Alat Musik Petik Tradisional Khas Indonesia

Alat musik dipetik – Alat musik merupakan suatu instrumen yang sengaja dimodifikasi dan dibentuk guna mengeluarkan suatu bunyi. Alat musik terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya alat musik tiup, alat musik gesek, alat musik petik, alat musik pukul, dan tekan.

Alat Musik Petik Tradisional Khas Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki kekayaan budaya yang beragam, tanpa kecuali dalam bidang kesenian, khususnya alat musik. Oleh karena itu, Indonesia menjadi kiblat alat musik kesenian tradisional yang terkenal dari beberapa negara lain

Salah satu alat musik yang masih sering digunakan yaitu alat musik petik. Alat musik petik merupakan alat musik yang akan mengeluarkan suara jika dipetik senarnya. Tinggi rendah nada yang dihasilkan alat musik dipetik dipengaruhi oleh panjang pendeknya dawai. Seiring dengan perkembangan zaman, alat musik petik ini terbagi menjadi dua jenis yaitu alat musik petik tradisional dan modern.

Alat Musik Petik Tradisional

Alat musik petik tradisional merupakan alat musik petik yang berasal dari kesenian dan kebudayaan tradisional indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis alat musik dipetik tradisional dari beberapa daerah yang ada indonesia.

1. Kecapi

kecapi - Alat Musik Petik Tradisional Khas Indonesia

Kecapi menjadi satu-satunya alat musik petik pertama di daerah Sunda, Jawa Barat. Kata ‘kecapi’ sendiri berasal dari tanaman yang bernama sentl. Bahan utama alat musik ini terdiri dari kayu. Ala musik ini juga dapat dimainkan dengan berbagai cara, seperti dengan cara sintreuk torl, dijambret, maupun dengan cara petikan dijeungkalan.

2. Sasando

sasando - Alat Musik Petik Tradisional Khas Indonesia

Sasando merupakan alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik petik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Berdasarkan sejarah, sasando sudah dimainkan oleh masyarakat pulau Rote sejak abad ke-7 Masehi. Alat musik ini terbuat dari bambu yang dibentuk menjadi tabung panjang. Adapun jenis-jenis sasando terbagi menjadi 2 tipe yaitu sasando engkel dan sasando. Saat ini sasando juga tersedia dalam bentuk elektrik.

3. Sampek

Sampek menjadi alat musikpetik khas suku Dayak yang terbuat dari kayu. Kayu yang digunakan dalam pembuatan alat musik ini yaitu kayu kapur dan kayu ulin. Umumnya, alat musik ini digunakan sebagai pengiring prosesi acara adat dan tarian tradisional suku Dayak. Sampek memiliki jumlah dawai antara 3 sampai 6 buah senar. Pada mulanya, bahan senar yang digunakan alat musik ini berasal dari serat pohon enau. Namun, saat ini bahan senar sampekdapat terbuat dari kawat kecil. Salah satu keunikan alat musik ini terletak di bagian ujung dengan adanya hiasan atau ukiran kepala burung elang yang menjadi ciri khas dari suku dayak.

4. Siter

siter- Alat Musik Petik Tradisional Khas Indonesia

Siter merupakan salah satu alat musik petik asli indonesia yang berasal dari Jawa Tengah. Alat musik ini berbentuk trapesium dengan dilengkapi bentangan dawai kawat pada bagian atasnya. Pada dasarnya alat musik petik ini memiliki kesamaan dengan alat musik kecapi. Yang membedakan kedua alat musik ini yaitu cara memainkannya.

5. Saung Gauk

saung gauk - Alat Musik Petik Tradisional Khas Indonesia

Salah satu alat musik petik yang berasal dari daerah Kalimantan Selatan yaitu saung galuk. Alat musik ini memiliki bentuk melengkung yang dilengkapi dengan semacam hiasan pada sisi lehernya. Saung gauk dapat digolongkan sebagai alat musik petik sejenis dengan harpa tradisional yang merupakan alat musik kuno di benua Asia.

6. Celempung

celempung - Alat Musik Petik Tradisional Khas Indonesia

Daerah Jawa Barat juga memiliki alat musik dipetik yang disebut celempung. Cara memainkan alat musik ini hampir sama dengan alat musik petik lainnya yaitu dengan cara dipetik. Celempung berfungsi sebagai instrumen pelengkap musik gamelan daerah. Adapun keunikan alat musik petik ini terletak pada penyetelan senarnya yang menggunakan nada prelog dan bernada slendro pada senar yang lain.

Nah, demikianlah penjelasan ringkas mengenai alat musik petik tradisional yang ada di indonesia. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih.

Pencarian terkait:

  • pengertian alat musik petik
  • alat musik petik tts
  • alat musik petik yang mirip dengan gitar
  • alat musik tradisional
  • alat musik tiup
  • alat musik petik berdawai
  • jenis alat musik petik suku melayu
  • alat musik yang dipetik selain gitar
Alat Musik Petik Tradisional Khas Indonesia

Alat musik dipetik – Alat musik merupakan suatu instrumen yang sengaja dimodifikasi dan dibentuk guna mengeluarkan suatu bunyi. Alat musik terbagi menjadi

Editor's Rating:
5

Leave a Comment