Contoh Teks Ceramah Paling Lengkap

Contoh Teks Ceramah – Ceramah adalah suatu kegiatan penyampaian pesan yang memiliki tujuan untuk memberikan suatu nasehat, petunjuk maupun petuah kepada pendengar atau jamaah secara lisan. Pendengar bisa berarti siapa saja, masyarakat luas, agama tertentu ataupun suatu komunitas.

Ceramah singkat biasanya dikenal juga dengan sebutan tausiyah yang merupakan suatu hal yang identik dengan pidato keagamaan, yakni ceramah yang disampaikan oleh seorang ahli agama bisa ustadz ataupun kyai yang dipandang memiliki ilmu agama lebih tinggi kemudian dibagikan kepada orang lain dengan tujuan supaya orang-orang dapat memahami ilmu yang disampaikan tersebut.

Struktur Teks Ceramah

Seperti halnya jenis teks yang lain, teks ceramah juga mempunyai struktur. Struktur teks ceramah yaitu:

  1. Pembukaan atau Pendahuluan, berisi salam dan ucapan syukur kepada Allah SWT serta hormat kepada para petinggi yang hadir pada acara ceramah,
  2. Isi, merupakan inti pokok pembahasan materi ceramah,
  3. Pentupan, berisi kesimpulan dan salam penutup.

Di bawah ini akan  infastpedia jelaskan contoh-contoh teks ceramah. Untuk ceramah singkat sendiri banyak sekali ragamnya, berikut akan dipaparkan beberapa mengenai contoh ceramah singkat, mulai dari ceramah singkat tentang sabar, tentang pendidikan, menuntut ilmu,  ikhlas, shalat, tentang ibu, tentang cinta, kebersihan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan adanya contoh teks ceramah bahasa indonesia ini semoga dapat menambah keimanan kita pada Allah SWT, aamiin.

1. Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Marilah kita panjatkan segala puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk dapat berkumpul di tempat yang insya Allah mulia ini dalam keadaan sehat.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya, serta sampailah kepada kita selaku umatnya. Amin.

Seperti apa yang sudah kita ketahui bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting, baik untuk kehidupan pribadi ataupun bagi keluarga, bangsa serta Negara. Akan tetapi yang disayangkan adalah tidak semua orang dapat merasakan pendidikan hingga tingkat pendidikan tinggi.

Tentunya anda tahu bahwa sebagian kecil saudara kita di daerah terpencil sangat sulit untuk dapat mengakses pendidikan. Pendidikan sangat sulit mereka dapatkan karena keterbatasan ekonomi serta terbatasnya akses yang memadai. Untuk itu bagi kita yang memperoleh kemudahan untuk merasakan pendidikan, manfaatkanlah dengan sebaik mungkin.

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk menggapai cita-cita. Serta pendidikan juga dapat memutus rantai kemiskinan, sebab kemiskinan kadang erat kaitannya dengan kebodohan.

Untuk itu mengingat pentingnya pendidikan bagi kehidupan pribadi maupun kehidupan berbangsa dan bernegara, maka marilah kita siapkan pendidikan setinggi mungkin supaya apa yang kita cita-citakan dapat tercapai. Demikian apa yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Contoh Teks Ceramah Singkat tentang Ibu Tersayang

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.

Saudara –saudara seklian yang saya cintai, disini saya akan sedikit memberikan wejangan tentang ‘’ibu’’. Seperti firman Allah dalam surat Al-Isra’ itu berbunyi seperti ini:“Dan tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak.

jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka jangan sekali-kali mengatakan ‘Ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapankanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa kita sebagai anak harus menghormati kedua orang tua terutama adalah ibu. Bahkan kita sampai tidak boleh berkata “Ah” apalagi sampai membentaknya. Karena karena orang tualah kita dapat berada di dunia ini, Allah memberi amanat berupa kita melalui mereka.

Apalagi seorang ibu, seorang yang telah mengandung kita selama sembilan bulan denan bersusah-susah, melahirkan kita dengan rasa sakit yang luar biasa dan ketika kita lahir, kita hanya mendapat kasih sayang yang tak terhingga seperti kata pepatah yang mengatakan ‘’kasih ibu sepanjang masa’’

Hal tersebut berarti bahwa kasih sayang seorang ibu memang tak terhingga memberi tanpa pamrih dan mengharap imbalan kembali. Ada juga yang mengatakan bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu. Hal tersebut berarti begitu berjasannya seorang ibu kepada kita sampai kita wajib berbuat baik kepada ibu kita sampai akhir hayat nanti.

Sekian wejangan sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

3. Contoh Teks Ceramah Singkat tentang Pergaulan Bebas

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.

Saudara sekalian yang saya cintai, karena disini mayoritas adalah para remaja walaupun ada beberapa yang sudah ibu-ibu dan bapak-bapak.

Maka dari itu disini saya akan sedikit menyinggung tentang penrgaulan bebas yang sudah menjadi momok bagi masyarakat bagi kalangan remaja, dan semoga bagi yang sudah menjadi orang tua dapat menjaga anaknya dari pengaruh negatif pergaulan bebas.

Kita sudah ketahui jika dalam seluruh kehidupan ini orang tua kita tidak selalu dapat mengawasi kita 100 %, mungkin mereka hanya bisa mengawasi kita ketika berada di rumah atau ketika kita masih kecil dan masih membtuhkan bantuan dari kedua orang tua kita baik ketika belajar berjalan, membaca, bermain, menulis, berbicara dan lain-lain.

Akan tetapi semua itu sangatlah berbeda ketika kita sudah menginjak remaja atau baligh dimana jangkauan sosial kita lebih luas, baik itu dari lingkungan sekolah atau lingkungan bermain. Apalagi kita sudah merasakan ketertarikan dengan lawan jenis.

Pada dasarnya ketertarikan atau bahasa gaulnya virus merah jambu itu adalah fitrah dari yang Maha Kuasa, itu naluri nrmal setiap manusia.

Tanpa fitrah itu kita tidak dapat berkembang biak sampai sekarang ini, mungkin kita tidak dapat berada disini. Apalagi tidak hanya itu dari cinta kita muncul ke nafsu seksual. Ya tidak masalah jika nafsu itu disalurkan ketika sudah halal /menikah justru akan berpahala. Tapi bagaimana jika nafsu itu disalurkan sebelum waktunnya.

