Mengenal Alat Musik Ritmis dan Contohnya

Alat musik dapat dikategorikan dalam tiga jenis yaitu alat musik melodis, harmonis serta ritmis. Alat musik ritmis ialah alat musik yang tidak memiliki nada sehingga seringkali hanya jadi pelengkap dalam suatu pagelaran musik. Alat musik ini juga bisa disebut memiliki nada tetap sehingga fungsinya ialah sebagai pengatur tempo di tiap lagu. Walau tidak menghasilkan nada, namun keberadaannya tetap penting mengingat perannya sebagai pengatur tempo serta pengiring pada lagu.Gabungan antara alat musik harmonis, melodis dan ritmis akan menghasilkan perpaduan suara yang indah serta merdu. Ini karena ketiganya akan saling melengkapi satu sama lain dan menutupi kekurangan yang ada.

Contoh Alat Musik Ritmis

1. Kungo

kungo Contoh Alat Musik Ritmis

Kungo termasuk dalam alat musik ritmis tradisional asal Amerika. Kungo dibuat dari kayu serta bentuknya agak mirip gendang. Bedanya, kungo berbentuk panjang sehingga terkesan unik. Sama seperti gendang, kungo juga memiliki permukaan atau sisi rumpang yang ditutup menggunakan kulit hewan yang telah diolah. Bagian ini akan digunakan dengan cara dipukul. Kungo memiliki dua jenis berbeda yang didasarkan pada ukurannya, yaitu kungo yang tinggi dan kungo yang pendek.

Keduanya sama-sama termasuk dalam alat musik golongan ritmis serta dibunyikan dengan cara dipukul. Suara yang dihasilkan tidak akan memiliki nada dan difungsikan sebagai pengatur tempo atau pengiring dalam sebuah lagu.

2. Marakas

marakas - Contoh Alat Musik Ritmis

Satu lagi alat musik ritmis tradisional ialah marakas. Bentuknya tampak seperti pin bowling yang pada bagian dalamnya diisi butiran kecil seperti biji. Cara memainkan marakas ialah dengan menggoyang-goyangkannya menggunakan kedua tangan. Marakas tidak akan memiliki nada seperti halnya alat musik melodis sehingga difungsikan hanya sebagai pengatur nada atau pengiring lagu.

Namun demikian, kehadiran marakas dalam sebuah lagu akan tetap dibutuhkan, terutama karena bunyinya yang unik. Saat digoyangkan, butiran kecil dalam marakas akan saling bergesekan sehingga menghasilkan efek suara. Ini akan menambah kesan pada lagu yang dinyanyikan menjadi lebih menarik. Alat musik marakas juga bisa dibuat sendiri dengan menggunakan botol kosong yang diisi biji-bijian atau beras.

Baca juga: Alat Musik Petik Tradisional Khas Indonesia

3. Alat Musik Ritmis Modern

Di era modern, kita pasti mengenal beberapa alat musik ritmis yang lebih kekinian. Salah satu contohnya adalah drum. Cara memainkannya adalah dengan dipukul. Drum modern sudah tidak menggunakan kulit hewan pada bagian membran, melainkan plastik. Memukul drum juga menggunakan stik khusus.

Alat musik modern lainnya yang sama-sama tidak menghasilkan nama ialah tamborin. Tamborin terbuat dari lempengan logam serta dibentuk layaknya lingkaran. Cara memainkannya bisa dengan membenturkan kedua lempengan logam tersebut ataupun menggesekkannya. Tamborin seringkali jadi pengantar lagu yang iramanya riang. Terdapat pula tamborin yang bahan utamanya dari kulit kering.

 – Drum

Drum merupakan jenis alat musik membranofon dan satu contoh alat musik ritmis modern yang juga masih termasuk dalam kelompok jenis musik perkusi yang biasanya terdiri dari kerangka drum dan ditutupi dengan lapisan yang berfungsi sebagai tempat yang dipukul dan menghasilkan suara.

Contoh alat musik ritmis drum
Gambar alat musik drum

Drum sebagai alat musik ritmis ialah dapat alat musik dimainkan dengan menggunakan tangan atau-pun menggunakan alat pemukul tergantung jenis dan penggunaan drum, semisalnya ketipung bisa menggunakan tangan namun untuk snare drum harus menggunakan alat agar dapat menghasilkan suara yang sesuai.

Selain itu, drum berbeda dengan drum-set. Perbedaan drum dan drum-set adalah, jika drum merupakan 1 buah alat musik, Drum-set terdiri dari beberapa jenis drum, seperti penyusunan nya bisa terdiri dari snare drum, bass drum, tom-tom dan simbal. Dari sisi penggunaannya, alat musik drum sering dimanfaatkan untuk mengiringi jenis musik modern.

– Simbal / Simbal Tangan

Seperti yang kita ketahui bersama, simbal berbentuk sebuah piringan pipih yang diameternya bermacam-macam dan mampu menghasilkan suara yang cukup keras terutama saat saling diadukan. Simbal ada beberapa macam, contohnya simbal tangan dan simbal yang ada pada drum.

Contoh alat musik ritmis simbal
Gambar alat musik simbal

Simbal tangan dimainkan menggunakan kedua tangan dan saling diadukan antara simbal satu dan lainnya. Biasanya simbal jenis ini juga memiliki tali atau sejenis pegangan untuk berjaga-jaga jika simbal terjatuh sedangkan simbal pada drum biasanya sudah terpasang kuat dan dikunci. Untuk memainkannya-pun kita menggunakan alat pukul yang disebut stick drum.

– Tamborin

Tamborin adalah salah satu jenis alat musik ritmis tradisional yang dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyang, selain itu tamborin juga bisa dibilang masih satu kerabat dengan angklung dan marakas jika dilihat dari segi cara memainkannya. Tamborin merupakan alat musik perkusi tradisional yang menghasilkan suara/nada gemerincing yang cocok dipadukan suara dari tabuhan membran nya.

Contoh alat musik ritmis tamborin
Gambar alat musik tamborin

Bingkai kayu berbentuk bundar merupakan bahan dasar pembuatan tamborin yang kemudian dilengkapi dengan membran pelapis sebagai bagian yang dipukul dan terbuat dari kulit ternak atau plastik.

Suara gemerincing yang dihasilkan berasal dari simbal kecil berupa kepingan logam yang menghiasi di sekeliling bingkainya, sehingga ketika digoyangkan tamborin ini menghasilkan suara yang ramai.

Itulah pengertian alat musik ritmis serta contoh-contohnya, mulai dari yang tradisional sampai dengan yang modern. Alat musik ini tidak kalah pentingnya dari alat musik melodis maupun harmonis karena akan sama-sama menghasilkan bunyi yang saling melengkapi satu sama lain.

Di samping itu, cara memainkan alat musik jenis ini kebanyakan adalah dengan dipukul. Hal ini terutama karena tidak ada nada yang keluar dari alat musiknya sehingga cara memainkannya lebih sederhana.

Walau demikian, jika kita hendak memainkannya secara ahli, akan tetap dibutuhkan latihan berkelanjutan. Makin sering memainkannya, maka akan makin ahli juga kita dalam memahami tiap teknik yang dibutuhkan agar dihasilkan suara yang diinginkan.

Mengenal Alat Musik Ritmis dan Contohnya

Alat musik dapat dikategorikan dalam tiga jenis yaitu alat musik melodis, harmonis serta ritmis. Alat musik ritmis ialah alat musik yang tidak memiliki nad

Editor's Rating:
5

Leave a Comment