Contoh Surat Cinta

Contoh Surat Cinta – Surat cinta adalah salah satu cara dalam mengungkapkan perasaan cinta kepada orang terkasih. Contoh surat cinta dapat ditemukan di berbagai situs maupun buku manapun. Sebab surat ini adalah hal yang umum diketahui oleh semua orang.

Surat cinta adalah sebuah ungkapan perasaan seseorang dan umumnya dibuat untuk menyatakan perasaan sayang dan cinta kita kepada kekasih atau pacar.

Surat cinta dapat disampaikan kepada siapa saja. Baik kepada orang tua, keluarga, adik, kakak dan kekasih. Surat cinta yang sering dijumpai adalah surat cinta didalam novel.

Penulis sering menyelipkan surat cinta di dalam novel yang mereka tulis. Surat cinta yang ditulis biasanya adalah surat cinta untuk kekasih. Surat cinta identik dengan pernyataan cinta.

Namun, sebenarnya surat cinta bukan hanya tentang itu. Surat cinta dapat juga berisi dengan pengungkapan perasaan, rasa kasih, rindu kepada orang terdekat atau orang terkasih. Berikut ada beberapa dari contoh surat cinta yang bisa dipraktikkan.


Contoh Surat Cinta Untuk Orang Tua

Bapak dan ibuku yang tersayang, apa kabar? Aku selalu berharap kalian baik-baik saja. Tentu aku pun baik-baik saja. Tahukah kalian, bahwa saat ini aku tengah menangis? Aku menangis sebab merindukan kalian.
Bapak, ibu, terima kasih. Untuk semua waktu dan usaha yang tidak pernah ku sia-siakan. Untuk semua restu dan doa yang tercurah. Untuk semua harapan-harapan kalian yang ingin terus kugenggam.

Untuk segala kasih sayang yang kalian curahkan kepadaku selama ini. Aku tahu, selama hidup belum pernah bisa membahagiakan kalian. Yang aku lakukan setiap hari adalah membuat kalian khawatir dengan segala tingkahku.

Maafkan aku, bapak, ibu. Aku hanyalah anak-anak yang belum beranjak dewasa di mata kalian. Entah sudah berapa lama aku menahan untuk menulis ini. Mengingat bagaimana cengengnya diriku, aku tidak pernah sanggup melakukannya.

Rasa sayangku tidak pernah sampai kepada kalian karena air mata senantiasa turun ketika ingin menuliskan surat ini. Setelah rencana pergi dari sisi kalian, aku baru menyadari betapa aku sangat membutuhkan kehadiran orang tua.

Betapa aku masih belum dewasa hingga kini. Betapa aku masih belum bisa menapaki hidup sendiri. Aku masih terlampau kekanakan untuk mengetahui jika beban hidup memanglah berat.

Bapak, ibu, terima kasih. Untuk semua perasaan cinta yang kalian berikan untukku dan tidak pernah putus hingga sekarang. Untuk semua doa-doa yang selalu kalian pinta. Terima kasih, karena berkat itu semua aku dapat hidup.

Aku dapat berbahagia. Aku dapat menjadi seorang anak yang kelak membanggakan kalian. Aku akan berusaha lebih keras kali ini. Untuk mencapai semua cita-citaku dan membanggakan ibu dan bapak.

Agar kalian dapat tersenyum melihatku dan berkata, ‘dia adalah anak kami. Dan kami bangga padanya.’ Aku rasa, surat ini sampai sini dulu. Air mataku sudah tidak dapat berhenti mengalir akibat rindu.

Aku selalu mendoakan kesehatan ibu dan bapak agar kita dapat senantiasa bertukar kabar. Insha Allah, minggu depan aku akan pulang. Aku akan menuntaskan rindu kepada ibu dan bapak. Aku sangat menyayangi kalian.


Contoh Surat cinta untuk kakak senior Ospek kuliah

Pontianak, 4 Mei 2020

Dear Kakak Kelas,
Wijaya Kusuma.