Diamana kita melakukan segala sesuatu yang negatif itu sangan didukung oleh lingkungan kita, teman-teman kita, yang satu udah punya pacar satnnya ikut-ikutan biar gak dikatakan ketinggalan zaman begini dan begitu. Ya begitulah remana sangan rentan sekali dengan coba-coba, ikut-ikutan padahal mereka sendiri sudah tau kalau itu tidak benar.

Oleh karena itu saudara sekalian perlunnya mengikuti kajian seperti ini, agar kita selalu didekatkan dengan teman-teman yang positif, yang selalu mengajak kepada kebaikan, hindari pergaulan bebas, dan buat para bapak-bapak dan ibu-ibu semoga dapat selalu menjaga anaknya dari ergaulan bebas bagaimanapun carannya.

Sekian wejangan sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Teks Ceramah Tentang Sabar

Contoh teks ceramah yang pertama adalah tentang sabar. Kita tahu bahwa sabar adalah sebuah amalan yang paling susah didapat tetapi memberikan arti yang sangat besar dalam kehidupan. Ceramah ini bisa diberikan saat acara pengajian atau tausiyah di masjid maupun saat acara-acara keagamaan. Berikut contoh teks ceramahnya.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulilah, Puji Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan curahan nikmatnya. Hingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit berceramah mengenai perlunya sabar.

Saudaraku, pertama saya akan membahas tentang apa itu sabar?. Pada dasarnya sabar berasal dari kata sobaro yasbiru yang artinya adalah menahan. Yang mana menahan disini mempunyai arti yang luas. Misalnya saat berpuasa,kita menahan semua hawa nafsu untuk banyak hal.

Seperti menahan lapar dari adzan subuh hingga adzan magrib tiba untuk saat berbuka. Selain itu hendaknya kita juga diharuskan bersabar dalam menghadapi perilaku buruk seseorang kepada kita.Tetapi harus juga diketahui , bahwa tidak semua orang dapat menikmati sebuah kesabaran. Karena pada hakekatnya tidak semua orang dapat menahan rasa sabar tersebut.

Untuk itu semua saudaraku hendaknya kita selalu berdoa dan semakin mendekatkan diri pada Allah SWT agar diberi kesabaran melimpah dan tidak ada batasnya. Supaya kita semua mendapat pahala dari Nya yang seluas-luasnya. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqoroh ayat 153 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman , jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”Bercermin dari ayat tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa Allah SWT akan selalu memberikan pertolongan untuk setiap hamba-hambanya yang mau menjalankan segala perintahNya dan menjauhkan diri dari segala laranganNya.

Didalam ayat Surat Al-Baqoroh tersebut disebutkan Keuntungan orang-orang yang mau mengerjakan sholat wajib 5 waktu. Serta mereka yang mampu menegakkan rasa sabarnya. Yaitu niscaya Allah SWT akan menjanjikan pertolongan saat mendapat kesusahan.

Walaupun begitu saudaraku, sabar memang tidaklah mudah justru adalah sebuah ujian. Namun justru karena ketidak mudahan tersebut menjadikan sabar adalah sarana Allah SWT untuk menguji hambanya apakah bisa lolos atau tidak dalam ujianNya. Hendaknya kita harus selalu istighfar dan berfikir positif agar dapat lolos ujian kesabaran yang diberikan Allah SWT.

Dan Begitulah sedikit mengenai sabar yang bisa saya bagikan kepada saudara-saudara sekalian. Semoga setelah mendengar ceramah ini kita semua dapat lebih memahami arti penting dari sebuah kesabaran. Dan untuk kemudian mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu saya akhiri ceramah hari ini dan mohon maaf apabila ada terdapat salah kata saat penyampaian tadi.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh Teks Ceramah Tentang Sholat

Seperti kata pepatah Sholat merupakan tiang agama. Karena itu penting bagi kita utamanya umat muslim untuk menjalankan salah satu rukun islam tersebut. Ceramah ini bisa diberikan untuk tema pengajian-pengajian maupun acara yang mengandung unsur keagamaan. Berikut contoh teks ceramah tentang sholat:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulilah,

Puji Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan curahan nikmatnya hingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada kesempatan yang berbahagia dan menyenangkan ini saya akan sedikit berceramah mengenai keutamaan sholat.

Saudaraku, kita semua tahu sholat merupakan tiang agama. Maka kita sebagai umat muslim yang beriman agaknya selalu dirikan lah sholat yang khusuk dan benar. Karena dengan kita khusuk saat menjalankan ibadah sholat, berarti kita telah menjalankan satu tiang kehidupan.

Sholat merupakan tiang agama. Hal tersebut bisa dianalogikan dengan sebuah tiang bangunan roboh maka seluruh bangunan pasti ikut hancur dan rusak. Begitu juga dengan kehidupan kita. Baik buruknya sholat kita merupakan cerminan perilaku kehidupan yang kita jalani.

Banyak orang yang berpendapat bahwa jika ingin melihat bagaimana seseorang maka cukup lihat cara sholat orang tersebut. Kalau Sholatnya baik, Insya Allah semua amalan yang dilakukan orang tersebut baik adanya.Karena kekhusukan sholat dapat mencerminkan bahwa seseorang telah dengan maksimal menjalankan perintah Allah dalam hal ini yaitu sholat.

Hal ini juga merupakan sebuah bukti ketakwaan kita terhadap Allah SWT.Lain halnya Saudaraku, jika kita selalu seenaknya dan tidak khusuk saat menjalankan sholat. Baik dalam soal waktu maupun bacaan sholat yang dilantunkan. Maka sudah dapat dipastikan amalan lain yang dilakukan orang tersebut akan tidak jauh berbeda.

Ada juga sebuah Hadist Nabi yang artinya bahwa sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Hal ini menjadi sebuah kesimpulan yaitu sholat yang dikerjakan dengan baik dan khusuk akan dapat mempengaruhi jiwa dan hati nurani kita. Khususnya dari penyakit hati dan hal buruk yang bisa merugikan orang lain.

