Pengertian, Fungsi dan Contoh Susunan Acara berbagai Acara [Lengkap]


Contoh susunan acara – Bagi Anda yang sudah pernah menghadiri suatu pesta sepeti pernikahan, upacara, ulang tahun bahkan pada acara perpisahan, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya susunan acara atau rundown acara.

Pengertian Susunan Acara

Susunan acara adalah salah satu susunan atau tahapan-tahapan yang ada di suatu acara yang mana susunan tersebut ditentukan oleh waktu.

Susunan Acara [Pengertian dan Fungsinya]

Rundown acara sangatlah penting untuk dibuat karena bisa menngetahui kapan waktu dimulai dan akhir dari suatu acara. Selain itu, rundown acara juga memiliki fungsi untuk membatasi durasi pada setiap acara sehingga suatu acara bisa lebih terstruktur dan tepat waktu. Ada banyak sekali fungsi rundown acara yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari susunan acara yang perlu Anda ketahui.

Fungsi Rundown Acara (Susunan Acara)

Rundown acara adalah salah satu hal yang sangat penting disetiap acara. Hal ini dikarenakan rundown acara memiliki beberapa fungsi yang nantinya akan mempermudah para undangan dalam mengikuti acara tersebut. Berikut ini adalah fungsi dari rundown acara di setiap hajatan yang biasa dibawakan oleh pembawa acara adalah sebagai berikut.

– Acara Lebih Tersusun Rapi

Fungsi pertama dari adanya rundown acara yaitu membuat acara menjadi tersusun lebih rapi dan teratur. Hal ini disebabkan karena acara sudah diatur pada jam dan waktu tertentu. Selain itu, acara sudah terjadwal sesuai dengan durasi. Sehingga acara bisa dimulai dan diselesaikan tepat waktu.

– Acara Lebih Sistematis

Selain acara bisa tersusun secara rapi, adanya susunan acara juga bisa membuat acara lebih sistematis. Sehingga dalam pengisian acara tersebut sudah diberikan durasi waktu. Dengan adanya durasi waktu memungkinkan semua acara bisa disajikan dengan lancar dan tidak bertele-tele. Misalnya saja pada susunan acara ulah tahun terdapat acara sambutan yang sedang berulang tahun. Sambutan bisa diberikan waktu 5 menit hingga 10 menit sesuai dengan persiapan dari yang memiliki hajatan tersebut.

– Mengurangi Kesalahan Koordinasi

Fungsi lainnya dari rundown acara yaitu digunakan untuk mengurangi resiko kesalahan akibat kurangnya koordinasi. Dalam suatu acara tentu terdapat beberapa kru atau staff yang memiliki tanggung jawab dan wewenang untuk mengawasi jalannya suatu acara. Misalnya saja pada acara-acara formal yaitu pada acara lamaran dan pernikahan. Susunan acara pernikahan dan susunan acara lamaran tentu harus disusun sesuai dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi sambutan atau melakukan setiap prosesi lamaran dan pernikahan.

Tak hanya itu saja, dengan adanya susunan acara pada hajatan, bisa memudahkan Anda saat mengkoordinir seluruh staff. Kerjasama yang baik akan membuat hajatan atau acara menjadi lebih terkontrol dan bisa berjalan sesuai dengan rencana. Para penanggung jawab dan seluruh staff bisa secara mudah berkomunikasi sepanjang acara. Dengan komunikasi dan kordinasi yang baik seluruh tim, acara akan berjalan dengan lancar dan kesulitan atau masalah bisa langsung ditangani dengan cepat.

– Sebagai Bahan Evaluasi

Fungsi dari rundown acara yang lainnya yaitu digunakan sebagai salah satu bahan untuk evaluasi. Misalnya saja, Anda merupakan salah satu tim EO atau event organizer yang menyediakan layanan untuk acara-acara ulang tahun. Susunan acara ulang tahun yang sudah Anda pimpin atau sudah Anda pandu bisa dikaji kekurangan dan mengevaluasi jalannya acara.

Evaluasi sangatlah penting supaya Anda bisa meningkatkan kualitas dari event organizer yang Anda miliki. Selain itu, evaluasi juga bisa sharing mengenai permasalahan dan solusi mengatasi masalah tersebu. Sehingga susunan acara sangatlah penting bagi semua orang.

