15 Contoh Karangan Narasi Terbaik

contoh karangan narasi berbagai tema

Contoh Karangan Narasi – Apa yang dimaksud dengan narasi? Karangan narasi adalah sebuah karangan yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa dengan tujuan agar pembaca seolah-olah ada di dalam kejadian yang sedang diceritakan.

Nah, Menurut Wikipedia pengertian dari narasi itu sendiri adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam sebuah tulisan yang rangkaian peristiwa dari waktu ke waktu dijabarkan dengan urutan awal, tengah, dan akhir.

Karangan narasi memiliki tiga unsur pokok, yakni kejadian, tokoh, dan konflik. Jika ketiga unsur tersebut menyatu, maka akan terbentuk sebuah alur cerita pada karangan narasi. Karangan narasi tersebut bisa berupa fiksi ataupun fakta.

Apa contoh karangan narasi?

1. Contoh karangan narasi tentang liburan

Liburan semester tahun lalu, saya tidak berlibur kemana-mana. Saya hanya di rumah melakukan kegiatan seperti biasa kecuali pergi ke sekolah.

Kegiatan yang saya lakukan di rumah hanya membantu ibu saya untuk membuat kue nastar untuk lebaran. Ketika saya membantu ibu, saya terlalu lama ketika memanggang kue nastarnya sehingga kuenya gosong.

Karena hal tersebut, Ibu memarahi saya, lalu saya mencoba untuk membuatnya lagi dengan penuh kehati-hatian supaya tidak gosong lagi. Saya membuat kue dibantu oleh adik sepupu saya.

Setelah semua kue selesai dibuat, kami pun membersihkan semua ruangan di rumah, menyapu halaman, dan mencuci piring. Liburan kali ini terasa sangat menyenangkan karena semua hal dilakukan bersama keluarga saya.

2. Contoh karangan narasi tentang lingkungan

Ketika musim hujan telah datang, penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan supaya nyamuk penyebab demam berdarah dan malaria tidak berkembang biak.

Cara menjaga lingkungan supaya tetap bersih adalah memulai dari dalam rumah. Tutup semua gentong penyimpanan air dan kuras genangan yang terdapat di rumah kita.  Periksa semua ruangan rumah yang berpotensi sebagai tempat berkembang biaknya jentik-jentik nyamuk.

Lalu di ruangan gelap serta lembab lainnya. maka oleh karena itu penting untuk kita untuk dapat membersihkan genangan air dalam bak mandi, genangan air bekas mencuci piring, dan air di dalam akuarium jika mempunyai akuarium hias di rumah. Selain itu makanan bekas juga berpotensi menarik perhatian nyamuk.

Dengan cara sederhana tersebut diharapkan dapat membantu dalam mengurangi populasi nyamuk yang begitu cepat disaat musim hujan. Serta mengurangi risiko terserang penyakit demam berdarah akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan penyakit malria dari nyamuk anopheles . Selain itu, rumah yang bersih dan rapi juga menambah kenyamanan para penghuninya.

3. Contoh Karangan Narasi Tentang Pendidikan

Bapak Pendidikan Nasional

Dunia pendidikan akan selalu berterimakasih terhadap jasa tokoh pelopor pendidikan sejak zaman penjajahan Belanda. Beliau adalah Ki Hajar Dewantara. Perjuangan beliau saat zaman penjajahan Belanda adalah agar rakyat pribumi dapat memperoleh hak pendidikan seperti hak para priyayi maupun orang-orang Belanda. Perjuangannya inilah yang membuat beliau dinobatkan sebagai Bapak Pendidikan Nasional dan hari kelahirannya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Ki Hajar Dewantara lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Yogyakarta. Nama kecil beliau adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Di masa mudanya, Ki Hajar Dewantara aktif dalam organisasi sosial politik. Beliau selalu memberikan sosialisasi dengan tujuan menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya persatuan dan kesatuan berbangsa bernegara.

Ki Hajar Dewantara mulai aktif dalam pendidikan ketika beliau diasingkan di Belanda. Dalam masa pengasingan, beliau belajar ilmu pendidikan hingga memperoleh gelas Europeesche Akte. Gelar ini menjadi berguna ketika tahun 1919 beliau kembali ke Indonesia dan berlatih menjadi guru.