Dan sampailah kita di bagian akhir dari ceramah untuk hari ini, semoga dapat memberi banyak manfaat bagi semua hadirin yang hadir disini. Mohon maaf tak lupa saya haturkan bila terdapat salah salah kata.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

6. Contoh Teks Ceramah tentang Menuntut Ilmu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji dan syukur kita panjatkan ke Hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Semoga kita selalu diberi hidayah oleh Allah SWT, sehingga kita selalu bersyukur atas rahmat dan nikmat yang diberikan oleh-Nya. Selain itu sholawat dan salam juga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya.

Yang senantiasa selalu membawa kita menuju ke agama kebenaran yaitu agama islam.

Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,

Saya akan menyampaikan sedikit ilmu saya tentang menuntut ilmu. Sebagaimana yang tertulis pada firman Allah pada surat Al-Mujadalah ayat 11, yang artinya yaitu “ Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman, dan orang yang berilmu hingga beberapa derajat.”

Di dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa, orang yang menuntut ilmu baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat ini sangat diutamakan. Karena jika seseorang berilmu, maka kita bisa melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang yang ada. Pikiran pun akan selalu jernih, dan juga selalu bijak setiap mengambil keputusan apapun.

Contoh kecil dari menuntut ilmu adalah, kita diajari membaca, menulis, menghitung, menganalisa, dan sebagainya sejak kita kecil. Selain itu kita juga mempelajari berbagai ilmu akademik dan terapan seperti misalnya pelajaran matematika, biologi, sosiologi, akuntansi dan sebagainya. Dengan memiliki banyak ilmu, maka wawasan kita pun akan semakin bertambah.

Jika dalam hidup ini kita hanya berdiam diri saja tanpa mau berilmu, atau tanpa mau menimba ilmu maka hidup kita akan menjadi sia-sia saja. Kita pun akan menjadi buta tanpa ilmu. Mendapatkan ilmu bisa dari mana saja, bukan hanya didapatkan dari sekolah. Kita juga bisa mendapatkan ilmu dari membaca banyak buku, atau dari kehidupan sehari-hari.

Misalnya saja saat kita melakukan hal-hal yang baik dalam membantu orang, dalam bersedekah, saat beramal, dan kegiatan positif lainnya. Maka di situlah kita ikut belajar, ilmu pun bertambah, dan kita pun mendapatkan pahala. Karena tidak ada yang sia-sia dalam menuntut ilmu.

Selain itu ilmu agama juga sangat penting untuk kepentingan kehidupan kita di akhirat nanti. Mendapatkan ilmu agama ini bisa didapatkan dari berbagai hal. Misalnya di pendidikan agama di sekolah, atau di kajian seperti ini. Sekian penjelasan dari saya tentang menuntut ilmu, semoga dapat memberi manfaat untuk Bapak, Ibu dan Saudara sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Baca juga: Hadits Tentang Menuntut Ilmu: Lengkap dengan Arti dan Penjelasannya

7. Contoh Teks Ceramah Singkat beserta Strukturnya

Pembukaan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulilah, Puji Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita, sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di majelis yang insyaallah dirahmati oleh Allah. Shalawat dan salam tak henti-hentinya kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah merubah zaman jahiliyah menjadi zaman yang terang benderang sampai saat ini.

Isi Ceramah tentang tips khusyuk dalam shalat

Hadirin yang dirahmati Allah, Pengertian shalat menurut etimologi adalah do’a dan pujian. Dengan demikian, ungkapan shalat Allah kepada Nabi-Nya, berarti pujian atau kasih sayang Allah Swt kepada Nabi Nya.

Sehingga dapat dipahami bahwasanya shalat memiliki bentuk lahir dan dapat disaksikan secara kasat mata. Pengertian itulah yang diberikan oleh para ulama fiqih tentang shalat yaitu perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam. Namun pada hakikatnya, shalat bukan hanya gerakan lahir semata, namun yang terpenting terletak dalam gerakan hati dan jiwa menghadap Allah SWT.

Ketika hati dan jiwa bisa diselaraskan dengan gerakan badan serta dengan penuh konsentrasi dan kesungguhan dalam menyembah Allah SWT, itulah baru bisa dikatakan shalat yang sejati. Namun bagi kalangan ahli Tasawuf, shalat lebih dititikberatkan pada sisi hati (ruh). Hal ini dikarenakan terdapat banyak perbedaan tafsir dalam gerakan shalat itu sendiri.

Hadirin yang dirahmati Allah, pengertian khusyuk ialah merendah, menyerah, takluk, tunduk. Sedangkan khusyuk dalam shalat tidak memiliki arti pasti karena terdapat banyak pendapat dari ulama. Salah satunya ialah menurut Ali bin Abi Thalib pengertian khusyuk ialah berpaling dari sisi kanan dan kiri dalam shalat.

Bapak-bapak dan Ibu-Ibu, saya akan membagikan tentang tips agar bisa khusyuk dalam shalat.

Memusatkan Perhatian, sama seperti mengendarai mobil kita harus selalu fokus dengan shalat. Analoginya adalah ketika kehilangan fokus dalam berkendara, nyawa adalah taruhannya. Sehingga andaikan saja ketika kalian shalat seperti mengendarai mobil,

Pastikan kondisi tidak ingin ke kamar kecil, apabila kita dalam shalat lalu ingin kencing maka hal tersebut akan membuyarkan fokus dan ingin cepat-cepat selesai shalat,

Bayangkan, selalu mencoba untuk membayangkan bahwa kalian sedang berdiri di hadapan Allah, Jangan shalat dalam kondisi lapar, “Jangan shalat ketika makanan sudah dihidangkan.” (HR. Muslim no. 560). Bukan hanya ketika lapar, juga ketika makanan sudah tersedia hendaknya dihabiskan terlebih dahulu.

Ada banyak manfaat yang didapatkan dari khusyuk dalam shalat diantaranya adalah sebagai pembukan pintu hikmah, benteng dari kemaksiatan, mengundang pertolongan Allah, dan penggugur dosa.

