Cara Memperbaiki TV yang Warnanya jadi Hitam Putih dengan Mudah

Cara Servis TV Warna Layar Hitam Putih – Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang kerusakan TV yang layarnya berwarna hitam putih. Sebenarnya tidaklah terlalu jauh berbeda dengan cara memperbaiki tv warna merah. Karena, yang menjadi objek analisa kerusakan seperti ini adalah bagian mesin RGB dan bagian IC Croma.

Cara memperbaiki gambar tv hitam putih dengan Mudah

Kerusakan TV yang tidak ada warnanya atau hanya hitam putih ini juga seringkali terjadi pada kita, sedangkan cara memperbaiki kerusakan tersebut sebenarnya tidak begitu sulit jika anda memahami caranya, pastinya hehe.

Nah yang menjadi ciri khusus dari kerusakan tv seperti ini adalah, TV dapat hidup dan suara ada namun kekurangannya televisi tersebut tidak ada menampilkan warna atau tidak ada warnanya begitulah alias hanya hitam putih.

Bagaimana Cara Memperbaiki TV Warna Layar Hitam Putih ?gambar tv hitam putih

Bagaimana langkah-langkah yang bisa anda lakukan?  Nah kita sudah merangkum beberapa langkah dalam memperbaiki tv tersebut diantaranya adalah dengan menyolder ulang terlebih dulu komponen bagian mesin RGB dan IC Croma. Setelah itu, silahkan Anda ukur tegangan bagian RGB dan coba periksa satu komponen bagian RGB dan IC croma tersebut.

Khusus untuk anda yang bersungguh-sungguh ingin mempermantab kemampuannya dalam melaksanakan perbaikan televisi tabung yang rusak, anda bisa miliki panduannya di panduan premium.

Lakukan penyolderan ulang komponen potongan mesin RGB

Langkah pertama solder ulang komponen potongan rgb dan ic croma, siapa tau komponen potongan ini solderannya sudah tidak manis sehingga tv rusak mirip ini.

Analisa kerusakan potongan RGB

Apabila anda telah menyolder ulang bagian-bagaian yang disebutkan di atas, maka langkah selanjutnya coba anda lakukan pengukuran pada masing-masing katoda r, g, b, yang ada di mesin rgb. Tegangan normal dari masing-masing katoda ini adalah sekitar 125 vdc.

Apabila ada tegangan yang kurang contohnya 50 v atau nol volt coba anda ukur satu persatu komponen potongan mesin rgb khususnya resistor, transistor, maupun elco. Bila semua dalam keadaan baik coba anda telusuri tegangan sumber dari masing-masing katoda tersebut.

Tegangan sumbernya berasal dari flyback. Tepatnya di pin 185 v. Apabila ada tegangan katoda yang menjadi nol volt, sedangkan tegangan sumbernya 185 v ada tegangannya coba anda periksa komponen dari pin 185 v menuju mesin rgb biasanya ada yang rusak.

Baca juga : Penyebab dan Cara Ampuh Memperbaiki Warna TV Dominan Hijau

Nah demikianlah sedikit penjelasan ringkas mengenai cara mudah memperbaiki Televisi yang Layarnya Hitam Putih. Semoga tulisan di atas bisa bermanfaat untuk Anda semuanya dan Semoga Televisi yang rusak tadi bisa menyala dengan normal kembali. Sekian dan Terima Kasih.

Pencarian terkait:

  • tv sharp warna jadi hitam putih
  • tv sharp gambar hitam putih
  • cara mengubah tv hitam putih menjadi berwarna
  • tv sharp piccolo gambar hitam putih
  • tv sharp hilang warna
  • kristal warna tv
  • tv led jadi hitam putih
  • tv lcd sharp jadi hitam putih
Cara Memperbaiki TV yang Warnanya jadi Hitam Putih dengan Mudah

Cara Servis TV Warna Layar Hitam Putih - Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang kerusakan TV yang layarnya berwarna hitam putih. Se

Editor's Rating:
0

Leave a Comment