Langkah besar beliau adalah ketika mendirikan sekolah Perguruan Nasional Taman Siswa pada tanggal 3 Juli 1992. Banyak halangan dan rintangan yang diluncurkan oleh pemerintah Belanda terhadap beliau. Akan tetapi beliau tetap memperjuangkan pendidikan. Hingga beliau menciptakan semboyan yang terkenal sampai sekarang.

Tut Wuri Handayani (di belakang memberi dorongan). Ing Madya Mangun Karsa (di tengah menciptakan peluang untuk berprakarsa). Ing Ngarsa Sungtulada (di depan memberi teladan). Semboyan ini kemudian digunakan sebagai slogan Kementerian Pendidikan Nasional.

4. Contoh Karangan Narasi Tentang Pengalaman

Pada Bulan Juni, tanggal 15 di sekolahku akan memasuki masa libur dan akan berakhir pada tanggal 10 Juli. Kami sekeluarga tidak menyipkan liburan. Ketika itu aku memilih berlibur ke Pantai Parangtritis.

Dan keesokan harinya aku mempersiapkan segalanya perbekalan yang nantinya diperlukan. Sepanjang perjalanan, aku iringi dengan nyanyian lagu riang. Betapa senangnya aku ketika sampai di pantai tersebut. Dengan semua pemndangannya yang menawan.

Lalu kemudian sesampainya disana kami keluargaku saling berfoto-foto untuk mengabadikan momen yang indah ini. waktu berlalu begitu cepat tak terasa berjam-jam telah kuhabiskan disana.

Perpisahan pun terjadi ketika hari beranjak sore . Tak rela rasanya kebahagiaan ini akhirnya selesai. Dalam benakku, aku kan kembali esok.

5. Contoh Karangan Narasi Tentang Fiksi

Aku tersenyum sambil mengayunkan langkah. Angin dingin yang menerpa, membuat tulang-tulang di sekujur tubuhku bergemeretak. Kumasukkan kedua telapak tangan ke dalam saku jaket, mencoba memerangi rasa dingin yang terasa begitu menyiksa.

Wangi kayu cadar yang terbakar di perapian menyambutku ketika Eriza membukakan pintu. Wangi yang kelak akan kurindui ketika aku telah kembali ke tanah air. Tapi wajah ayu di hadapanku, akankah kurindui juga?

Ada yang berdegup keras di dalam dada, namun kuusahakan untuk menepiskannya. Jangan, Bowo, sergah hati kecilku, jangan biarkan hatimu terbagi. Ingatlah Ratri, dia tengah menunggu kepulanganmu dengan segenap cintanya.

6. Contoh Karangan Narasi Tentang Imajinatif

Ranting Tua Terlalu Bengkok

Namaku adalah Clara Dakota Cortz. Aku berusia 16 tahun . Aku tinggal di sebuah desa bernama Woodland di negara Batavia. Ibuku seorang tabib yang cantik dan bijaksana, aku sangat dekat dengan ibuku. Sedangkan ayahku adalah seorang elf (peri) musim dingin. Tiak Heran aku memiliki tubuh seperti manusia biasa tetapi dipunggungku terdapat sepasang sayap berkilauan.

Ayah dan ibuku berpisah semenjak Imaji diangkat sebagai sesepuh desa. Dia mengatakan bahwa elf, manusia, penyihir, dan para kurcaci tidak akan pernah bisa bersama. Aku heran kenapa semua makhluk tunduk dan patuh kepada si tua itu.

Suatu hari aku sedang pergi jauh ke hutan bersama kucing berjubah putih mencari jamur pelelap tidur. Tiba-tiba aku dan Squishi, si kucing berjubah putih mendengar suara di balik semak terdengar orang itu sedang mengomel. ”

Bagaimana caranya kalau begini ? Siapa yang akan membantuku ? Ah….. harusnya aku, bukan penyihir bodoh dan jelek itu, tapi… aku juga tidak berani mengganggunya, jadi aku harus bagaimana ? “

Dengan perlahan aku mencoba mendekat dan mencari sumber suara itu. Tidak kusangka orang yang sedang mengomel itu adalah Imaji situa berisik dan menyebalkan. “Kakek !”. Aku mencoba mengagetkannya. ” Oh ! Kau !. Gadis berdarah orange ! sedang apa kau disini bersama kucing gemuk dengan jubah putih dekilnya ? “. Kata-kata kakek yua itu memang pedas seperti biasa.