Orang yang khusyuk dalam shalat juga memiliki ciri-ciri diantaranya adalah menghindari perbuatan keji dan munkar, bekerja dengan baik, memiliki ketentraman batin, tidak berkeluh kesah, diberi kecukupan rezeki, dan selalu penuh kesabaran.

Penutup

Begitulah sedikit mengenai khusyuk yang bisa saya bagikan kepada hadirin sekalian. Semoga setelah mendengar ceramah ini, kita semua dapat mengambil hikmah yang ada didalamnya dan kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu, saya akhiri ceramah ini mohon maaf apabila terdapat salah kata.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

8. Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Kebersihan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam kesempatan kali ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, nikmat iman, serta hidayahnya kepada kita selaku hamba-Nya sehingga dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang dirahmati Allah

Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan tentang menjaga kebersihan. Allah SWT sangat mencintai orang yang senantiasa menjaga kebersihannya. Untuk itu marilah kita senantiasa menjaga kebersihan untuk mencapai keselamatan dan kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain.

Apabila kita menjaga kebersihan dan ditiru oleh anak-anak serta orang-orang terdekat kita maka kita akan merasakan manfaatnya. Untuk itu mari kita ajarkan sedini mungkin tentang pentingnya menjaga kebersihan supaya nantinya mereka tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, serta dapat menebar kebaikan.

Dengan diajarkannya untuk menjaga kebersihan kepada anak-anak, diharapkan mereka dapat mandiri serta dapat mengatasi hal-hal yang sulit untuk diselesaikan. Seperti apa yang kita ketahui sekarang masih banyak sekali orang-orang yang tidak peduli akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Demikian apa yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, semoga a[a yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

9. Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Ikhlas

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak sekali kenikmatan kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang insya Allah mulia ini.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Agung Muhammad SAW. Di mana atas berkat perjuangan beliau dan para sahabatnya sehingga kita dapat merasakan indahnya islam seperti sekarang ini.

Jamaah yang dirahmati Allah,

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan ceramah singkat mengenai ikhlas. Dalam arti yang sering kita ketahui bahwa ikhlas merupakan segala sesuatu yang dilakukan tanpa mengharapkan imbalan apapun. Arti ikhlas ini sudah benar namun kurang tepat. Dalam agama islam ikhlas berarti melakukan sesuatu karena Allah SWT.

Dalam hal ibadah ikhlas berarti melakukan ibadah karena Allah SWT, bukan Karena yang lain, bukan juga karena ingin dipuji, ingin terlihat sholeh, tetapi memang benar-benar karena Allah. Sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Bayyinah ayat 5 yang berarti bahwa “Tidaklah mereka diperintahkan kecuali untuk mengikhlaskan agama untuk-Nya.”

Ikhlas akan menjadi sangat penting untuk diaplikasikan dalam kehidupan, sebab pada setiap amalan yang kita lakukan tanpa didasari dengan keikhlasan maka amalan tersebut dipandang tidak sah di hadapan Allah.

Ikhlas juga menjadi alat ukur pada setiap amalan yang kita lakukan, semakin kita ikhlas maka pahala yang akan kita dapatkan juga akan semakin besar. Semakin ikhlas seseorang dalam beramal, maka akan semakin besar pula balasan yang akan diterima.

Setelah anda memahami pentingnya ikhlas dalam kehidupan sehari-hari, maka latihlah hati untuk selalu ikhlas pada setiap hal. Saya rasa cukupkan sekian, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat. Kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca juga: Kata Kata Ikhlas 

10. Contoh Teks Ceramah Agama Pendek tentang Keutamaan Membaca Al Quran

Keutamaan Membaca Alquran

Alhamdulillahiladzi bi’dzatihi ya’tarulmu’minuna wa bi’inaa yatihi wa taufiqihi yahtadii dholimun. Ashaduanla ilahaillahu wahdahula syarikalah wa ashaduanna muhammadan ‘abduhu warasuuluh, a’ma ba’du.

Segala puji bagi Allah, yang telah mengatur segala sesuatu menurut kehendak-Nya, yang telah menciptakan makhluk-Nya dengan sangat sempurna. Semoga rahmat dan salam dikaruniakan kepada Muhammad, Rasul Allah, Nabi Nya yang tercinta dan terpilih, juga kepada keluarga dan para sahabatnya, serta umatnya sampai akhir zaman.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan khotbah tentang taat kepada Allah Swt dan Rasul-Nya.

Hadirin yang dimuliakan Allah,

Al-Quran adalah salah satu mukjizat yang diberikan Allah Swt kepada Nabi Muhammad saw. Al-Quran menjadi kitab suci umat Islam sebagai pedoman dalam menjalankan ibadah dan muamalah. Al-Quran pun berisi ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat terus digali dan dikaji demi kemaslahatan umat manusia.

Alquran mempunyai 114 surat. Surat terpanjang adalah surat Al Baqarah terdiri atas 286 ayat sedangkan surat terpendek terdiri dari 3 ayat, yaitu surat Al ‘Ashr, Al Kautsar, dan An Nashr.

Adapun jumlah ayat di Alquran adalah 6.666 ayat. Untuk memudahkan pembacaan dan penghafalan, para ulama membagi Alquran dalam 30 juz yang sama panjang.

Hadirin yang dimuliakan Allah,

Setiap orang yang membaca Alquran dengan ikhlas karena Allah maka ia mendapatkan pahala. Pahala ini dilipatgandakan jika disertai dengan kehadiran hati, penghayatan, dan pemahaman terhadap ayat yang dibaca. Maka satu huruf bisa dilipatgandakan pahalanya menjadi sepuluh kebaikan, bahkan tujuh ratus kali lipat.

Ibnu Katsir menyebutkan beberapa adab membaca Alquran, di antaranya:

  1. Tidak menyentuh Alquran atau membacanya kecuali dalam keadaan suci.
  2. Bersiwak sebelum membacanya.
  3. Mengenakan pakaiannya yang terbaik.
  4. Menghadap kiblat.
  5. Berhenti membaca jika menguap.
  6. Tidak memotong bacaan dengan suatu perkataan kecuali memang ada keperluan.
  7. Pikirannya terkonsentrasi.
  8. Ketika melalui ayat yang berisi janji berhenti untuk memohon kepada Allah dan ketika melalui ayat yang berisi ancaman memohon perlindungan kepada Nya.
  9. Tidak meletakkan Al-Quran tercerai-berai juga tidak meletakkan sesuatu di atasnya.
  10. Tidak saling mengeraskan bacaan terhadap orang lain.
  11. Tidak membaca Alquran di dalam pasar dan di tempat-tempat hiburan.

