Contoh Landasan Teori untuk Proposal, Penelitian dan Skripsi

Contoh Landasan Teori – Landasan teori adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam pembuatan sebuah penelitian, landasan teori ini diibaratkan sebagai pondasi utama pada saat kamu akan melakukan penelitian dalam sebuah skripsi.
Di ibaratkan sebagai pondasi sebuah bangunan yang sangat besar. Bangunan yang kuat ialah bangunan yang mempunyai pondasi yang kuat juga, begitu juga dalam penulisan sebuah skripsi, tanpa adanya landasan teori pastinya penelitian dan metode yang digunakan tidak akan berjalan dengan baik.
Contoh Landasan Teori

Pengertian Landasan Teori

Pengertian landasan teori merupakan seperangkat definisi, konsep, proposisi yang sudah disusun rapi, dan sistematis tentang variable-variable di dalam sebuah penelitian. Landasan teori ini akan menjadi dasar yang sangat kuat di dalam penelitian yang akan dilakukan seseorang.
Oleh sebab itu, landasan teori yang dibuat secara baik dan benar dalam sebuah penelitian akan menjadi salah satu hal yang sangat penting, karena landasan teori akan menjadi sebuah pondasi dan landasan di dalam penelitian itu sendiri.

Contoh Landasan Teori yang baik

Berikut adalah contoh landasan teori dalam sebuah penelitian yang membahas tentang pohon pepaya. 

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Landasan Teori

2.1.1 Daun Pepaya

Seperti yang telah sering kita dengar bahwa pengobatan herbal saat ini semakin ramai dan dicari oleh kebanyakan orang. Hal ini tidak lain dikarenkan selain memiliki harganya yang ringan juga tidak relatif akan menimbulkan efek samping berlebih.
Seperti halnya salah satu pohon yang dapat ditemui disekitar kita yaitu pohon pepaya. Pohon pepaya ini setiap bagiannya dapat digunakan manfaatnya, mulai dari daun, batang , biji buah, dan bahkan akarnya. Itu semua bisa dijadikan sebagai bahan obat herbal.

2.1.2 Pepaya (Carica Papaya L.)

Klasifikasi Tanaman Pepaya

Berikut merupakan klarifikasi dari tanaman pepaya yang memiliki nama lain (Carica Papaya L.) :
  1. Regnum : Plantae.
  2. Divisi : Spermatophyta.
  3. Class : Dicotyledoneae.
  4. Ordo : Cistales.
  5. Family : Caricaceae.
  6. Genus : Carica
  7. Species : Carica papaya L.

2.1.3 Karakteristik dari Tanaman Pepaya

Pepaya dengan nama latin carica papaya L adalah tanaman yang berasal dari benua Amerika bagian Tengah. Pepaya mampu tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis. Penyebarannya juga dilakukan oleh pedagang Spanyol 10 ke seluruh dunia.
Masyarakat umum di Indonesia mengenal pepaya sekitar tahun 1930 khususnya di Pulau Jawa. (Silahkan tambahkan sendiri yang lebih banyak lagi jika kamu ingin membuat sebuah penelitian).

2.1.4 Kandungan Zat Kimia Daun Pepaya

Dari beberapa kandungan yang ada di dalam daun pepaya diduga memiliki potensi sebagai larvasida adalah enzim.

2.1.5 Penyakit yang dapat  Menyerang Unggas

Penjelasan yang lebih lengkap silakan kamu isi sendiri yaaa…..

2.2 Kajian Penelitian yang Relevan

Setelah membuktikan dengan penelitian, maka penulis akan mengembangkan kandungan yang terdapat di dalam daun pepaya yang memiliki manfaat untuk pencegahan penyakit yang menyerang unggas. Karena banyaknya jumlah kasus unggas yang terkena penyakit di Indonesia.

2.3 Kerangka berpikir

Awalnya penulis mendapatkan beberapa fakta mengenai kasus unggas yang banyak mati karena terserang penyakit. Ini merupakan sebuah masalah dikancah internasional. Namun, penulis hanya akan mengamati di wilayah Indonesia saja khususnya di  daerah Jabodetabek.
Perlu diketahui bahwa unggas yang sudah terkena penyakit ini sangatlah berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia,  termasuk untuk warga yang tinggal disekitar kandang unggas tersebut. Sebenarnya pemerintah telah menyediakan vaksin tetapi vaksin tersebut menggunakan bahan baku baku kimia.
Sehingga pada saat konsumen memakan daging ayam tersebut makan akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan konsumen itu sendiri, karena vaksin seperti itu akan tertimbun danmenumpuk di tubuh. Oleh karena itul, penulis ingin membagikan wawasan dengan pengobatan vaksin alami yang bahannya terbuat dari daun pohon pepaya.

2.4 Hipotesis Penelitian

Berdasarkan asumsi yang telah dibuat secara teoritis, maka dibutuhkan suatu kesimpulan yang sifatnya sementara. Karena itu peneliti membuat hipotesis seperti berikut. 
“Daun pepaya mengandung zat yang dapat dijadikan sebagai vaksin alami unggas”

H0  : Daun pepaya tidak dapat dijadikan sebagai vaksin untuk unggas.
H1  : Daun pepaya dapat dijadikan vaksin alami untuk unggas.

Selain membuat landasan teori Anda juga diharuskan atau diwajibkan mengetahui bagaimana cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar. (Baca :  Format Penulisan Daftar Pustaka)

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai Contoh Landasan Teori untuk Proposal, Penelitian dan Skripsi. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Sekian dan terima Kasih.


Penelusuran yang terkait dengan Contoh Landasan Teori

  • contoh landasan teori jurnal
  • contoh landasan teori laporan praktikum
  • contoh landasan teori laporan pkl
  • pengertian landasan teori dan contohnya
  • contoh landasan teori makalah penelitian
  • pengertian landasan teori menurut para ahli
  • contoh penulisan landasan teori yang benar
  • perbedaan landasan teori dan pembahasan

Leave a Comment