Cara Menutup Akun Facebook Permanent & Sementara

Cara tutup akun facebook dan akun-akun media sosial lainnya menjadi pencarian yang cukup populer akhir-akhir ini. Setelah media sosial berkembang pesat seperti sekarang ini, ternyata tak sedikit orang yang justru ingin menutup aku media sosialnya. Penyebabnya cukup beragam.
Tak bisa dipungkiri bahwa media sosial seperti facebook dan lain-lain memang memiliki sisi positif dan negatif. Facebook adalah media yang cukup efektif untuk menjalin kontak kembali dengan teman-teman lama. Sebuah riset yang dilakukan universitas ternama bahkan menemukan bahwa facebook telah menghubungkan kembali jutaan orang, termasuk dengan teman-teman dari taman kanak-kanak atau sekolah dasar. 
Facebook juga menjadi salah satu teknologi berupa media sosial yang cukup efektif untuk berjualan. Banyak sekali online shop yang bertumbuh di dalam media sosial tersebut. Berkat facebook kini ibu-ibu rumah tangga pun bisa berdaya dan memiliki pekerjaan yang menghasilkan. 
Selain orang-orang yang merasa diuntungkan, ada pula orang yang mulai menyadari dampak buruk dari menggunakan facebook dan media sosial lainnya. Beberapa orang merasa facebook sebagai media sosial justru mengganggu kehidupan sosial. Misalnya dengan membuat orang lebih suka bermain facebook dan bercengkrama dengan orang di dunia maya ketimbang yang benar-benar ada di sekitarnya. 
Tak sedikit juga orang yang merasa bahwa bermain facebook dan media sosial lainnya membuang-buang waktu dan membuat mereka jadi kurang produktif. Hal ini masih diperparah lagi dengan berbagai tindak kejahatan digital yang kini kian marak.
Kejahatan digital tak kalah mengerikannya dengan kejahatan yang terjadi di dunia nyata. Pengguna facebook dan media sosial lainnya memang rentan menjadi korban pencurian identitas, pembajakan data, dan lain-lain. 
Semua hal kurang menyenangkan yang mungkin terjadi di dunia maya itu kemudian membuat gerakan cara menutup akun facebook dan gerakan lain yang serupa menjadi populer. Orang-oang yang ingin melakukan hal itu tentu tak bisa disalahkan. Semua itu menjadi hak setiap individu. Orang-orang yang masih setia menggunakan media sosial hanya berkewajiban menggunakan media sosialnya dengan lebih bijak lagi. 
Cara Tutup Akun FB

Cara Tutup Akun FB Sementara

Bagi Anda yang ingin menutup akun facebook, apapun alasannya, berikut adalah cara tutup akun fb yang benar:

  1. Log In
    Untuk bisa menutup akun facebook, pertama-tama Anda harus log in dulu ke akun facebook yang ingin Anda tutup. Log in dengan cara memasukkan emai atau user ID dan password yang benar. 
  2. Pergi ke Pengaturan 
    Setelah berhasil log in, pilihlah menu pengaturan. Caranya adalah dengan mengklik tombol berbentuk anak panah kecil yang ada di pojok kanan atas 
  3. Setelah halaman pengaturan ditampilkan, klik pilihan “umum” atau “general” di kolom kiri. Anda akan dialihkan ke halaman lain yang berisi pengaturan-pengaturan umum mengenai akun Anda.
  4. Jika halaman “umum” sudah ditampilkan, pilih “kelola akun Anda” atau “manage account”  kemudian pilih lagi “Nonaktifkan Akun Anda” atau “Deactivate your account“.
  5. Setelah mengklik kedua menu tersebut Anda tinggal mengikuti petunjuk berikutnya untuk melakukan konfirmasi, kemudian akun facebook Anda akan segera tertutup. 

Jika akun facebook sudah ditutup, maka pengguna lain tidak akan bisa lagi melihat profil facebook Anda. Tetapi orang lain masih tetap mengirim dan menerima pesan dari Anda sehingga Anda tetap bisa memanfaatkan fitur messanger.
Akun facebook yang sudah ditutup masih bisa diaktifkan kembali dengan cara log in ulang. Ketika log in Anda akan diminta memasukkan kode verifikasi yang biasanya akan dikirim ke ponsel. Akun facebook hanya akan hilang dan sama sekali tak bisa diakses lagi jika Anda menghapusnya secara permanen.

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

Pilihan ini bisa dilakukan jika Anda tidak ingin lagi mempunyai akun Facebook, atau mungkin Anda ingin menghapus salah satu akun Facebook Anda. Karena kebetulan akun facebook anda lebih dari satu untuk keperluan marketing atau yang lainnya. Ini pilihan yang tak bisa diubah lagi, jadi Anda harus benar – benar yakin saat ingin melakukannya cara ini.
Menghapus akun FB Anda secara permanen ini berarti Anda tidak akan dapat lagi mengaktifkan akun tersebut atau bahkan mengambil kembali konten yang pernah Anda unggah di akun tersebut. Jika Sudah yakin dengan keputusan yang Anda buat, Silahkan Anda ikuti cara menghapus akun Facebook secara permanen di bawah ini:
  1. Login ke Akun Facebook Anda
  2. Kemudian Buka halaman Facebook berikut ini
    https://www.facebook.com/help/delete_account.
  3. Selanjutnya Ikuti langkah – langkah yang dijelaskan di halaman tersebut sampai selesai.
  4. Selesai, Silahkan Anda ucapkan selamat tinggal kepada akun Facebook Anda untuk selamanya.
NB: Biasanya proses penghapusan akun facebook ini emmbutuhkan waktu 30 hari, jadi apabila dalam 30 hari anda tidak login kembali maka akun fb akan terhapus selamanya. Jika sebelum 30 hari anda berniat membatalkan penghapusa, maka anda tinggal login kembali ke akun tersebut dan proses penghapusan di batalkan.
Nah itulah cara menutup atau menghapus akun facebook baik secara sementara maupun permanent. Semoga bermanfaat ya guys!! Terima Kasih

Leave a Comment