“Aku sedang mencari jamur pelelap tidur , kau sendiri kakek tua ?” .”Anak kecil berdarah orange sepertimu tidak akan paham ! Darahmu terlalu kental untuk memahami masalahku . Sudah kubilang manusia dan peri tidak akan menghasilkan keturunan yang baik !”. Kakek itu malah memarahiku, lalu pergi begitu saja dengan tongkat tua bengkoknya.

Sepulang dari hutan aku dan Squishi sepakat untuk tidak membicarkan kejadian buruk tadi kepada ibuku. Tapi aku tidak bisa menyembunyikan rasa kesal dan sakit hatiku.

” Ada apa sayang ? Apakah kau terluka …atau… ada ranting tua yang terlalu bengkok di hutan dan memarahimu ? ” tanya ibuku. Dia tahu aku bermasalah denga Imaji sang sesepuh bawel.
Lalu aku menceritakan semuanya kepada ibuku.

Kemudian dia memberi tahu aku sebuah kisah mengenai alasan Imaji melarang semua kloni akur. Ternyata, dulu ia adalah salah satu elf musim semi dengan kekuatan yang luar biasa. Namun ia menikah dengan seorang wanita cantik yang licik . Ia membujuk Imaji agar berubah menjadi manusia biasa agar semua kemampuan dan sayapnya hilang.

Imaji mengira wanita itu tulus mencintainya, akan tetapi setelah lama menikah dan tak kunjung dikaruniai keturunan wanita itupun pergi meninggalkan Imaji dan memilih untuk menikah dengan seorang penyihir jahat yang telah lama membenci Imaji.

Imaji merasa sangat sedih dan kesal , naumn ia tidak dapat berbuat banyak. Sejak kejadian itu, dia melarang antar kloni berhubungan apalagi menikah. Ia takut apa yang menimpanya akan terjadi pada orang lain.

Hal itu memang tidak adil, tapi aku mengerti dan tidak banyak bertanya pada ibu. Aku hanya terdiam sambil menatap pohon cemara tua yang rantingnya terlalu bengkok. Seperti itulah perasaan Imaji sekarang.

7. Contoh karangan narasi pendek

Sejak kecil aku gemar menari. Aku biasa berlatih menari di sebuah sanggar tari. Berbagai piala lomba menari telah aku menangi. Hingga saat ini, kegemarankuterhadap seni terutama seni-seni tradisional tidak berkurang.

Selepas sekolahmenengah atas kelak aku ingin melanjutkan sekolah di institut seni. Semoga cita-citaku kelak tercapai dan menjadi penari professional.

Baca juga: Contoh teks eksposisi

8. Contoh Karangan Narasi Panjang

Akibat Bangun Kesiangan

Sinar mentari pagi menerobos masuk melewati sela-sela jendela kamarku. Sinar itu menyinari wajahku hingga aku terbangun. Aku pun membuka matak dengan sangat berat dan melihat ke arah jam dinding yang ada di kamarku.

Seketika itu juga aku terkejut, ku lihat jam telah menunjukan pukul 06.30 WIB. Dengan cepat aku melompat dari tempat tidur langsung menuju kamar mandi. Ketika sampai di pintu kamar mandi, aku terpeleset kain basah yang ada di bawah, beruntung aku tidak jatuh dan mencederai tubuhku.

Setelah mandi, aku segera berpakaian sekolah dengan rapih. Kemudian, aku sarapan pagi bersama ayah dan ibuku. Sesudahnya aku pamit kepada kedua orang tuaku dan langsung berangkat menuju sekolah dengan mengendarai sepeda motorku.

Jarak dari sekolah ke rumahku tidak begitu jauh sehingga hanya sekitar 15 menit aku telah sampai di sekolah. Beruntung aku tidak terlambat, pikirku. Aku pun langsung menuju kelasku. Setibanya di sana, kulihat semua teman-teman sedang bersiap-siap mengikuti upacara.

Kemudian aku juga ikut mempersiapkan diri untuk mengikuti upacara. Namun, ketika aku mencari topiku di dalam tas, betapa terkejutnya aku ternyata topiku tidak ada di sana. Aku pun mulai panik.