Beberapa adab yang harus diperhatikan dalam memperlakukan Al-Quran dijelaskan dalam hadist Rasulullah saw. Salah satunya menyatakan bahwa janganlah kalian menggunakan Alquran sebagai bantal…” (HR. Baihaqi).

Pernyataan tersebut mengandung dua maksud: Pertama, menggunakan Alquran sebagai bantal, perbuatan tersebut bertentangan dengan adab dan penghormatan Alquran sebagai kitab suci. Ibnu Hajar ra menjelaskan bahwa menggunakan Alquran sebagai bantal, melonjorkan kaki ke arahnya, menginjaknya, dan sebagainya adalah perbuatan haram.

Kedua, maksud jangan menggunakan Alquran sebagai bantal adalah jangan melalaikan Alquran. Misalnya, meletakkan Alquran di atas batu nisan kuburan dengan tujuan mendapatkan berkah. Perbuatan itu sangat tidak menghormati Alquran dan tidak akan memberikan manfaat apapun.

Hadirin yang dimuliakan Allah,

Alquran sebagai kitab suci umat Islam mempunyai banyak keutamaan, yakni:

  1. Alquran adalah kalam (perkataan) Allah Swt.
    Itu berarti perkataan yang paling benar dan tidak ada keraguan sedikitpun di dalamnya. Allah Swt berfirman: “Dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari perkataan Allah?” (QS. An Nisa 87: 122).
  2. Alquran adalah petunjuk dan kasih sayang (rahmat) bagi orang yang bertakwa.
    Allah berfirman: “Sebagai petunjuk bagi orang yang bertakwa” (QS. Al Baqarah, 2). Dalam ayat lain Allah Swt berfirman, “Sebagai petunjuk dan kasih sayang bagi orang orang yang beriman ” (QS. Yunus, 57). Kasih sayang dalam arti tidak mau menyia nyiakan hambanya dan jatuh dalam kesesatan.
  3. Obat dan penenang hati
    Allah berfirman: “Dan Kami turunkan dari Alquran sesuatu yang mengobati dan kasih sayang bagi orang yang beriman ” (QS, Al Isra, 82).
    Dalam ayat lain Allah befirman: “Wahai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu mauizha (nasihat) dari Tuhanmu dan Penyembuh bagi penyakit penyakit dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman”(QS, Yunus, 57).
  4. Al Quran mencakup segala sesuatu Allah berfirman: “Tiadalah Kami alpakan sesuatu pun dalam Al Kitab ini (Alquran), kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan” (QS, Al An’am, 38). Maksudnya al Quran mencakup hukum (halal dan haram), kisah, berita gaib, nasihat nasihat, perumpamaan perumpamaan, bahkan mencakup kaidah kaidah ilmiah yang tetap (pasti).
    Hadirin yang dimuliakan Allah,

Bagaimana sikap kita terhadap Alquran? Sebagai seorang muslim kita harus bersikap sebagai berikut.

  1. Membaca Alquran
    Rasulullah Saw. bersabda: “Bacalah Alquran maka sesungguhnya Alquran akan menjadi pemberi syafaat untuk ahlinya (pembacanya) di hari kiamat.
  2. Menghafal Alquran
    Wajib bagi orang Muslim untuk menghafal Alquran baik seluruhnya atau sebagiannya. Rasulullah saw bersabda: ”’Sesungguhnya orang yang tidak ada di dalam hatinya sedikit pun dari Alquran seperti rumah kosong”. (HR. Tirmidzi)
  3. Tadabbur Alquran
    Artinya merenungi kandungan Alquran ayat per ayat dengan tujuan memberikan perlindungan diri dari segala apa yang dilarang.
  4. Mengamalkan Alquran.
    Setelah membaca, menghafal, dan mentadabburi Alquran langkah terakhir yang harus ditempuh adalah mengamalkan Alquran. Dengan mengamalkan Alquran berarti mengamalkan ajaran Islam itu sendiri. Aisyah berkata: “Akhlak Rasulullah saw adalah Alquran”.

    Alquran yang kita pelajari dan baca tidak akan lengkap kecuali mengamalkannya karena Alquran di hari kiamat bisa menjadi penolong atau penghujat kita, dalam artian Alquran yang kita baca, kita pahami dan tidak kita amalkan akan menjeremuskan kita ke neraka.
    Adik-adik, empat sikap ini harus dimiliki oleh setiap muslim agar Alquran selalu menjadi panutan dan tuntunan dalam hidup kita. Adik adik harus menjadi generasi Qurani penerus perjuangan Rasulullah saw sampai akhir zaman.

Keutamaan Membaca, Mempelajari, dan Memahami Alquran

Adik adik, berikut beberapa hadist yang menerangkan keutamaan membaca, mempelajari, dan mengamalkan Alquran.

Dari Ibnu Mas’ud r.a. berkata, “Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca sebuah huruf dari kitabullah (yakni Alquran), maka ia memperoleh suatu kebaikan, sedangkan satu kebaikan itu akan dibalas dengan sepuluh kali lipat yang seperti itu. Saya tidak mengatakan bahwa alif lam mim itu satu huruf tetapi alif adalah satu huruf, lam satu huruf dan mim juga satu huruf.” (HR. Imam Termidzi).

