Cara Membuat Minyak Kemiri untuk Berbagai Keperluan

Cara membuat minyak kemiri – Kemiri (Aleurites moluccanus) adalah buah dari pohon kemiri yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis seperti halnya Indonesia. Bentuk buahnya sangat mirip dengan kacang walnut sehingga banyak orang yang juga menyebutnya sebagai walnut Indonesia.

Walaupun demikian, kemiri tidak boleh dikonsumsi mentah-mentah karena beracun. Kemiri harus diolah (dimasak atau dijadikan minyak) terlebih dahulu supaya manusia bisa merasakan manfaatnya, misalnya untuk meredakan asma, penyakit pencernaan, hingga menguatkan rambut.

Banyak orang sudah mengetahui manfaat minyak kemiri untuk kesehatan rambut. Ya, manfaat minyak kemiri untuk rambut memang sangat banyak, dan itu bukan sekadar mitos mengingat kandungan bahan ini memang baik untuk kulit kepala.

Secara umum, kemiri banyak diolah menjadi berbagai produk kesehatan. Minyak kemiri banyak digunakan untuk mengatasi nyeri sendi, menyembuhkan luka bakar, luka sayatan, luka sengatan matahari, hingga menaikkan kerja sistem imun.

 


Manfaat Minyak Kemiri

Berikut merupakan manfaat dari minyak kemiri menurut infastpedia.net di antaranya:

1. Mencegah rambut kering

Manfaat minyak kemiri yang pertama adalah melembapkan rambut karena kandungannya kaya akan asam amino dan asam lemak esensial yang dapat menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala. Hal ini membuat minyak kemiri dapat membuat rambut terlihat sehat dan tidak kering.

2. Membuat rambut berkilau

Minyak kemiri juga mengandung asam gamma-linoleic yang dapat berfungsi sebagai conditioner alami bagi rambut. Fungsinya pun sama, yakni mengembalikan kelembapan rambut sehingga rambut akan tampak berkilau.

3. Mengatasi gejala psoriasis

Ketika kulit kepala kering, berbagai masalah kulit dapat terjadi. Salah satunya adalah psoriasis yang ditandai dengan munculnya kulit bersisik, gatal, dan rambut rontok. Untuk mengatasi ini, kita setidaknya butuh pelembap kulit kepala yang sekaligus dapat meringankan peradangan dan gatal. Minyak kemiri sebetulnya dapat melakukan tugas tersebut. Hanya saja, penelitian mengungkapkan minyak kemiri hanya dapat mengurangi gejala psoriasis dalam skala kecil.

4. Menumbuhkan rambut

Manfaat minyak kemiri untuk rambut juga dapat dirasakan oleh mereka yang mengalami rambut rontok atau mengarah pada kebotakan. Pasalnya, minyak kemiri memiliki sifat mencegah rambut rontok dan menstimulasi pertumbuhan rambut baru. Mungkinkah?

5. Mencegah ketombe

Kemampuan minyak kemiri untuk melembapkan rambut bukan hanya menyehatkan kulit kepala, namun juga dapat mencegah terjadinya ketombe.

6. Menguatkan rambut

Minyak kemiri juga dapat digunakan sebagai masker rambut yang memiliki efek menguatkan rambut. Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini masih berhubungan dengan kandungan asam linoleic dan linolenic pada minyak kemiri, yang memang mampu melapisi, menutrisi, serta melembapkan rambut, bahkan memperbaiki rambut yang bercabang.

7. Menghitamkan rambut

Manfaat utama yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan minyak kemiri adalah rambut yang hitam. Selain hitam, rambut Anda juga akan semakin berkilau sehingga tampil cantik dan elegan. Khasiat ini dapat dirasakan oleh berbagai jenis rambut, baik itu lurus, ikal, keriting, dan lainnya.

8. Mencegah kerontokan

Jika Anda memiliki masalah rambut rontok dan mudah putus, maka minyak kemiri dapat menjadi solusinya. Kemiri memiliki kandungan protein dan juga mineral yang cukup tinggi sehingga dapat memperkuat akar rambut. Jika akar rambut sudah kuat, maka tidak akan terjadi lagi kerontokan yang berlebihan.

9. Mempercepat pertumbuhan rambut

Banyaknya rambut yang rontok terkadang membuat rambut tampak tipis dan bahkan terdapat sedikit kebotakan di beberapa bagian kepala. Nah, minyak kemiri juga ternyata dapat mempercepat tumbuhnya rambut sehingga akan menutupi daerah yang botak karena kerontokan tersebut.

10. Menjadikan rambut lebih tebal

Setelah masalah kerontokan hilang dan daerah yang botak akibat kerontokan tersebut telah tumbuh rambut kembali, maka efek selanjutnya yang akan Anda dapatkan adalah rambut yang lebih tebal. Selain tebal, rambut juga akan lebih kuat dan tidak mudah putus.

11. Mencegah uban

Timbulnya uban merupakan hal yang lumrah bagi orang yang sudah berusia lanjut. Namun jika hal tersebut terjadi pada usia yang masih mudah maka tentu akan merusak penampilan. Maka dari itu, minyak kemiri juga berguna untuk menghitamkan rambut yang berubah serta mencegahnya datang kembali.


Kandungan Minyak Kemiri

Walau bentuknya tampak unik, kemiri menyimpan banyak kandungan nutrisi bermanfaat. Sebelum diolah menjadi minyak, kemiri mengandung asam lemak omega-3, dan berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin F.


Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Mudah

Sebenarnya cara membuat minyak kemiri tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan. Dan bahannya juga mudah untuk didapatkan di sekitar kita.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat minyak kemiri adalah sebagai berikut:

  • 250 gram biji kemiri atau sesuaikan dengan minyak yang ingin dihasilkan
  • Air putih

Langkah-langkah Cara membuat minyak kemiri:

  1. Pertama cucilah biji kemiri tersebut hingga bersih
  2. Kemudian haluskan namun jangan sampai terlalu halus. Anda dapat menghaluskannya dengan dua cara, yaitu ditumbuk secara langsung ataupun dengan menggunakan mesin blender. Jika Anda menumbuknya secara langsung, maka tumbuklah hingga agak halus dan mudah untuk disaring. Sedangkan jika Anda menghaluskannya menggunakan blender, maka campurkanlah beberapa biji kemiri tersebut dengan air secukupnya. Ingat, jangan memblender biji kemiri tersebut hingga halus seperti cairan. Cukup blender hingga bertekstur kasar saja.
  3. Setelah mendapatkan kemiri halus hasil belender ataupun tumbukan, kini saatnya kita menyaringnya.
    Caranya adalah campurkan kemiri halus tersebut dengan air secukupnya kemudian peras hingga keluar santannya. Proses pemerasan ini sama dengan ketika kita memeras santan kelapa. Jika kita menumbuk atau memblendernya terlalu halus, maka kita dapat memerasnya dengan menggunakan kain. Setelah diperas, saringlah santan tersebut agar tidak tercampur dengan santannya ketika dididihkan pada proses selanjutnya.
  4. Setelah mendapatkan santan kemiri yang bersih, maka langkah selanjutnya adalah memasaknya.
  5. Masukanlah santan kemiri tersebut ke dalam wajan dan biarkan hingga mendidih. Selama proses ini, aduk-aduklah santan kemiri agar proses penguapannya berlajan sempurna. Proses penguapan ini akan memakan waktu yang cukup lama sehingga Anda harus cukup bersabar untuk menunggunya. Terus aduk santan kemiri hingga airnya menguap dan menyisakan minyaknya saja. Minyak kemiri yang sudah jadi biasanya tampak dari kerak minyaknya yang berwarna coklat pekat.
  6. Peras dan masukkan ke dalam botol

atau bisa melihat video di bawah ini:

Cara membuat minyak kemiri

1. Cara membuat minyak kemiri bakar sendiri

Membuat kemiri dengan cara dibakar memang mudah. Namun karena dibakar maka ketika pemakaian saat perawatan hindari mengenai pakaian karena akan berbau kemiri yang dibakar.

  1. Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.
  2. Bakar biji kemiri hingga benar-benar gosong seperti membuat arang.
  3. Setelah biji kemiri gosong, lanjutkan dengan memblender biji kemiri hingga keluar minyaknya.
  4. Masukkan minyak kemiri dalam wadah tertutup.

2. Cara membuat biji kemiri dengan diperas

  1. Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.
  2. Anda bisa memilih dengan cara memarut biji kemiri atau dengan memblendernya.
  3. Setelah diparut atau diblender, peras biji kemiri sembari menambahkan air sedikit demi sedikit.
  4. Taruh air perasan biji kemiri dalam wadah tertutup selama 24 jam penuh.
  5. Kemudian masak air perasan biji kemiri hingga keluar minyaknya.
  6. Kekurangan dari metode ini adalah minyak kemiri yang dihasilkan hanya sedikit serta membutuhkan waktu yang lama.
  7. Namun minyak yang dihasilkan akan bening sehingga tidak akan mengotori apapun.

3. Cara membuat minyak kemiri dengan disangrai

  1. Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.
  2. Sangrai biji kemiri dalam wajan tanpa minyak hingga matang.
  3. Biji kemiri yang telah disangrai kemudian ditumbuk hingga halus atau diblender.
  4. Kemudian setelah biji kemiri dihaluskan, peras dengan menggunakan air.

Cara Membuat Minyak Kemiri ala Hawaii

Selain dengan cara di atas, Anda juga dapat membuat minyak kemiri dengan cara lainnya, yakni dengan cara disangrai. Cara ini banyak digunakan oleh masyarakat Hawaii dan dianggap lebih praktis dibandingkan cara di atas. Untuk bahannya tetap sama yakni biji kemiri dan air putih. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat minyak kemiri ala Hawaii:

  1. Sangrai biji kemiri atau panggang di dalam oven hingga matang lalu dinginkan.
  2. Setelah dingin, tumbuk atau blender biji kemiri tersebut hingga halus seperti cara di atas.
  3. Setelah halus, campurkan dengan air lalu peras menggunakan kain hingga minyaknya keluar.
  4. Saring hasil perasan tersebut agar bersih kemudian masukkan minyaknya ke dalam botol.

Cara Membuat Minyak Kemiri


Pencarian terkait :

  • cara membuat minyak kemiri untuk alis
  • cara membuat minyak kemiri untuk rambut bayi
  • cara membuat minyak kemiri dengan direbus
  • cara membuat minyak kemiri bening
  • cara membuat minyak kemiri untuk wajah
  • cara membuat minyak kemiri untuk rambut beruban
  • cara membuat minyak kemiri untuk jambang
  • cara membuat minyak kemiri untuk alis dan bulu mata

Leave a Comment