Terbayang sudah aku akan dihukum berdiri sendiri di depan lapangan upacara dan ditertawai oleh teman- teman. Karena aku tidak mau kena hukum, aku berniat mengambil topiku yang tertinggal di dalam rumah. Kulihat pula jam masih menunjukan pukul 07. 00 wib. Aku pikir masih ada waktu bagiku untuk pulang ke rumah.

Aku pun pulang kembali ke rumah. Setelah mengambil topi, aku kembali ke sekolah. Ku pacu sepeda motorku dengan sangat kencang. Namun, di tengah perjalanan motorku tiba – tiba berhenti mendadak. Aku pun semakin panik, setelah aku periksa, motorku ternyata kehabisan bensin.

Terpaksa aku mendorongnya sambil mencari penjual bensin terdekat. Beruntung, aku menemukan pom bensin tidak jauh dari tempat motorku mogok. Kemudian aku membeli bensin dan langsung memacu sepeda motorku.

Setelah sampaidi sekolah, semua murid telah berkumpul di lapangan upacara. Ternyata upacara baru saja akan dimulai. Aku berlari menuju ke lapangan upacara dan berbaris bersama teman – temanku. Aku pun menjadi lega karena sudah memiliki topi dan siap untuk upacara.

Ketika upacara berlangsung, guru bk mengadakan razia memeriksa kerapian dan kelengkapan semua siswa. Aku pun tenang, pikirku aku tidak akan kena hukuman.

Namun, tidak di sangka guru BK menghampiriku dan mencatat namaku. Ternyata aku tidak memakai ikat pinggang. Senyum yang tersembul dari pipiku tiba-tiba menghilang. Aku lupa bahwa aku belum melepaskan ikat pinggang yang masih menempel di celana pramuka. Aku pun pasrah menerima hukuman yang akan aku terima.

Sehabis upacara, guru BK mengumpulkan semua siswa yang telah tercatat. Ada sekitar sepuluh orang siswa termasuk aku yang terjaring razia kali ini. Kami semua dibariskan menghadap tiang bendera selama sepuluh menit. Setelah itu, guru bk datang dan menceramahi kami. Aku hanya bisa mendengarkan perkataannya. Lalu, kami pun mendapat hukuman untuk membershihkan toilet sekolah.

Tanpa bisa menghindar aku menghabiskan waktu dua jam pelajaran dengan membersihkan toilet pria yang terkenal sangat bau tersebut. Aku pun menyadari bahwa segala sesuatu yang tidak dipersiapkan akan membawa bencana. Oleh karena itu, sejak saat itu aku selalu mempersiapkan atribut sekolah sebelum tidur malam.

9. Contoh Karangan Narasi Tentang Kesehatan

Dani sangat bersemangat sekali dalam berolahraga. Karena begitu semangat , Olahraga tersebut dilakukannya setiap hari , dimulai dari olahraga ringan seperti jogging, hingga olahraga ekstrim seperti terjung lenting (bungee jumping).

Namun pada suatu hari dani terkena penyaakit yang dimana dia harus menghentikan semua aktivitas olahraganya karena dia merasakan sakit yang teramat parah di bagian sendi dan ototnya, hingga dia kesulitan untuk bergerak ke sana kemari. Kemudian ibunya dani menelfon dokter agar datang ke rumahnya.

Hasil dari pemeriksaan tersebut ternyata rasa sakit dani disebabkan oleh ia terlalu sering berolahraga. Dokter pun akhirnya memberikan obat khusus kepada Dani dan meminta supaya Dani tidak terlalu sering olahraga.

Adapun bila kamu ingin berolah raga”, ucap dokter ,” ,saya anjurkan melakukan olahraga yang ringan namun rutin dilakukan, olahraga rutin juga mampu membuat kesehatan tubuh lebih terjaga dengan baik. Pada saat itu juga dani mengurangi rutinitas olahraganya yang berlebih tersebut. Kini, Dani hanya melakukan olahraga jogging setiap dua minggu sekali.

10. Contoh Karangan Narasi Tentang Fakta

Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama adalah seorang nasionalis. Ia memimpin PNI pada tahun 1928. Soekarno menghabiskan waktunya di penjara dan di tempat pengasingan karena keberaniannya menentang penjajah.