Sebelumnya perkenalkan nama saya Intan Permata, saya adalah salah satu dari sekian banyak calon siswi baru di sekolah ini yang mengikuti kegiatan ospek.

Meskipun kakak belum begitu mengenal saya tetapi saya cukup mengenal kakak karena saya sering memperhatikan kakak diam-diam. Saya sering memperhatikan kakak saat tersenyum saat kakak marah-marah kepada teman-teman, dari seringnya saya memperhatikan kakak entah mulai dari mana mulainya tumbuh berkembang hingga berbuah rasa kagum ini menjadi buah-buah cinta.

Senyum kakak yang imut dan mempesona membuat saya tak jemu-jemu memandangnya, marah kakak yang tegas tetapi sedikit lucu semakin membuat jantung ini berderu tak menentu. Kak, bolehkah kalau saya ingin mengenal kakak lebih jauh?

Salam rindu,

Intan Permata.


Contoh Surat Cinta untuk Pujaan Hati

Jakarta, 18 Maret 2018

Dear . . .

Sejak pertama kali aku mengenalmu, tak ada yang berbeda dari rasa ini. Tak ada yang berbeda dari apapun semua tentang kita. Layaknya seorang teman yang senantiasa bersama.

Namun, seiring berjalannya waktu. Rasa ini mulai tumbuh berbeda dari biasanya. Rasa di mana aku ingin selalu disampingmu, tertawa, bercanda, menangis . . .aku ingin kau slalu ada di sisiku.

Bahagia hati ini ketika aku bisa melihat senyummu, ketika kita bersama. Tapi hati ini merasa sendiri ketika kau tak di sisiku…aku begitu merindukanmu.

Kusadari, mungkin ini yang disebut cinta. Yah . . .ku beranikan diri ku katakan bahwa aku mencintaimu, sangat mencintaimu.

Terserah apa yang ada dibenakmu saat ini tentangku. Tapi aku berharap balasan surat darimu yang akan menyejukkan hatiku.

Yang mencintaimu,

Abdul Permana


Contoh Surat Cinta Kepada Kekasih

Hai, kamu. Aku sudah lama mengagumi senyummu. Lewat dinding kaca ruang laboratorium, aku dapat menyembunyikan tatapan mata memuja milikku. Aku tahu, kamu pasti menganggap ini aneh, bukan?
Tenang, aku bukan ingin menakutimu. Yang aku lakukan pun semata hanya tidak ingin membuat kamu terganggu. Itulah alasan mengapa kamu mungkin tidak mengetahui diriku.

Aku sudah mengenalmu sejak kelas 10. Senyum dan redup matamu mengingatkanku dengan suara gugup yang menjawab pertanyaanku kala itu. Ya, kita pernah berjumpa meskipun kamu tidak mengingatnya.

Saat itu, aku bertanya tentang ruangan gugus punyaku. Padahal saat itu kamu sedang dihukum oleh kakak senior. Maafkan aku. Bahkan saat itu aku tahu matamu terlihat begitu takut.

Sudah ingatkah? Iya, ini aku. Cowok berkacamata yang mungkin sudah kamu lupakan. Bisakah kita mengobrol akrab seperti sahabat yang sudah lama tidak bersua. Mungkin terdengar aneh, namun aku ingin lebih akrab denganmu.

Aku ingin mengetahui apapun yang kamu rasakan, sukai, dan inginkan. Aku akan menjadi sahabat, kakak bahkan tempat curhat terbaik yang kamu punya. Aku rela melakukan semua itu karena aku menyukaimu. Sangat.

Adalah harapan semua orang jika perasaan cinta ingin terbalas juga. Maka aku pun begitu. Jika kamu memiliki perasaan yang sama denganku, aku senantiasa menunggu di ruang istirahat dalam laboratorium.

