Contoh Soal PG Bahasa Indonesia K13 Kelas XI Semester 1 dan Jawaban

Contoh Soal PG Bahasa Indonesia K13 Kelas XI Semester 1 dan Jawaban – Selamat datang kembali sahabat Infastpedia. Semoga kalian dalam keadaan sehat walafiat ya. Iya dong karena harus tetap semangat sekolah untuk menuntut ilmu. Nah pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tentang “Contoh Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI Semester 1 disertai Jawaban”
Contoh Soal PG Bahasa Indonesia K13 Kelas XI Semester 1 dan Jawaban

Soal PG Bahasa Indonesia K13 Kelas XI dan Jawabannya

Di bawah ini merupakan contoh soal PG B.Indonesia kelas 11 semester satu dan dilengkapi dengan kunci jawaban untuk siswa SMA/SMK/MAK/MA/Sederajat serta dengan pembahasannya.

1. Bacalah pernyataan berikut!
(1) Memiliki tempat persemaian
(2) Membuat bedeng persemaian
(3) Memberi atap tempat persemaian
(4) Menyemai benih
(5) Pemeliharaan benih
Bagian inti dari langkah pembibitan tanaman adalah ….
a. (1),(2),(5)
b. (1),(4),(5)
c. (2),(4),(5)
d. (2),(3),(5)
e. (2),(3),(5)
Jawaban: a. (1),(2),(5)
Pembahasan:
Langkah-langkah tersebut termasuk teks prosedur, inti dari teks prosedur adalah jawaban a.

2. Perhatikan kutipan teks prosedur kompleks berikut!
Ingin menanam pohon buah, tetapi tidak memiliki lahan Anda bisa mencoba sistem tabulapot (tanaman buah dalam pot). Tekniknya cukup sederhana dan mudah diaplikasikan. Tanaman pun lebih cepat berbuah. Pertama, siapkan media tanamanya berupa tong atau pot da nisi dengan tanah yang telat dicampur oleh kompos ….

Jika teks tersebut Anda ubah menjadi penggalan drama, maka tempat yang tepat untuk dijadikan latar adalah ….
a. kelas
b. kantin
c. kebun
d. pasar
e. laboratorium
Jawaban: c. kebun
Pembahasan:
Salah satu unsur intrinsik yang wajib dimasukan dalam prosa/narasi adalah latar. Latar adalah pendeskripsian keadaan tempat, waktu dan suasana. Latar tempat adalah di mana peristiwa terjadi. Jika teks prosedur tersebut bertemakan proses menanam buah dalam pot latar tempat yang paling cocok ada pada kebun.

3. Perhatikan drama pendek berikut!
Bimo : “San, kamu jadi ikut program magister di UI?”
Sandi : “Jadi, kenapa memangnya?”
Bimo : “Saya udah daftar tapi bingung bayarnya ….”
Sandi : “Bayar di atm aja lebih simpel gak pake antre.”
Bimo : “ Oh bisa ya?”

Sandi : “Nah, cara pembayaran melalui ATM itu lebih mudah, pertama masuk ke menu Transaksi      Lainnya, lalu pilih menu Pembayaran, pilih menu Pendidikan, setelah itu kamu masukan nomor pelanggan.”
Bimo : “Nomor pelanggan maksudnya?”

Sandi : “Masukan kode institusi dan nomor registrasi. Contohnya, kode UI itu 050 dan setelah itu masukkan nomor registrasi kamu …. Setelah itu, ikuti petunjuknya saja … gampang kan?”

Judul teks prosedur kompleks yang tepat berdasarkan dialog drama tersebut adalah ….
a. Tata Cara Pendaftaran Program Magister UI
b. Prosedur Registrasi Ujian UI
c. Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister UI via ATM
d. Tata Cara Membuka Rekening di Bank
e. Tata Cara Pembayaran Registrasi Program Magister UI
Jawaban: c. Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister UI via ATM

Pembahasan:
Judul teks procedural kompleks dapat dilihat dari tujuan dan langkah-langkah yang muncul dalam drama di atas. Tujuan prosedur kompleks pada drama tersebut muncul pada dialog tuturan ketiga sandi, yaitu mudahnya melakukan pembayaran registrasi program magister SIMAK melalui ATM BNI. Dengan demikian, judul yang tepat adalah Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister SIMAK UI via ATM.