Bagi Anda yang mencari tahu mengenai cara menyusun suatu acara seperti pernikahan, lamaran dan sejenisnya, Anda bisa mencari contoh susunan acara di beberapa situs di internet atau bisa juga di blog di bawah ini.


Contoh Susunan Acara Pernikahan Dari Akad Sampai Resepsi

A. Contoh susunan acara akad nikah

Pada umumnya, akad nikah digelar dengan penuh sakral, bahkan seringkali menguras air mata. Inilah susunan acara pernikahan yang umumnya dilakukan saat akad nikah.

  1. Pembukaan. Acara akan dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara. Pembukaan dilakukan dengan membaca ‘bismillah’ dan doa agar acara ini dapat berjalan dengan lancar dan penuh berkah.
  2. Pembacaan ayat suci Alquran. Setelah acara dibuka, maka acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat Alquran. Biasanya, keluarga mempelai akan mengundang orang yang memang ahli melantunkan ayat Alquran dengan alunan yang indah dan merdu.
  3. Khutbah nikah. Biasanya, khutbah nikah akan disampaikan langsung oleh petugas dari KUA atau penghulu. Khutbah nikah ini berfungsi sebagai pembekalan bagi kedua mempelai, sekaligus pengingat tentang pentingnya menjaga keutuhan dalam pernikahan.
  4. Ijab kabul. Inilah puncak dari semua persiapan pernikahan, yakni proses ijab kabul. Di sini orangtua atau wali dari mempelai perempuan akan menikahkan putrinya pada mempelai laki-laki. Prosesi sakral inilah yang akan menjadikan kedua mempelai sah sebagai suami istri.
  5. Doa nikah. Setelah ijab kabul diucapkan dengan lancar, maka penghulu akan memimpin doa akad nikah. Selain penghulu, kamu juga bisa mengundang pemuka agama secara khusus untuk membacakan doa akad nikah.
  6. Penandatanganan buku nikah. Setelah dinyatakan sah sebagai suami istri di mata agama, maka kedua mempelai diminta untuk menandatangani dokumen pernikahan, salah satunya ialah buku nikah. Dengan begini keduanya dinyatakan sah menikah di mata hukum.
  7. Serah terima mahar. Usai membaca doa nikah, kini waktunya mempelai laki-laki menyerahkan mahar atau mas kawin pada mempelai perempuan. Biasanya, mahar berupa nominal uang atau seperangkat alat salat. Mahar ini akan diserahkan secara simbolis.
  8. Tukar cincin. Setelah mahar diberikan, kedua mempelai akan saling memasangkan cincin kawin di jari manis pasangannya. Momen ini biasanya akan diabadikan dalam foto.
  9. Nasihat pernikahan. Kedua mempelai selanjutnya akan diberikan nasihat soal hak dan kewajiban seorang suami atau istri. Di sini, kedua mempelai akan mengetahui apa saja yang boleh dan nggak boleh dilakukan sebagai pasangan suami istri.
  10. Penutup. Acara penutup biasanya dilakukan dengan pembacaan doa oleh penghulu atau pemuka agama yang hadir dalam prosesi akad nikah ini.

B. Susunan acara resepsi pernikahan

Inilah susunan acara pernikahan yang umumnya dilakukan saat resepsi.

  1. Pembukaan. Acara akan dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara. Ia juga akan memberikan ucapan terima kasih dan rasa syukur karena akad nikah sebelumnya berlangsung lancar.
  2. Penyambutan kedua mempelai. Selanjutnya, kedua pengantin akan dipersilahkan memasuki lokasi acara dan duduk di pelaminan bersebelahan dengan kedua orangtua mereka.
  3. Ucapan selamat pada mempelai. Dalam momen ini, para tamu undangan yang hadir akan dipersilahkan untuk memberi ucapan selamat dan menyalami kedua mempelai di atas pelaminan.
  4. Tamu dipersilahkan menikmati hidangan. Usai menyalami kedua mempelai, para tamu undangan akan diarahkan untuk menikmati hidangan yang disediakan. Sambil menikmati makanan, tamu akan dihibur dengan alunan musik.
  5. Special performance. Untuk membuat kejutan pada para tamu undangan, beberapa pengantin akan membuat special performance di resepsi pernikahannya. Misalnya, bernyanyi atau menari.
  6. Foto bersama. Satu hal yang nggak boleh dilupakan saat resepsi pernikahan ialah foto bersama. Sebelum pulang, biasanya para tamu undangan yang hadir akan menyempatkan diri untuk foto bersama kedua mempelai.
  7. Penutupan. Setelah semua acara selesai dilangsungkan, sang pembawa acara akan menutup resepsi pernikahan ini. Tak lupa, ia akan mengucapkan selamat pada kedua pengantin dan rasa terima kasih pada para tamu yang sudah hadir.