Kapanpun kamu siap menjawab, aku akan menunggu disana hingga kamu datang dengan senyuman indahmu itu.

Tertanda,

Pengagummu.


Contoh Surat Cinta untuk Pasangan LDR

Jakarta, 18 Maret 2018

Dear,
Buat kamu yang lagi jauh tapi dekat dihati,

Sayang,
Walaupun kita jauh,
Walaupun kita terpisahkan jarak,
Percayalah, hati ini akan selalu untuk mu,

Sayang,
Aku tahu ini sangat berat untuk hubungan kita,
Tapi aku ingin kau mengerti,
Aku pergi bukan berarti aku tak sayang,
Tapi untuk kebahagiaan kita nanti,

Sayang,
Sebenarnya yang aku inginkan berada disisimu,
Memelukmu,
Menciummu,
Mewarnai hari-hari kita dengan senyuman,
Sayang,
Terima kasih atas semua yang telah kau berikan,
Aku berjanji akan selalu setia padamu,
Hingga akhir waktu.
Tetaplah bersamaku sampai ajal menjemput.

I love you,

Abdul Permana


Contoh Surat Cinta dalam Bahasa Inggris

Jakarta, 18 Maret 2018

Josephine,
The day when you say “I love you less”, will mark the end of my love and the last day of my life.
If my heart were base enough to love without being loved in return I would tear it to pieces.

Josephine! Josephine! Remember what I have sometimes said to you: Nature has endowed me with a virile and decisive character. It has built yours out of lace and gossamer. Have you ceased to love me?

Forgive me, love of my life, my soul is racked by conflicting forces. My heart obsessed by you, is full of fears which prostrate me with misery…I am distressed not to be calling you by name. I shall wait for you to write it.

Farewell! Ah! if you love me less you can never have loved me. In that case I shall truly be pitiable.

From your love,

Abdul Permana


Contoh Surat Cinta Kepada Sahabat

Sahabatku. Aku mengenalmu sejak kita bersama saat memasuki Taman Kanak-kanak. Mungkin, sekarang sudah 17 tahun lebih lamanya. Masih ingatkah kamu dengan suasana persahabatan kita yang polos dan lugu?

Dulu hanya karena jepit rambut berwarna sama, kita dapat merasa bahagia. Mengapa sekarang berbeda? Mengapa sekarang kita harus menjauh? Aku merindukan persahabatan kita yang dulu. Persahabatan yang polos nan lugu.

Persahabatan yang selalu mengutamakan kebersamaan daripada hal lainnya. Bukankah kita pernah berjanji jika kita akan kembali saling bertegur sapa ketika sudah berdiaman selama 3 hari.

Mengapa sekarang membutuhkan beberapa tahun lamanya untuk kembali saling bersikap tidak canggung? Membutuhkan usaha yang lebih banyak untuk kembali saling tersenyum. Membutuhkan banyak doa untuk meruntuhkan ego di antara kita.

Maafkan aku. Apapun kesalahanku, aku akan minta maaf. Rasanya aku tidak tahan untuk bersikap egois lebih lama. Kehilangan sahabat sepertimu adalah hal terburuk yang pernah ku bayangkan.

Aku harap kamu tidak melupakan masa-masa persahabatan kita yang sudah terjalin lama. Aku janji akan memperbaiki diri dan lebih mengurangi keegoisanku. Aku hanya meminta kamu untuk tidak menjauhiku lagi.

Jika kamu membaca surat ini, harap hubungi aku. Sudah lama sejak kita saling bertukar kabar. Jika kamu sudah mengganti nomormu, akan aku berikan kembali nomorku di ujung surat ini. Ku harap kamu dapat memberi kabar.

Tertanda,

Sahabatmu.