4. Berikut pernyataan yang tepat terkait langkah mengubah teks prosedur kompleks menjadi bentuk drama, kecuali ….
a. Menyiapkan tokoh-tokoh yang akan berperan dalam drama berdasarkan jumlah partisipan
b. Menyusun diaog secara sistematis berdasarkan sifat teks prosedur kompleks
c. Mengemas kalimat dialog agar bernuansa satire dan menghibur
d. Menentukan latar yang sesuai dengan tema dan tujuan teks prosedur kompleks
e. Menciptakan lakuan-lakuan yang disesuaikan dengan langkah-langkah pada teks prosedur kompleks

Jawaban: c. Mengemas kalimat dialog agar bernuansa satire dan menghibur
Pembahasan:
Untuk menciptakan drama berdasarkan teks prosedur kompleks, hal pertama yang kita perlukan adalah tokoh yang akan kita sesuaikan dengan partisipan pada prosedur kompleks. Hal kedua adalah menciptakan dialog yang sistematis. Kemudian, kita buat lakukan yang kita ambil berdasarkan langkah di dalam teks prosedur kompleks. Terakhir, ciptakan latar yang sesuai.

5. Dalam mengabstraksi teks prosedur kompleks, hal yang harus tetap dipertahankan adalah ….
a. mempertahankan bahasa yang digunakan
b. mempertahankan struktur isi dan kaidah kebahasaan
c. mempertahankan bagian-bagian teks prosedur
d. mempertahankan judul teks
e. mempertahankan efektivitas bahasa teks
Jawaban: b. mempertahankan struktur isi dan kaidah kebahasaan.
Pembahasan:

Mengabstraksikan bisa dikatakan juga sebagai merangkum teks. Dalam mengabstraksikan, hal yang tetap harus diperhatikan adalah bagian-bagian dari teks itu sendiri serta kekhasannya. Dalam hal ini, hal harus diperhatikan antara lain struktur isi dan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks.

6. Perhatikan paragraph berikut!
Inilah beberapa kiat atau cara untuk membuat status yang berkualitas di media sosial. Harap dierhatikan, isi status seseorang sebenarnya menggambarkan kepribadiaan pemiliknya! Hal yang menarik saat ini adalah banyak perusahaan menjadikan status seseorang di media sosial sebagai daftar riwayat hidup pemiliknya.

Perusahaan juga dapat mengetahui etos kerja dan karakter pemiliknya. Oleh sebab itu, sejak sekarang, isi status tersebut dengan hal yang bermanfaat dan berkualitas!.

Kutipan tersebut menginformasikan tentang ….
a. manfaat status di media sosial
b. status adalah gambaran pribadi pemiliknya
c. status adalah riwayat hidup pemiliknya
d. cara menjaga status di media sosial agar berkualitas
e. status harus meningkatkan kualitas pemiliknya
Jawaban: a. manfaat status di media sosial

Pembahasan:
Informasi merupakan sekumpulan data atau fakta yang diorganisasi diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima. Data yang telah diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi si penerima maksudnya yaitu dapat memberikan keterangan atau pengetahuan. Informasi yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah jawaban a.

Cermatilah teks prosedur berikut untuk menjawab nomor 7 dan 8!
Proses pembuatan nata de coco

1. Saringlah air kelapa menggunakan saringan halus! Ini untuk menghilangkan, pecahan tempurung, serat sabut, atau kotoran lainnya.
2. Panaskan air kelapa tadi selama 30 menit!
3. Selama pemanasan berlangsung, masukan bahan tambahan lainnya!
4. Sebelum pemanasan selesai tambahkan asam cuka hingga mencapai PH tertentu!
5. Pemanasan harus berhenti jika sudah mencapai pH yang dimaksud!

