sementara batagor yang dijual di kedai-kedai makan biasanya akan lebih mahal namun dengan tambahan ketupat serta aneka menu minuman yang bisa dipilih.
Demikianlah artikel yang membahas mengenai jajanan anak sekolah yang praktis dan mudah ditemui. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya. Sekian dan terima kasih

Leave a Comment