Soekarno mengucapkan pidato tentang dasar-dasar Indonesia merdeka yang dinamakan Pancasila pada sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945. Soekarno bersama Mohammad Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Ia ditangkap Belanda dan diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1948. Soekarno dikembalikan ke Yogya dan dipulihkan kedudukannya sebagai Presiden RI pada tahun 1949. Jiwa kepemimpinan dan perjuangannya tidak pernah pupus.

Soekarno bersama pemimpin-pemimpin negara lainnya menjadi juru bicara bagi negara-negara nonblok pada Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955. Hampir seluruh perjalanan hidupnya dihabiskan untuk berbakti dan berjuang.

11. Contoh Karangan Narasi Tentang Guru

Orang Tua Kedua (Guru)

Semua orang pasti memiliki orang tua sehingga kita bisa terlahir di dunia ini. Tapi ada istilah orang tua kedua yang ada di sekolah. Ya, itu merupakan sebutan untuk guru-guru yang ada di sekolah. Karena saat di sekolah merekalah yang membimbing, menjaga, menegur kita selama kita bersekolah.

Saat kita di sekolah, ada banyak guru dengan materi yang diajarkannya masing-masing serta kepribadiannya masing-masing. Kenapa kepribadian? Itu karena kita pasti sering atau pernah menemukan guru yang sangat baik dan sabar, guru yang tegas, guru yang ditakuti murid karena sering marah, guru yang lucu sering membuat kita tertawa, dan masih banyak lagi. Ah, selain itu ada juga guru-guru yang cantik dan ganteng serta masih muda yang menjadi bahan modusan(italic) murid-murid.

Terlepas dari itu semua, guru merupakan kunci dimana kita bisa sukses nantinya. Para pahlawan tanpa tanda jasa. Merekalah yang selalu ada dalam suka duka saat kita menempuh pendidikan di sekolah. Mereka yang juga akan bangga jika kita meraih prestasi, mereka juga yang akan ikut bersedih jika kita mengalami kegagalan, namun mereka juga membangkitkan kita dari kegagalan tersebut. Guru, segala hormat kami untukmu.

12. Contoh Karangan Narasi Tentang Sekolah

Sebuah Pengalaman yang Mengesankan

Ketika bangun pada hari Senin pagi, aku sangat terkejut karena melihat jam di kamar telah menunjukkan pukul 06.30 WIB. Aku langsung bangun dan menuju ke kamar mandi. Sampai di kamar mandi tiba-tiba aku terpeleset dan hampir saja mencederaiku.

Setelah mandi, aku berpakaian sekolah, sarapan pagi lalu berangkat sekolah dengan menggunakan sepeda motor. Sesampainya di sekolah kulihat tasku untuk mengambil topi. Betapa terkejutnya aku, ternyata topiku tidak ada di dalam tas. Karena hari itu hari senin (ada upacara bendera) aku pulang ke rumah untuk mengambil topi. Selesai mengambil topi aku kembali lagi ke sekolah dengan menaiki sepeda motor.

Tiba-tiba di jalan motorku mogok, setelah diperiksa ternyata bensinnya habis. Terpaksa kudorong motor untuk mencari tempat penjualan bensin eceran. Untunglah tempat penjualan bensin itu tidak jauh. Aku membeli satu liter bensin dan langsung tancap gas menuju ke sekolah.

Setibanya di sekolah ternyata murid-murid sudah berkumpul di lapangan. Upacara hampir saja dimulai. Aku pun tergesa-gesa berlari menuju ke lapangan upacara. Ketika upacara dimulai kepala sekolah langsung memberi pengarahan tentang tata tertib sekolah.

Tiba-tiba datanglah seorang guru untuk memeriksa kerapian murid-muridnya, dan sialnya rambutku dinilai panjang oleh guru. Dengan leluasa serta tak kuasa kumenolak gunting yang ada digengaman guru mencabik-cabik rambutku.

Dengan rambutku yang tak karuan, aku langsung masuk ke kelas untuk mengikuti pelajaran. Rupaya pelajaran tersebut mempunyai pekerjaan rumah (PR) dan aku lupa mengerjakan tugas tersebut lalu dihukum oleh guru untuk membuat tugas itu sebanyak tiga kali.

Aku langsung mengerjakan tugas itu. Sebelum aku mengerjakannya jam pelajaran pun habis lalu aku disuruh menulis beberapa kali lipat lagi oleh guru. Ketika sedang mengerjakan tugas itu, teman-teman ribut di kelas karena jam pelajarannya kosong. Dengan senangnya teman-teman pun bermain di kelas sehingga aku pun merasa terganggu.