Contoh Susunan Acara Lamaran

Seperti pernikahan, prosesi lamaran pun memiliki beberapa tahapan acara, berikut urutan acara lamaran yang dapat Anda jadikan panduan.

  1. Kedatangan Calon Mempelai Pria dan Rombongan
    Rangkaian acara diawali dengan kedatangan rombongan calon mempelai pria di rumah keluarga calon mempelai wanita. Kunjungan ini disambut oleh keluarga calon mempelai wanita kemudian mempersilakan rombongan keluarga pria untuk duduk di tempat yang telah disediakan. Rombongan biasanya membawa beberapa seserahan untuk diserahkan kepada keluarga wanita.
  2. Pembukaan
    Setelah semua duduk, acara akan dibuka oleh MC yang akan mengucapkan selamat datang, bercerita sedikit mengenai kedua calon mempelai. Selanjutnya MC menanyakan maksud kedatangan keluarga pria ke rumah keluarga wanita.
  3. Keluarga Pria Menyampaikan Maksudnya
    Menjawab pertanyaan MC, perwakilan dari pihak keluarga pria menyampaikan tujuan kedatangan mereka, yaitu melamar sang calon mempelai wanita. Perwakilan keluarg ini akan menanyakan apakah calon mempelai wanita bersedia menerima lamaran tersebut dan dinikahkan dengan putra mereka.
  4. Jawaban Dari Keluarga Wanita
    MC atau pembawa acara akan menanyakan jawaban dari keluarga wanita. Apabila lamaran tersebut diterima, maka pihak keluarga wanita akan menjawab dan menyambut baik lamaran tersebut.
  5. Pemberian Seserahan
    Setelah mendapatkan jawaban resmi bahwa lamaran mereka diterima, rombongan keluarga pria menyerahkan seserahan yang mereka bawa kepada keluarga wanita. Biasanya penyerahan dilakukan secara simbolis dari ibu calon mempelai pria kepada ibu calon mempelai wanita. Seserahan tersebut merupakan bentuk keseriusan keluarga calon mempelai pria untuk meminang calon mempelai wanita.
  6. Tukar Cincin
    Setelah penyerahan seserahan, acara dilanjutkan dengan prosesi tukar cincin. Pada prosesi ini ibu dari calon mempelai pria akan memasangkan cincin ke jari manis calon mempelai wanita, sementara ibu calon mempelai wanita memasangkan cincin ke jari manis calon mempelai pria.
  7. Ramah Tamah dan Perkenalan Antar Keluarga
    Acara selanjutnya adalah ramah tamah dan perkenalan antara dua keluarga. Biasanya masing-masing perwakilan keluarga akan memperkenalkan anggota keluarga inti, dan anggota keluarga lain yang hadir. Acara ini biasa diisi dengan canda tawa untuk mencairkan suasana.
  8. Penutupan
    Setelah perkenalan, acara ditutup dengan pembacaan doa agar semua berjalan lancar hingga hari pernikahan. Dilanjutkan dengan foto bersama, kemudian mempersilakan semua yang hadir untuk menyantap hidangan yang sudah disediakan.
  9. Balasan Seserahan
    Sebelum rombongan keluarga pria pamit pulang, keluarga calon mempelai wanita akan menyerahkan beberapa kotak balasan seserahan yang biasanya berisi makanan, buah-buahan, dankebutuhan sehari-hari calon mempelai pria.

Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah

Susunan acara perpisahan yang saya buat ini mungkin belum sempurna, jadi kalau ada tambahan mohon dikoreksi dikolom komentar. Nah contoh susunan acara perpisahan sekolah yang sudah saya buat seperti di bawah ini.

  1. Pembukaan. Pembukaan disini dibacakan oleh MC biasanya dengan tanda atau ucapan Basmalah sebagai tanda acara perpisahan sekolah dibuka sekaligus pembacaan susunan acara perpisahan.
  2. Sambutan Ketua Panitia. Sambutan ketua panitia ini berisi tentang semua kegiatan, pernyataan selamat mengikuti acara ini serta pernyataan maaf dari panitia jika ada kekurangannya.
  3. Ucapan Kata – kata dari Kelas 6 SD, Kelas 9 SMP dan Kelas 12 SMA/SMK. Biasanya ucapan terima kasih dan permohonan maaf dari siswa kepada pihak sekolah serta minta doa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Biasanya perwakilan satu siswa saja, nah yang ditunjuk harus siap berpidato, nah untuk contoh pidato perpisahan bisa di lihat di Contoh Pidato Perpisahan Sekolah.
  4. Ucapan Kata – Kata dari Adik Kelas (OSIS). Biasanya ucapan ini diwakili oleh ketua OSIS dan isinya ucapan selamat kepada kakak kelas, permintaan maaf dan terima kasih.
  5. Sambutan dari Wali Murid. Biasanya ucapan terima kasih kepada pihak sekolah karena telah membantu anak-anak mereka dalam menuntut ilmu sampai lulus sekolah.
  6. Sambutan dari Kepala Sekolah. Biasanya kepala sekolah menyampaikan selamat kepada siswa karena telah lulus serta kesan, pesan kedepan.
  7. Pelepasan Atribut Sekolah. Biasanya perwakilan 2 orang siswa dan siswi untuk dilepas atribut sekolah oleh kepala sekolah.
  8. Penyerahan Cindera Mata. Biasanya penyerahan cindera mata kepada bapak/ibu guru sebagai ucapan terima kasih.
  9. Penyerahan Hadiah untuk siswa berprestasi (kalau ada)
  10. Hiburan. Acara ini merupakan acara santai dan biasanya diisi oleh penampilan siswa tentang seni, ada yang menyanyi, baca puisi, dan band. Buat yang biasa mengadakan kegiatan pensi biasanya tampil disini, nah ini contoh proposal kegiatan pensi yang sering digunakan.
  11. Pembacaan doa. Ada yang membacakan doa, biasanya oleh guru agama disekolah.
  12. Penutup. Biasanya oleh MC dengan bacaan alhmdllah.

Contoh Susunan Acara Ulang Tahun

#1 Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Anak di Keluarga Inti

  1. Anggota Keluarga Berkumpul di Tempat Acara. Jika adik kamu yang berulang tahun, maka temani dia saat berada di tempat acara perayaan ulang tahun, bisa di meja makan, ruang tamu atau halaman depan rumahmu.
  2. Pembawa Kue Ulang Tahun Memasuki Tempat Acara. Anak akan senang ketika melihat orangtuanya membawakan kue. Sehingga lebih baik jika yang membawa kue ulang tahun adalah orangtuamu. Orangtua memasuki tempat acara ulang tahun sambil membawa kue setelah kamu dan adikmu berada disana selama beberapa menit (tidak bersamaan). Hal ini akan membuat efek kejutan yang tentu menyenangkan adikmu.
  3. Bernyanyi Bersama. Ajak adikmu untuk menyanyikan lagu selamat ulang tahun bersamamu dan orangtua. Dengan bernyanyi bersama, perasaan adikmu yang berulangtahun akan semakin senang.
  4. Doa. Orangtua mengajak anaknya untuk berdoa. Tidak ada kewajiban untuk berdoa dalam hati, sehingga berdoa dengan suara jelas tidak dilarang. Mungkin kamu dan orangtuamu bisa terharu jika mendengar doa polos dari adikmu yang masih kecil.
  5. Tiup Lilin dan Pemotongan Kue. Anak meniup lilin yang ada pada kue. Jika kemudian anak meminta lagi lilin dinyalakan agar bisa ditiup lagi maka dituruti saja. Selanjutnya adalah memotong kue ulang tahun. Orangtua disarankan memotong kue bersama anaknya dengan cara memegang tangan anaknya sekaligus pisau. Sehingga anak yang berulang tahun merasakan sendiri sensasi memotong kue yang akan menjadi pengalaman menyenangkan baginya.
  6. Makan Bersama. Anak yang berulang tahun menyerahkan potongan kue pertama kepada ibu kemudian ayahnya, baru selanjutnya giliran kamu si kakak. Hal ini mengajarkan kepada anak untuk menghormati orangtua dan saudaranya. Setelah kue dibagikan, masing-masing anggota keluarga memakan kuenya secara bersama-sama.
  7. Pembukaan Kado. Kado dari orangtua dan kamu akan dibuka dibagian ini. Momen pembukaan kado merupakan momen yang sangat menggembirakan bagi anak yang berulang tahun. Berilah kado sesuai dengan keinginan adikmu atau yang dibutuhkan adikmu sehingga dia akan semakin bahagia.
  8. Quality Time. Di waktu ini anggota keluarga saling berkomunikasi untuk menambah kedekatan. Ayah dan ibu bisa bertanya apakah si anak suka dengan hadiahnya dan senang dengan perayaannya. Kamu juga bisa bermain bersama adikmu, terutama jika hadiah yang diterimanya berupa mainan.