7. Kelompok kata kerja imperatif adalah ….
a. saringan, pemanasan, berhenti
b. tambahkan, panaskan, ,masukkan
c. mencapai, berlangsung, menghilangkan
d. saringan, berlangsung, mencapai
e. pemanasan, masukkan, mencapai
Jawaban: b. tambahkan, panaskan, masukkan

Pembahasan:
Imperatif adalah kata yang memiliki makna memerintah, dalam teks tersebut dapat diketahui dengan imbuhan partikel-kan.

8. Urutan langkah-langkah yang benar pembuatan nata de coco dari air kelapa adalah ….
a. pendidikan, pewadahan, penyaringan, pendinginan, penutupan
b. penyaringan, pendidihan, pewadahan, penutupan, pendinginan
c. penutupan, penyaringan, pendidihan, pendinginan, pewadahan
d. pewadahan, penutupan, penyaringan, pendidihan, pendinginan
e. pendinginan, pewadahaan, penyaringan, pendidihan, penutupan
Jawaban: b. penyaringan, pendidihan, pewadahan, penutupan, pendinginan

Pembahasan:
Teks tersebut termasuk teks prosedur yaitu cara pembuatan nata de coco. Nata de coco yang sesuai dengan urutan adalah jawaban b.

9. Baca cermat langkah-langkah pembuatan keripik pisang berikut!
(1) Perendaman.
(2) Pemilihan bahan.
(3) Pengupasan.
(4) Penggorengan.
(5) Perajangan/ Pemotongan.
Urutan langkah yang tepat adalah ….
a. (1), (2), (3), (5), (4)
b. (2), (1), (3), (4), (5)
c. (2), (3), (5), (1), (4)
d. (5), (1), (2), (3), (4)
e. (2), (3), (1), (4), (5)
Jawaban: c. (2), (3), (5), (1), (4)
Pembahasan:
Langkah-langkah tersebut termasuk pada teks prosedur, langkah-langkah tersebut yang benar adalah sebagai berikut.
(2) Pemilihan bahan.
(3) Pengupasan.
(5) Perajangan/ Pemotongan.
(1) Perendaman.
(4) Penggorengan.

10. Perhatikan kutipan drama dibawah ini!
A. Sato : “Eh, Budi, ada apa Bud?
Tumben sore-sore kemari?”

B. Budi : “To, ada waktu ga? Minta ajarin melukis di atas kanvas dengan cat minyak di atas kanvas        dengan cat minyak dong!”

C. Sato  : “Melukis di atas kanvas itu mengasyikkan Bud. Teknik yang digunakan untuk melukis di kanvas dengan cat minyak juga gak sulit kok, hanya butuh kesabaran dan ketelatenan walau dibutuhkan keberaniaan dalam aplikasi warna tertentu.”

D. Budi : “Ah, masak sih? Keliatannya sulit? Jadi tambah penasaran nih .. saya sudah siapkan semua peralatannya nih, kuas, palet, pensil gambar, penghapus, cat minyak … udah semua kan? Atau ada yang kurang?”

E. Sato : “Udah semua kok. Nah, pertama kamu coba gambar dulu sketsanya di kanvas. Jangan terlalu tebal biar nanti pas dicat tidak terlalu kelihatan garis. Kalau sketsa sudah jadi, coba, kamu mulai lakukan campuran warna. Ada teknik dalam mencampur warna ….”
Bagian yang menunjukkan tujuan prosedur kompleks ada pada ….
a. a
b.b
c. c
d. d
e.e
Jawaban: c. c
Pembahasan:
Tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai setelah kita melakukan urutan langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks. Berdasarkan drama tersebut , tujuan teks prosedur kompleks adalah mampu menciptakan lukisan di atas kanvas dengan menggunakan cat minyak.tujuan pada penggalan drama di atas muncul pada bagian C.

11. Kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah kalimat ….
a. imperatif
b. interigatif
c. baku
d. tanya
e. ke Satu
Jawaban: a. imperatif
Pembahasan:
Kalimat imperatif adalah kalimat yang mengandung unsur perintah..

12. Cermatilah teks berikut!
Batang pisang dikerap cukup dalam, kemudian batang pisang dirobohkan pelan-pelan. Caranya, salah satu pelepah daunnya ditarik sampai hampir roboh. Tandanya pisang jangan sampai membentur tanah agar tidak trusak. Sebelum tandan dekat ke tanah, ujung tandan dipegang dengan tangan atau disangga dengan alat yang telah disediakan.Kutipan tersebut merupakan bagian dari ….
a. cara memanen buah pisang
b. cara memanfaatkan buah pisang
c. tanda-tanda buah pisang siap panen
d. buah pisang sebagai bahan keripik pisang
e. manfaat buah pisang selain sebagai buah meja
Jawaban: a. cara memanen buah pisang
Pembahasan:
Teks diatas termasuk dalam teks prosedur, teks tersebut menceritakan bagaimana cara memanen buah pisang dengan baik dan benar.

13. Bacalah teks prosedur berikut!
Daun cincau disiapkan di ember, lalu siram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat agar terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih ini akan membuat daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan, sehingga mengurangi aroma daun cincau.
Kutipan tersebut adalah bagian isi yang menjelaskan tentang ….

a. pemilihan bahan pembuatan cincau
b. bahan-bahan pembuatan cincau
c. salah satu langkah pembuatan cincau
d. perlengkapan untuk pembuatan cincau
e. manfaat ekonomis pembuatan cincau
Jawaban: c. salah satu langkah pembuatan cincau

Pembahasan:
Teks tersebut termasuk dalam teks prosedur, teks tersebut menceritakan bagaimana langkah pembuatan cincau.

14. Baca dengan cermat kutipan tersebut!
Rebuslah air bersih secukupnya sampai mendidih! Setelah itu, celupkan daun jeruk purut  beberapa saat agar daun itu menjadi lunak! Lalu, angkatlah daun jeruk purut itu dan tiriskan! Tumbuk selembar daun pandan dan diberi air matang! Setelah itu, peraslah untuk diambil airnya!

Kata-kata yang bermakna perintah adalah ,…
a. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah
b. secukupnya, beberapa, menjadi, mendidih
c. rebuslah, beberapa, menjadi, diberi
d. tiriskan, menjadi, beberapa, selembar
e. selembar, pandan, peraslah, beberapa
Jawaban: a. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah
Pembahasan:
Kalimat perintah biasanya menggunakan partikel -lah dalam teks tersebut yang menggunakan partikel -lah adalah  rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah.

15. Cermatilah teks berikut!

Siapkan baskom yang sudah dibersihkan! Cucilah daun cincau hijau yang baru dipetik, masukan dalam baskom! Kemudian lumatkan dengan tangan yang sudah bersih! Sambil dilumatkan, berilah air matang sedikit demi sedikit, kemudian diremas, sehingga terasa lekat di tangan! Campurkan irisan daun pandan sewaktu pelumatan! Setelah terbentuk galatin (cairan kental) disaring dan ditampung pada panic yang telah disiapkan. Pelumasan dan penyaringan diteruskan hingga gelatin tidak lekat lagi.

a. kemudian, sehingga, dan
b. siapkan, masukkan, campurkan
c. kemudian, siapkan, disaring
d. setelah, campurkan, ditampung
e. campurkan, dan, disiapkan
Jawaban: a. kemudian, sehingga, dan
Pembahasan:
Kata hubung dapat disebut dengan kata hubung, kata yang hubung yang tepat dalam teks tersebut kemudian, sehingga, dan.