Contoh Surat Cinta Untuk Adik

Teruntuk adikku. Sudah dewasa saja dirimu. Aku ingat jika dulu kamu adalah hal yang paling tidak aku inginkan di dunia ini. Dulu yang aku tahu, kamu adalah penghalang kasih sayang yang akan orang tua kita kasih kepadaku.
Seiring berjalannya waktu, rasa benciku semakin menghilang ketika melihat kamu tertidur dengan tenang di kala malam. Pipi gembilmu selalu menggodaku untuk dicium. Tangan-tangan kecilmu membuat aku ingin menjagamu.

Senyum menggemaskanmu membuat diriku menjadi lebih sayang kepadamu dari hari ke hari. Tahukah kamu, aku menjadi seseorang yang lebih kuat ketika mengingatmu. Aku berusaha ingin menjagamu.

Kamu adalah alasan mengapa aku kini dipanggil kakak. Kamu adalah alasan mengapa aku menjadi orang yang lebih dewasa. Kamu adalah alasan aku selalu khawatir jika kamu akan salah langkah nantinya.

Di masa kini, aku sangat paham jika dunia yang akan kamu hadapi tidaklah semudah yang terlihat. Pergaulan dan cara hidup yang sangat mengkhawatirkan membuatku ingin selalu menjagamu.

Kakak hanyalah orang biasa yang ingin membahagiakanmu apapun yang terjadi. Kakak hanyalah orang biasa yang ingin membuat keluarga kecil kita bahagia. Bersabarlah. Tumbuhlah dengan baik.

Kakak akan berusaha sekeras mungkin untuk membahagiakan kamu dan orang tua kita. Kakak berjanji hal itu akan segera terwujud. Kakak menyayangi kalian semua dan selalu akan seperti itu.


Contoh Surat Cinta Ketika Rindu

Jakarta, 18 Maret 2018

Kepada YTC,
Yang ribuan mil jauhnya tetapi tetap hidup di hatiku

Sayangku, bagaimana kabarmu? Sudah tiga bulan lewat saat surat terakhirmu kubalas dan Engkau belum mengirim surat lagi kepadaku.

Sayangku, aku merasa sangat rindu kepadamu. Benar bahwa aku sekarang berada di Paris, kota yang dikenal sebagai pusat mode dunia. Kota romantis dengan Menara Eiffel yang mempesona sehingga melahirkan inspirasi film “Eiffel I’m in Love”. Akan tetapi, Sayangku, semua itu hampa rasanya tanpa dirimu di sisiku.

Sayangku, lebih baik bagiku berjalan bersamamu menyusuri pematang di pesawahan di lereng bukit di sebelah Barat desamu daripada memandangi kota Paris dari atas Menara Eiffel. Karena di pesawahan itu, aku dapat menggennggam jemarimu dan membaui aroma lembut rambutmu. Sedangkan di Eiffel, aku hanya dapat membayangkan wajahmu yang selalu menyejukkan hatiku.

Sayangku, terasa lebih nikmat bagiku, saat menyantap maso malang semangkuk berdua dengan tempias hujan sekali-kali mengelus muka kita, daripada makan di restoran mewah di Paris bersama bos. Di baso malang aku puas mengumpulkan senyummu sementara di Paris aku selalu teringat padamu.

Sayangku, waktu serasa berhenti apabila kuhitung hari ku kan kembali. Lama sekali rasanya. Kupikir bukan lagi sehari rasa seminggu tetapi sehari rasanya berabad-abad yang harus kulewati.

Sayangku, kuharap Engkau sudi sabar menunggu. Tiga bulan lagi aku akan selesai dengan tugasku di sini. Saat hari tiu tiba nanti, aku akan langsung menemuimu. Akan kucurahkan rindu yang telah kusimpan dalam kalbu ini. Entah seberapa banyak dirimu dapat menampung.

Sayangku, kirimkanlah kabar kepadaku. Mungkin Engkau dapat mengirimkan foto bunga mawar yang kita tanam bersama di tepi danau mungil tempat kita selalu mengangankan kebahagiaan di masa depan. Sungguh aku tidak sabar untuk segera melihat bunga mawar itu bersamamu. Mudah-mudahan ada mawar yang bisa kupetik dan kupersembahkan kepadamu.
Sayangku, tunggulah aku.