#2 Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Anak di Rumah Secara Sederhana

  1. Pembukaan Acara oleh Pembawa Acara. Karena perayaan ulang tahunnya sederhana, alangkah baiknya kamu sendiri yang menjadi MC untuk ulang tahun adikmu. Tugasmu adalah menyuruh para tamu undangan untuk menempati tempat yang telah disediakan dan membuka acara dengan doa. Disini kamu harus sabar karena tamu undangannya adalah anak-anak kecil yang biasanya sulit untuk diatur.
  2. Sambutan Singkat dari Orangtua Anak yang Berulang Tahun. Orangtua mengucapkan terimakasih kepada tamu yang sudah hadir, dan mengungkapkan bagaimana senangnya perasaan mereka di acara ulang tahun anaknya ini. Sambutan cukup sebentar saja, karena anak-anak kecil tidak akan terlalu mendengarkan sambutan yang disampaikan hanya orangtua mereka yang memperhatikan.
  3. Permainan Ulang Tahun Sederhana. Kita perlu menghibur tamu-tamu cilik yang hadir agar mereka tidak bosan. Contoh permainan sederhana yang bisa diterapkan misalnya: sambung kata, menyanyi lagu anak, namun huruf vokalnya diganti huruf “i” semua.
  4. Kue Ulang Tahun Dikeluarkan. Setelah semua kembali bersemangat, kue ulang tahun bisa dikeluarkan. Kuenya kecil saja karena hanya digunakan sebagai simbol saat pemotongan, dan yang memakan nantinya hanya keluarga inti.
  5. Doa Bersama. Pembawa acara mengajak si anak untuk berdoa, dan meminta para tamu undangan untuk mendoakan anak yang berulang tahun. Agar lebih khusyuk doa dilakukan di dalam hati.
  6. Tiup Lilin dan Pemotongan Kue. Saat anak yang berulang tahun meniup lilin, MC mengajak para tamu untuk menyanyikan lagu Tiup Lilinnya, dilanjutkan dengan lagu Potong Kue saat proses pemotongan kue berlangsung. Instruksikan adikmu yang berulang tahun untuk memberikan potongan kue pertamanya kepada ibu dan ayah.
  7. Makan Bersama. Untuk mempersingkat waktu. Pihak keluarga sebaiknya menyiapkan kue tart yang sama namun sudah dalam bentuk potongan-potongan untuk dibagikan kepada tamu undangan. Tamu-tamu kecil pasti sangat senang menyantap kue tart yang telah disediakan.
  8. Pembawa Acara Menutup Acara. Beberapa saat setelah acara makan selesai, kamu bisa menutup acara. Ucapkan terimakasih atas kehadiran para tamu, dan doakan kebaikan untuk mereka. Acara bisa diakhiri dengan mengajak para tamu menyanyikan sebuah lagu anak yang menyenangkan.
  9. Paska Acara Karena diselenggarakan di rumah, tentu tidak ada batasan jamnya. Tidak semua tamu akan langsung pulang. Teman-teman adikmu bisa saja masih ingin bermain bersama. Sedangkan para orangtua masih sibuk mengobrol membahas isu-isu hangat yang sedang ramai diberita. Untuk itu pihak keluarga harus menyiapkan persediaan minuman dan camilan lebih banyak untuk mengantisipasi hal ini.
  10. Pembukaan Kado. Sebelum acara berlangsung, orangtua harus sudah memberitahu anaknya untuk membuka semua kado setelah para tamu undangan pulang. Karena jika pembukaan kado dilaksanaakan saat acara inti, akan memakan waktu lebih banyak.