16. Teks prosedur kompleks memiliki struktur, yaitu
a. judul-tujuan-langkah langkah
b. judul-langkah langkah-tujuan
c. judul-langkah langkah
d. langkah langkah-tujuan
e. tujuan-langkah langkah
Jawaban: a. judul-tujuan-langkah langkah

Pembahasan:
Teks prosedur berisi tentang langkah membuat atau melakukan sesuat. Struktur teks prosedur adalah judul-tujuan-langkah langkah.

17. Dalam teks prosedur kompleks, hasil akhir yang akan dicapai terdapat dalam bagian ….
a. langkah langkah
b. tujuan
c. orietasi
d. abstrak
e. koda
Jawaban: b. tujuan
Pembahasan:
Tujuan berisi hasil yang dicapai dalam sebuah teks, jika tujuan teks tidak tercapai maka teks tersebut dapat dikatakan teks tanpa penyelesaian.

18. Berikut yang bukan merupakan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks adalah ….
a. memiliki struktur “tujuan langkah-langkah
b. menggunakan verbal material
c. lucu dan menarik
d. menggunakan kalimat imperative
e. menggunakan kalimat partisipan manusia
Jawaban: c. lucu dan menarik
Pembahasan:
Berikut ciri kebahasaan teks prosedur adalah memiliki “struktur tujuan langkah-langkah, menggunakan verba material, menggunakan kalimat imperative menggunakan kalimat partisipan manusia.

19. Di dalam teks prosedur kompleks terdapat dua verbal yaitu ….
a. verbal material dan kebiasaan
b. verbal nonmaterial dan tingkah laku
c. verbal material dan tingkah laku
d. verbal antisipasif  dan kopulatif
e. verbal tingkah laku dan lain-lain
Jawaban: c. verbal material dan tingkah laku
Pembahasan:
Verba material merupakan yang mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba tigkah laku adalah tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.

20. Cermatilah teks berikut!
Tanaman selada sebenarnya tahan dalam keadaan segar selama beberapa waktu. Dengan catatan, pada saat menyimpan sebaiknya di tempat yang dingin. Caranya tempat itu ditaburi butiran atau remukan es.
Pernyataan di atas adalah tahap kegiatan yang disebut ….
a. pembersihan
b. pengelompokkan
c. pengemasan
d. penyimpanan
e. pemasaran
Jawaban: d. penyimpanan
Pemasaran:
Teks diatas teks prosedur, teks prosedur berisi tentang langkah-langkah pernyataan tersebut adalah tahap kegiatan adalah penyimpanan.

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab nomor 21-22!

Musim kemarau atau musim kering adalah musim di daerah tropis yang dipenuhi oleh system muson. Untuk dapat disebut musim kemarau, curah hujan per bulan harus di bawah 60 mm per bulan (20 mm per dasarian) selama tiga dasarian berurut-turut. Wilayah tropika di Asia Tenggara dan Asia Selatan, Australia bagian timur laut, Afrika dan sebagian Amerika Selatan mengalami musim ini. Musim kemarau adalah pasangan dari musim penghujan dalam wilayah dwimusim. Musim kemarau panjang adalah musim kemarau yang sangat panas dalam jangka waktu yang panjang. Gejala ENSO dikenal dapat memperpanjang durasi musim ini sehingga mengakibatkan kekeringan berkepanjangan.

21. Paragraf  tersebut merupakan bagian dari struktur teks eksplanasi yang merupakan bagian ….
a. pernyataan umum
b. deretan penjelas
c. interpretasi
d. tesis
e. orientasi
Jawaban: a. pernyataan umum
Pembahasan: dalam paragraf tersebut termasuk dalam teks eksplanasi yaitu pada bagian penyataan umum.

22. Wilayah yang tidak mengalami musim kemarau adalah ….
a. Asia Tenggara
b. Asia Selatan
c. Afrika
d. Amerika Utara
e. Indonesia
Jawaban: d. Amerika Utara
Pembahasan: dalam paragraf tersebut wilyah yang tidak mengalami musim kemarau adalah amerika utara.