Dengan penuh cinta,
Kekasihmu yang rindu,

Abdul Permana


Contoh Surat Cinta Untuk Nenek Dan Kakek

Kakek dan nenek yang kusayangi. Apa kabar? Sudah lama aku tidak mengunjungi kalian. Maafkan aku. Harusnya aku senantiasa menjenguk dan menengok kalian. Nyatanya, aku malah lebih sibuk dengan urusan duniawi.
Kakek, nenek, kalian adalah orang tua kedua yang aku sayangi. Kalian adalah alasan mengapa orang tuaku menjadi orang tua terbaik sepanjang masa. Dan akhirnya mendidikku menjadi orang yang berguna.

Kakek, nenek, tanpa sadar seiring bertambahnya umurku maka semakin tua juga umur kalian. Semakin dewasa diriku, semakin berkurang masa bertemu kita. Tanpa kusadari, jika seiring waktu kalian pun akan meninggalkanku.

Maafkan aku jika masih banyak kesalahan yang ku perbuat. Semakin dewasa diriku, semakin lupa jika aku adalah cucu yang selalu kalian sayangi. Kegiatan-kegiatan yang ku miliki membuat diriku menjadi terlalu sibuk untuk kalian.

Aku selalu menyayangi kalian. Dimanapun aku berada, aku juga selalu mengingat kalian. Terlebih lagi ketika aku melihat seorang cucu yang berboncengan dengan kakeknya menggunakan sepeda. Aku mengingat masa itu.

Masa dimana aku masih diantar ke sekolah bersama kakek. Masa dimana aku adalah anak kecil yang bahagia. Aku merindukan hal itu. semakin tua kalian, harusnya aku semakin berbakti juga kepada kalian.

Minggu depan akan aku ajak ibu, bapak dan adik pergi kesana. Kita akan berkumpul dan bercengkrama kembali. Kakek akan mengajarkan kami untuk mencari kerang di sawah atau memanjat pohon.

Kita akan duduk dibawah pohon jambu dengan sekeranjang buah yang siap kita santap. Sampai saat itu tiba, bersabarlah ya. Aku akan mengusahakan untuk secepatnya bertemu kalian. Aku menyayangi kalian.


Contoh Surat Cinta Rayuan Gombal

Jakarta, 18 Maret 2018

Sweet Nadia,
Sejak aku melihatmu tuk pertama kali, aku merasakan getaran yang berbeda. Betapa aku tak menyadarinya. Namun, setelah kesekian kali aku melihatmu, aku sadar, selama ini aku menyimpan rasa sama kamu. Rasanya seperti ada yang hilang jika sehari saja ga melihat kamu.

Kamu harus tahu, betapa senangnya aku, jika tatap mata ini berbalas. Bukan hanya itu, aku juga suka tawamu, candamu dan senyumanmu itu. Kalau boleh, betapa aku menyukai semua yang ada pada dirimu. Setiap saat yang ada dipikiranku cuma kamu seorang. Bukan pak Tatang guru matematika itu… suer, hehe

Nadia yang manis,
Sungguh tak tahan rasanya menyimpan rasa ini terus menerus. Memendam perasan ternyata lebih sakit dari apapun. Aku tidak bisa menahan semua ini. Karena itu, dalam surat ini aku ingin bilang, AKU MENYUKAIMU. Ini sebuah kejujuran, bukan rayuan gombal seperti kata Judika, jebolan Indonesian Idol itu. Maukah kamu jadi Cewek-ku? Maukah kamu mengatakan hal yang sama denganku?

Nadia yang imut…
1×24 jam dari sekarang, aku tunggu jawabanmu.

