Ciri-Ciri dan Penyebab Cacar Monyet yang Wajib Anda Ketahui

Ciri-Ciri dan Penyebab Cacar Monyet yang Wajib Anda Ketahui

Cacar monyet – Ada banyak sekali jenis penyakit kulit yang dikenal dalam dunia medis, baik di Indonesia maupun luar negeri. Bahkan mungkin beberapa diantara pernah Anda alami sendiri. Penyakit kulit terjadinya karena berbagai macam faktor. Mungkin karena faktor genetik, alergi, atau karena pola hidup yang tidak sehat.

Cacar adalah salah satu penyakit kulit yang sebagian orang pernah mengalaminya. Namun, apakah Anda tahu jika cacar banyak sekali jenisnya? Kali ini jenis cacar yang dibahas adalah cacar monyet. Yuk disimak penjelasannya.

Pengertian Cacar

Cacar adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus hingga mengakibatkan terjadinya bintik-bintik merah pada permukaan kulit. Penyakit ini akan menimbulkan peradangan pada area kulit penderita. Cacar ini mempunyai berbagai jenis, salah satunya adalah cacar monyet.

Pengertian Cacar Monyet

Cacar monyet merupakan penyakit infeksi pada kulit karena virus cacar monyet. Virus ini tidak hanya dapat menyerang hewan, tetapi juga manusia. Oleh karena itu, terkadang ada beberapa orang yang mengalami cacar monyet ini.

Ciri-Ciri Cacar Monyet

Infeksi yang terjadi akibat virus cacar monyet ini mempunyai ciri-ciri yang sering kali terjadi antara 6 sampai 16 hari. Namun, pada beberapa orang bisa terjadi selama 5 sampai 21 hari. Tergantung pada imunitas masing-masing orang. Ciri-ciri umum yang sering muncul pada penderita cacar monyet adalah sakit kepala hebat, demam tinggi, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri pada bagian punggung, merasa lemas, dan nyeri pada otot.

Setelah mengalami ciri-ciri tersebut, biasanya kulit penderita akan muncul ruam-ruam kemerahan yang nantinya akan menyebar di seluruh permukaan kulit. Ruam ini dimulai dari bintik merah yang melepuh dan didalamnya terdapat cairan bening. Terkadang juga berisi nanah yang akan mengeras. Butuh waktu sampai tiga minggu agar ruam tersebut hilang.

Baca juga: Kandungan dan Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah dan Kesehatan Kulit

Penyebab Cacar Monyet

Cacar monyet ini terjadi karena virus monkeypox yang biasanya tersebar melalui percikan air liur penderitanya yang sering kali masuk lewat mulut, mata, hidung, ataupun luka yang terjadi pada permukaan kulit. Akan tetapi penularan seperti ini membutuhkan waktu yang lama. Awal mula penyakit ini menyerang manusia adalah ketika hewan yang telah terinfeksi virus ini mencakar ataupun mengigit manusia. Kemudian bekas cakaran atau gigitan ini terkontaminasi benda lain yang menjadikan seseorang pada akhirnya tertular penyakit cacar air.

Cara Mencegah Cacar Monyet

Cara untuk mencegah cacar monyet ini adalah menghindari kontak dengan monyet ataupun hewan yang telah terkontaminasi virus monkeypox. Namun, apabila Anda telah mengalami ciri-ciri seperti yang telah disebutkan tadi, Anda dapat mendatangi dokter terdekat danbiasanya dokter akan memberi paracetamol untuk mengurangi demam serta nyeri. Selain itu, dokter juga akan menganjurkan Anda mengonsumsi makanan yang dapat melawan infeksi, seperti buah, sayur, dan gandum.

Menurut data, 1 dari 10 orang yang mengalami cacar monyet ini mempunyai risiko tinggi untuk meninggal dunia. Oleh sebab itu, penderita cacar monyet diharuskan melakukan perawatan di ruang isolasi agar lebih mudah dipantau oleh dokter dan juga meminimalisir terjadinya penularan pada orang lain.

Hingga sekarang ini, belum ada obat atau cara alami yang dapat dilakukan untuk mencegah cacar monyet. Hal ini dikarenakan cacar monyet hanya dapat dicegah atau dilawan oleh orang yang mempunyai sistem kekebalan yang baik. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menjaga pola makanan agar Anda mempunyai sistem kekebalan yang baik.

Pencarian terbaru :

  • gejala cacar air
  • cacar api
  • pencegahan cacar air
  • gambar cacar air
  • obat cacar air di apotik
  • pantangan penyakit cacar air
  • obat cacar air anak
  • cacar monyet

 

Ciri-Ciri dan Penyebab Cacar Monyet yang Wajib Anda Ketahui

Cacar monyet - Ada banyak sekali jenis penyakit kulit yang dikenal dalam dunia medis, baik di Indonesia maupun luar negeri. Bahkan mungkin beberapa diantar

Editor's Rating:
5

Leave a Comment