23. Urutan struktur teks eksplanasi yang tepat adalah ….
a. deretan penjelas, pernyataan umum, interpretasi
b. pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi
c. pernyataan umum, interpretasi, deretan penjelas
d. interpretasi, deretan penjelas, pernyataan umum
e. pernyataan umum, interpretasi, koda
Jawaban: b. pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi
Pembahasan:
Pada sebuah teks eksplanasi akan kelihatan adanya keterkaitan yang tidak terlepaskan antara satu kejadian dengan kejadian lain sebelum dan sesudahnya. Secara umum teks eksplanasi disusun dengan struktur yang terdiri atas tiga bagian yaitu pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi.

24. Perhatikan kerangka teks eksplanasi berikut!
(1) Proses terjadinya gempa bumi
(2)  Penyebab terjadinya gempa bumi
(3) Definisi gempa bumi
(4) Akibat gempa bumi
(5) Simpulan gempa bumi
Jika dikembangkan menjadi sebuah teks eksplanasi, urutan kerangka yang tepat adalah ….
a. (3), (1), (2), (4), (5)
b. (!), (2), (3), (4), (5)
c. (3), (4), (1), (5), (2)
d. (2), (4), (5), (1), (3)
Jawaban: a. (3), (1), (2), (4), (5)
Pembahasan:
Teks eksplanasi adalah teks yang memaparkan suatu kejadian yang sedang terjadi urutan yang tepat adalah jawaban a.

Bacalah teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 25-27!

(1) Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat wajib kita bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah.
(2) Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan.
(3) Gelombang tersebut bisa mencapai 500 sampai 30 kilometer per jam dilautan.
(4) Pada saat mencapai bibir pantai, kecepatannya tersebut sudah bisa menyebabkan kerusakan yang parah.

25. Kalimat yang merupakan pendapat dinyatakan pada nomor ….
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
e. (1) dan (5)
Jawaban: a. (1) dan (2)
Pembahasan:
Opini atau pendapat adalah perkiraan, pikiran, atau tanggapan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa). Opini atau pendapat yang ada dalam teks tersebut adalah jawaban a

26. Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang mempunyai unsur kausalitas (sebab-akibat) adalah nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: e. (5)
Pembahasan:
Unsur kausatif adalah bentuk verba yang menyatakan. Sebab atau menjadikan unsur kausatif dalam teks tersebut adalah jawaban e.

27. Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang mempunyai konjungsi syarat adalah nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: a. (1)
Pembahasan:
Konjungsi syarat menjelaskan bahwa suatu hal dapat terjadi bila syarat-syarat yang disebutkan itu dipenuhi. Kata-kata yang menyatakan hubunagn ini adalah jika, jikalau, apabila, asalkan, kalau, dan bilamana.

Baca juga: Kumpulan Soal Bahasa Indonesia SMA yang Paling Sering Keluar di Ujian

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 28-30!
Akhir-akhir ini, istilah gempa bumi sering dibicarakan oleh banyak orang. Sepanjang abad 20 dan 2, gempa telah mengakibatkan banyak kematian dan kerugian material yang sangat besar. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tak pernah ada peristiwa alam lain dalam sejarah yang berpengaruh langsung pada manusia, selain gempa bumi. Bencana gempa bumi telah menjadi peristiwa yang sangat ditakuti.

28. Berdasarkan strukturnya, teks eksplanasi di atas merupakan bagian ….
a. kronologis (urutan peristiwa)
b. penyebab maupun akibat
c. pengenalan objek
d. asal usul peristiwa
e. kesimpulan
Jawaban: c. pengenalan objek
Pembahasan:
Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan mengenai suatu fenomena yang ada di dunia. Fenomena tersebut dapat berupa fenomena alam dan fenomena sosial.

29. Kata penunjuk waktu pada teks eksplanasi di atas adalah ….
a. oleh karena itu
b. akhir-akhir ini
c. mengakibatkan
d. peristiwa
e. dalam sejarah
Jawaban: b. akhir-akhir ini
Pembahasan:  kata penunjuk waktu merupakan kata yang berkaitan dengan waktu.

30. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks di atas adalah ….
a. Gempa bumi adalah peristiwa alam yang berpengaruh langsung pada manusia
b. Gempa bumi di dasar laut bisa menyebabkan tsunami
c. Bencana gempa bumi telah menjadi peristiwa yang sangat ditakuti
d. Sepanjang abad 20 dan 21, gempa telah mengakibatkan banyak kematian
e. akhir-akhir ini, istilah gempa bumi sering dibicarakan oleh banyak orang
Jawaban: b. Gempa bumi di dasar laut bisa menyebabkan tsunami
Pembahasan: pernyataan yang ada dalamteks tersebut adalah jawaban a, c, d, e

31. (1) Agar selalu terhindar dari bencana alam gempa bumi
(2) Penduduk dekat gunung berapi harus selalu waspada
(3) Gempa bumi sering terjadi di daerah gunung yang berapi
(4) Gempa bumi adalah getaran yang terjadi karena pergerakan lapisan bumi
Urutan kalimat tersebut yang tepat adalah ….
a. (4), (3), (2), (1)
b. (3), (2), (4), (1)
c. (1), (3), (2), (4)
d. (1), (2), (3), (4)
e. (2), (1), (3), (4)
Jawaban: a. (4), (3), (2), (1)
Pembahasan:
Urutan yang benar pada kalimat-kalimat tersebut adalah 4, 3, 2, 1

32. Kata material di atas bermakna ….
a. gedung-gedung
b. bahan bangunan
c. rumah
d. harta benda
e. kerusakan tanah
Jawaban: d. harta benda
Pembahasan:
Kata kerja material adalah kata kerja (verba) yang menunjukan aktifitas fisik yang dapat dilihat secara nyata.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 33-35!

Bioteknologi berasal dari istilah latin bio (hidup), teknos (teknologi, pencapaian), dan logos (ilmu). Bioteknologi kemudian diartikan sebagai ilmu terapan yang menerapkan prinsip-prinsip sains dan teknologi terhadap serangkaian proses biologis untukmenghasilkan barang dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi, molekuler, mikrobiologis, genetika, kimia, matematika, dan lainnya.

33. Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah ….
a. Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi
b. Bioteknologi bertujuan untuk mencari keuntungan
c. Bioteknologi merupakan penerapan teknologi terhadap proses biologis
d. Perkembangan bioteknologi selalu didasari oleh peristiwa biologis
e. Bioteknologi bukan ilmu murni
Jawaban: c. Bioteknologi merupakan penerapan teknologi terhadap proses biologis
Pembahasan: sebuah pernyataan dalam sebuah teks harus sesuai dengan isi dalam teks tersebut

34. Tanggapan yang sesuai dengan teks di atas adalah ….
a. Istilah bioteknologi berasal dari bahasa Latin
b. Perkembangan bioteknologi seiring dengan perkembangan teknologi komputer
c. Teknologi sangat dibutuhkan dalam mengembangkan ilmu
d. Bioteknologi hanya bisa diterapkan pada tumbuhan dan hewan
e. Bioteknologi sudah semestinya diterapkan untuk kemaslahatan orang banyak
Jawaban: e. Bioteknologi sudah semestinya diterapkan untuk kemaslahatan orang banyak
Pembahasan: Tanggapan adalah pendapat atau reaksi seseorang setelah melihat, mendengar ataupun merasakan sesuatu. Tanggapan dapat berupa persetujuan, sanggahan, pertanyaan atau pendapat. Semua tanggapan harus disampaikan dengan sopan.

35. Paragraf diatas menggunakan pola pengembangan ….
a. definisi
b. contoh
c. proses
d. klasifikasi
e. kronologis
Jawaban: a. definisi
Pembahasan: kalimat definisi adalah suatu kalimat yang memberikan penjelasan umum tentang suatu benda hal, aktivitas, dan lain lain.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 36-37!