Dari Abu Musa al Asy’ari r.a., berkata: “Rasulullah saw bersabda: “Perumpamaan orang mukmin yang suka membaca Alquran seperti buah jeruk utrujah, baunya enak dan rasanya pun enak; dan perumpamaan orang mukmin yang tidak suka membaca Alquran seperti buah kurma, tidak ada baunya, tetapi rasanya manis. Adapun perumpamaan orang munafik yang suka membaca Alquran ialah seperti minyak harum, baunya enak sedang rasanya pahit dan perumpamaan orang munafik yang tidak suka membaca Alquran seperti rumput hanzhalah, tidak ada baunya dan rasanya pun pahit.” (Muttafaq ‘alaih)

Dari Abu Umamah r.a., katanya: “Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: “Bacalah olehmu semua akan Alquran itu, sebab Alquran itu akan datang pada hari kiamat sebagai sesuatu yang dapat memberikan syafaat (yakni pertolongan) kepada orang orang yang mempunyainya.” (HR. Muslim) Dari Mu’adz Aljuhani ra. berkata, Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa membaca Alquran dan mengamalkan isi kandungannya, maka kedua orangtuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat, yang sinarnya lebih terang daripada cahaya matahari jika sekiranya matahari itu berada di rumah rumah kamu di dunia ini. Bagaimana menurut perkiraan kalian mengenai orang yang mengamalkannya sendiri?” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah saw bersabda, “Belajarlah Alquran dan bacalah ia karena orang yang belajar Alquran, membacanya dan menyebutnya di dalam salat tahajjud adalah seumpama sebuah wadah yang terbuka yang penuh dengan kasturi, baunya semerbak ke seluruh tempat. Seseorang yang telah belajar Alquran tetapi tidur, sementara Alquran berada dalam hatinya adalah seumpama wadah yang penuh dengan kasturi tetapi tertutup.” (HR. Tirmidzi, Nasal, Ibnu Majah, dan Ibnu Hiban).

Banyak keutamaan yang dapat kita peroleh dengan membaca Alquran. Untuk itu, kita harus belajar membaca dan memahami Alquran agar mendapatkan kebaikan dari padanya.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah ceramah singkat yang saya sampaikan. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam menyampaikannya. Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi hadirin yang hadir di sini.

Allahu yakhuzdu biaydina illa maa fiihi khoeron lil islami wal muslimien.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wa barrokatuh.

11. contoh teks ceramah bahasa indonesia

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan islam. Salawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw berserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengambil judul ceramah yaitu “Syukur akan Nikmat Allah SWT” .

Hadirin yang berbahagia
Syukur mempunyai makna yaitu berterima kasih dan menerima dengan sepenuh hati akan anugerah atau nikmat yang allah berikan kepada kita.

Kita tidak akan bisa menghitung, mengira berapa banyak nikmat yang Allah berikan, mulai dari nikmat kesehatan, nikmat iman, nikmat masih bisa berfikir dan berbagai nikmat lagi yang tak bisa kita hitung satu persatu. Namun yang menjadi permasalahannya adalah mengapa kita tidak bisa bersyukur akan semua nikmat yang Allah berikan? dan mengapa kita selalu berfikir bahwa nikmat itu berupa materil / uang.

Pemikiran seperti ini sebenarnya sangat lah salah dan fatal, karena apabila kita berfikir seperti ini berarti kita termasuk orang yang kufur. Sebagai mana firman Allah yang artinya adalah ” Jikalau kamu bersyukur akan nikmat Allah maka akan Allah tambah nikmat kepada mu, Namun jika kamu kufur akan nikmat Allah, sungguh adzab Allah sangat pedih.”

Maka dari itu apabila kita tidak ingin masuk kedalam golongan orang orang yang kufur itu maka sehendaknya kita bersyukur.
Dampak Positif dari bersyukur :

Menghilangkan rasa sombong dan angkuh.
Menyadarkan diri bahwa semua yang dimiliki adalah kepunyaan Allah Semata.
Menyadarkan diri bahwa kita lebih beruntung dari pada orang lain.
Apabila kita tidak ingin kufur maka kita jangan pernah sekali-kali memandang keatas kita tapi cobalah kita memandang kebawah karena dari situlah kita akan tersadar bahwa seberuntungnya kita dibanding orang lain.

Hadirin yang di muliakan Allah…

Demikianlah ceramah singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan berbahagia kali ini, terimakasih atas perhatiannya, apabila terdapat kesalahan maka itu merupakan kekurangan dari pribadi saya sendiri, kebenaran hanya milik Allah.

Akhir kata saya ucapkan: Ihdinash Shiroothol Mustaqiim, Wabillaahit Taufiq Walhidayat Wassalamu’alaikum Warohmatulloohi Wabarakaatuh.

12. contoh teks ceramah bahasa indonesia kelas 11

Selamat pagi murid-muridku yang saya kasihi, serta rekan-rekan guru yang saya hormati.

Pertama-tama, mari kita ucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena karunia-Nya sehingga kita semua bisa berkumpul pada acara pagi hari ini.

Seperti yang sudah kita ketahui, lingkungan di sekitar kita menjadi cerminan budaya sekolah kita. Sangat tidak enak apabila lingkungan di sekitar kita ini tidak enak dipandang dan tidak nyaman lagi. Apalagi sekolah ini sudah jadi rumah kedua kita yang setiap hari kita datangi untuk menuntut ilmu.

Lingkungan sekolah yang nyaman dan sejuk akan meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar mengajar. Selain itu, kita pun jadi bisa berkontribusi terhadap penciptaan budaya yang ramah lingkungan.

Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini, sangat menginginkan agar murid-murid dan rekan-rekan guru sekalian bisa tetap menjaga keasrian dan kebersihan lingkungan sekolah kita.

Setiap kelas harus berkontribusi menyumbangkan dua pohon lalu merawatnya dan juga satu tong sampah di setiap depan kelas. Kemudian, setiap hari harus dibuatkan jadwal piket untuk membersihkan kelas dan taman di depan kelas. Jangan lupa juga untuk membuang sampah pada tempatnya karena dengan begini, tong sampah sudah tersedia banyak dan tidak ada alasan lagi untuk malas membuang tempat sampah ke tempatnya. Semoga dengan cara ini, kita bisa bergotong royong untuk sama-sama memelihara lingkungan yang bersih dan sejuk.

Harapan saya adalah dengan tindakan-tindakan kecil yang dilakukan secara bersama-sama ini, pada akhirnya bisa membawa perubahan besar bagi lingkungan sekolah, bahkan lingkungan daerah sekitar kita.