Contoh susunan acara halal bihalal

Pada hari ini kita semua merayakan Hari Raya yang selalu kita tunggu-tunggu kedatangannya dengan penuh haru dan syahdu yaitu HARI RAYA AIDIL FITRI,

Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu saya bacakan susunan acara pada hari ini
sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan kalam ilahi
  3. Sambutan oleh panitia
  4. Ikrar syawalan oleh perwakilan warga RT 01, RW 01 desa Tambak
  5. Jawaban ikrar syawalan dari wakil kepengurusan desa
  6. Istirahat
  7. Tausyah oleh Bapak KH Nur Hidayat
  8. Doa bersama
  9. Penutup

Contoh susunan acara Upacara 17 agustus

Berikut ini merupakan susunan Acara pada Upacara 17 Agustus yang biasanya kita laksanakan setiap tahunnya.

  1. Pembina Upacara Memasuki Lapangan Upacara
  2. Penghormatan kepada pembina upacara, dipimpin oleh pemimpin upara.
  3. Laporan pemimpin upacara
  4. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya (diiringi korsik, jika ada)
  5. Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara
  6. Pembaca teks pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara.
  7. Pembacaan pembuka Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahunm 1945.
  8. Pembacaan Keputusan Presiden RI tentang penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya (jika ada)
  9. Pentematan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya (Jika ada)
  10. Amanat Pembina Upacara
  11. Pembacaan Doa
  12. Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara
  13. Penghormatan kepada pembina upacara, dipimpin oleh pemimpin upacara
  14. Pembina Upacara meninggalkan tempat upacara
  15. Upacara selesai

Keterangan:

– Khusus pelaksanaan upacara di Sekolah/Madrasah. untuk mendukung penguatan pendidikan karakter, pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam 3 stanza dinyanyikan seluruh peserta upacara dengan sikap hormat dipimpin oleh pemimpin upacara.

– Proses penaikan Bendera Merah Putih disesuaikan dengan duarasi lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 stanza


Contoh susunan acara maulid nabi

Berikut ini adalah susunan acara pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

  1. Acara yang pertama ialah pembukaan
  2. Acara ke dua ialah Pembacaan ayat Suci Al-Qur’an
  3. Acara ketiga ialah sambutan sambutan
    – Sambutan yang pertama dari ketua panitia penyelenggara
    – Sambutan yang kedua dari pengurus masjid ………
    – Dan sambutan ketiga dari kepala Desa……..
  4. Acara ke empat ialah istirahat (yang akan diselingi oleh penampilan Jami’ah Rebana……….)
  5. Acara kelima ialah mauidhoh hasanah yang akan disampaikan oleh Ustadz …..
  6. Acara ke enam ialah do’a penutup

Baca juga:

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai susunan acara. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya. Saya kira cukup sampai disini, kita sambung di artikel berikutnya. Jika artikel anda rasa bermanfaat saya mohon berikan rating pada bintang di atas artikel ini. Sekian dan Terima kasih.


Contoh Susunan Acara


Pencarian terkait:

  • contoh susunan acara singkat
  • susunan acara seminar
  • tata cara pembuatan susunan acara
  • contoh susunan acara rapat
  • contoh susunan acara sosialisasi
  • contoh susunan acara resmi kantor
  • susunan acara seminar kesehatan
  • contoh salam pembuka dan susunan acara

Rating

Leave a Comment