(1) Gempa yang terjadi dalam perut bumi akan mengakibatkan munculnya tekanan ke arah vertikal sehingga dasar lautan akan naik dan turun dalam rentang waktu yang singkat.
(2) Hal ini kemudian akan memicu ketidakseimbangan pada air lautan yang kemudian terdorong menjadi gelombang besar yang bergerak mencapai wilayah daratan.

36. Teks eksplanasi di atas adalah ….
a. penyebab gempa
b. penyebab terjadiya tsunami
c. akibat tsunami
d. akibat gempa
e. proses terjadinya laut
Jawaban: b. penyebab terjadiya tsunami
Pembahasan: teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang paparan suatu fenomena alam. Teks eksplanasi di atas menjelaskan mengenai penyebab terjadinya tsunami.

37. Maksud kata Hal ini pada kalimat (2) adalah ….
a. naik dan turunnya dasar laut
b. tekanan ke arah vertikal dalam perut bumi
c. gempa
d. tsunami
e. gelombang besar yang bergerak
Jawaban: a. naik dan turunnya dasar laut
Pembahasan: Hal ini merupakan kata hubung yang naik dan turunnya dasar laut.

Bacalah teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 18-20!
Pembagian flora dan fauna di Indonesia didasarkan pada faktor geologi. Secara geologis, pulau-pulau di Indonesia bagian barat pernah menyatu dengan benua Asia. Sedangkan pulau-pulau di Indonesia bagian timur pernah menyatu dengan benua Australia.

38. Kalimat yang tepat untuk ditempatkan sebagai kelanjutan teks tersebut adalah
a. Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna melebihi wilayah manapun di dunia
b. kedua wilayah tersebut memiliki flora dan fauna yang sangat berbeda
c. Oleh karena itu, Indonesia memiliki dua kelompok flora dan fauna yang jauh berbeda
d. Penyatuan kedua wilayah itu diprediksi akan terjadi lagi pada abad-abad mendatang
e. Perlu ada perhatian serius untuk melindungi flora dan fauna di kedua wilayah itu
Jawaban: b. kedua wilayah tersebut memiliki flora dan fauna yang sangat berbeda
Pembahasan: kalimat yang baik yang dapat dihubungkan dengan teks tesebut harus memiliki kesinambungan dengan teks sebelumnya.

39. Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ….
a. Apakah faktor geologis memengaruhi jenis flora dan fauna?
b. Mengapa pulau-pulau di Indonesia bagian barat pernah menyatu dengan benua Asia?
c. Mengapa pulau-pulau di Indonesia bagian timur pernah menyatu dengan benua Australia?
d. Apakah benua Australia dan Asia pernah menyatu?
e. Apa pengertian flora dan fauna?
Jawaban: a. Apakah faktor geologis memengaruhi jenis flora dan fauna?
Pembahasan: pernyataan yang sesuai dengan teks di atas harus sesuai dengan isi dalam teks tersebut.

40. Aspek yang dapat dinilai terhadap laporan hasil analisis teks eksplanasi adalah kecuali ….
a. kelengkapan bagian-bagian laporan
b. ketetapan isi pembahasan
c. kebakuan kata
d. kebakuan ejaan/ tanda baca
e. jumlah halaman
Jawaban: e. jumlah halaman
Pembahasan: teks eksplanasi adalah teks yang memaparkan suatu fenomena.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai Contoh Soal PG Bahasa Indonesia K13 Kelas XI Semester 1 dan Jawaban. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya. Sekian dan terima kasih.

Contoh Soal PG Bahasa Indonesia K13 Kelas XI Semester 1 dan Jawaban

Contoh Soal PG Bahasa Indonesia K13 Kelas XI Semester 1 dan Jawaban - Selamat datang kembali sahabat Infastpedia. Semoga kalian dalam keadaan sehat walafia

Editor's Rating:
0

Leave a Comment