Cara Mudah Membuat Bunga yang Cantik dari Kertas Krep

cara membuat bunga dari kertas krep

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Salah satu kerajinan tangan yang dapat dibuat sendiri dengan mudah ialah bunga kertas. Bunga dari bahan utama kertas ini memiliki keunggulan tahan lama dibanding bunga asli sehingga bisa dipajang sebagai hiasan dalam waktu lebih lama. Cara membuat bunga dari kertas juga mudah. Bahkan, kita bisa membuat aneka jenis bunga berbahan kertas. Salah satunya adalah bunga sakura dari kertas krep.

Bunga sakura asal Jepang ini harus dibuat dengan beberapa tangkai di mana tiap tangkainya akan memiliki banyak ranting serta bunga di dalamnya. Setelah selesai dibuat, bunga sakura dari kertas krep dapat dipajang sebagai hiasan dinding di ruang tamu, kamar atau ruangan lain yang dirasa cocok. Berikut adalah penjelasan alat dan bahan yang diperlukan serta langkah-langkah pembuatannya.

Cara Membuat Bunga Dari Kertas Krep

Alat dan Bahan 

Sebelum memulai cara membuat bunga dari kertas, berikut adalah alat dan bahan yang harus dipersiapkan:

  1. Kertas krep aneka warna
  2. Benang
  3. Lem kertas atau bahan perekat lainnya
  4. Pensil
  5. Penggaris
  6. Gunting
  7. Pot kecil
  8. Kertas koran

Langkah-langkah Cara Membuat Bunga Dari Kertas

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti agar bisa terbentuk bunga sakura dari kertas krep:

  1. Potong kertas krep warna kuning dan hijau berukuran 1 x 10 cm, lalu potong kertas krep warna pink berukuran 5 x 10 cm
  2. Lipat kertas krep pink dan gunting menjadi lima bagian. Bentuknya bulat melonjong dan memanjang layaknya kelopak bunga sakura
  3. Hasil dari guntingan kertas krep pink akan menjadi lima bagian kelopak, di mana tiap bagiannya terdapat dua tumpukan kelopak
  4. Bentuk kertas krep kuning menjadi putik bunga
  5. Supaya kelopak bunga bisa dilekatkan di ranting, lipat kertas krep kuning menjadi agak panjang
  6. Jika putik sudah terbentuk, lekatkan kelopak bunga satu per satu pada putik hingga menyerupai mahkota
  7. Tutup pada bagian putik menggunakan kertas krep hijau. Tujuannya agar terlihat seperti tangkai bunga asli
  8. Lakukan langkah di atas secara berulang-ulang guna menempelkan bunga pada ranting. Ulangi sampai seluruh bagian ranting terisi bunga sakura yang indah.

Baca juga: Kerajinan dari Kain Flanel [Unik dan Mudah Dibuat]

Cara membuat bunga dari kertas krep tidak hanya berupa bunga sakura namun juga jenis bunga lain, misalnya bunga mawar. Langkah pembuatannya tentu akan berbeda. Kertas krep banyak dipilih untuk kerajinan bunga karena mudah dibentuk dan bertekstur sehingga akan memberi kesan seperti bunga aslinya. Warna-warna kertas ini juga beraneka ragam sehingga akan memudahkan kita dalam menggunakan satu warna tertentu yang dirasa paling cocok untuk pembuatan bunga.

Tidak hanya bunganya saja namun juga daun serta ranting. Untuk bagian rantingnya sendiri bisa menggunakan kawat yang dililit kertas krep warna hijau. Cukup lekatkan kertas krep pada kawat dengan bantuan lem.

Selain kertas krep, bahan lain yang bisa digunakan untuk membuat bunga buatan adalah sedotan. Cara membuatnya akan berbeda dari cara membuat bunga dari kertas. Bunga dari sedotan ini biasanya dibuat dengan cara menggunting sebagian ujung sedotan namun tidak sampai putus, lalu menggulungnya ke bawah. Pakai sedotan ukuran besar sehingga didapat bentuk bunga yang indah.

Warna-warna yang dipakai di antaranya adalah merah, kuning dan pink serta warna untuk daunnya adalah hijau. Baik bunga dari kertas ataupun sedotan ini akan sama-sama dapat digunakan untuk hiasan di atas meja.

Demikanlah penjelasan ringkas mengenai cara membuat bunga dari kertas krep. Semoga bisa anda lakukan cara diatas dan bisa bermanfaat untuk pembaca semuanya. Saya kira cukup sekian dan terima kasih.

Pencarian yang sama mengenai cara membuat bunga dari kertas krep
  • cara membuat bunga dari kertas krep kecil
  • cara membuat bunga dari kertas krep dan lidi
  • download video cara membuat bunga dari kertas krep
  • cara membuat bunga dari kertas krep yang mudah beserta gambarnya
  • tutorial membuat bunga dari kertas krep
  • cara membuat bunga tulip dari kertas krep
  • cara membuat bunga sakura dari kertas krep
  • cara membuat bunga mawar dari kertas krep
Cara Mudah Membuat Bunga yang Cantik dari Kertas Krep

Cara Membuat Bunga Dari Kertas - Salah satu kerajinan tangan yang dapat dibuat sendiri dengan mudah ialah bunga kertas. Bunga dari bahan utama kertas ini m

Editor's Rating:
5

Leave a Comment