Akhir kata, terima kasih atas kesempatan waktu yang diberikan, mohon maaf bila ada salah kata, dan mari kita bersama-sama memelihara lingkungan sekolah yang sehat, bersih, dan nyaman!

13. Contoh Teks Ceramah Singkat tentang Ibu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulilahirobbilamin, kita ucapkan segala puji bagi Allah SWT. Yang telah melimpahkan nikmat dan juga Karunia-Nya untuk kita semua. Segala nikmat mulai dari nikmat sehat sampai nikmat lainnya telah Ia berikan pada kita. Semoga kita selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan pada kita. Tak lupa sholawat dan salam tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW, dengan keluarga dan sahabatnya.

Saudara sekalian yang berbahagia,

Bertepatan dengan hari ibu hari ini, saya ingin menjelaskan sedikit tentang ibu. Di dalam Al Qur’an pun dijelaskan, bahwa seorang ibu itu sangatlah mulia dan kita tidak boleh menyakiti hatinya. Kita juga tidak boleh berkata Ah saja padanya, apalagi membentaknya. Karena ridha Allah terletak pada ridha seorang ibu. Maka hormatilah ibumu, dan selalu perlakukan ibu dengan baik sampai kapan pun.

Di dalam Al Quran Surah Al-Isra dijelaskan bahwa seorang anak harus selalu memperlakukan ibunya dengan baik. Ibu adalah orang yang telah mengandung kita selama 9 bulan dengan susah payah. Serta melahirkan kita dengan rasa sakit yang luar biasa. Tak heran jika disebutkan bahwa kasih ibu sepanjang masa, dan tidak mengharapkan balasan apapun.

Kasih sayang setiap orang tua khususnya ibu, memang tidak terhingga dan tanpa pamrih sedikit pun. Bahkan disebutkan juga bahwa surga berada di telapak kaki ibu, sehingga kita sebagai anak wajib berbuat baik sampai akhir hayat. Demikian ceramah singkat saya tentang ibu, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat memberi manfaat bagi Anda sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Baca juga: Puisi Ibu

14. Contoh Teks Ceramah Lucu

Halo, guys! Thank you karena sudah memberikan saya kesempatan untuk berbicara. Pertama-tama hari ini yang mau saya bahas ialah kejomloan. Ayo, siapa yang jomlo di sini?

Kalau membahas masalah remaja atau anak-anak puber, pasti enggak jauh-jauh dari yang namanya cinta. Ada yang suka sama gebetan tapi bertepuk sebelah tangan, ada yang suka sama gebetan, eh gebetannya juga suka sama dia. Ada juga yang jadian, putus, nyambung, putus, nyambung, udah kayak extension hair!

Nah, tapi dalam kehidupan percintaan, enggak cuma anak remaja sih, orang dewasa juga sebenarnya punya predikat ini. Yakni jomlo! Ayo, siapa yang sudah lama banget ngejomlo dan kangen banget pingin punya pacar?

Jomlo ini suka banget di-bully sama teman-temannya. Kenapa? Karena ternyata jadi jomlo itu akibat enggak laku. Waduh! Padahal nih ya, kalau kata Pocoooong mah, hantu yang jadi seleb di Twiiter itu tuh, ‘jomlo itu nasib, kalau single itu prinsip.”

Eeeaaa, jadi siapa di sini yang jomlo, siapa di sini yang single?

Padahal jadi jomlo itu enak banget lho, guys. Serius! Coba deh kalian bayangkan, kalian itu terbebas dari yang namanya drama, uang jajan full buat diri sendiri dan bisa ditabung, enggak perlu setiap menit kasih laporan ke pasangan, bisa nge-like foto siapa saja di Instagram, dan paling asyiknya bisa main sama siapa saja tanpa ada yang marah!

Apalagi kalian kan masih muda, ya, jadi sebenarnya masih banyak sekali pengalaman-penglaman yang harus di-explore. Dan kadang mau berpetualang itu kalau punya pacar suka dipersulit! Iya enggak, sih?

Makanya, buat kalian yang jomlo, selow aje! Nanti kalau sudah waktunya tiba punya pacar juga, pasti punya, kok! Jangan minder kalau sering di-bully karena jadi jomlo itu, keren! Setuju?

Oke deh, kayaknya sekian dulu ceramah saya tentang kejomloan hari ini. Terima kasih ya, guys, sudah diberi kesempatan di sini. Sampai jumpa di lain waktu!

15. Contoh Teks Ceramah Singkat Hari Raya Idul Fitri

Assalamualaikum wr. Wb.

Marilah kita senantiasa meningkatnya kualitas keimanan kita kepada Allah swt serta sekaligus mengucapkan syukur atas nikmat Allah yang tiada tara. Shalawat serta salam tidak lupa kita panjatkan kepada Nabi Muhammad saw yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah ke zaman yang penuh dengan ilmu dan cahaya kebersamaan seperti sekarang ini.

Saudaraku yang dirahmati Allah,

Pada hari raya idul fitri seperti saat ini, merupakan hari yang sangat Allah muliyakan. Di mana setiap umat islam bergembira sebab mereka telah memperoleh kemenangan dalam berperang melawan hawa nafsu selama satu bulan penuh untuk dapat menjalankan ibadah puasa.

Pada hari ini kita diharamkan untuk berpuasa dan dibebaskan dari api neraka serta Allah berikan pahala kepada kita semua pahala yang berlipat ganda. Malaikat memohonkan ampun kepada Allah serta bersalaman dengan orang-orang yang melakukan shalat Ied ini. Semoga kita termasuk orang-orang yang malaikat mohonkan ampun. Aamiin.

Dan berbahagialah bagi para kaum musliminyang telah menunaikan kewajiban berikutnya yaitu menunaikan zakat fitrah yang bertujuan untuk membersihkan lahir serta batin kita yang menjadi sebab diterimanya puasa kita selama satu bulan di bulan Ramadhan.

Demikian apa yang dapat saya sampaikan, sungguh jika ada kebenaran datangnya dari Allah, dan apabila terdapat banyak kesalahan datangnya dari diri pribadi saya. Mohon maaf apabila terdapat banyak salah kata, minal aidin wal faizin wassalamualaikum wr.wb.

Baca juga: Kumpulan Kata Kata Mutiara dan Ucapan Selamat Idul Fitri

16. Contoh Teks Ceramah tentang Sedekah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sebelumnya mari kita panjatkan puji dan syukur pada Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya yang senantiasa Allah berikan pada kita semua. Sehingga kita bisa berkumpul bersama di Majelis ini dalam keadaan sehat walaafiat. Sholawat serta salam kami haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta seluruh keluarga dan para sahabatnya. Agar kelak kita mendapat safaatnya di Yaumul Qiyamah.

Tahukah anda semua mengapa islam mewajibkan setiap umatnya untuk melakukan sedekah?

Ada banyak ulama yang menyebutkan bahwa, ada banyak keutamaan yang terdapat pada sedekah apalagi jika kita melakukannya dengan ikhlas dan tanpa pamrih atau mengharap imbalan apapun. Sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam surah Al-Baqarah ayat 261, yang bunyinya yaitu :

“ Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan) oleh orang-orang yang telah menafkahkan hartanya di jalan Allah. Akan serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, yang di mana ada seratus biji di setiap 1 bulir. Artinya Allah akan melipat gandakan (ganjaran) untuk siapapun yang Dia kehendaki. Dan Allah memang Maha Luas (yaitu karunia-Nya), dan Ia pun Maha Mengetahui.”

Dari firman Allah SWT tersebut, sudah jelas bahwa sedekah merupakan salah satu perintah Allah. Kita juga tidak akan jatuh miskin, setiap kali kita ikhlas dalam memberikan sedekah kepada setiap orang yang membutuhkan. Bahkan Allah akan melipat gandakan setiap sedekah yang anda keluarkan, baik dalam jumlah kecil maupun besar.

Tujuan utama dari diperintahkannya sedekah ini adalah, untuk mensucikan harta yang kita miliki dan agar diri dan batin kita merasa tenteram. Khususnya dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini. Hal – hal yang berkaitan dengan sedekah ini, terdapat juga pada sabda Nabi Muhammad SAW yang isinya “Sedekah itu akan menghapus dosa, sebagaimana air yang memadamkan api.”

Bukan hanya itu, tetapi ada banyak lagi keutamaan daru sedekah yang dilakukan dengan perasaan tulus dan ikhlas. Ada beberapa keutamaan yang terdapat dalam sedekah, yang pertama yaitu sedekah yang dilakukan dalam mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Sebagaimana yang juga dijelaskan di dalam Surah Al-Araf ayat 56.

“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di bumi, sesudah Allah memperbaikinya. Serta berdoalah kepada Allah SWT, dengan rasa takut. Yang artinya takut tidak akan diterima, dan berharap bahwa doanya akan dikabulkan. Sesungguhnya rahmat Allah amatlah dekat dengan orang – orang yang berbuat baik. Maka berbuat baiklah.”

Keutamaan sedekah berikutnya yaitu dapat memadamkan murka Allah SWT, sebagaimana yang disebutkan dalam hadist riwayat Thabrani dan Ibnu Asakir. Yang isinya, “Ada sedekah rahasia atau yang tersembunyi, yang akan memadamkan amarah Ilahi.”

Masih banyak lagi keutamaan dalam sedekah, yang membawa makna yang baik bagi kehidupan kita. Maka bersedekahlah dengan tulus dan juga ikhlas, kita juga bisa meningkatkan kepedulian kita pada para fakir miskin dan orang – orang yang tertindas. Selamat bersedekah, sekian yang bisa saya sampaikan tentang sedekah. Semoga membawa manfaat bagi kita semua.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh

17. Contoh Ceramah Singkat Tentang Jodoh

Assalamualaikum wr. Wb

Hadirin yang dirahmati Allah,

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt yang telah memberikan karunianya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw, para sahabatnya, keluarganya, dan sampailah kepada kita selaku umatnya aamiin.

Tema pembahasan kita kali ini adalah tentang jodoh, seperti yang kita ketahui bahwa urusan jodoh ada di tangan Allah. Jodoh juga merupakan misteri yang sampai detik-detik pernikahanpun belum tentu kita tahu apakah benar orang yang akan kita nikahi memang benar-benar yang Allah ciptakan untuk kita. Jodoh sebagai teman hidup adalah cerminan dari diri kita sendiri.

Terdapat tiga hal yang dapat membuat kita semakin yakin akan pilihan kita, yang sebenarnya hal ini merupakan pertimbangan dalam masa ta’aruf (perkenalan). Yakni:

Pertama pilihlah seseorang yang dapat memaklumi keadaan kita, kedua pilihlah yang mampu memaafkan kesalahan kita, meskipun sangat sulit untuk dapat mendapatakan pasangan yang baik, apalagi seseorang yang mempunyai sikap pemaaf. Karena pada dasarnya manusia memiliki batas kesabaran yang berbeda-beda. Namun setidaknya ia yang mampu memaafkan dan lapang dada.

Dan yang ketiga, pilihlah yang dapat memotivasi diri kita menuju yang lebih baik. Walaupun dalam hidup tidak selama berada pada posisi yang di atas. Sehingga seorang pasangan yang baik adalah ia yang dapat memotivasi anda tatkala posisi anda sedang berada di bawah, karena sejatinya kehidupan seperti roda yang berputar.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam memilih jodoh tetap harus tertuju pada kebaikan yang dapat mendorong kita supaya lebih giat lagi dalam beribadah kepada Allah dan menjalani hidup di dunia dengan sebaik-baiknya. Insya Allah dengan langkah tersebut dapat mengarahkan kita untuk dapat menemukan jodoh yang tepat. Yang tentunya berakhlak mulia.

Saya rasa cukup sekian pembahasan kali ini. Apabila terdapat kekurangan itu datangnya dari diri pribadi saya dan apabila terdapat kebenaran itu datangnya dari Allah. Terimakasih.

Wassalamualaikum wr. wb.

Demikianlah beberapa contoh teks ceramah yang bisa infastpedia sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadikan referensi Anda. Dan tidak lupa semoga bisa menambah kebaikan dalam diri kita Aamiin. Sekian dan terima kasih.


Contoh Teks Ceramah


 

Leave a Comment