Aku menegurnya supaya tidak ribut lagi, ternyata mereka tidak senang dan tidak terima atas teguranku. Temanku tadi langsung merobek tugas yang sedang kubuat. Aku merasa kesal dan tanpa basa-basi lagi aku langsung menghajarnya sehingga terjadilah perkelahian. Kemudian kami dipanggil wali kelas ke kantor untuk menyelesaikan masalah tersebut. Aku ceritakan masalah tersebut dan kami pun disuruh untuk bermaaf-maafan.

Setelah itu kami disuruh untuk melupakan masalah tersebut, akhirnya lonceng pun berbunyi menandakan pulang sekolah. Kami pun langsung pulang ke rumah. Setibanya di rumah aku merasa senang karena permasalahan tersebut telah selesai.

Aku bercerita tentang kejadian-kejadian yang aku alami di sekolah tadi dengan orang tuaku. Orang tuaku pun menasehati agar selalu mengerjakan tugas tersebut dan mentaati peraturan tata tertib yang ada di sekolah.

13. Contoh karangan narasi bahasa sunda

Pemandangan Alam Desa Abdi

Ti kajauhan hamparan sawah ngabentang luas. Tatangkalan pare sing arendag ka tiup angin siga ombak nu aya dibasisir pantai.

Di belah wetan aya bararudak leutik sing arajol bari sing jarowok ngalalusir kumpulan manuk piit anu keur pesta maracokan pare petani.

Katingali aya bukit nu ngajulang luhur siga raksasa dina kajauhan nu diselimutan ku awan bodas jiga kapas, nu makin nyieun asri pamandangan desa alam abdi

14. Contoh karangan narasi dalam bahasa jawa

Si Jago Abang

Pas iku, aku lagi siap-siap menyang sekolah. Nanging ndilalah ing televisi wongten “Pawarta Enjing” ingkang mawartakake berita tentang kajadian kebakaran. Peristiwa iku kedadean ing salah sawijining panggong cerak marang sekolahanku.

Kebakaran iku kedadean jam 2 esuk. Amargi ana berita iku, aku banjur kaget lan kelingan kanca-kancaku sing manggon omah cerak panggon kebakaran. Ning sakjroning bathin, aku ndonga supados rencang-rencangku ora ono sing kenapa-kenapa.

Selawise ndeleng berita, aku banjur menyang sekolah. Sakbanjure mara sekolah, dongaku kandas, aku sedih, lan ngrasa melu nelangsa, amarga ana 10 kancaku ingkang panggonan omahe melu kebakar.

15. Contoh karangan narasi ekspositoris

Thaksin dan Kekalahan Junta

Hasil pemilu hari Minggu, 22 Desember, dapat digambarkan sebagai kemenangan. Thaksin dan kekalahan Junta. Padahal, dalam skenario Junta, pemilu ingin digunakan untuk mendapatkan dukungan suara rakyat sebagai pembenaran atas kudeta September 2006 yang menggulingkan Thaksin dengan tuduhan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Di luar harapan junta, Partai Demokrat yang difavoritkannya kalah karena mayoritas rakyat Thailand memilih partai pendukung Thaksin, meski PM terguling yang berada di pengasingan itu dipojokkan junta dengan isu korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Terlepas dari soal menang dan kalah dalam perebutan 480 kursi parlemen itu, pemilihan demokratis ini diharapkan akan segera mengakhiri perpecahan dan polarisasi kalangan elite dan rakyat Thailand sejak kudeta militer 15 bulan lalu.

Demikianlah beberapa contoh karangan narasi.

Pencarian yang paling banyak dicari:

  • contoh karangan narasi tentang liburan
  • contoh karangan deskripsi
  • contoh karangan eksposisi
  • contoh karangan bebas
  • contoh teks narasi panjang
  • contoh karangan argumentasi
  • contoh paragraf narasi tentang lingkungan
  • contoh teks narasi bahasa jawa

Aneka Kerajinan dari Stik Es Krim yang Mudah

Kerajinan dari stik es krim menjadi salah satu kerajinan dari barang bekas yang mudah untuk dibuat. Stik es krim sangat mudah untuk didapatkan. Stik...
infastpedia
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *