contoh soal akm
soal-soal

Contoh Soal AKM

Contoh Soal AKM Numerasi dan Literasi di Asesmen Nasional  ini bisa menjadi panduan belajar siswa. AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh siswa untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi pada masyarakat.

 

AKM juga merupakan bagian dari Asesmen Nasional yang akan menjadi pengganti Ujian Nasional (UN) sebagai evaluasi terkait mutu pendidikan.

Contoh soal akm sd kelas 5

Berikut ini kami berikan contoh soal akm sd kelas 5 dan jawabannya lengkap.

Soal AKM Numerasi

1. Ayah hendak mengganti ubin kamar Badrun dengan yang baru. Kamar Badrun memiliki luas 4 m x 8 m. Badrun memilih ubin dengan ukuran 40 cm x 40 cm. Maka, berapa ubin baru yang harus dibeli ayah untuk mengganti ubin kamar Badrun?

A. 200 ubin

B. 400 ubin

C. 20 ubin

D. 40 ubin

Penyelesaian:

  • Pertama, ubah ukuran ubin menjadi cm yakni 400 cm x 800 cm.
  • Dengan ukuran 40cm x 40cm, maka banyak ubin yang diperlukan berdasar panjang ruangan yakni 10 dan 20 untuk lebarnya. 10 x 20 = 200 ubin. Jadi, jawaban yang benar adalah A.

 

2. Desi, Putra, Safak, Aris dan Santi pergi ke toko tas. Mereka membeli tas dengan harga yang berbeda-beda. Berikut harga tas yang dibeli:

  • Desi membeli tas seharga Rp246.400,00.
  • Putra membeli tas seharga Rp56.300,00.
  • Safak membeli tas seharga Rp125.500,00.
  • Aris membeli tas seharga Rp75.600,00.
  • Santi membeli tas seharga Rp279.800,00.

Manakah pernyataan berikut yang benar? Berilah tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar!

A. Tas Aris seharga tujuh ratus lima puluh enam ribu rupiah.

B. Tas Desi seharga dua ratus empat puluh enam ribu empat ratus rupiah.

C. Tas Putra seharga lima puluh enam ribu tiga ratus rupiah.

Jawaban:

(B) Tas Desi seharga dua ratus empat puluh enam ribu empat ratus rupiah dan

(C) Tas Putra seharga lima puluh enam ribu tiga ratus rupiah.

3. Sebuah bongkahan objek penelitian di laboratorium disimpan dalam freezer dengan suhu -14℃, jika dikeluarkan dari freezer objek penelitian tersebut akan mengalami kenaikan suhu yakni 1,5 ℃ setiap 3 menit. Maka objek penelitian tersebut dikeluarkan dari freezer selama 12 menit akan berada di suhu…℃.

A. -6℃

B. 6℃

C. -8℃

Jawaban: C. 8℃

Penyelesaian:

Jika berada di luar freezer selama 12 menit maka suhu akan naik sebanyak: 1,5 ℃=3 menit x ℃=12 menit 1,5x=3123 x=18x=6℃ Maka suhu akan naik sebanyak 6℃, sehingga: -14℃+6℃=-8℃

4. Yusuf membeli gula merah 14 kg untuk membuat cendol. Karena kurang, Yusuf membeli lagi gula merah sebanyak 0,85 kg. Setelah selesai membuat cendol, ternyata masih tersisa 30% dari keseluruhan gula merah. Berapakah gula merah yang digunakan Yusuf untuk membuat cendol adalah….

A. 0,77 kg

B. 0,7 kg

C. 0,33 kg

D. 0,3 kg

Penyelesaian:

Total gula merah Yusuf adalah 14kg + 0,85 kg = 0,25 kg + 0,85 kg = 1,1 kg.

Gula merah yang tersisa adalah 30%:30100 x 1,1 kg = 0,33 kg.

Maka gula merah yang digunakan untuk membuat cendol adalah 1,1 kg – 0,33 kg = 0,77 kg.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

5. Bibit tanaman yang sudah ditanam sebanyak 128 batang. Bibit melati dan kamboja yang sudah ditanam masing – masing 35 batang.

Berdasarkan informasi di atas, berilah tanda centang (√) pada kolom benar atau salah dari setiap pernyataan berikut!

A. Banyak bibit yang belum ditanam adalah 72 batang. [benar/salah]

B. Bibit mawar yang belum ditanam adalah 45 batang. [benar/salah]

Jawaban: A (Benar), B (Salah)

Soal AKM Literasi

1. Perhatikan teks berikut ini. Uniknya Burung Scarlet Ibis Di kepulauan tropis Karibia, Amerika Selatan, terdapat sebuah burung unik yang bernama scarlet ibis. Ukuran burung scarlet ibis terbilang cukup besar dengan panjang mencapai 70 cm dan berat sekitar 700-900 gram.

Salah satu hal unik yang terpancar dari burung ini adalah bulunya yang sangat indah. Warna bulunya terbilang sangat merah. Akan tetapi, warna merah tersebut baru terlihat saat burung scarlet ibis beranjak dewasa. Ketika lahir, warna burung ini bisa dibilang beraneka ragam, mulai dari abu-abu, cokelat, putih atau campuran ketiganya. Saat burung ini memasuki fase remaja, baru warna bulunya perlahan-lahan menjadi merah merona.

Astaxanthin jadi salah satu zat yang membuat warna burung iblis terlihat enak dipandang. Astaxanthin merupakan zat warna merah alami yang didapatkan burung scarlet dari makanan favoritnya, yaitu kepiting merah dan udang. Satu hal yang sangat disayangkan dari burung ini adalah warna bulunya bergantung pada makanan yang ia konsumsi. Warna bulu scarlet ibis bisa tiba-tiba berubah jadi abu-abu atau putih saat burung ini kekurangan asupan makanan favoritnya.

Oleh karenanya, burung-burung scarlet ibis yang dipelihara di kebun binatang biasanya diberi makanan yang mengandung buat bit dan wortel supaya warna bulunya tetap indah dan sejuk dipandang.

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat! Jika kamu mendapat tugas merawat burung scarlet ibis, apa yang akan kamu lakukan agar warna bulu burung itu tetap merah menyala?

Pembahasan: Jawabannya adalah memberi makanan berupa buah bit, wortel, kepiting merah, dan makanan berupa udang.

2. Baca teks berikut ini dengan seksama.

Ketika Gilang Ingin Seperti Kak Sita Gilang ingin seperti Kak Sita. Pintar menggambar dan bercerita. Gilang ingin belajar menggambar, tetapi Kak Sita tak mau mengajari. Kak Sita juga sering mengikuti pentas menyanyi dan menari. Menari di atas panggung diiringi musik sepertinya asyik. Kak Sita juga pintar menari. Gilang ingin seperti Kak Sita.

Namun, Kak Sita berlatih sendiri di sanggar tari depan rumah. Diam-diam Gilang mengikuti. Tiba-tiba Kak Sita menoleh ke arah Gilang. Oh-Oh. Kak Sita tidak suka. Anak laki-laki tak boleh menari Bondan, kata Kak Sita menasehati Gilang. Tari Bondan untuk anak perempuan. Kak Sita menyuruh Gilang menunggu. Gilang bosan menunggu. Gilang ingin menari. Eh, di sana ada apa? Samar-samar Gilang mendengar suara musik pengiring tarian. Ternyata ada tarian untuk Gilang. Gilang suka menari tari Jaranan. Tari untuk anak laki-laki. Gilang juga suka tari kelinci. Gilang senang bisa pentas menari bersama Kak Sita. Mengapa Gilang diam-diam mengikuti Kak Sita menari?

A. Gilang ingin bisa menari seperti Kak Sita.

B. Gilang dimarahi oleh Kak Sita karena menari.

C. Gilang tidak diajak oleh Kak Sita latihan menari.

Jawaban: A. Gilang ingin bisa menari seperti Kak Sita dan

C. Gilang tidak diajak oleh Kak Sita latihan menari.

3. Jendana mendapat undangan pesta di balai kota. Ia ingin datang dan membawa makanan istimewa. Nama makanan itu gado-gado. Jendana sudah menyiapkan bahannya. Ada cabai, bawang merah, dan bawang putih. Jendana juga menyiapkan kacang, garam, gula merah. Semua bumbu dihaluskan jadi satu.

Selanjutnya, Jendana memotong lontong, kentang, dan sayur-sayuran. Semua bahan dan bumbu dicampur dan dituang bumbu kacang yang sudah dihaluskan. Begitu matang, gado-gado itu akan dibawa ke istana. Sekarang Jendana sudah sampai di istana. Jendana memberikan gado-gado buatannya pada Tuan Putri.

Sebenarnya, Jendana takut Tuan Putri gak menyukai gado-gado tersebut. Syukurlah, Tuan Putri suka sekali dengan gado-gado Jendana. Ia bahkan juga menawarkan pada tamu undangan yang lain. Jendana senang sekali. Di istana, Jendana merasa takut karena…

A. Ia belum pernah diundang ke istana.

B. Ia tidak mengenal tuan putri

C. Ia hanya membawa gado-gado buatan sendiri.

D. Ia khawatir tuan putri tidak menyukai gado-gado buatannya.

Jawaban:

D Teks bacaan untuk soal nomor 4 dan 5. Dokter Buku Sekolahku mengadakan perlombaan. Anak yang paling banyak membaca buku akan menjadi pemenang. Dia akan mendapat gelar “Monster Buku”. Aku dan Tuti ikut meminjam beberapa buku di perpustakaan. Buku yang dipinjam Tuti ternyata halamannya banyak yang lepas. Ia dibantu ibunya memperbaiki buku yang rusak di rumah. Tuti jadi bersemangat untuk meminjam lebih banyak buku. Buku yang dipinjam adalah buku yang rusak dan perlu diperbaiki.

Tibalah saatnya gelar “Monster Buku” diumumkan. Gelar itu diraih oleh Tuti. Tuti diminta tampil untuk menceritakan isi buku yang dipinjam. Tuti langsung maju. Dengan gugup Tuti bercerita. Ia meminjam banyak buku hanya untuk diperbaiki, bukan dibaca. Gelar “Monster Buku” tidak jadi diberikan. Tuti akhirnya mendapat gelar baru, “Dokter Buku”.

4. Apa yang membuat Tuti bersemangat untuk meminjam banyak buku?

A. Meraih gelar “Monster Buku”.

B. Mengikuti perlombaan di sekolah.

C. Meraih gelar “Dokter Buku”.

D. Memperbaiki buku-buku yang rusak.

Jawaban:

A. 5. Gelar apa yang akhirnya didapatkan oleh Tuti? Jawaban: gelar Dokter Buku

Contoh soal akm smp kelas 8

1. Mina padi adalah bentuk usaha tani gabungan dengan memanfaatkan genangan air sawah yang ditanami padi dan juga kolam untuk budidaya ikan. Maka dari itu, selain mendapat hasil panen yaitu padi, petani yang menerapkan sistem mina padi juga dapat memanen ikan. Pak Made merupakan salah satu petani di Bali yang menerapkan sistem mina padi di sawahnya. Pak Made menjelaskan bahwa dengan menerapkan sistem mina padi, pendapatan dari hasil panen beliau meningkat. Meski begitu, perawatan padi dan ikan pada sistem mina terbilang gampang-gampang susah.

Benih ikan yang ditebar oleh Pak Made di sawahnya seluas 1,5 ha yang terdiri dari ikan emas dan ikan nila dengan ukuran 5 cm sampai dengan 8 cm. Sehingga, kepadatannya sebesar 5.000 ekor per ha. Perbandingan benih ikan emas dengan benih ikan nila yang ditebar oleh Pak Made sejumlah 3 : 2.

Harga bibit ikan nila adalah Rp500,00 per ekor sedangkan harga bibit ikan emas adalah dua kali lipatnya. Setiap pagi, Pak Made memberi pakan tambahan berupa dedak halus dengan intensitas 250 kg per ha.
Setelah tujuh puluh hari, Pak Made memanen ikannya tersebut. Total ikan yang dipanen adalah 6.500 kg per ha. Harga ikan emas dan ikan nila yang dipanen oleh Pak Made adalah Rp30.000,00 per kg dan Rp27.000,00 per kg. Sekitar 2 bulan kemudian, Pak Made memanen padinya dengan hasil 5,7 ton per ha. Pak Made menjualnya dalam bentuk gabah kering panen (GKP) dengan harga Rp5.000,00 per kg.

Tentukanlah benar atau salah pernyataan berikut.

  1. Total benih ikan emas yang ditebar di sawah Pak Made sejumlah 4.500 ekor.
  2. Total benih ikan nila yang ditebar sawah Pak Made sejumlah 2.000 ekor.
  3. Total ikan emas yang dipanen Pak Made sejumlah 3.900 ekor.
  4. Total ikan nila yang dipanen Pak Made sejumlah 3.9000 ekor.

Jawaban

  1. Total benih ikan emas yang ditebar di sawah Pak Made sejumlah 4.500 ekor
    Diketahui:
    Luas sawag Pak Made 1,5 ha
    Kepadatan benih ikan 5.000 ekor per ha
    Jawab
    Total benih yang ditebar Pak Made adalah 1,5 x 5.000 = 7.500 ekor
    Perbandingan benih ikan emas dan nila yang ditebar Pak Made adalah 3 : 2
    Total benih ikan emas yang ditebar di sawah Pak Made:
    3/2+3 x total benih ikan
    = 3/5 x 7.500 ekor
    = 4.500 ekor ikan emas
    Jadi, jawaban dari pertanyaan pertama adalah benar.
  2. Total benih ikan nila yang ditebar di sawah Pak Made adalah 2.000 ekor.
    Diketahui:
    Total benih ikan 7.500 ekor
    Perbandingan benih ikan emas dan nila yang ditebar Pak Made adalah 3 : 2
    Jawab
    Total benih ikan nila yang ditebar di sawah Pak Made:
    2/3+2 x total benih ikan
    = 2/5 x 7.500
    = 3.000 ekor ikan nila
    Jadi, jawaban dari pertanyaan kedua adalah salah.
  3. Total ikan emas yang dipanen Pak Made adalah 3.900 ekor.
    Diketahui
    Total ikan yang dipanen Pak Made 6.500 kg per ha
    Perbandingan benih ikan emas dan nila yang ditebar Pak Made adalah 3 : 2
    Jawab
    Luas sawah Pak Made adalah 1,5 ha. Sehingga total ikan yang dipanen Pak Made yaitu:
    1,5 x 6.500 ekor = 9.750 kg
    Total ikan emas yang dipanen Pak Made yakni:
    3/3+2 x jumlah ikan yang dipanen
    = 3/5 x 9.750 ekor
    = 5.850 ekor ikan emas
    Jadi, jawaban dari pertanyaan ketiga adalah salah.
  4. Total ikan nila yang dipanen Pak Made adalah 3.900 ekor.
    Diketahui jumlah ikan yang dipanen Pak Made adalah 9.850 ekor
    Perbandingan benih ikan emas dan nila yang ditebar Pak Made adalah 3 : 2
    Jawab
    3/2+3 x jumlah ikan yang dipanen
    = 3/5 x 9.850
    = 3.900 ekor ikan nila.
    Jadi, jawaban dari pertanyaan keempat adalah benar.

 

2. Pak Ali berencana akan membangun sebuah rumah yang akan dihuni bersama dengan isteri dan satu anaknya. Kriteria rumah yang ingin dibangun pak Ali adalah sebagai berikut:

  1. Pak Ali tidak memiliki asisten rumah tangga sehingga tidak membuat kamar asisten rumah tangga.
  2. Pak Ali tidak membuat kamar khusus tamu.
  3. Pak Ali ingin membuat dua buah kamar mandi.

Pak Ali membeli sebidang tanah yang luasnya 1 are. Pak Ali mengalokasikan 15 m² dari tanah tersebut untuk dibuat halaman rumah. Apakah Pak Ali bisa membangun rumah yang ideal?

A. Ya, karena cukup membutuhkan lahan 82,5 m².

B. Ya, lahan Pak Ali masih tersisa 10 m².

C. Tidak, karena rumah ideal Pak Ali memerlukan luas minimal 90 m².

D. Tidak, lahan Pak Ali masih kurang 7,5 m².

Kunci Jawaban/ Pembahasan A.

Contoh soal akm kelas 11

1. Sebuah nampan pada tumpeng jika diberdirikan akan setinggi 50 cm. Tumpeng akan diletakkan tepat di tengah, jika masing-masing ujung tumpeng berjarak 7,5 cm dari ujung nampan.

Berapa isian nasi yang dibutuhkan agar tumpeng tersebut padat, jika tinggi tumpeng yang diinginkan adalah 30 cm? a. 9.625 cm3 b. 96,25 liter c. 11.250 ml d. 12.500 cm3 e. 3,85 liter

Jawaban:

Isi tumpeng = volume kerucut. Diameter tumpeng berada 7,5 cm dari masing masing ujung yang artinya 50-7,5-7,5=35 cm. Sehingga jari-jarinya adalaah 17,5 cm. 13×π×r2×t=13227×17,5×17,5×30=9.625 cm3

Jadi, isian nasi yang dibutuhkan agar tumpeng tersebut padat, jika tinggi tumpeng yang diinginkan adalah 30 cm, yaitu A. 9.625 cm3.

2. Badan Geologi, Kementerian ESDM dan Mitigasi Bencana Geologi Sumatera Utara sedang mengamati ketinggian letusan awan panas gunung Sinabung. Puncak gunung terlihat pada sudut elevasi 30° sedangkan puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°. Diketahui tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter dan terjadi kesalahan dalam mengukur sudut elevasi. Besar sudut elevasi untuk melihat tinggi erupsi seharusnya adalah 50°.

Akibat kesalahan ini, bagaimanakah tinggi erupsi gunung sebenarnya? Apakah lebih tinggi atau lebih rendah bila dibandingkan dengan tinggi erupsi yang didapatkan dari sudut elevasi semula?

Jawaban:

Puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°, namun terdapat kesalahan dan seharusnya tinggi puncak letusan awan panas atau tinggi erupsi adalah 50°.

Maka, dapat disimpulkan bahwa tinggi erupsi gunung yang sebenarnya lebih rendah dibanding dengan tinggi erupsi yang pada sudut elevasi semua karena tan 50 lebih kecil dari tan 60.

3. Demikianlah kiranya yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, akhirnya dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, seraya memohon ridho Tuhan YME, diklat Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Peduli Pendidikan II tahun 2007 di kota Tarakan, secara resmi saya nyatakan dimulai.

Pernyataan di atas merupakan bagian dari?

a. Penutup wawancara

b. Penutup sambutan

c. Pembuka sambutan

d. Pembuk khotbah

Jawaban:

Pernyataan di atas merupakan bagian dari? b. penutup sambutan.

4. Contoh-contoh seperti Bupati Subang Eep Hidayat, pengusaha real estate; Fauzi Saleh, pengusaha Bogasari Flour Mills dan Hard Rock Café menjadi menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Penggalian terhadap nilai-nilai yang mereka anut dalam menjalankan pemerintahan dan usaha berdasarkan konsep kepemimpinan Pelayan.

Hal ini menjadi pelajaran berharga yang layak disimak setiap pembaca buku ini. Informasi pokok penggalan isi resensi buku di atas adalah?

a. Figur yang menerapkan kepemimpinan pelayan di bidang usaha dan politik

b. Figur yang mencetuskan kepemimpinan pelayan.

c. Figur pengusaha sukses dalam bisnis yang menerapkan kepemimpinan

d. Figur orang-orang kaya se-Indonesia yang memimpin dengan baik.

Jawaban:

Informasi pokok penggalan isi resensi buku di atas adalah? a. Figur yang menerapkan kepemimpinan pelayan di bidang usaha dan politik.

5. Kemajemukan masyarakat Indonesia berdasarkan jenis agama ditandai dengan keanekaragaman dalam hal cara beribadah berdasarkan?

a. Asal usul agama

b. Para penyebar agama

c. Para tokoh agama

d. Ajaran dalam kitab suci

Jawaban:

d. Ajaran dalam kitab suci.

 

Contoh soal akm

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.