Yang mencintaimu,

Abdul Permana


Contoh Surat Cinta Pandangan Pertama

Jakarta, 18 Maret 2018

Kepada yang kukagumi,
Intan Permatasari

Entah luapan rasa apa yang harus kutulis di secarik kertas ini
Diriku tak bisa menuangkannya walaupun hanya setetes rasa hati
Tiada yang bisa mewakili diri yang sedang gundah dengan cinta ini

Jujur.. saat ku pertama melihatmu, aku tertarik dan terpesona denganmu
Kulihat pandangan pertama betapa indah dirimu dan cantik rupamu
Semua perasaan dihati ini terjadi karena begitu indahnya kau di mataku
Tapi entahlah tiba-tiba muncul dihatiku apakah pantas aku mendampingimu.

Kau bagaikan bidadari jelita dengan lirik mata yang penuh arti
Sedangkan aku hanya pria biasa yang hanya mampu tuk mengagumimu
Tapi saat ini kuberanikan diri tuk meluapkan isi hati ini

Aku nyatakan bahwa aku mencintaimu
Dan terserah apa katamu
Yang pasti ku menyayangimu

Kuharap kau membalas sepucuk suratku ini
Dengan berita yang menyejukan hati
Dapat menjawab semua gelisah hati selama ini
Kutunggu jawabanmu.. wahai kekasih hati..

Yang selalu mengagumimu,

Abdul Permana


Contoh Surat Cinta Untuk Orang Tua

Yogyakarta, 10 Desember 2018

Untuk Orang Tuaku Tersayang
Ayah dan Bunda

Wahai cahaya hidupku, kalian adalah dua insan manusia yang paling aku cintai dan aku sayangi. Sebab cinta dan ketulusan kalian untukku tidak akan pernah lekang oleh waktu. Perhatian akan selalu kalian berikan tidak peduli seberapa buruk perlakuan yang aku berikan kepada kalian. Wahai Ayah dan Bunda tersayang, kalian adalah dua sosok yang akan selalu menjadi panutanku, penerang jalan kehidupanku, dan penyelamat ku dari kegelapan dunia yang selalu mengintai. Kesemua hal tersebut yang selalu membuat aku merasakan rasa syukur dan bahagia yang teramat besar karena telah memiliki kalian di dalam hidupku.

Salam cinta dan sayang dari anakmu ini.

Yang Mencintaimu,

Sena Sentosa.


Contoh Surat Cinta Untuk Suami

Yogyakarta, 10 Desember 2018
Dear suami tersayang,

Ketika pertama kali bertemu aku tak pernah menyangka bahwa kaulah jodoh hidup yang telah ditakdirkan Tuhan untukku. Ketika pertama kali bertemu aku tak pernah berharap bahwa kau akan selalu menemani dan mewarnai hidupku.

Ketika pertama kali bertemu aku tak pernah menyangka bahwa suatu saat kau akan mengorbanku seluruh waktu dan hidupmu untukku. Ketika pertama kali bertemu aku tak pernah berfikir bahwa kau rela mengerahkan seluruh tenagamu hanya untuk membuatku bahagia.

Sekarang aku bersyukur kaulah Jodoh hidup dan mati yang menerima dan mengucap janji untuk setia bersamaku dalam suka dan duka kehidupan. Sekarang aku bersyukur bahwa kaulah yang akan membuat hidupku di dunia menjadi lebih bermakna. Suamiku tersayang, hanya ucapan terimakasihlah yang bisa aku berikan untukmu saat ini.

Salam sayang dan rindu dari istrimu.

Yang menyayangimu,

Mutiara Intan


Contoh Surat Cinta


Pencarian terkait:

  • contoh surat cinta singkat
  • contoh surat cinta lucu
  • contoh surat cinta untuk orang yang disukai
  • contoh surat cinta islami
  • contoh surat cinta untuk senior yang simple
  • contoh surat cinta singkat untuk panitia ospek
  • contoh surat cinta panjang
  • contoh surat cinta untuk pacar laki-laki

Leave a Comment