cara memperkuat sinyal antena tv
teknologi

cara memperkuat sinyal antena tv

Cara memperkuat sinyal antena tv prosesnya hampir sama dengan cara memasang antena parabola. Pemasangan antena tv yang tidak benar menyebabkan tayangan tv yang buruk dan tidak jernih.

Kuat lemahnya sinyal bisa ditentukan dari beberapa faktor lingkungan, tempat pemasangan dan hal lainnya. Untuk itu proses pemasangan antena pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Bagi anda yang belum bisa dan bahkan belum pernah melakukan pemasangan antena sehingga bisa diperoleh sinyal kuat, maka anda bisa mencari informasi terlebih dahulu untuk mengetahui lebih lanjut sebelum memutuskan untuk memasangnya secara mandiri.

Cara Memperkuat Sinyal Antena Tv

Pemasangan antena memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan agar bisa menghasilkan tayangan yang jernih atau pun enak saat ditonton. Untuk itu diperlukan cara dan tekni yang tepat agar tidak terjadi salah pasang sehingga membuat anda harus kerja dua kali.

Berikut cara memperkuat sinyal antena tv outdoor :

1. Menggunakan Booster

Booster adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan kabel yang terpasang di antena langsung dengan kabel yang terhubung pada televisi. Booster memang cukup tangguh dalam hal memaksimalkan sinyal dan channel yang muncul di televisi anda.

Dengan adanya booster, kamu bisa mendapatkan sinyal dengan lebih baik. Kualitas gambar yang dihasilkan di layar televisi juga akan lebih jernih.

2. Pasang antena di lokasi yang tepat

Untuk mendapatkan sinyal antena yang kuat, maka anda wajib menentukan lokasi yang tepat untuk mendirikan tiang antena dan kemudian memasang antena tv tersebut. Semakin tinggi tiang, akan semakin baik signal yang bisa tertangkap.

Jangan lupa pertimbangkan area sekitarnya, misalnya banyak pepohonan atau tidaknya. Usahakan untuk menjauhkan antena dari area yang banyak pepohonannya. Pepohonan bisa dikatakan sebagai penghalang sinyal yang nantinya akan tertangkap.

3. Ganti Kabel Coaxial

cara memperkuat sinyal antena tv led salahsatunya adalah mengganti kabel coaxial. Kabel coaxial adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan antena dengan TV. Ternyata, kualitas kabel itu berpengaruh terhadap penyaluran sinyal yang ditangkap. Kalau kabel coaxial-nya bagus, maka sinyal yang ditangkap antena dapat disalurkan dengan baik, sehingga gambar jadi lebih jelas.

4. Pangkas Rantai Pohon Penghalang Signal

Pepohonan di sekitar antena bisa menjadi penghalang untuk mendapatkan sinyal yang bagus. Jika memang terpaksa sekitar rumah anda dipenuhi dengan pepohonan, maka anda bisa memangkas dahan atau pun ranting yang mungkin akan menghalangi sinyal yang ada.

Selanjutnya anda juga bisa bersihkan dedaunan kering yang mungkin beterbangan dan nyangkut di antena. Bersihkan juga genteng dari dedaunan kering yang mulai menumpuk, karena berpeluang besar tertiup angin dan bersarang pada antena. Kemungkinan – kemungkinan yang bisa terjadi memang wajib anda pikirkan.

5. Arahkan Posisi Antena Dengan Benar

Arah yang benar dan tepat akan sangat menentukan baik atau buruknya sinyal yang tertangkap. Sebelum memutuskan untuk mengikat tiang antena agar tidak mudah berputar saat tertiup angin, maka anda wajib melakukan pengetesan terhadap arah antena anda. Poin ini sangat penting karena memang termasuk cara memasang antena tv di rumah yang harus anda perhatikan.

Arah dan posisi antena atau parabola harus dilihat secara seksama, titik 0 maupun arah timur dan barat. Kemiringan antena dan parabola juga sangat berpengaruh, untuk parabola di daerah kalimantan biasanya arah parabola atau antena condong ke bagian barat sekitar 20 derajat.

Pengecekan antena tv ini bisa dilakukan sendiri ataupun ddua orang. Jika dilakukan sendiri maka tv dan receiver harus diletakkan pada posisi terlihat oleh si pengatur antena.

6. Perhatikan Ketinggian Antena yang Anda Pasang

Cara memperkuat sinyal antena tv selanjutnya ialah mempertimbangkan ketinggian tiang yang digunakan. Banyak orang yang memasang antena tv dengan ketinggian tertentu untuk alasan mendapatkan sinyal baik. Memang secara teori semakin tinggi tiang antena, maka akan semakin baik sinyal yang didapatkan sehingga tayangan televisi menjadi lebih jernih.

Namun anda juga wajib mempertimbangkan hal buruk seperti petir. Semakin menjulang tinggi tiang antena anda akan semakin berpeluang tersambar petir. Untuk itu anda bisa memasangkan alat penangkal petir. Jika hal ini membuat anda menjadi repot, maka anda bisa menentukan tinggi tiang antena sesuai dengan antena lainnya yang berada di lingkungan rumah.

7. Perhatikan Antena yang Anda Gunakan

Poin ini merupakan salah satu tips memilih antena tv yang bisa anda gunakan dalam rangka memperkuat sinyal antena tv. Kualitas antena yang anda gunakan juga bisa menentukan hasil yang didapatkan. Pilihlah antena yang kualitasnya baik, namun tidak harus mahal. Anda bisa mengikuti banyaknya merk yang digunakan oleh masyarakat pada umumnya.

Saya pikir akan jauh lebih baik, karena sudah terbukti banyak yang menggunakan berarti memang sudah pasti baik kualitasnya. Anda juga jangan ragu – ragu untuk bertanya pada tetangga dan masyarakat lainnya untuk menambah pengetahuan dalam hal pemasangan antena yang baik dan benar.

8. Perhatikan Jenis Antena

Jenis antena yang anda pilih dan gunakan juga sangat mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Usahkan untuk memilih dengan kondisi tempat tinggal anda. Misalnya seperti wajib mempetimbangkan daerah dataran tinggi atau rendah, cuaca, lingkungan dan faktor – faktor lainnya yang mungkin saja ikut mempengaruhi.

Penutup

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai cara memperkuat sinyal antena tv yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *